Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

Travel Tips2.2K
Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

Travel Blog Reservasi – Saat berencana untuk traveling ke luar negeri, hal pertama yang nggak boleh kamu lupakan adalah membawa paspor.

Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara.

Jadi, kalau kamu belum memiliki barang wajib ini tapi sudah buat rencana perjalanan liburan ke luar negeri sebaiknya segera bikin paspor dari sekarang deh.

Untuk kamu ketahui, pembuatan paspor saat ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan tahun sebelumnya lho. Nggak cuma dengan cara manual, kamu pun bisa membuatnya secara online atau melalui Whatsapp.

Supaya kamu nggak bingung, simak yuk ulasan lengkap pembuatan paspor berikut ini!

Syarat Pembuatan Paspor Baru

Pembuatan Paspor Baru
shutterstock.com

Sebelum membuat paspor baru, ada beberapa syarat yang kamu penuhi terlebih dahulu. Ketentuan tersebut meliputi beberapa dokumen asli dan fotokopi yang harus dibawa ke kantor imigrasi setempat.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu bawa:

  • E-KTP asli dan fotokopi
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • Materai

Pembuatan Paspor Baru Secara Manual

1. Datanglah ke kantor imigrasi setempat yang ada di wilayah kabupaten atau kota tempatmu tinggal. Usahakan datang pagi hari sebelum pukul 12.00, sebab jumlah pemohon hanya dibatasi 200 orang setiap harinya.

2. Jangan lupa untuk bawa seluruh dokumen yang sudah dipersiapkan ya.

3. Setelah sampai, isi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket permohonan paspor kantor imigrasi. Pastikan mengisi data sesuai dengan informasi yang ada di dokumen resmi.

4. Jika sudah selesai, kamu bisa menyerahkan formulir tersebut ke loket untuk pembuatan paspor baru untuk mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal pengambilan sidik jari dan foto.

5. Setelah melalui proses pengambilan sidik jari dan foto, tahap yang harus kamu lewati adalah tahap wawancara. Wawancara ini dilakukan untuk memverifikasi dokumen asli dengan keterangan yang ditulis di formulir pembuatan paspor.

6. Kalau semua tahapan ini telah selesai kamu lalui, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Jika sudah, kamu akan mendapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan bisa diambil.

Pembuatan Paspor Baru Secara Online

blog.reservasi.com

Untuk kamu yang ingin menghindari antrian panjang saat membuat paspor, sebaiknya lakukan langkah secara online yang lebih praktis dibandingkan dengan cara manual.

1. Unduh aplikasi Antrian Paspor Online resmi.

2. Daftarkan diri kamu dengan mengisi identitas lengkap yang tertera dalam aplikasi antrean paspor. Setelah daftar, akun kamu akan diverifikasi melalui email.

3. Login kembali setelah akun terverifikasi.

4. Pilih kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggalmu.

5. Lengkapi data permohonan antre paspor. Data tersebut meliputi tanggal rencana pengurusan paspor.

6. Cek kembali jadwal antre yang kamu ajukan apakah sudah disetujui atau belum.

7. Jika sudah disetujui, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal. Tunjukan barcode saat datang ke sana untuk mendapatkan bukticetak nomor urut panggilan.

8.  Tunggu hingga mendapatkan panggilan, lalu serahkan berkas pengurusan paspor dan melakukan pembayaran. Tunggu hingga semua proses berhasil dilakukan.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh ponsel Android dengan sistem operasi minimal 4.2 (Jelly Bean) dan di atasnya.

Ketentuan Pendaftaran Lewat Aplikasi Paspor Online

Satu hape/1 user bisa daftar untuk 5 orang. Bisa untuk
1. Bapak/Ibu
2. Suami/Istri
3. Anak
4. Pribadi

Yang tidak disebutkan artinya tidak bisa mendaftar secara kolektif (khusus keluarga)

Contoh pendaftaran dengan menggunakan 1 user/1 aplikasi online/1 handphone
1. Ayah
2. Ibu
3. Pribadi
4. Suami/Istri
5. 1 Anak

Pendaftaran Paspor Baru Lewat Whatsapp

shutterstock.com

Untuk kamu yang tak menggunakan ponsel Android tapi tak ingin repot mengantre bisa memanfaatkan aplikasi Whatsapp.

Dilansir dari liputan6.com, pendaftaran paspor via Whatsapp bisa dilakukan dengan cara mengirimkan data diri sesuai format yaitu #Nama#TglLahir#TglKedatangan lalu kirim ke nomor Whatsapp Imigrasi.

Contohnya #Budi#25011987#07082017 lalu kirim ke 08111100333.

Berikut daftar nomor imigrasi yang telah menyediakan pendaftaran via Whatsapp:

  • Imigrasi Batam: 0822 8886 2017 atau 0822 8882 2017
    Imigrasi Jakarta Pusat: 0812 9900 4406
    Imigrasi Bogor: 08 1111 00 333

Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode booking untuk mendapatkan pelayanan di kantor imigrasi sesuai dengan waktu yang dipilih. Jangan lupa bawa seluruh dokumen yang jadi persyaratannya ya.

Pastikan datang 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan ya. Sebab, kalau terlambat kodemu bisa hangus dan kamu harus mendaftar ulang.

Biaya Pembuatan Paspor Baru

shutterstock.com
  • Paspor biasa 48 halaman per orang yaitu Rp300.000
  • Ganti paspor 48 halaman karena keteledoran Rp600.000
  • Ganti paspor 48 halaman disebabkan bencana alam Rp300.000
  • Pembuatan paspor 24 halaman per orang yaitu Rp100.000
  • Ganti paspor 24 halaman karena keteledoran yaitu Rp200.000
  • Ganti paspor 24 halaman disebabkan bencana alam Rp100.000

Baca artikel lainnya terkait paspor atau tips traveling bermanfaat di Reservasi.com.

Firstrianisa Gustiawati

321 thoughts on “Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

  1. Masbro mau tanya.. klo kk nya cuma ada fotocopian yg asli nya belum ketemu.. tp dokumen lain lengkap.. akte asli.. ijazah asli.. ktp ada.. kira2 gimana tu? Apa harus kk yg asli juga dibawa.. boleh gak cuma fotocopian?

  2. Selamat Pagi,
    Min, mau nanya ttg pembayaran. Sy diinfo kalo sesudah daftar online diminta bayar dulu ke bank yang sudah di tentukan lalu waktu ke kantor imigrasi di hari yg sdh ditentukan bukti bayarnya dibawa. Tapi di ulasan atas ngga ada mbahas pembayaran sama sekali. Lalu mbayarnya kapan ya? Trima kasih.

    1. Iya, setelah wawancara nanti dikasih resi pembayaran bs bayar lwt bank atau atm juga.

      Setelah dibayarkan nanti 3 hari setelah itu baru ambil ke imigrasi dgn membawa resi yg diberikan kanim. Bukan resi bank ya.

  3. Kalau untuk pengurusan pasport dengan ktp beda pulau bagaimana ya pak.? Apakah harus ad surat ktrangan dari daerah asal…..

  4. Siang mas..saya mau tanya suami saya kan mau berangkat berlayar paspor nya masih berlaku sampai september 2018 tapi karna september 2018 dia kan pasti masih di laut jadi sebelum berangkat dia mau perpanjang paspor dulu . kira-kira bisa gak ya kalu masa berlakunya amsih september 2018 dan biayanya berapa? terimakasih

  5. mau tnya neh pekerjaan saya kan sebagai orang proyekan jd kerjanya sll pindah2 kadang luar pulauan juga.. nah rncana saya sekarang ingin buat paspor baru buat jaga2 klo misalnya ada kerjaan dluar negeri gto.. apa bisa itu.. klo bisa pas dtnya saat wawancara saya bilang begitu apa adanya atau gimana menurut anda mohon beri masukannya..

  6. Siang ..
    Mo tanya dong..saya kan blm pernah dan blm pny sama sekali paspor dan jg blm pny visa.. nah gmn cara bikin paspor dan visa dg status di ktp dan kk janda.. apa perlu ada surat bukti kl brstatus janda???

  7. Selamat pagi mas ..
    Saya mau tanya, pembuatan passport biasa siapnya brapa hari ya ?
    Dan kalau cuma pakai e_Ktp Dan kartu keluarga bisa. ?????

  8. Mau nanya,
    Saya sama suami sdh ada paspor biasa. Skrg mau bikin buat anak usia 2,5thn. Nah alamat di ktp dan kk saya skrg beda dgn paspor saya, krn sy pindah alamat. Nanti masalah gak mas utk bikin paspor anak?
    Terima kasih

  9. Mas mau tanya klo passport sy udah kadaluarsa (tapi hilang dirumah entah keselip ) trs mau bikin baru lg bisa ga yah? Nanti pas diwawancara bilangnya apa? Atau pas ngisi formulir disebutinnya bikin baru atau perpanjang???

  10. Mas kalau lewat jalur cepat bisa nggak?
    Kalau bisa kena biaya berapa untuk paspor biasa?
    WA 081386378458

  11. Mas kira” tau ga, klo mau bikin paspor umroh apa perlu surat rekomendasi dari travel ? Dan untuk penambahan nama orang tua/kakek, apa kita bawa data asli atau fotocopi dari ayah atau kakek kita ?
    Ibu saya namanya 1 kata, berarti haru spake nama ayah dan kakeknya..,,,nama ayahnya 1 kata dan harus ditambah nama kakek, ibu saya ga tau nama kakeknya dan untuk tgl lahir ayah dan kakeknya pun ibu saya ga tau…itu gmn ya mas

    1. Betul, harus ada surat rekomendasi dr travelnya. Kecuali berangkat tanpa travel.

      Nanti ada form khusus untuk penambahan nama menjadi tiga kata. Biasanya yg diambil nama bapak atau ayah. Nanti saya buatkan post khusus deh ya cara bikin paspor untuk umroh.

      Oh ya pilih yg 48 hlmn ya klo umroh.

  12. Mas mau tanya saya kan udh nikah tahun lalu bln mei. Skg mau bikin paspor tp KK baru blm diurus. Buku nikah ada, itu gmn yah mas hehe
    Oh iya trus kalo paspor udh jd, negara mana aja yg bisa jd kunjungan pertama? Makasih mas maaf gaptek

    1. Hamdalah selamat ya semoga langgeng. Iya bisa kok pakai buku nikah, ktp dan ijazah terakhir. Nanti pas bikin paspor ditanya mau ke mana jawabnya apa? hehehe. Klo negara pertama sih yg paling deket Malaysia sama Singapura.

  13. mas brur, kalo mau buat passport itu harus punya tabungan ngga sih? kayak visa misalnya. Dan kalo passportnya mau digunain buat dagang gambar di suatu web apa nanti alasan pas wawancara bisa diterima?

    1. paspor gak perlu tabungan kok. Wah, klo alasan bikin paspor buat ke luar negeri, klo alasannya buat dagang gambar di web kurang paham mas. Bisa tanya langsung aja ke Imigrasi yah hehehe cm paling disuruh pulang lagi.

  14. 1 hari dibatasi 200 orang itu untuk manual sama online ya mas…walopun kita dtg pagi tapi kalo penuh antrian dr online tetep tdk dilayani ya mas?

  15. Selamat malam mas, sy mau tanya, mertua saya mau bikin paspor buat umroh, tapi mertua saya ga ada akte kelahiran, apakah bisa bikin paspor ga pake akte?

    1. Min mau tanya donx
      Kan saya udh dpt no antrean buat tgl 22 ini
      Cuma ada dokumen saya yg brmasalah…
      Nama diakte lahir gak pake spasi
      Diktp,surat baptis,sama dokumen laexnya ada spasi nya
      Kira2 lolos gak yah buat paspor nya
      Nama nya misalnya junia waty diktp n dokumen laex
      Diakte misalnya juniawaty
      Makasi min
      Maaf tnya disini soalnya gak tau caranya

    1. Mas mw tanya klo ktp tangerang tapi bikin dicilegon hrus minta surat keterangan ga dr kelurahan apa bisa langsung kan sma2 provinsi banten

  16. hitungan 3 hari jadi itu gimana mas, saya buat hari selasa, jadi selesai hari jum”at ? soalnya buru2 mau ke luar negri

    1. Iya betul, klo dibayar hari Selasa paling aman diambil pada hari Jumat. Klo sudah dapat nomor antrian sih aman. Klo mau urus manual di Jkt sudah tidak ada, paling ke Serang masih bisa walk in.

  17. Bikin paspor secara manual, ga harus online, sekarang bisa kan ya? Soalnya saya coba lewat nomor antrian online kuota nya penuh terus. Tapi, ada teman saya yang mau bikin paspor, sudah ke kantor imigrasi scr manual namun ditolak karena harus mengambil nomor antriannya secara online. Jadi, yang mana yg benar?

    1. yg benar harus mendapatkan nomor antrian dulu secara online atau daftar via whatsapp masing-masing kantor imigrasi di wilayahnya mbak, baru setelah mendapatkan nomor antrian urus secara manual sesuai jadwal yang diberikan.

  18. Kalo ktp dan data nya daerah lampung sy mau bkin di imigrasi jakarta krna sy tinggal.djkt bsa atau engga ya? Trs kk nya dn akte sy pakek fotocopy krna kk asli dilampung itu bisa ga?

  19. Mas mau tanya kalo foto di KTP tidak pake jilbab gimana?
    Sedangkan di ijasah pake Jilbab
    Dan saya juga sekarang pake jilbab..
    Apa jadi masalah pas waktu pemberangkatan??
    Terima kasih

  20. Mohon maaf numpang tanya…
    Kalau persyaratan nya beda gimna.. Tanggl lahir di
    Ktp sama KK dan akte kelahiran berbeda

  21. Mas mau nanya, paspor sy hilang dan sdh expired juga,rencana saya mau buat paspor baru, tp sya blm buat surat dr kepolisian,Klo sya bilang sya bru buat paspor baru, itu nt bisa dibuatkan lagi ga ya?

  22. Mau tanya mas, ttg berkas yg akan dibawa, sy mahasiswa alasan bikin paspor karena mau ngejar exchange dan jg travelling.
    Nah syaratnya cuma ktp, kk, akta lahir, ijazah aja kan mas?
    Apakah jg akan diminta ktp ortu sama buku nikah ortu? Mksh mas

  23. Malam Mas, kok saya sudah bikin user untuk antrian passport tapi ga dapet email verifikasi yaa.. Sudah 2 hari belum dapet juga..

  24. Mas…mau tanya di syarat diatas jika datang ke kantor Imigrasi yg mendaftar online menunjukkan barcode untuk mendapat no antrian, tetapi saya tidak mendapat email barcode hanya verifikasi saja dari kantor imigrasi ke email saya dan ada dikirim jadawal hari dan jamnya, terus bagaimana nanti untuk mendapat no antriannya mas??

  25. min, nanya donk..prosedur pembuatan paspor sekarang ambil antrian via online, apakah perlu kita isi formulir dulu baru daftar online atau cukup langsung ambil antrian online saja jadinya tidak perlu isi data formulir..?
    terima kasih.

  26. Hallo mas, Barusan saya ke kantor imigrasi Unit Layanan Paspor I Jakarta Selatan.
    Sudah dari minggu lalu coba untuk pilih jadwal antrian dari web, tapi selalu gagal karna tanggalnya ga pernah bisa di click. Saya coba langsung datang tadi pagi ternyata sekarang sudah tidak bisa walk in dan harus menggunakan aplikasi. Memang serumit itu ya prosedurnya? Dan harus pakai cara apa lagi kalau system aplikasinya busuk seperti ini? Tolong suggest mas, terima kasih

  27. Mas…Jika kita langsung datang aja ke kantor imigrasi pagi2 sekali apakah hal ini lebih baik sehubungan lewat antrian online tdk pernah berhasil

  28. kl daftar via WA bisa untuk satu keluarga ga ya? soalnya yg paling deket dgn rumah.
    sdh coba via antrian web to kok pas klik finish ada tulisan NIK sdh terdaftar?

    1. saya mau bikin pasport,tpi belum punya e_ ktp,saya punya ktp biasa yang masih berlaku,bisa ga ya?

  29. Mlm mas, saya mau tanya ….sabtu kmrn saya udah daftar online….buat saya, adik saya sama ibu saya, jadi daftarnya
    ibu
    pribadi
    pribadi
    Itu bener ga ya ?

    1. Klo mau bikin paspor umroh apa perlu surat rekomendasi dari travel ? Dan untuk penambahan nama orang tua/kakek, apa kita bawa data asli atau fotocopi dari ayah atau kakek kita ?
      Ibu saya namanya 1 kata, berarti haru spake nama ayah dan kakeknya..,,,nama ayahnya 1 kata dan harus ditambah nama kakek, ibu saya ga tau nama kakeknya dan untuk tgl lahir ayah dan kakeknya pun ibu saya ga tau…itu gmn ya mas

  30. Saya belom nikah mas ,, pihak imgrasi menerima tidak ijazah SD ,, ijazah SMA dan SMP saya hilang
    Tp akte kelahiran . Ektp . KK ada mas .. Dipersulit tidak ya ?? saya udah dpet jdwal tgl 20 feb .. untuk memastikan ja lagi takut ntr dsruh balik lagi

    1. Saya juga mau tnya .. Saya mau bikin paspor untuk saya pribadi tapi nama orang tua ibu saya penulisan di akte dan di kk beda penulisan beberapa huruf .. Apa cukup pke surat dari kel aja atau gmna ?

    2. Enggak bakal dipersulit kok kalau tujuan jelas dan legal hanya untuk traveling saja. Beda kalau mau jadi TKI ya, krn harus ada surat keterangan dari Disnaker setempat. Ijazah bawa saja sebagai bukti verifikasi data meskipun nanti tidak akan ditanyakan. Sebagai jaga-jaga saja. Semoga lancar ya. Jangan lupa pakai pakaian yang rapi dan bersepatu.

  31. mau nanya nih min, kalo daftar paspor biasa 24 halaman apakah masih tersedia?
    di artikel kok tidak disebutkan. soalnya paspor hanya digunakan untuk identitas internasional saja (tidak untuk pergi ke luar negeri). trims

  32. Mau tanya mas,,saya kan rencana mau ganti paspor lama saya ke e paspor,,tpi masa expired paspor lama saya masih 2021..apakah bisa ganti jdi e paspor..rencana saya mau liburan ke jepang di bln april ini..dan ganti e paspor juga biar gak bolak balik urus visa..soalnya ada yang bilang bisa ganti ada yg bilang enggak..terima kasih

    1. Saya sudah dapat nomor antrian on line nya..hanya yang saya ingin tanyakan paspor saya masa expirednya masih 2021..dan saya rencana mau ganti e paspor..kira kira bisa kah..tiap jawaban imigrasi beda2..terima kasih

  33. Selamat Pagi mb Devi,
    Sy daftarnya pakai aplikasi antrian paspor mb, daftarnya sekitar seminggu yg lalu dan dapat kuotanya di kanim jakut.
    Benar info dari mas Dzulfikar, kmrn sy jg mencoba terus, dan cek satu persatu sampai sy dapat kanim yg masih ada kuotanya, Untungnya sy dapet yg masih dekat dengan tempat tggl saya.
    di coba aja trs mb, semoga berhasil.

    1. Mksh mba, Alhamdulillah saya juga udah dapet..mksh ya mba 🙏🙏
      bener kata mas dzulfikar harus di coba weekend (jumat-minggu malam)

  34. mas, barusan saya log in ke paspor online utk wilayah bandung, tapi kenapa ga bisa untuk pendaftaran hari senin? malah bisa nya maret?

    1. iya mbak, artinya untuk kuota yg diinginkan mbak sudah habis. Kuota dibuka sesuai ketersediaan saja. Klo mau walk in bisa cari kanim yang masih bisa urus manual. Bisa cari infonya via google saja

  35. selamat pagi mas,
    Sy untuk pertama kalinya mau buat paspor, dan sdh daftar via online serta mendapatkan kode booking ( barcode ), yg mau saya tanyakan nih mas :
    1. Pada saat nti sy ke kantor imigrasi apakah tinggal menunjukkan barcodenya aja melalui hp? Menyerahkan persyaratannya, dan lgsg transfer biaya nya melalui bank? Setelah itu apakah harus menunjukkan kembali bukti transferannya pada hari yg sama?
    2. Kira2 berapa lama/hari paspornya selesai? Mhn pencerahannya mas, trm ksh sebelumnya.

    1. datang, tunjukkan barcode, nanti dapat nomor antrean, siapkan syarat lengkap. Setelah wawancara nanti dapat resi yang harus dibayar. Bayar di bank dan paspor bisa diambil setelah 3 hari sejak pembayaran. Setelah pembayaran selesai, bawa resi pembayaran yang diberikan saat wawancara (bukan resi bank ya). Nanti datang lagi saat pengambilan tinggal discan untuk mendapatkan nomor antrean pengambilan paspor.

    2. Siang mb dwi amalia, mau tanya daftar online nya lewat WA atau pake aplikasi daftar antrian ? Krn saya coba daftar di aplikasi antrian imigrasi ga bisa (keterangannya daftar kuota habis)…saya dibandung, jadi saya nyoba daftar di imigrasi jakarta dan bandung, tp semua sama…kuota penuh…..
      klo boleh tau mba dwi daftarnya baru-baru ini ? Dan boleh tau di daerah mana ?

    3. Mbak, coba aja satu-satu. Klo di JKT bisa coba di kanim bandara Soetta juga. Mana aja yang paling dekat dan tersedia kuota. Kadang ada yg dpt di Depok atau di Bogor juga. Pantengin aja tiap weekend Jumat, Sabtu, Minggu untuk cek kuota paspor. Memang harus rajin. Klo mau bikin sekeluarga, bagi tugas dengan keluarga untuk cek kuota juga biar bisa saling mengingatkan.

    4. permisi bu, ko ibu di aplikasi paspor online bisa daftar, sedangkan saya bisa nya untuk maret gak bisa untuk sekarang2 kenapa ya??

  36. Kalau dulu setelah dapat email balasan dr aplikasi, kita disuruh bayar dulu ke bank setelah itu baru ke kantor imigrasi sesuai waktu yg ditentukan. Skrg kog langsung ditentukan datang tanggal sekian tapi tdk disuruh bayar ke bank Ya? Apa mmng demikian aturan yg baru? Terimakasih.

  37. Mau daftar antrian online kok ngga bisa terus ya? tanggalnya ngga bisa di klik. Jadi bagaimana caramengurusnya ya? untuk kanim yogyakarta.. apakah bisa walk in aja ya?

  38. Saya mau nanyanhi…. Tadi siang saya urus paspor… Tapi blum kelar soalnya berkas saya blum lengkap katanya harus ada surat jaminan dari org yg bernegara yang akan tuju.
    Jadi pulang lagi.padahal jarak antar kantor imigrasi dari tempat saya 80 km….
    Berkas saya bawa.
    Ktp, kartu keluarga, akte kelahiran,surat pas jalan dari desa dan di stempel di camat. , ijasah mulai dari tk sampe Smu karna itu jasa terakhir saya,surat nikah orang tua karna saya masih bujang dan , ktp kedua orng tua semua asli dan foto kopi saya bawa… Eh malah disuruh agar ada warga negara yang saya tuju menjamin saya.
    Mana saya tau saya saja blum pernah kesana.
    Saya sudah lengkapi semua berkas supaya tidak pulang pulang lagi malah. Pulang lagi..
    Untung sekarang ada kenalan yang jamin dari sana dan sudah saya pria tadi sore.
    Seandainya besok masih di persulit..
    Bakalan ngamuk saya di kantor itu.
    Jika saya tertangkap besok tolong dukungannya.
    Kantor imigrasinya pare-pare sulawesi selatan

    1. Maaf mas buat traveling atau buat kerja ya? Klo buat kerja harus ada surat pengantar dari Disnaker klo ndak salah. Tp klo cuma buat traveling tidak ada syarat surat jaminan. Masnya bilang aja ke petugas klo dipersulit mas akan tulis komplain di lapor.go.id tentang keluhan mas.

      Gak usah pakai cara kekerasan mas, musyawarah aja. Cek juga mas biayanya jangan sampai di mark up. Klo ada indikasi korupsi mas bisa lapor dengan bukti yang ada. Klo perlu minta video keterangan dari mereka alasan kenapa harus ada surat jaminan dari negara yang dituju. Gitu aja mas. Moga lancar ya

  39. Hello..
    Saya ingin bertanya. Apakah pembuatan paspor bisa di lakukan apabila alamat di Kartu keluarga tidak sesuai dengan KTP, tetapi untuk NIK dsb nya sama semua

  40. Mau tanya nih gan, ane udah daftar online via whatsapp. Besok dijadwalkannya untuk ke kanim.
    Yg mau ane tanyain dokumen semua lengkap kecuali buku nikah atau akta nikah. Apakah bisa? Soalnya di ktp ane statusnya menikah

  41. mas,mau nanya,saya punya anak 2 tapi di akte anak2 tidak terdapat nama ayah nya,hanya nama ibu nya
    apakah dengan demikian bisa buat paspor ?

  42. pagi mas numpang tanya donk
    1.diatas ada dijelaskan untuk membawa Ijasah terakhir,kalau ijasah terakhirnya hilang bolehkah pakai ijasah sebelumnya? ( Ijasah terakhir SMP apakah bisa pakai ijasah SD)
    2.kalau pasport habis masa berlaku apakah proses pembuatannya sama seperti pembuatan baru?
    trims Mas

  43. Mohon tanya Mas, Itu Dokumen salah 1 kan ya, Surat Nikah Asli ( akte gak punya ilang ) Ijazah gak pake GPP kan ya udah ada Surat Nikah , KTP misal belum e KTP, karena sedang di urus bisa gak ya pake surat keterangan kalau EKTP nya sedang di urus, soalnya butuh urgent bikin Paspor , Terima kasih

  44. mas, dokumen dokumen seperti KK, AKTE, sm Ijazah untuk daftar pertama harus yang asli apa bisa photocopy ?
    soalnya dokumen asli saya semuanya ada di sumatera, sedangkan sekarang saya di jakarta.

  45. Permisi bang mau nanya, kalo misalkan nanti ke kantor imigrasi nggak bawa ijazah bisa nggak ya bang, tapi document lengkap, KTP, KK, dan AKTE (Asli&Copy), kira-kira bisa nggak ya ?
    Soalnya Ijazahnya belum sempat saya ambil masih disekolah kalimantan sana, saya sekarang tinggal dibekasi ? Trimakasih 🙏.

    1. Pakai Ijazah terakhir aja yg ada, kirim pake kurir kan bisa dong zaman now, atau buku nikah atau dokumen lain. Aman aja sih klo gak ditanya, cm pas ditanya apes juga klo suruh balik lagi ambil dokumennya. Itu fungsinya buat verifikasi data aja sih.

  46. Hallo mau tanya saya kmrn mw perpanjang passport tp gak bisa harus daftar online tp saya daftar gak pernah kebagian kuota.sedangkan saya butuh cepat jd bagaimana yah?? Makasih

    1. coba cek saat weekend mbak, suka ada kuota baru kok. Klo ingin cepat hrs cari kanim yang masih bisa menerima walk in dan umumnya itu di luar Jakarta paling dekat mungkin bisa ke Serang, Banten.

  47. Kak.. 1)apa akte kelahiran harus sama dengan di e-ktp? Krn sy lahir di jawa barat dan sekarang domisili jawa timur. 2) apabila skrg semua daftar o line dan wa untuk pengambilan no antrian. Bagaimana dgn kota yg tidak tersedia? Sy lihat poster diatas dikota2 yg bs online.kota sy tidak ada.di caruban misalnya.apa langsung dtg ke kantornya? Dgn isi manual?

    1. KTP dan Akte jelas harus sama dong datanya. Klo domisili sih gak masalah mbak. Nah, klo blm tercantum dalam daftar kantor yang online, mbak tinggal datang aja pagi pagi. Pelayanan manual isi data di kanim dan bawa berkas lengkap. Sebagai data verifikasi bawa juga ijazah terakhir mbak.

  48. Mas mau tnya dong, klo bikin paspor tp ada nya cm akte lahir, kartu keluarga sama ktp tanoa ijazag bisa ga ya ?

  49. Mw tanya pengambilan paspor apakah hrs di sertakan surat ket kerja atau bisa di ganti dngan id card kerja?? Karna mnta surat ket kerja msh dlm proses dan pengambilan paspor sya senin 12 feb ..
    Itu bagaimana ya??? Mohon bantuan.a 😊

    1. Klo pengambilan bisa diwakilkan oleh keluarga yang masih dalam satu KK dan membawa KTP pemohon. Klo bukan sama keluarga bisa disertakan surat kuasa. Setahu saya pengambilan paspor tidak perlu surat keterangan kerja kok. Tinggal datang aja bawa resi paspor dan sudah dilakukan pembayaran 3 hari sebelumnya sejak permohonan paspor diajukan.

    1. Bisa mas, tp better bawa dokumen lain yah. Bawa Ijazah terakhir atau dokumen lain yg disebutkan sebagai salah satu bukti verifikasi data. Saya sempat gak bawa Ijazah dan disuruh balik lagi saat itu juga hehehehe.

  50. Malam mas mo tanya..ktp bekasi bikin paspor di jakarta utara apa aja syaratnya? Pake keterangan domisii gak? Makasih

  51. Mas saya mau buat pasport online, tapi quota habis seluruh jabodetabek, kudu piye? Masih ada ga sih kantor yg walk in? Kalo ada tolong kasih info ya, thankyou

    1. selain aplikasi paspor online bisa juga daftar lewat WA aja, di Bogor ktnya lbh mudah klo daftar lwt WA, coba aja mas. Cek kuota tiap weekend aja klo mau dapet, tp rebutan.

  52. Malem mau tanya kalau akte lahir , ijazah udh ilang semua, trus akte nikah udh cerai apakah bisa pake surat cerai untuk pengganti akte lahir/ijazah, terima kasih

  53. Mas mw nanya kalau mw bikin paspor baru.cuma documen paspor lama hilang dan ga tw kemana dan ga ada selembarpun berkas dan ga ingat waktu bikinya.itu pengurusanya gmn? Dan butuh biaya brp?

  54. mau tanya kalau saya buat pasport salah satu syartanya pakai surat nikah dari gereja bisa ga ya?terima kasih

  55. Ini cuman di atas kertas. Skrg kondisinya lebih parah. System online sering down. Entah di sengaja atau tidak. Datang langsung sdh tdk bisa, di suruh daftar lewat WA. Lewat WA di persulit dpt antriannya. Dan sering di sela atau d rescedul jk dapat juga. Tapi kalau lewat calo gampang sekali dpt no Antriannya. Entah ini di sengaja atau tidak. Entah ini permainan calo dgn petugas atau bukan. Yang jelas tambah susah.

  56. Mas, Bapak saya mau umroh lagi tahun ini. Alhamdulillah. Hanya saja tahun kemrin 2017 jg baru saja umroh, sedang menurut kebijakan kerajaan saudi yg baru, mesti dikenakan Visa Progresif/Visa berbayar sebesar 2000 real (Setara 7.5juta). Lantas ada usulan tetangga utk mengganti paspor dgn biaya sekitar 2.5jt, utk menghindari visa berbayar di atas. Apa memang ada prosedur penggantian paspor seperti itu? Dan syaratnya apa saja. Thank

  57. Maaf mau tanya.untuk pengambilan paspor bisa di wakili tidak sih yaa.kalau misalkan pas hari sudah jadinya tapi kita ada urusan untuk sebulan ke luar gitu??

    1. Bisa asal masih satu keluarga yang dibuktikan dengan KK dan ktp si pemilik paspor. Jika diwakilkan orang lain yang bukan keluarga harus bawa surat kuasa dengan materai

      “Orang lain yang tidak memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan pemohon dengan menunjukkan tanda bukti pembayaran, surat kuasa, dan identitas pengambil yang sah” sy kutip dari halaman kanim Jaktim.

  58. Mas saya mau tanya saya sudah buwat paspor thn 2013 dulu tpi sekarang mau buwat baru lagi tapi nama di paspor yang dulu hurufnya cuma di ambil terusanya saja dan nama yg awalnya gak tercantum dan saya mau membetulkan sama di kk atau e ktp gimana ya mas caranya saya tanya ke PL katanya habis 2.700ribu apa itu semu benar maz saya

  59. Mas mau tanya,kalo paspor mati bln 10 th 2017 (lupa ngecek),dan sekarang mau bikin baru itu kita kena denda ga ya atau biaya sama dg pembuatan paspor baru Rp300rb.

    1. numpang nanya ya, kalo mau urus paspor tapi nama di Akte/Izajah tidak sama dengan nama yg di KTP/KK gimana yah …tks

  60. Pak mau tanya kalau imigrasi Bekasi kok blm online yah? Sy sdh cari “Antrian Passport” tp tidak ada bekasi, apakah harus manual datang langsung? Terima kasih

  61. Hallo mas mau tanya emang harus online kah untuk pembuatan paspor? Manual saja bisa gak kira2? Terima kasih

  62. Maaf saya di kota bandung,setiap mau daftar online kuota selalu penuh…apakah bisa pengajuan secara walkin atau bagaimana mohon pencerahannya ?

  63. Asalamu allaikum mas saya mau tanya tentang paspor saya soal nama saya di paspor gak sama di kk atau di e ktp gimana cara membetulkan nama yang sama di e ktp dan biayanya habis berapa ya maz mohon penjelasanya

    1. Nah itu harusnya dicocokan sebelum bikin antara nama di ktp dan kk harus sama dulu, klo sudah terlanjur cetak yang harus diubah nama di paspor disesuaikan dengan nama di akta lahir. klo ktp kan klo salah emg umum, klo akta sih jarang ada yang salah meskipun ada juga.

    1. Bikin akta dulu aja, gratis kok di catatan sipil, paling bayar-bayar kyk minta pengantar ke RT,RW, Kelurahan sama dari RS tempat lahir. Klo bikin akta lahir kan lebih gampang daripada akta nikah 😛

  64. mau tanya mas,,
    1. kalau pembuatan e paspor bisa dibuat di semua kanim jakarta??
    2. pembuatan e paspor harus tetap booking tanggal di antrian online??
    3. saya di bandung, untuk pembuatan e paspor di jakarta apa perlu surat rekomendasi dari kanim bandung?
    4. syarat pembuatan e paspor apa aja mas??
    terima kasih

    1. 1. e-paspor gak semua kanim kayaknya, better di kanim Buncit, Jaksel aja
      2. Harus ambil antrean online dl gan
      3. Gak perlu sepertinya klo masih sama-sama di pulau Jawa, tp better googling aja lagi yak.
      4. Kan udah ada tuh di artikel, ketahuan nih gak baca yah!

  65. Mau tanya pak :Untuk daftar online apakah dilihat per kk ? Jika maksimal 5 org apakah bisa jika saya mendaftarkan anak, tante, om, kakak sepupu dan sy sendiri hrs registrasi brp kali di online? Apakah bs jadi 1 pendaftaran online? Utk 1 user id bisa daftar brp kali? Trima kasih

    1. 1 hape/1 user bisa daftar untuk 5 orang. Bisa untuk
      1. Bapak/Ibu
      2. Suami/Istri
      3. Anak
      4. Pribadi

      Yg gak disebut di situ berarti gak bisa yes

      Contoh nih ya 1 hape daftar untuk
      1. Ayah
      2. Ibu
      3. Pribadi
      4. Suami
      5. 1 Anak

  66. Untuk perpanjangan paspor anak-anak apakah kedua orang tua wajib hadir saat wawancara? Bagaimana kalau salah 1 orangtuanya berhalangan hadir? Apakah pembuatan paspor skrg harus menggunakan aplikasi antrian paspor online? Kalau datang langsung ke kantor imigrasi apakah masih bisa diterima?

    Terima kasih

    1. iyes, semua daftar online dl kecuali mmg kanimnya blm sistem online, daftar kanim yang wajib online atau via whatsapp bisa liat di poster yes

      Klo anak sama ortu bisa salah satu aja ortunya yg hadir

  67. Selamat sore, saya mau tanya. Rencananya saya mau buat passpor. Tapi saya tdk punya akte kelahiran. Dokumen apa yang bisa di jadikan pengganti akte kelahiran? Mohon informasinya. Terimakasih

  68. paspor saya expired bln mei 2017. saya mau perpanjang, terdapat tulisan yang ada di kertas barcode antrian yang saya cetak dari aplikasi paspor online. untuk perpanjang hanya membutuhkan e-ktp dan Paspor lama.

    Mohon konfirmasinya Apakah benar bisa hanya dengan e-ktp dan paspor lama? . karena KK asli saya sedang di Dinsus (proses pengurusan salah satu keluarga yang pindah ke KK saya)

    apakah boleh jika bawa fotokopi KK yang dilegalisir oleh kelurahan?

    mohon pencerahannya Mas

  69. Saya mau bikin paspor tapi nama di ktp saya salah saya sekarang di kasih selembaran penggati ktp dari disduk .kira2 bisa gak yah . Nama di akte sama di kk sama. Tapi di e-KTP nya salah apakah bisa pake selembaran yang dari Disduk nya

    1. kalau bisa ktp nya di urus dulu untuk update datanya, karena beda huruf bisa di anggap tidak valid.

  70. Mas mau tanya..
    Aku kan mau buat paspor di palembang, kmrn udh daftar online dan dpt jdwl tgl 5 februari 2018. Pas dtg trnyata e ktp aku ga bs beda alamat sm kk jd suruh urus ektp smntr dl di capil, pas mau dftr online lg kuota nya full mas. Itu gmn ya? Ga bs kah manual? Krn org imigrasi nya bilang hrs dftr online, klo full ya tggu smpe mggu depan. Tp mepet bgt krn tgl 15 paspor ku hrs udh jadi. Mohon pencerahanya mas

    1. karena sekarang peraturannya harus daftar online dulu jadi gk bisa kalau mau datang langsung ke kantor imigrasinya juga.. mau gak mau pantengin nomor antriannya aja mas.

  71. Nanya mas, klo sudah dapat no booking itu artinya sdh bisa langsung datang atau nunggu pemberitahuan berikutnya mengenai tgl layanannya? Kedua di ktp saya skrg pekerjaan mengurus rt sedangkan paspor lama pegawai swasta, apakah perlu keterangan dr kelurahan atas perbedaan ini.? Terima kasih.

    1. klo ada no booking pasti sudah ada jadwalnya kpn harus datang, cek aja di menu jadwal. Klo pekerjaan sih sepertinya gak perlu diubah, yang penting namanya sinkron aja antara di ktp sama di paspor lama.

  72. klo mau libutan ke singapura ngurus paspornya di wilayah surabaya dimana ya??kira2 ribet atau tidak ya?adakah orang yg bisa bantu menguruskan..krn kemungkinan repot di waktu tidak sempat krn msh sibuk kerja

    1. Cari travel aja yang paling dekat di SBY klo mau diuruskan, tp sih better urus sendiri aja. Bikin paspor skrg gak ribet sih sebetulnya. Asal dapet kuotanya aja sama lengkapi dokumen dan berkas yang disyaratkan.

    1. untuk penerbitkan paspor biasa biasanya paling lama 4 hari kerja sejak melakukan wawancara

  73. Terima kasih sebelumnya. Aku mau tanya temen saya kan gak punya akte kelahiran tapi dia sudah ada E-ktp,sim, dan ijazah SMK apakan akte kelahiran bisa di ganti dengan yang itu? Atau akte kelahiran wajib di bawa?
    Terima kasih.

  74. Kak mau tanya donk klo bkin paspor buat anak itukan harus ada ktpk2orgtua sma buku nikah akte cuman klo kk kg ada nama suami di kk itu gmna bisa di proses kg…

    1. syarat yang utama itu harus bawa ini:
      (1)ktp yang masih berlaku, (2)kartu keluarga, (3)akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis.

  75. Kk mau tanya,,
    Kalo KTP saya mati cuma sudah e KTP?
    Gimana minta perpanjangan ga di kasih sama orang kelurahan?

  76. Untuk daftar online apakah dilihat per kk ? Jika saya mendaftarkan anak, tante, om, kakak sepupu dan sy sendiri hrs registrasi brp kali di online? Apakah bs jadi 1 pendaftaran online? Trima kasih

    1. tante, om dan kakak sepupu tidak bisa

      Satu hape/1 user bisa daftar untuk 5 orang. Bisa untuk
      1. Bapak/Ibu
      2. Suami/Istri
      3. Anak
      4. Pribadi

      Yang tidak disebutkan artinya tidak bisa mendaftar secara kolektif (khusus keluarga)

      Contoh pendaftaran dengan menggunakan 1 user/1 aplikasi online/1 handphone
      1. Ayah
      2. Ibu
      3. Pribadi
      4. Suami/Istri
      5. 1 Anak

  77. Mau tanya, apakah nama yg tercantum di paspor harus pake gelar ato ngga? Paspor sy ga ditulis gelar pdhl di KTP pake. Tp di akte klhran, akte nikah tidak. Apakah nanti bs timbul masalah? Selama ini blm sy gunakan dan baru mau digunakan unt berhaji th 2018 ini. Mhn pnjelasannya. Trm ksh.

  78. Permisi… Mau tny..
    Pasporr sy sdh mati dr thn 2012, trs sy lupa deh taroh dmn.. Apakah bs dianggap bikin baru aj skalia?
    .thank you

  79. Permisi mau tanya saya sudah daftar online dan dapat jadwal 7febuary dan saya buru buru karna sudah di tagih paspornya sama pihak travel buat kepentingan umroh, apakah bisa secara manual saya membuat Paspornya? Mohon di bantu karna saya sudah ke kantor imigrasi depok dan kota ditolqk untuk pembuatan manualnya, kira kira dimana ya yang bisa manual, trimakasih

    1. Maaf nanya lagi, apa harus menyertakan surat keterangan kerja juga? Trs smua ftokopian apa harus pke legalisir jg?

  80. Halo, mas.
    Untuk fotokopi KTP, KK, dan Akte di kertas A4 apa KTP, KK, dan Aktenya harus diperbesar seukuran A4 atau tetap ukuran biasa namun menggunakan A4, mas? Terima kasih

    1. KTP gak perlu gede-gede banget, yang penting di copy di kertas A4. klo di sekitaran imigrasi pasti tukang fotokopinya udah ngerti. Atau biasanya ada koperasi kanim itu ada tempat fotokopinya juga kok.

    2. Wah terima kasih mas atas jawabannya. Ohiya, saya ini kan mau buat paspor baru, buat jaga2 mungkin dalam waktu dekat kalau Allah mengizinkan untuk pergi umrah (aamiin) kira2 bisa langsung minta tambah nama jadi 3 kata gak ya? Nama saya cuma 2 kata soalnya. Hehe

  81. selamat pagi dek. saya mau membuat pasport anak saya ( 2 orang), bagaimana cara mendaftarkan nya ya? mengingat kalo sekarang ambil no antri nya harus via online.

  82. Mau tanya min,, KK saya yg asli hilang.
    Apa boleh yg fotocopy nya aja yaa?
    Duuhhh…
    Buku nikah asli jg hilang..
    Saya udh 2 tahun ga sama suami,,
    Mhon jwab min.
    Thanks..

    1. untuk semua syarat dokumen yang di perlukan menyerahkan file copy nya saja (Kk, ktp, akta lahir, ijazah dan buku nikah), tapi file aslinya juga harus di bawa karena saat pembuatan di lihat dan di cek oleh petugas imigrasi buat bukti otentik kalau yang asli juga valid.

  83. Terimakasih bro Zul utk penjelasannya yang lengkap. Yang mau sy tanyakan apa beda paspor 24 hal dan 48 halaman? Terimakasih.

    1. mau bantu jawab hehe ini setau saya loh yaaaaaaa. segi fisik, paspor 48 halaman dan paspor 24 halaman hanya beda pada jumlah halaman. nah dulu 24 halaman hanya berlaku untuk yang pergi keluar negeri jadi TKW atau TKI gitu, cuma undang-undang tahun 2010 kalau gak salah mengesahkan 24 halaman bisa juga dipakai untuk traveling. hanya saja, setau saya lagi, pernah baca artikel jika beberapa negara hanya mau menerima 48 halaman buat yang berniat traveling. terus pernah baca juga ada traveler yg bawa paspor 24 halaman, pihak imigrasi di bandara menolak, jadi kalo niatnya buat travel, mending bikin yang 48 halaman atau kalo mau tetep 24 halaman, pas ditolak, tunjukkin aja undang-undangnya, bukti kuat tuh hehe

    2. kedudukan paspor halaman 24 dengan 48 halaman di mata hukum sama aja kok, udah baca beberapa pengalaman traveler ada yang sampai ke US dan London pakai paspor 24 halaman.

    3. beda halaman aja, di mata hukum kedudukannya sama aja kok. Harganya juga beda, paspor 24 halaman lebih murah (100rb-an) dan cuma berlaku selama 3 tahun aja sementara paspor 48 halaman (300rb-an) lebih mahal dan berlaku selama 5 tahun.

  84. Mas saya sudah wawancara dan bayar ke bank. Bukti pembayarannya harus diserahkan lagi ke kantor imigrasi, baru paspornya akan diproses atau ga usah? Jadi langsung ambil saja 3 hari setelah pembayaran.

    Teruma kasih ya

    1. langsung ambil setelah bayar. bawa bukti pembayaran dan ktp

      Pengambilan Paspor yang telah selesai dapat diambil oleh:

      Pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran dan bukti identitas yang sah;
      Orang lain yang memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, fotocopy kartu keluarga, dan kartu identitas pengambil yang sah; atau
      Orang lain yang tidak memiliki hubungan hukum kekeluargaan dengan pemohon dengan menunjukan tanda bukti pembayaran, surat kuasa, dan identitas pengambil yang sah.
      Pengambilan paspor dapat diambil jam 09.00 dengan terlebih dahulu mengabil no antrian pengambilan.

  85. Wah makasi banyak infonya kaa, berarti ketentuan sekarang tahun 2018 bisa ya untuk daftar datang langsung? Soalnya pas tahun 2017 bulan november bisanya via online ga bisa dtg lg

  86. Mas saya mau nanya, kalau kartu keluarga yg asli saya hilang bisa gak pake fotokopiannya aja? Saya blm menikah, itu kartu keluarga orangtua saya

  87. Hai mau nanya apkah bikin paspor harus pkai EKTP? Dan kalo bikin secara online harus pake eKTP juga? Satu lagi mau nanya, misal ktp saya alamat TEgal, tp saya tinggal di bekasi. Kalau saya mengurus paspor manual di bekasi apakah bisa? Makasih sebelumnya 🙂

    1. Iya bisa kok, yg butuh surat pengantar hanya beda pulau saja. misal ktp jawa mau urus di sumatra, itu harus ada surat pengantar dari keluarahan apa catatan sipil klo ndak salah

  88. hallo mau tanya…. brrti surat2 yg asli itu di fotocopy dgn kertas A4 yah dan untuk KTP ttp di A4 namun di fotocopy selembar yah, lalu fotocopy nya di tengah2 kertas bisa gk ?. lalu bagaimana dgn fotocopy si paspor lama? apakah di fotocopy jga dgn A4 disetiap lembarnya ?. lalu masih adakah paspor yg 12 lembar ?. terakhi, E-Paspor itu apakah hanya negara Jepang saja yg bebas VISA ? Trims

    1. paspor 12 lembar sudah tidak ada. skrg yang ada hanya 24 dan 48 saja. Betul, E paspor hanya bebas visa ke Jepang. Biar simple klo mau fotocopy ke tempat fotocopy dekat imigrasi aja. mereka biasanya sudah ngerti kok. atau di koperasi kantor imigrasi yang juga tersedia fotocopy. betul ktp satu lembar saja di tengah dan yang lain juga ukuran A4

  89. mau tanya nh gan..
    1. untuk pembuatan /perpanjangan paspor sampai saat ini fasilitas onlinenya hanya untuk mendapatkan nomor antrian sajakah? gak ada isi2 form online kyak dulu lagi?

