close

Tahun Baru Harus Berani Solo Traveling, Ini Tipsnya!

solo traveling
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Solo traveling kelihatannya sangat menakutkan bagi sebagian orang. Berbagai adegan mengerikan akan terputar secara otomatis di kepala. Padahal, solo traveling akan mengajarkan kita bagaimana kita keluar dari zona nyaman dan menerobos batasan yang sebenarnya kita buat sendiri.

“Life begins at the end of your comfort zone” – Neale Donald Walsch

Sesuai dengan kutipan di atas. Kehidupanmu yang sesungguhnya akan baru dimulai ketika kamu berani untuk keluar dari zona nyaman tersebut. Nah, sekarang pertanyaan yang harus dijawab adalah: Apakah kamu sudah siap untuk melakukannya di tahun yang baru?

Kalau sudap siap, tunggu dulu. Keluar zona nyaman bukan berarti tanpa persiapan. Kamu masih harus memperhatikan masalah keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan.

Persiapkan hal berikut ini, maka kamu ngga akan takut untuk solo traveling di tahun baru.

1. Perluas jaringan pertemanan

solo traveling
Shutterstock

Ini sangat penting terutama ketika kamu terjebak keadaan darurat di tempat yang tidak kamu ketahui seluk beluknya. Jika memiliki jaringan pertemanan yang luas, kamu akan dengan mudah meminta bantuan saat membutuhkannya.

Zaman sekarang, mudah sekali untuk memperluas jaringan pertemanan. Ada media sosial yang memudahkan kamu untuk mencari komunitas sesama solo traveler, mulai dari grup facebook bahkan hingga aplikasi traveling canggih.

Selain untuk meminta bantuan di saat darurat, keuntungan memiliki teman di setiap sudut negara adalah kamu juga bisa meminta pendapat dan saran saat akan mengunjungi destinasi-destinasi yang sudah direncanakan sebelumnya.

2. Pelajari bahasa, sejarah, dan budaya negara tujuan

solo traveling
Shutterstock

Masih ingat peribahasa “Dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”? Artinya, kemana pun kita pergi, setidaknya harus menghormati gaya hidup dan kebiasaan penduduk setempat.

Jangan sampai saat kamu pergi sendirian, malah melakukan sebuah kesalahan yang dapat menyinggung penduduk setempat dan melanggar norma dan adat yang berlaku di sana.

Ini juga ada kaitannya dengan poin pertama, akan lebih baik lagi kalau kamu memiliki kerabat yang berstatus sebagai warga lokal. Jadi setidaknya ada pegangan.

3. Belajar bela diri sederhana

solo traveling
Shutterstock

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi jika kamu mengalami masalah ketika solo traveling. Ada kalanya kamu akan menghadapi suatu masalah dan tidak ada siapapun yang bisa menolong.

Selain menyiapkan mental, penting juga bagi kamu untuk berbekal teknik-teknik dasar bela diri. Setidaknya ini akan bisa menjadi pertahanan utama ketika kamu menghadapi pelaku kejahatan sambil tetap meminta bantuan.

4. Bawa makanan darurat

Jangan lupa persiapkan poin ini saat solo traveling terutama jika kamu adalah seorang picky eater yang sulit beradaptasi dengan cita rasa masakan yang tidak biasa. Atau misalnya ketika kamu sedang mengunjungi destinasi dan sangat sulit untuk menemukan makanan halal.

Sesuai dengan pengalaman beberapa solo traveler dari Indonesia, akan sangat sulit untuk menyesuaikan diri dengan makanan yang benar-benar berbeda dengan cita rasa khas masakan Indonesia.

solo traveling
Shutterstock

Apalagi jika harus melakukan itu saat sendirian. Bawa saja misalnya abon atau mi instan. Selain itu, makanan darurat akan menolong kamu ketika misalnya kamu terkena musibah uang hilang atau kecopetan.

Paling tidak makanan darurat ini bisa menolong kamu mengganjal perut beberapa saat hingga kamu mendapatkan bantuan atau saat-saat sebelum pulang.

5. Rencanakan akomodasi secara akurat

Merencanakan akomodasi secara akurat sama pentingnya dengan merencanakan bujet yang akan kamu gunakan selama menjelajahi destinasi ketika traveling.

Jika kamu tipe pelancong yang benar-benar ingin merasakan solo traveling sepenuhnya dengan backpackeran, kamu bisa coba untuk menginap di penginapan khusus para backpacker. Di sana kamu pasti akan mendapatkan banyak cerita pengalaman yang akan dibagi secara cuma-cuma.

solo traveling
Shutterstock

Namun, kalau kamu termasuk tipe traveler yang amat sangat mengutamakan kenyamanan dan merasa bahwa solo traveling tidak melulu harus bersusah payah, kamu bisa memilih menginap di hotel.

Pastikan kamu pilih hotel dengan layanan resepsionis 24 jam. Kalau datang terlambat tidak akan luntang-lantung di jalan.

Pentingnya juga untuk benar-benar memperhatikan poin ini adalah karena beberapa negara terkadang mengharuskan traveler memiliki jaminan tempat tinggal selama traveling. Terutama bagi negara yang belum membebaskan visa untuk warga negara Indonesia.

Baca juga: Hei Backpacker Pemula, Haram Meninggalkan 6 Barang Ini Saat Traveling! 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BackpackerSolo TravelingTips Traveling

Leave a Response