5 Tanda Kamu Jadi Incaran Copet di Terminal - Reservasi Travel Blog

5 Tanda Kamu Jadi Incaran Copet di Terminal

Travel Tips108
5 Tanda Kamu Jadi Incaran Copet di Terminal shutterstock

Travel Blog ReservasiMudik dengan menggunakan bus atau transportasi umum memang memiliki berbagai resiko salah satunya Jika kamu sendirian bisa jadi kamu menjadi salah satu yang diincar oleh penjahat atau copet.

Nah daripada kamu menjadi incaran copet lebih baik kamu pelajari terlebih dahulu beberapa tanda mengapa seseorang bisa menjadi korban pencopetan atau korban penipuan ketika mudik lebaran

Baca 7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran

Dandan berlebihan

Salah satu aturan tidak tertulis yang wajib kamu ketahui adalah Jangan pernah berdandan terlalu berlebihan ketika berada di terminal atau di stasiun.

Hal tersebut bukan karena tanpa alasan, melainkan karena kamu bisa menjadi salah satu profile yang cocok untuk menjadi korban pencopetan.

Oleh karena itu gunakanlah pakaian yang normal dan sewajarnya tanpa harus memamerkan barang-barang atau pakaian yang sedang kamu kenakan.

Selalu memainkan iPhone

Ponsel ini memang termasuk salah satu ponsel yang dimiliki oleh kalangan menengah ke atas meskipun kadang-kadang ada juga yang membelinya dengan cara kredit sampai lebih dari 1 tahun.

Daripada menyesal, lebih baik menunda dulu untuk bermain handphone di tempat-tempat umum apalagi di tempat yang belum kamu kenal.

Jika memang terpaksa untuk menggunakan handphone gunakan seperlunya saja misalkan untuk menelepon atau untuk menggunakannya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan cara seperti itu kamu bisa meminimalisir dari incaran para pencopet atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Seperti orang baru

Orang-orang yang melakukan urbanisasi biasanya masih kerap kali menjadi korban modus kejahatan di terminal ataupun di stasiun.

Cirinya mereka biasanya terlihat seperti orang linglung atau orang yang belum mengenal kondisi Terminal atau stasiun.

Nah kondisi seperti itulah yang cocok untuk dijadikan sebagai incaran para pencopet atau orang-orang yang hendak melakukan penipuan.

Zaman internet Saat ini kamu sudah bisa melihat kondisi terminal maupun stasiun dengan menggunakan Google Maps View sehingga kamu bisa mengetahui kondisi riil di lapangan.

Jika masih khawatir menjadi korban pencopetan atau korban penipuan sebaiknya langsung ke pusat informasi untuk meminta bantuan tanpa harus bertanya-tanya kepada orang lain yang belum tentu dikenal atau belum tentu memiliki niat baik menolong orang lain.

Sendirian, tanpa teman

Kadang-kadang Solo traveling memang menjadi salah satu dilema. Ada sisi positifnya namun ada juga sisi negatifnya.

Jika belum terbiasa bisa jadi ketika kamu sendirian kamu akan menjadi salah satu incaran para Pencopet atau orang-orang yang memang hendak melakukan tindak kejahatan.

Jika sudah memiliki feeling tidak enak, lebih baik langsung mencari petugas keamanan atau petugas kepolisian daripada harus menanggung risiko yang lebih besar lagi.

Kurang fokus dan kerap melamun

Yang terakhir adalah kurang fokus melamun dan tidak waspada dengan lingkungan sekitar. Salah satu aturan tidak tertulis lain ketika kamu datang ke Jakarta adalah Jangan pernah menyimpan dompet di saku celana.

Aturan lain yang perlu kamu ketahui adalah jangan sampai menggendong ransel di bagian belakang. Karena dengan cara itu pencopet dapat beroperasi dengan sangat leluasa.

Pastikan untuk membalik arah tas kamu di depan sehingga kamu bisa mengawasinya setiap saat. Jangan pernah lengah sedikitpun terutama ketika kamu berada dalam situasi yang berdesak-desakan dengan penumpang lainnya.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak membawa barang apalagi membawa tentengan yang membuat kedua tangan kamu sulit untuk melindungi tas yang dibawa. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa agar terlindung dari segala kejahatan maupun marabahaya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *