close

Syarat dan Panduan Working Holiday Visa Australia 2017 Terbaru

working-holiday-visa-australia-2017
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kamu ingin liburan ke Australia? Tak ada salahnya untuk mengajukan visa berlibur dan bekerja (Work Holiday Visa), karena dengan menggunakan visa ini kamu bisa berlibur lebih lama di Australia dan sambil bekerja, namun telah terjadi beberapa perubahan untuk WHV 2017.

Sebelum membahas lebih lanjut persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat Working Holiday Visa dan perubahannya, ada baiknya kita “kenalan singkat” terlebih dahulu.

Working Holiday Visa (WHV) terdiri dari dua yaitu WHV (Subclass 462) dan WHV (Subclass 417). Keduanya dibagi berdasarkan negara tempat tinggal. Jadi, jika kamu warga negara Indonesia maka kamu menggunakan Work and Holiday Visa (Subclass 462).

Setelah sudah “kenalan singkat” dengan Working Holiday Visa. Kamu pasti penasaran, bagaimana membuat Working Holiday Visa dan persyaratannya? Yuk! Kita bantu ulas di artikel ini:

Dapatkan Tips dan Informasi Traveling dari Reservasi, GRATIS !

Jumlah kuota untuk Program Bekerja dan Berlibur (Visa) atau Working Holiday Visa berjumlah 1000 orang, maka dari itu diperlukan surat rekomendasi terlebih dahulu.

working-holiday-visa-2017

Berdasarkan data yang dikutip dari dirjen Imigrasi, untuk mendapatkan surat rekomendasi (Letter of Government Support) maka harus mematuhi ketentuan umum sebagai berikut

Syarat untuk mendapatkan Working Holiday Visa

  1. Telah berusia 18 tahun atau belum berusia 30 tahun pada saat pengajuan permohonan surat rekomendasi.
  2. Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan.
  3. Belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur sebelumnya.
  4. Memiliki paspor yang berlaku sekurang-kurangnya 12 bulan.
  5. Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris sekurang-kurangnya tingkat fungsional.
  6. Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur.
  7. Memiliki sejumlah dana seharga tiket pergi pulang dan untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia.
  8. Surat Rekomendasi berlaku 1 (satu) bulan sejak tanggal dikeluarkan.
  9. Permohonan Surat Rekomendasi tidak dapat diwakilkan. 

(Baca juga: 10 Keuntungan WHV Australia)

Untuk mendapatkan surat rekomendasi, saat diundang untuk wawancara, kamu perlu melampirkan

  1. Form Identitas (download di sini)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Akte Kelahiran
  4. Paspor dengan masa berlaku minimal 12 bulan
  5. Ijazah perguruan tinggi minimal Diploma III, atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif setidaknya 2 tahun, dilengkapi Kartu Mahasiswa (KTM) dari perguruan tinggi bersangkutan;
  6. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris IELTS dengan minimal score 4.5. Pertanyaan umum yang sering ditanyakan adalah apakah sertifikat TOEFL atau TOEIC bisa digunakan? Sayangnya tidak bisa karena harus IELTS.
  7. Surat keterangan / Jaminan Bank atas kepemilikan dana sejumlah AUD $ 5000 (lima ribu Dollar Australia) atau yang setara;
  8. Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih.

Catatan:

  1. Pada saat wawancara untuk membawa seluruh persyaratan asli dan fotokopi.
  2. Berkas fotokopi dimasukkan dalam map warna biru dengan urutan seperti di atas.
  3. Tidak dipungut biaya selama proses pengeluaran surat rekomendasi
  4. Sertifikat bahasa Inggris dalam bentuk prediction TIDAK DITERIMA.

Syarat Working Holiday Visa terbaru 2017

Berdasarkan data yang dikutip dari australiaplus.com, untuk 1 Januari 2017 akan terjadi perubahan di mana usia para pekerja yang biasa disebut backpacker yang mengajukan visa diperluas hingga 35 tahun. Tak hanya itu biaya untuk membuat visa juga turun menjadi $390 atau sekitar Rp3,9 Juta. (Hanya berlaku untuk WHV 417).

work-holiday-visa

Lalu, jika persyaratannya sudah siap, berikut proses pembuatan Working Holiday Visa

Pertama, kamu memerlukan surat rekomendasi dari imigrasi Indonesia. Untuk mendapatkan surat rekomendasi kamu harus mengikuti persyaratan yang sudah diulas di atas dan mendaftarkan di sini.

Kedua, jika kamu sudah melakukan registrasi, maka tahap selanjutnya cek jadwal wawancara di sini. Cek nama kamu, waktu dan lokasi untuk wawancara, jangan lupa juga membawa persyaratan asli dan fotokopi.

Ketiga, apabila kamu sukses dalam tes wawancara, kamu akan mendapatkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi akan dikirim ke alamat email kamu. Surat ini berlaku selama 1 bulan setelah diterima, dan surat inilah yang akan memungkinkanmu untuk mengajukan aplikasi Working Holiday Visa di imigrasi Australia.

Jika kamu tidak lolos dalam tes wawancara, maka kamu bisa mengulangi tes kembali dan masuk dalam waiting list.

Setelah proses di Imigrasi Pusat Indonesia selesai, maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan dokumen persyaratan visa ke AVAC. AVAC (Australia Visa Application Centre) yang merupakan pusat pengajuan visa Australia. Selanjutnya AVAC akan meneruskan ke Australian Embassy dan dalam satu minggu berikutnya kamu akan menerima surat rujukan untuk melakukan medical checkup di rumah sakit terpilih yang ditentukan oleh Australian EmbassyMedical Checkup ini umumnya hanya rontgen saja.

Setelah mendapatkan hasil medical checkup, maka hasil tersebut bisa kamu kirim ke kedutaan dan tunggu waktu sekitar seminggu, maka kamu akan menerima email yang menyatakan kalau paspor kamu sudah bisa digunakan untuk keluar masuk Australia dalam waktu satu tahun.

Pesan Tiket Pesawat Murah ke Australia hanya Rp 3 Juta-an di Reservasi.com

FAQ WHV Australia 2017

Kapan bisa daftar WHV Australia?

Kuota WHV Australia itu 1.000 pendaftar tiap tahun. Selama kuota belum terpenuhuhi pendaftaran akan tetap dibuka. Waktu terbaik untuk mendaftar sekitar kuartal pertama pada awal tahun.

Berapa lama Visa WHV Australia dikeluarkan sejak proses lamaran?

Bergantung dari pihak imigrasi, lamanya biasanya antara tiga sampai lima bulan.

Apakah lulusan SMA bisa Apply WHV Australia?

Syarat wajib adalah minimal sudah pernah kuliah selama 2 tahun. Artinya kalau di Indonesia itu setara dengan D2. Wajib menunjukkan Ijazah D2 aslinya.

Lebih mudah mana daftar WHV Australia sendiri atau dibantu sama agen?

Ini pertanyaan mirip kaya, lebih mudah mana beli tiket pesawat di agen offline atau di Reservasi.com? (hehe maaf promo dikit yak).

Boleh enggak bikin surat rekomendasinya (Letter of Govenment Support) di kota lain?

Sayangnya, selama ibukota belum pindah ke Balikpapan sih masih harus ke Jakarta.

Apakah boleh menggunakan TOEFL ITP?

Semua jenis TOEFL institusional dan TOEFL prediction tidak akan diterima. Sebaiknya langsung memilih IELTS. Sertifikat yang ditunjukkan saat apply di AVAC wajib sertifikat aslinya dan bukan fotokopi.

Lebih baik menggunakan TOEFL atau IELTS?

Mimin sarankan, baiknya menggunakan IELTS biar lebih valid. Minimal harus dapat skor IELTS 4.5 ya guys, lebih tinggi akan lebih bagus lagi. Rata-rata pejuang beasiswa yang apply ke Aussy itu kebanyakan diterima menggunakan IELTS karena sudah syarat di Perguruan Tinggi di Aussy.

Apakah interview WHV menggunakan bahasa Inggris?

Iya dong, masa pakai bahasa Sunda? Kumaha damang?

Apakah rekening dengan jumlah AUD$5,000 wajib?

Benar, ini sudah syarat yang wajib dipenuhi. Fungsinya agar pemerintah Australia tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun jika kamu ternyata melanggar peraturan (terpaksa dideportasi) atau tidak bisa survive di Australia. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mengembalikan WHV yang dideportasi atau hal lain yang membutuhkan biaya.

Apakah bisa menggunakan rekening koran orang tua atau penjamin lainnya?

Baiknya sih disimpan di rekening dengan nama sendiri meskipun dananya misalnya pinjaman dari orang tua.

Kalau tabungannya dalam bentuk rupiah bagaimana?

Bisa aja kok, mau pakai real Saudi juga bisa aja. Asal ada tabungan setara dengan nilai AUD$5.000

Apakah batas usia 35 tahun berlaku untuk Indonesia?

Sayangnya batas usia 35 tahun hanya berlaku untuk WHV 417 yang berasal dari negara Eropa dan beberapa negara Asia seperit Hong Kong, Jepang, Korea dan Taiwan. Silakan cek di sini.

Apakah saya bisa memperpanjang WHV menjadi dua tahun?

Bisa, coba baca informasi dan persyaratannya di sini ya.

Masih ada yang belum jelas? Drop your comment yah!

Tags : appsaustraliaVisa

235 Comments

  1. Hai,

    Nama saya Yenni. Saya punya beberapa pertanyaan mengenai WHV ini.
    Pertama, boleh gak apply langsung dari Australia?
    Dan letter of government support dan proses wawancaranya itu harus dari imigrasi di Indonesia (Jakarta) aja ya? Gak bisa dari Indonesian embassy di negara lain?
    Terima kasih.

    1. Silakan telepon ke kedutaan Australia di Jakarta 62 21 3041 8700 untuk informasi lebih pastinya ya..

    2. bantu jawab.

      setau saya apply visa tahun pertama harus offshore (di luar Australia)
      letter government support didapat melalui email, tapi proses wawancara nya memang harus di Dirjen Imigrasi (Jakarta).

      semoga membantu.
      cmiiw

  2. Halo kak, saya mau tanya. Saya kan ikut program Aupair, kebetulan ada keluarga asuh dr Australia yang nanya ke saya apakah saya siap pergi ke Australia dengan Work Holiday Visa. Sedangkan konsep WHV dan aupair juga sudah beda. yang mau saya tanya, apakah kalo mau jd aupair di Australia harus pake WHV atau sebenernya ada dan bisa pake visa aupair? terimakasih 🙏

  3. Halo kak..nice info sekali terima kasih ya..
    Ada satu yg ingin sy tanyakan ke kakak. Kalau misalnya kita punya kenalan yg tinggal di aussi apakah orang tersebut bs menjadi sponsor? Sehingga kita tidak perlu melampirkan bukti tabungan senilai 5000$. Terima kasih kak

    1. Bukti tabungan minimal AUD 5000 itu wajib sifatnya. Jadi kalau kenalan kamu itu punya tabungan minimal AUD 5000, bisa saja pakai rekening dia. Kamu wajib melampirkan surat sponsor/jaminan dari pemilik rekening dan dibuktikan dengan foto copy KTP serta Kartu Keluarga.

  4. Selamat pagi mbak,nama saya randy,saya mahasiswa universitas jambi,saya sangat ingin sekali bekerja di australi,dan inshaallah pada tahun 2020,dan skrg umur saya sudah 20 th,
    Dari blog anda di atas saya membaca jika kita tidak mesti punya uang 5000 AUD,tetapi cukup dengan biaya pulang pergi dan untuk kebutuhan disana,dan otomatis kita tidak mesti punya 5000 AUD,mungkin saja kita perlu sekitar 3000 AUD,
    Jadi inti nya apakah kita harus dan wajib mempunyai 5000 AUD ??

  5. hai mau tanya, kalo saya udh pernah kuliah lebih dari 2 tahun, tp saat ini saya sudah tidak tercatat sebagai mahasiswa aktif lagi, alias ngga ngelanjutin kuliah, apa bs apply whv?

  6. Hii, mau tanya
    kalo misalnya rekening koran 3 bulan, itu keuangan nya kayak naik turun gitu, kadang 100jutaan kadang sisa 10jutaan, pemasukan n pengeluarannya gitu, tapi saldo akhir rek korannya itu sekitar 65jutaan
    bakalan di curigain ga ya? bakalan susah di terima visanya min?

  7. Hii, masih bingung soal yang uang 5000 AUD di tabungan. Itu blh plek lgsg dikirim segitu ke rek kita atau mesti bertahap ya ? thankyou

  8. Hi admin,
    mau tanya, kalo misalnya pernah apply WHV, trus di tolak, kemudian mau apply tourist visa, bakalan susah ga ya?

  9. untuk tahun 2017 kan yang mendaftar surat rekomendasi kuotanya sampai 4000 lebih dan yang di ambil cuma 1000. apa di tahun 2018 yang di perioritaskan yang 3000 sisanya dari kuota tahun lalu apa harus saling cepat untuk regestrasi dari awal lagi ?
    terima kasih 🙂

  10. Kalau pendidikan cuma sampai SMK/SMK
    Tapi pintar bahasa Inggris dan Mandarin,mempunyai uang di atas 5000 USD apakah bisa membuat WHV?

  11. Permisi numpang tanya. Kalau misalnya sudah pernah study diploma di Australia dan ingin apply WHV apakah bisa apply menggunakan diploma Australia? Soalnya tidak pernah mengenyam pendidikan S1 di Indonesia. Dan jika tabungan yang digunakan merupakan tabungan di Australia semasa menjadi student di Australia dulu tidak masalah kan? Terima kasih.

  12. Hallo min, saya berniat untuk mendaftar WHV tahun 2018. Dari informasi yang saya dapat di blog dan grup WHV di Facebook, lulusan program studi Bahasa Inggris atau saat kuliah belajarnya menggunakan pengantar bahasa Inggris, itu bisa daftar tanpa tes IELTS atau TOEFL. Yang diminta hanya surat keterangan bahwa saya lulusan prodi English Education. Tapi, dari pernyataan diatas hanya sertifikat IELTS yang diterima. Apakah surat keterangan dari kampus sudah tidak di terima? Yang artinya harus tetap pakai IELTS? Mohon pencerahannya. Thank you 😊

  13. Mau tanya ni min.. kalau kisalkan sudah lulus nih.. trus untuk kerjaan dan tempat tinggal nanti di Assie bagaimana? Kita yang cari sendiri atau gimana? Terimakasij

  14. Excuse me.
    Mau nanya passpor saya masih baru banget, masih kosong apakah bisa?
    Karena dengar2 harus pernah ke luar minimal Asia dulu.

  15. Hallo , sya sih berminat min !! Cuman apa daya cuma tamatan SMA , Padahal kan kuota whv nya sering tidak terpenuhi .. knpa ga diubah aja persyartan nya minimal tamatan SMA sederajat .. Setidaknya makin bertambah peminat nya ..

    1. Mbak ada Lg yg mw aku tanyakan di situs imigrasi kan d buka Bln Juli 2018…nah apply dokumennya uda bs kasi ke kantor imigrasi Jkt di bulan Januari y mbak? mksih informasinya..

    2. Ya coba dicek saja lagi nanti Januari sudah bisa mendaftarkan diri lagi atau belum ya.

  16. kak terimakasih infonya bgus bgt, mau tanya, desember 2018 saya 30th, apa masih bisa apply untuk WHV 2018? makasi ka 🙂

  17. haloo kak,
    artikel nya bagus dan mudah dimengerti, saya tertarik ingin mengikuti whv tahun depan dan kayak nya semakin tahun semakin banyak peminat dan semakin banyak saingan nya ya..
    saya ingin bertanya setelah kita lulus dan memiliki whv bagaimana selanjutnya ya, maksud saya bagaimana dengan penerbangan, tempat tinggal disana, pekerjaan, apakah itu semua kita yang mengurus sendiri?? mohon info nya

  18. halo min, saya mau nanya. misalnya saya apply di WHV. lalu diterima. itu kan hanya berlaku selama 1 tahun saja. jika sudah 1 tahun tetapi saya masih mau perpanjang. apakah saya masih bisa mengajukan WHV lagi atau bisa mengajukan Visa Student? thx

  19. Kak nanya agak melenceng dikiit…apakah bisa ya visa liburan biasa (bukan whv) trus pas udah di aussie ganti visa kerja via agen imigrasi disana?

    1. Halo Teuku, berdasarkan informasi di website resmi Imigrasi, pendaftaran dibuka kembali bulan Juli 2018.

  20. Halo, Mbak. Tulisannya informatif banget, terima kasih ya. Saya ada pertanyaan, kalau mau apply WHV harus pakai IELTS General Training atau IELTS Academic pun bisa diterima? Soalnya saya tertarik untuk apply WHV tapi adanya sertifikat IELTS yang Academic. Mohon infonya ya, Mbak. Terima kasih. 🙂

  21. Ini di indonesia ribet banget, di german sama prancis buat working holiday visa gak perlu ijazah D2 sama seritifikat IELTS juga udah bisa kali

  22. Hallo kak. Mw tnya krna saya lulusan bahasa inggris s1, jadi saya hanya perlu surat rekomendasi dari kampus tanpa IELTS test?? Mohon banget infonya yaa.. Thx you kak

  23. Hay kak, kbetulan saya lulusan bhs inggris S1, jadi hnya perlu surat pengantar dr kmpus tanpa perlu test IELTS??? Mhon pencerahannya. Thank you kak

  24. Halo kak. Mau tnya. Kalau misal nya ada kuliah uda 3thun lgkap transkip nilai nya tapi brhenti ga lulusin sampe dpet ijazah ttep bisa dipakai ga ya kak? Bisa apply whv nya ga ya kak?thank you.

    1. Halo mau tanya juga. Misalnya sudah menikah dan hanya salah satu yg sudah kuliah apa bisa ber 2 perginya??

      Dan utk jaminan itu gimana?
      Thanks

    2. Hi kak, mengacu pada peryaratan untuk apply WHV di atas, status saat apply whv harus sebagai mahasiswa aktif.

  25. Hi Kak, saya baru dapat tawaran untuk jadi au pairs di sydney, belum pernah ada pengalaman kerja di luar negeri, belum punya IELTS sertifikasi, lulusan setara D1 tapi keluarga disana akan bantu buatkan surat rekomendasi untuk mempermudah pembuatan visa. Kemungkinan di approve gak yah ?

    1. Baiknya ikut tes IELTS dulu, klo sudah ada sponsor malah lebih mudah. Yg penting prasyarat au pairsnya dilengkapi.

  26. Hello kak,a mau nnya..
    Saya ingin mengajukan whv untuk yg tahun depan 2018, yg ingin saya tanyakan adalah :
    1. Paspor pada saat pendaftaran online bole menggunakan paspor lama? Sdgkn kondisi saya, paspor lama akan berakhir di juli 2018. Apakah sebaiknya saya memperpanjang paspor lama dlu baru mendaftar ya?
    2.apakah surat sponsor/jaminan dari ortu harus dibuat secara tertulis tersendiri lagi atau cm perlu surat refrensi bank yg menyatakan kepemilikan no rek. dilengkapi dgn KK n KTP ya?
    3. Berapakah jumlah nominal yg harus saya tuliskan pada saat mendaftar online di website imigrasi ya? 5000 aud? Atau 50 juta ya?

    Terima kasih sebelumnya kak :))

    1. Hi Lina

      1. Sebaiknya paspor kamu diperpanjang terlebih dahulu.
      2. Surat sponsor dilampirkan beserta rekening koran orang tua. Benar harus ada bukti KK dan KTP ortu juga.
      3. Rupiah saja namun setara dengan 5000 AUD

      Semoga membantu ya

  27. Hi, saya berusia 29tahun, tahun depan pas bulan July usia 30tahun. Status menikah anak 1. Apakah masih bisa apply visa WHV untuk kloter tahun depan? Karena ada info untuk tahun ini sudah full. Terima kasih.

  28. Hai mau tanya donk. Kalau mau mhv tapi umur saya sudah 35tahun. Apa masih bisa bergabung. Dan saya lulusan S1 pendidikan bahasa inggris. Apa masih harus melampirkan setifikat IELTS.
    Mohon informasinya ya

    1. Hi kak, maaf untuk usia diatas 30 tahun bagi WNI sudah tidak bisa kak. Untuk usia 35th hanya warga negara tertentus aja seperti link yang sudah kami tautkan. Terima kasih.

    1. Kuotanya biasanya sampai 1.000 pendaftar setiap tahun. Klo belum terpenuhi biasanya masih buka. Lbh aman daftar sekitar April atau Juli.

  29. Mba mau nanya.. Semisalnya yah kalau visa working holidaynya uda mau habis tapi masih mencoba cara lain untuk tetap bisa lanjut kerja disana apa bisa kita meminta bos untuk nantinya menjamin visa baru dan tetap kerja ditempatnya? Atau uda gak bisa sama sekali?

    1. Bisa kak, klo mau lanjut kuliah dengan sponsor bosnya juga bisa. Ada case yang seperti itu. Tp haru mengurus visa baru lagi.

  30. halo, mau nanya pernyataan mba
    “Rekening tabungan harus atas nama pribadi. Tapi, jika rekening tabungan tersebut bukan atas nama pribadi, kamu bisa melampirkan surat sponsor/jaminan dari pemilik rekening dibuktikan dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂”

    yang menjadi sponsor harus yang memiliki hubungan keluarga misal ibu/ayah/kakak? atau boleh misalnya rekening tersebut milik teman/sepupu?

    1. Halo Nur, Sponsor bisa pinjam dari orang tua atau kakak, yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK). Semoga bisa membantu. Terima kasih 🙂

  31. halo, kl umur 30 tahun berjalan (dalam artian belum berulang tahun yg ke-31) itu gmn ya? apakah bs apply WHV ? terima kasih.

    1. Halo Joy, jika lulusan SMA sayangnya untuk saat ini kamu belum bisa mengajukan WHV Australia. Semoga bisa membantu, CMIIW 🙂

  32. halo kk… di sebutkan
    “Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan”
    sedangkan saya hanya tamatan SMA saja, dan ingin pergi ke aussie untuk mencoba kesempatan
    apakah tidak ada solusi lain? mohon bantuannya kk…
    thanks before

  33. Halo mba Putri,
    kodisi: Saya belum punya rekening tabungan di Bank manapun, jadi rencana saya ingin memakai tabungan ayah di Bank yang isinya lebih dari 5000AUD

    pertanyaan:
    1. ketika mengisi formulir rekomendasi WHV di bagian (Kepemilikan Dana), apakah saya harus mengisi sesuai jumlah tabungan ayah saya, atau bisa dengan hanya mengetik Rp 50000000 ?

    2. Apakah istilah surat jaminan itu sama dengan fotocopy KTP & KK ? atau memang harus membuat 1 surat terpisah?
    Terimakasih

    1. Halo Novie,

      Rekening tabungan harus atas nama pribadi. Tapi, jika rekening tabungan tersebut bukan atas nama pribadi, kamu bisa melampirkan surat sponsor/jaminan dari pemilik rekening dibuktikan dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂

  34. kak mau tanya… kalau misalnya nih..saya apply holiday visa..trus uda granted dan saya sedang di australia buat holiday..bisa gak ya di australia saya apply working holiday visa??

    1. Halo Julie, untuk pengurusan WHV hanya bisa dilakukan di Jakarta.CMIIW, terima kasih

    1. Halo Nicholas, setiap tahun Indonesia mendapatkan kuota 1.000 orang, Semoga kamu jadi salah satunya ya! 🙂

  35. Halo Kak Gardena,

    Dalam persyaratan WHV menyebutkan “Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan.”

    Jika casenya adalah sudah pernah kuliah selama 2 tahun namun sudah mengundurkan diri tetapi dokumen surat keterangan dari Univ, KTM dan transkrip legalisir semua lengkap. Apakah memenuhi persyaratan untuk ikut?

    Salam

    1. Halo Rini, wah untuk pertanyaan ini bisa langsung ditanyakan langsung ke pihak imigrasi, namun kemungkinan dibuka kembali pertengahan Juli. Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂

  36. mbak Gardena, maaf mau tanya klo misalkan WHV lewat sponsor/calo gtu rugi nggak mbak, mohon sarannya mbak ? trimakasih

  37. Halo MBA mau nanya untuk dpt Surat rekomndasi gitu caranya gimna? Apakah kita harus ke jkt tuk interview.. Apakah bisa jg Di Bali? Thankyou

  38. Hallo mau tanya, disitu di tulis pendidikan minimal 2 tahun, tapi ijazah D3. Jadi ga bisa ya? Klo pakai agen dikenakan biaya 25jt untuk pelatihan dan dapat ijazah setara D3

    1. Halo Putri, asal sudah dua tahun kuliah bisa kok. Jadi kalau kamu sudah D3 artinya kamu memenuhi syarat utk membuat WHV. CMIIW, terima kasih.

  39. Hi kak, kalau misalnya saya sudah dapat visa di bulan November 2017, apakah bisa saya baru berangkat bulan April 2018? berapa jangka waktunya untuk berangkat ke Aussie sesudah visa granted? Terima Kasih 🙂

  40. Mbak bagaimana kalau hanga lulusan SMA . Ingin berkunjung disana tanpa bekerja. / hanya liburan?

    Mohon infonya

  41. Hallo. Nama saya Stephen Gauta Utama.
    Mau tanya biasanya dlm 1 tahun, WHV Aussy berapa kali ya open registrasinya? Terima kasih😃

    1. Halo Stephen, untuk keterangan registrasinya berapa kali, kamu bisa tanyakan langsung ke pihak imigrasi atau lihat websitenya resminya langsung ya. Terima kasih 🙂

  42. Hallo , nama aaya alfa glen , ada yang mau sponsor saya ke aussie dan saya udah berumur 40 thn apakah ada jenis shot time visa lainnya , terima kasih

  43. Halo mau tanya nih,

    Saya sudah masuk usia 30 pada Januari lalu. Apakah masih mungkin ya untuk ikut WHV melihat waktu dan proses persiapan? Dari info yg saya dapat, saat masuk Aussie wajib belum berusia 31 tahun. Takutnya jadi sia-sia menimbang waktu dan proses persiapan, juga kuota yg mungkin sudah penuh utk tahun 2017-2018. Semoga ada yg bisa sharing.

    Thank you so much!
    Good luck all.

    1. Halo, surat keterangan kampus berbasis bahasa inggris yang dimaksud dalam persyaratan apakah harus di request dari kampus? Atau saya dapat hanya dengan melampirkan ijazah dalam bentuk bahasa inggris dari kampus? Mengingat universitas saya memberikan dual ijazah. Terimakasih!

  44. Mbak , saya benar-benar ingin mengikuti WHV tapi saya belum begitu paham bnyak yang ingin saya tnyak, apa boleh tau kontak mbak Gardena Putri yang bisa di hubungi

    Dan ini saya di Aceh ,untuk mendapatkan surat rekomendasinya dari imigrasi kota saya atau dri pusat ????
    teriakasih

    1. Bantu Reply, Dear Maizura.. Untuk dapat surat rekomendasi harus mengikutin interview di dirjen imigrasi jakarta pusat

  45. Dear Reservasi.com Thanks atas advicenya, menurut saya setelah saya flash back, sepertinya harus nanya ke kedubes AUS langsung, tapi saya tidak tau harus berbicara dan konsultasi dengan siapa yg berkepentingan di kedubes, karena dulu nya dr dirjen imigrasi sudah memberikan surat rekomendasi untuk saya dan lolos interview, kemudian saat lodge untuk visa kemudian timbul masalah ini, ternyata PIC 4020 masih di ungkit walau visa yang di ajukan berbeda.

    1. Hi Barbie, dimana saya bisa mengontak kamu yah? Saya juga ingin tahu apakah untuk batasan usia maksimum 35 tahun sudah di konfirmasi? Apakah bisa untuk seperti saya yang ingin mengajukan WHV pertama kali? Soalnya saya berada diusia tengah2.. Karena satu dan lain hal, baru tahun ini saya berencana ajukan. Itupun kalo batasan usia yang baru sudah benar terkonfimasi.

  46. Dear There, alasan di banned under PIC 4020 karena sebelum saya mengajukan visa whv saat tahun kedua, tahun sebelumnya saya pernah mengajukan visa study dan di reject serta di banned under PIC 4020 karena kesalahpahaman atas dokumen yang menurut kedubes AUS ada kesalahan.untuk WHV asal dokumen kamu lengkap dan memenuhin persyaratan seharusnya tidak ada masalah dan bisa lewatin semuanya dengan lancar. sebelumnya, saya tinggal selangkah lagi seharusnya sudah bisa WHV tetapi karena di banned makanya kesempatan untuk WHV tidak bisa saya capai tahun2 kemarin. GOod Luck for you.

  47. Hello Mimin and hello Ms. Gardena..untuk make sure apakah sudah di resmikan di perpanjang sampai umur 35 tahun untuk Indonesia?kalau saya punya history banned under PIC 4020 setelah masa banned berakhir apakah memungkinkan dan ada peluang saya mengajukan visa whv kedepannya?thanks.

    1. Hi kak Barbie dan admin
      Kalau boleh tahu alasan banned under PIC 4020nya?
      Saya sangat khawatir karena semua identitas saya sekarang diperbaharui karena dokumen2 ini hilang. Dari kk, akta, ktp, passpor dll..
      Mohon penjelasannya, terimakasih.

    2. Hi kak Barbie

      Sebaiknya meminta nasihat dari pihak imigrasi ya kak jika punya history banned seperti itu. Terima kasih

  48. Hey Kak Gardena, boleh tahu saya baca di portal imigrasi, tertulis: “dikecualikan kepada mahasiswa atau yang telah lulus kuliah pada universitas yang menggunakan pengantar bahasa inggris tidak wajib melampirkan sertifikat IELT/TOEFL, dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan dari kampus”. Nah, apakah peraturan tersebut masih berlaku? Terima kasih

    1. Halo Irene, jika kamu dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, tetap harus melampirkan IELTS. Kecuali jika Universitas kamu menggunakan pengantar bahasa inggris, maka kamu tak perlu melampirkan sertifikast IELTS hanya dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan kampus. CMIIW, terima kasih

    2. hi, saya belum pernah test IELTS, tetapi saya kuliah di malaysia menggunakan pengantar bahasa inggris, dan juga bachelor degree saya dari Curtin University, Jadi apakah saya tidak perlu test IELTS untuk apply WHV? ter makasih

    3. syarat IELTS WHV sangat mudah sepertinya buat kamu, skornya hanya butuh 4.5 aja. jd sebaiknya untuk prasyarat administrasi seperti ini dilengkapi saja ya.

  49. hai kak, dimana saya bisa menghubungi kakak ya? apakah ada email? berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk persiapan semua dokumen sebelum pendaftaran ya? terima kaish

    1. Hai juga Lora, untuk persiapannya tergantung kamu sendiri. Namun menurut saya sih persiapan yang lebih lama dalam mengurus IELTS, karena ada beberapa orang yang sebelum mengikuti tes IELTS, dia les IELTS terlebih dahulu agar hasilnya maksimal. Semoga membantu ya! Terima kasih

  50. Kak mau nnya yg 5000 dollar itu bisa pinjem di keluarga apa gak di curigai kalau tiba2 di rekening kita ada dana dari beberapa kerabat? Apa itu gak maslah? Atau yg penting di rekening korang kita bisa smpai 50 juta.. Trus untuk tes IELTS apa masih di perlukan lagi jika sy s1 sastra inggris??

  51. kak saya berencana mau apply whv tahun ini , dan belum mempunyai sertifikat IELTS , saya akan mengikuti tes IELTS dalam waktu dekat ini , tapi saya bingung apa saya harus tes yang academic atau yang general training ya?
    oh iya, untuk ijazah S1 apa perlu diterjemahkan kedalam bahasa inggris?
    mohon bantuan nya 🙂
    terima kasih.

    1. Hai Isni, baik IELTS Akademik maupun general bisa kok dipakai sebagai persyaratan IELTS, jadi kamu tinggal pilih saja salah satunya. Jika kamu pengen lanjut sekolah di Australia, alangkah baiknya kalau kamu ambil IELTS Akademik. Setau saya utk ijazah tak perlu diterjemahkan kedalam bahasa inggris. Semoga bisa membantu ya. CMIIW.

    2. terima kasih kak 🙂
      saat wawancara untuk letter government support biasanya apa saja yang ditanyakan?

    3. Tenang untuk pertanyaan biasanya enggak susah kok. Biasanya pihak imigrasi akan bertanya tentang pekerjaan kamu sekarang, lalu tujuan kamu ke Australia, serta pertanyaan standar lainnya. Semoga kamu berhasil ya mengurus WHV-nya. 🙂

    4. aamiin semoga whv saya bisa segera keluar 🙂
      makasih kak jawaban nya sangat membantu 🙂

  52. Kak, saya ingin bertanya.
    Jaminan bank yg memliki 5000aud tersebut bisa bertahan brp lama ya?
    Saya sudah mendaftar dari februari.
    Tapi sampai sekarang nama saya belum keluar pada list wawancaranya.

    1. Halo Kenvin, jaminan bank sebesar AUD 5000 tersebut untuk membuktikan kalau bisa bertahan hidup selama 3 bulan pertama di Australia. Untuk tahu kenapa nama kamu belum keluar pada list wawancara mungkin kamu bisa langsung tanyakan ke pihak imigrasi ya. Semoga membantu, terima kasih

    1. Untuk info itu kami tidak bisa menjawab. Wewenang tersebut ada pada panitia penyelenggara.

  53. Hi Mb Putri, kalau sekarang belum ada dana sebesar AUD 5000, katakanlah bulan Juli baru ada, apakah masih bisa melakukan pengajuan WHV sekarang? terima kasih sebelumnya.

  54. Halo kak boleh bertanya. siapa tahu kakak mengetahui informasinya. jika seseorang yang pernah berkuliah lebih dari 2 tahun namun berhenti ditengah jalan alias drop out apakah bisa mendaftar WHV?.

    1. Sebaiknya tetap menyertakan KTM yang masih aktif. Beberapa orang gagal karena tidak memenuhi kualifikasi persyaratan administrasi yang sudah disyaratkan.

  55. Halo Yoel, kemungkinan saat kamu mendaftar kuota sudah penuh, mungkin kamu bisa mendaftar kembali. Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂

  56. Hallo Kak, saya ingin tanya:

    Saya sudah registrasi online untuk mendapatkan surat rekomendasi pada bulan Desember dan registrasi ulang di bulan Januari namun sampai saat ini nama saya belum ada pada list wawancara. Adakah tahapan yang salah? Mohon sarannya Kak. Terima kasih.

  57. Hallo Kak, mau nanya lagi nih.
    Whv tuh berlakunya buat setahun kan, nah 1 tahun tersebut mulai terhitung setelah visa kita granted atau terhitung begitu kita masuk ke Australia?
    Makasih 🙂

    1. Halo Alex, WHV Australia terhitung sejak kamu sampai di Australia. Semoga sukses ya pengajuan WHV-nya. CMIIW, Terima kasih

  58. siang, mau tanya, untuk minta surat rekomendasi dari imigrasi itu kita harus sudah punya sertifikat ielts dulu atau tidak?

    1. Siang Cynthia, iya untuk mendapatkan surat rekomendasi dan diundang wawancara kamu perlu melampirkan sertifikat IELTS. Semoga membantu, terima kasih

  59. selamat pagi
    saya mau tanya jika uang AUD 5000 itu apakah termasuk biaya tiket perjalanan kita kesana atau tidak ya? kalau tidak, biasanya untuk tiket perjalanan kesana berapa ongkos nya?
    Terus jika kita mengikuti whv ini apakah kita sudah diberi petunjuk/pilihan akan bekerja dimana?
    Terima Kasih.

  60. Malam min, menambahkan pertanyaan dari devi, ielts terbagi menjadi 2 karegori yakni general dan academic, apakah 22nya diakui atau diperbolehkan? Ato hanya salah satu? Terima kasih banyak min

    1. Halo Ronny, keduanya diakui kok, namun saat kamu menyerahkan persyaratan WHV kamu bisa memilih salah satu. Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂

  61. halo mba gardena, saya mau tanya, kalo saya lulusan S1 dari kampus yg memakai bahasa pengantar bahasa inggris, apakah perlu lagi untuk menyiapkan sertifikat IELTS? apakah saya harus mengikuti ujian IELTS lagi? Thanks

    1. Halo Devi, sepengetahuan saya kamu tetap harus menggunakan sertifikat IELTS. Jenis IELTS sendiri bisa kamu tentukan sendiri, IELTS umum atau akademik. Semoga bisa membantu, CMIIW, Terima kasih

  62. siang, saya mau tanya, untuk pengajuan apakah sudah bisa diajukan sejak sekarang? lalu untuk bulan JULI brrti hanya tinggal berangkat?
    lalu saya mau tnya juga sisa kuota tinggal berapa untuk bulan Juli?
    terima kasih banyak

    1. Halo Ronny, untuk pengajuan sepertinya sudah bisa diajukan langsung sekarang, karena di website resmi Imigrasi form registrasi sudah dibuka kembali. Untuk sisa kuota tinggal berapa, sayangnya saya kurang tahu nih, mungkin kamu bisa langsung cek website resmi Imigrasi atau hubung pihak imigrasi di nomor : (021) 5225029/ 5225028 dan email di humas@imigrasi.go.id / http://www.lapor.go.id. Semoga bisa membantu ya, CMIIW, Terima kasih.

    2. halo mba saya mau nanya klo untuk check kuota whv gmna ya mba? karna saya mau tau tahun ini bulan berapa untuk whv buka pendaftaran. terimaksih

    3. Halo Sari, jika dilihat dari website imigrasi, pendaftaran sudah bisa dilakukan lagi kok. Untuk mengetahui kuota WHV tahun ini tinggal sisa berapa, kamu bisa langsung tanyakan langsung ke pihak imigrasi ya. 🙂
      Semoga bisa membantu, CMIIW, Terima kasih.

  63. Halo kak mau tanya, utk syarat whv slh 1 nya overall band ielts ga kurang dr 4,5. Tapi apa bisa kalau ada salah 1 band yg di bawah 4,5, tapi jika dihitung overall band nya tetap mencukupi? Contohnya 65/55/40/60 = 55 overall. Thankyou

    1. Halo Andria, IELTS untuk Working Hiloday Visa Australia dibutuhkan 4.5 per bagian atau per each band dan Overall nya 4.5 – 5. Semoga jawaban ini bisa membantu, CMIIW.

    2. Thankyou uda nambah informasi hehe..jadi kalau ada salah 1 band yg di bwh 4,5 tetap diperbolehkan ya?

  64. Hi min saya mau tanya umur saya kurang dari 30th tp sudah menikah (belum punya anak) apakah masih bisa ikut whv??Terus bisa minta web dan komunitas whv yang terpecaya lihat dimana ya..thx min 😀

  65. Hi mbak, aku mau tanya… aku sedang isi formulir untuk mengajukan rekomendasi untuk working holiday visa. disitu disuruh isi nominal kepemilikan dana… apakah aku harus isi sesuai dengan persyaratan yaitu 5000 AUD? Mohon responnya ya mbak 🙂 Terima kasih.

    1. Halo Shani, kamu harus tetap mengikuti persyaratan tersebut. Dana tersebut berguna untuk membuktikan, kamu bisa bertahan hidup selama 3 bulan pertama selama di Australia atau untuk sebagai dana jaminnan jika dideportasi, sakit atau ada masalah lainnya.

      Namun, jika rekening tabungan tersebut bukan atas nama pribadi, kamu bisa melampirkan surat sponsor/jaminan dari pemilik rekening dibuktikan dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Semoga bisa membantu, CMIIW terima kasih ?

  66. hallo mau tanya. untuk pengajuan WHV, ada yang bilang harus sudah punya surat bukti sudah diterima kerja dulu di company australia baru bisa apply. apakah benar?

    1. Enggak kok, ada yang belum punya pekerjaan di Aussy juga bisa langsung apply. Kadang-kadang para WHV sudah punya komunitas sendiri di Aussy. Info lowker juga banyak tersedia baik lewat forum maupun lewat komunitas yang ada. Tapi untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan passion kamu memang perlu usaha. Jadi, tetap semangat yaaa….

  67. Halo Ka. Sy boleh nanya, memastikan aja, apa benar ijasah d3 benar bisa digunakan untuk apply whv ya? Apa berpengaruh sama peluang besar ato kecilnya di approve kalau saya pakai ijasah d3? Lalu apa sebelumnya sudah ada yang berhasil apply menggunakan ijazah d3? Terimakasih sebelumnya 🙂

    1. Halo Maria, pendidikan D3 bisa kok mengajukan WHV dan setahu saya tak ada perbedaan peluang antara D3 dengan pendidikan yang lebih tinggi, karena jika mengutip dari website dirgen “Telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan”. artinya kamu bisa mengajukan WHV. Semoga bisa membantu ya! Terima kasih, CMIIW

  68. halo mbak… saya ingin bertanya…
    kami telah menikah… dan suami saya ingin mengajukan WHV di australia…
    suami saya lulusan S1, Sedangkan saya hanya SMK apakah saya sebagai istri tetep bisa mengajukan WHV?
    atau apakah saya sebagai istri bisa digabungkan dengan suami?

    1. Halo Wanda, sayangnya pasangan suami-istri yang mengajukan WHV diajukan secara terpisah dan tak bisa digabungkan. Lalu pendidikan terakhir minimal perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan. Semoga bisa membantu, Terima kasih 🙂

  69. Mba mau Tanya syarat yang paling berat 5000 ASD katanya Ada loby2 antar pemerintah agar biaya dikurangi, apa cuma batasan umur saja yang diperpanjang?? Kabar 5000 ASD Apa kabar ya?

    1. Halo Shin, untuk saat ini belum ada kabar tentang pengurangan biaya jaminan bank, masih tetap minimal AUD $ 5000 (lima ribu Dollar Australia) atas nama pribadi. Tapi, jika rekening tabungan tersebut bukan atas nama pribadi, kamu bisa melampirkan surat sponsor/jaminan dari pemilik rekening dibuktikan dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂

    2. Halooo . Saya mau tanya . Kalau misalnya kita di jamin sama orang asli Australia bisa gak untuk yang AUS $5000 itu ? Dari rekening penjamin kita yang asli Australia. Terima kasih mbak .

    3. Halo Putri, setahu saya tidak bisa karena sponsor/jaminan dari pemilik rekening dibuktikan dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga. Semoga bisa membantu, CMIWW, terima kasih 🙂

  70. aku cuma d1 itu tidak bisa ya mba? 🙁
    apa ada cara lain suapaya bisa bekerja disana selama satu tahun?
    saya berniat untuk menjadi aupair di Ausie

    1. Halo Novi, sayangnya untuk saat ini syarat pengajuan WHV masih harus setidaknya menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan. Semoga bisa membantu, CMIIW. Terima kasih

    1. Halo Alfiando, asal udah dua tahun kuliah kamu bisa kok mengajukan WHV dan memilih pekerjaan di sana. Semoga bisa membantu, terima kasih, CMIIW.

  71. Halo Mbak Gardena,

    Saya mau tanya ttg batas umur utk WHV. Saya genap 30 tahun tanggal 1 feb 17 kemarin, Saya cek di web imigrasi, utk dapetin Surat Rekomendasinya itu usia sudah 18 tahun dan belum 30 tahun saat mengajukan, tapi di web imigrasi australia syarat, usianya 18 – not yet 31. Nah saya jadi ragu apakah saat buka pendaftaran lagi (Juli 2017) Saya masih bisa daftar atau tidak. Saya coba telpon ke imigrasi selalu sibuk, saya email belum dibalas. Mungkin Mbak Gardena tau info tsb. Terimakasih.

    1. Halo Daniel, jika dilihat dari website dirjen Imigrasi belum ada update-an terbaru tentang umur maksimal WHV.
      Jadi jika kamu sudah berumur lebih dari 30 tahun berdasarkan data yang dikutip dari dirjen imigrasi, kamu tidak bisa mengajukan visa ini.

      Semoga bisa membantu, terima kasih. CMIIW

    2. Hi daniel, bantu jawab nih…klo masih 30 bisa apply asal pas LoGS keluar km belum 31.

    3. Hi Daniel,

      Saya juga july tahun ini pas 30thn, jadi agak ragu mau persiapan ielts. uda dapat info blm yah kalau bisa ikut daftar pas umur 30?

      Thank you

  72. Hi kak, terima kasih infonya. Apakah ada tenggat waktu dalam apply visa ini? Kalau tdk ada, apakah ada bulan terbaik untuk apply visa ini (mungkin di bulan tersebut sisa kuota msh banyak) ? Terima kasih 🙂

    1. Halo Alverta, di website resmi imigrasi.co.id tertulis bahwa “Pendaftaran untuk mendapatkan surat rekomendasi work and holiday visa (government support) akan dibuka kembali pada Juli 2017”. Semoga bisa membantu, terima kasih

    1. Untuk WHV sepengetahuan mimin tidak, kecuali untuk melanjutkan pendidikan di Universitas di Aussy wajib melakukan tes di lembaga penguji yang kredibel dan bukan lembaga institusional.

    1. Halo Jonathan, kamu bisa registrasi kembali di website imigrasi pada Juli 2017, karena kuota sebelumnya sudah penuh. Semoga berhasil ya! Terima kasih

  73. Hello kak..
    Kalau kuota WHV itu sebenernya mulai di restart dari awal di pertengahan bulan nanti atau januari bulan ini ya? Mungkin bisa kasih source nya hehe.. Thank you.

    1. Halo Andrian, di website resmi imigrasi.co.id tertulis “Bahwa kuota work and holiday visa untuk periode tahun 2016/2017, telah mencapai 1000 orang dan pendaftaran untuk mendapatkan surat rekomendasi work and holiday visa (government support) akan dibuka kembali pada Juli 2017”. Semoga bisa membantu, terima kasih

  74. Hello kak..
    Kalau kuota WHV itu sebenernya mulai di restart dari awal di pertengahan bulan nanti atau januari bulan ini ya? Atau mungkin bisa kasih source tentang kuota WHV? Thank you.

  75. Hi mbk puteri skrg saya sudah bekerja di sydney,tapi masih pake visa krja HK jadi harus bolak balik HK-Sydney setiap 6minggu skali,mohon info cara membuat visa ausie dari indo untuk jangka waktu 6-12bln udah ada job dan bos,tinggal proses dan syaratnya saja,mksh

    1. Halo mbk Dewi, kl boleh mau tny info soal visa di HK, pakai visa apakah? Bagaimana cara memperolehnya? Saya mau cr kerja ke luar, mau coba ke HK tp sulit apply dr Indo. Selain itu bahasa hanya bisa Inggris…
      Kl ada masukan/info boleh dishare, terima kasih banyak sebelumnya

  76. Mba putri saya mau tanya.. Bila ingin bekerja sebagai aupair untuk 12 bulan apakah bisa? Sedangkan WHV hanya untuk 6 bulan disatu pekerjaan? Mohon jawabannya.. Terimakasih

    1. Halo Herna, setahu saya, Anda boleh bekerja setahun sebagai au pairs tetapi tidak melebihi enam bulan di satu perusahaan yang sama. Semoga bisa membantu, CMIWW

  77. Hallo Kak,
    Saya lagi kepengen ngajuin visa ini nih, tapi kok di website ga ada buat form daftarnya yah?
    (Daftar pengajuan awal untuk dapetin Letter of Government Support)
    Apa emang lagi tutup atau kuota sudah penuh atau gimana ya kak? Kalo iyah, kapan biasanya dibuka lagi?

    Apakah pengajuan ini hanya bisa diajukan secara online saja melaui website ini?
    http://www.imigrasi.go.id/index.php/en/layanan-publik/rekomendasi-work-and-holiday-visa/15-menu-layanan-indonesia#registrasi

    Mohon infonya Kak
    Terima Kasih 🙂

  78. Halo kak
    Saya andry, saya ini lagi di sydney menggunakan WHV juga
    Saya mau tanya buat perpnjangan second year visa ini bagaimana caranya,,
    Sepengatahuan saya, saya harus bekerja di perkebunan australia bagian utara,,
    Apakah saya bisa melakukan perpnjangan setelah saya sudah bekerja 6-7 bulan di sydney???
    Terimakasih kaak

    1. Halo Andry, untuk persyaratan second year visa, secara umum : Anda harus berusia 18-30 tahun, memiliki valid passpor setidaknya 6 bulan, memiliki dana yang cukup saat di Australia, harus telah menyelesaikan 3 bulan atau 88 hari pekerjaan yang ditentukan di regional Australia. Untuk keterangan lebih lanjut tentang second year visa, Anda bisa cek di sini http://www.visabureau.com/australia/second-year-visa.aspx Semoga bisa membantu. CMIIW

    2. Halo Maya, untuk mencari pekerjaan di Australia tergantung usaha kamu sendiri :). Kadang-kadang para WHV sudah punya komunitas sendiri. Kamu bisa menemukan info lowker yang banyak tersedia baik lewat forum, situs pencari kerja WHV maupun lewat komunitas yang ada. Semoga dapat pekerjaan yang diinginkan ya. CMIIW, Terima Kasih

    3. halo kak Andry,
      Boleh saya minta email? saya bertanya tentang bekerja di Sydney.

      Terimakasih kak..

  79. Hai Mimin.. Mau tanya nih :
    1. Jika saya pernah kuliah di Australia (s1) apa perlu melampirkan keterangan IELTS lagi saat wawancara ? atau cukup surat keterangan graduate?
    2. Kira- kira perlu menunggu berapa lama sampai di panggil untuk wawancara ? Saya lihat di website imigrasi belum ada update untuk panggilan wawancara di tahun 2017.
    3. Kalau work and holiday visa , apa bisa kerja di kantoran ? Karna minimal kerja di satu company maksimal hanya 6 bulan
    Terima kasih.

    1. Halo Lin, setau mimin jika melihat dari persyaratan tetap harus melampirkan IELTS.
      Iya di website imigrasi memang belum ada update terbaru ttng wawancara, agar tak terlalu menunggu lama mungkin kamu bisa langsung hubungi pihak imigrasi di nomor (021) 5225029/ 5225028 untuk keterangan lebih lanjut.
      Jika kamu memenuhi persyaratan, maka kamu bisa bekerja di perkantoran karena biasanya beberapa kantor yang mencari pekerja WHV menerapkan 4-6 bulan kontrak kerja.

      Semoga bisa membantu, CMIIW, terima kasih. 🙂

    1. Halo Oktav, untuk penerimaan 2017 sudah dibuka. Batas maksimal usia kini diperbaharui maksimal 35 tahun.

  80. apa dana sebesar 5000 AUD perlu mengendap hingga 3 bulan? atau gimana? mohon penjelasannya.
    apa ada kontak untuk bisa berhubungan langsung dengan mbak puteri? saya ingin bertanya banyak hal 🙂
    terima kasih.

    1. Hallo Mike, bantu jawab ya. Dana tersebut harus ada di tabungan sebagai jaminan. Australia tidak mau mengeluarkan biaya jika Turis WHV mendapatkan masalah di Aussy. Jadi, jika dideportasi, sakit atau ada masalah lainnya, deposit itulah yang akan dijadikan sebagai jaminan. Semoga menjawab ya. CMIIW.

      Oh ya, ini juga salah satu syarat yang memberatkan. Pemeintah Indonesia sudah mengajukan review dana tersebut agar dikurangi. Namun sampai saat ini belum ada informasi terbaru apakah jadi dikurangi.

    1. Hallo Tine, Student visa hanya bisa dilakukan jika ada surat keterangan dari University atau lembaga pendidikan. Sepengetahuan mimin, WHViers yang bekerja di Aussy bisa mendapatkan rekomendasi atau sponsor dari tempat bekerja untuk bisa melanjutkan pendidikannya di Aussy. Tentunya setelah masa berlaku WHV habis, harus ada perpanjangan visa. Opsi melanjutkan pendidikan bisa jadi alasan kuat untuk mendapatkan student visa. Semoga membantu menjawab pertanyaan kamu ya. CMIIW

  81. Berdasarkan data yang dikutip dari australiaplus.com, untuk 1 Januari 2017 akan terjadi perubahan di mana usia para pekerja yang biasa disebut backpacker yang mengajukan visa diperluas hingga 35 tahun.

    Untuk pernyataan di atas apakah maksudnya untuk batas umur tidak 30th lagi tp 35th ya mba?
    Mohon infonya ya..thanks be4

    1. hi kak, apa sudah berlaku saat ini sampai umur 35? kalau saya cari di link immigrasi.co.id kok masi 30th maximal yah?

    2. Thx infonya Mba..
      Sedikit info, setelah saya memastikan ke pihak kedubes Australia..batas umur 35 th itu hanya berlaku untuk Working Holiday Visa (471), namun tidak bagi Work & Holiday Visa (462)..dan sedihnya Indonesia termasuk dalam visa class 462 “Work & Holiday Visa”..
      ini link nya : http://www.border.gov.au/Trav/Visa-1/462-
      Semoga bermanfaat 🙂
      Thankyou

    3. Mbak klo lulusan D2 bisa apply ga? Mohon petunjuk ya mbak?

    4. Halo Dea,

      Apakah benar konfirmasi mengenai bahwa batas usia tambahan sampai 35 tahun hanya berlaku untuk whv 371? Kalo benar, sedih sekali.

  82. Mba maaf saya mo nanya. kira kira kalo udah di australia ntar kita cari lowongan kerjanya ke disnaker australia apa sendiri tuh mba? sebelumnya terima kasih

    1. Hallo Dzaky, saat ini sudah ada komunitas WHV dari Indonesia di Australia. Kamu bisa baca-baca pengalaman dari para WHV yang sudah banyak menceritakan kisahnya di blognya masing-masing. Selamat berWHV yaaa 🙂

    2. Hallo Mbak, pa Kbar ?? Mbak sy mau tnya? Klao sy enggak pnya ijasah sekolah Bisa enggak apply working holiday visa Nya ?

      Terima kasih sebelum Nya.

    3. Halo Ervin, kabar baik.

      Berdasarkan persyaratan WHV yang dikutip dari dirjen imigrasi, salah satu persyaratannya adalah “Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan.”

      Semoga bisa membantu, terima kasih 🙂

    4. halo, apakah kalau lulus smk saja bisa ? soalnya saat lulus langsung bekerja tidak kuliha, mohon infonya 🙂

Leave a Response