    2. Untuk perpanjangan paspor yang sudah habis masa berlakunya (diatas 15 bulan) apakah bisa di perpanjang apa di anggap seperti buat baru lagi? apakah fotocopy paspor lama yg sudah expired itu perlu di lampirkan?

    3. apakah syarat2 lebih mudah untuk memperpanjang paspor (yg belum expired)?

    4. bagaimana dengan E-paspor apakah caranya sama spt paspor biasa? berapa biayanya?

    5. jika kita 1 keluarga (5 orang: suami istri & 3 anak) untuk nomor antrian online nya apakah hanya perlu 1 nomor antrian atau masing2 anggota keluarga perlu membuat nomor antrian masing-masing2?

    Thanks banget gan ,,, btw bagus banget informasi di page ini to the point banget… TOP !!

    Rusman

    1. 1. untuk pembuatan /perpanjangan paspor sampai saat ini fasilitas onlinenya hanya untuk mendapatkan nomor antrian sajakah? gak ada isi2 form online kyak dulu lagi? betul

      2. Untuk perpanjangan paspor yang sudah habis masa berlakunya (diatas 15 bulan) apakah bisa di perpanjang apa di anggap seperti buat baru lagi? apakah fotocopy paspor lama yg sudah expired itu perlu di lampirkan? Baca di sini ya http://jakartaselatan.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/warga-negara-indonesia/permohonan-paspor

      3. apakah syarat2 lebih mudah untuk memperpanjang paspor (yg belum expired)? bisa baca di atas termasuk copy paspor lama

      4. bagaimana dengan E-paspor apakah caranya sama spt paspor biasa? berapa biayanya? caranya sama biayanya kisaran 600ribuan

      5. jika kita 1 keluarga (5 orang: suami istri & 3 anak) untuk nomor antrian online nya apakah hanya perlu 1 nomor antrian atau masing2 anggota keluarga perlu membuat nomor antrian masing-masing2? satu hp atau satu nomor antrian bisa untuk 5 orang yang memiliki hubungan keluarga seperti ayah/ibu, orang tua kita dan anak kita.

    2. Terima Kasih banget gan utk info dan responsenya yg cepat (lebih cepat dr kantor imigrasi, telpnya susah sekali masuk)… top margotop…

  90. Maaf kak mau tanya,, saya buat paspor pelancong tapi kenapa harus ada surat pernyataan penjamin ya?? Dan saya bingung pihak penjamin itu dari keluarga kita di indonesia atau pihak penjamin dari negara tujuan?? Trimakasih mohon bimbingannya

  91. jika kanim yang ingin saya tuju tidak terdaftar pada aplikasi antrian paspor online, apakah artinya kanim tersebut menerima sistem walk in? saya ingin ke kanim bekasi

    terima kasih infonya

  92. mau tnya min,umur sya kan 27 taun, akta lahir ga punya,apa bisa bikin paspor? takut nya di suruh balik lagi dan bikin akta lahir dulu. soal nya waktu udah mepet mau bikin paspor nya.
    tks

  93. Terimakasih artikelnya sangat lengkap,, tapi waktu awal januari saya coba datang langsung jam 6 pagi ke Imigrasi Bandung,, mereka menolak untuk yang manual. Katanya sudah tidak mau terima lagi untuk yang manual dengan kuota 200 orang ini,, dan diwajibkan untuk daftar antrian online..
    Akhirnya baru dapet kuota di tgl 9 Feb 2018… Pertanyaannya untuk yang manual itu memang masih berlaku dimana ya?

  94. Mas mau tanya dong, sekarang saya tinggal di Australia nah rencana mau ke Jakarta bulan April atau May dan paspor saya expired February 2019 kira2 bisa gak di perpanjang tahun ini aja ? Karna mumpung tahun ini saya ke Indonesia jadi sekalian dan apa saya harus daftar online dulu? Atau langsung ke imigrasi nya aja? Thanks

    1. Bisa mbak, asal dapet kuotanya. Klo mau bisa daftar via whatsapp atau via aplikasi paspor online. Better di Mal Pelayanan Publik Kuningan klo untuk perpanjangan paspor. Tp, di mana aja bisa sih, asal dapat kuotanya aja. Harus rajin cek supaya bisa dapet tanggal pas lagi di Jakarta.

    1. saya mau tanya klo mau bikin paspor baru trus g punya izaja n akte gmn apa bisah trm kasih

  95. Maaf mas…kalau pasport udah expired trus mau bikin berarti dari nol lagi ya?jadi ga usah di bawa paspor lamanya gitu?tq

  96. Maaf mau tanya mas…saya udah punya passport dan expired bulan november 2018..apakah bisa di perpanjang bulan depan soalnya saya udah dapat nomor antrian tgl 1 februari 2018?

  97. Pak mohon izin…untuk paspor pelaut syaratnya apa saja…untuk paspor buat syarat melamar kerja di perusahaan luar negri???mohon info detailnyaa????

    1. Kami kurang paham klo paspor pelaut. Klo paspor umum harus ada KTP, Akte Lahir, Kartu Keluarga dan beberapa syarat yang sudah disebutkan di atas. Coba deh cek lewat twitter Kanim Imigrasi terdekat.

  98. Mas apa benar klo belum daftar online atau WA untuk booking no antrian, kita gabisa buat paspor? Atau kita bisa langsung datang kesana aja ga perlu daftar online atau WA?

    1. iya dong, sekarang semua harus daftar online via aplikasi atau wa. soalnya nanti kita harus menunjukkan nomor bookingnya. Sekarang gak bisa langsung walk in.

  99. Koq sy ud donlot…trs ud distujui melalui email….trs sy login…ud bisa masuk….
    Trs pas sya klik mau daftar dibandara soeharta karna rumah saya dekat bandara….tapi knp keterangannya kouta telah habis..silakan masuk imigrasi lainnya…….knp bgitu ya…tolong diperjelas admin..makasih

  100. Mau tanya,…
    saya udah dapet nomor antrian melalui online (tanggal 8 Februari 2018), kebetulan di Jakarta saya kerja dan kantor yang saya tunjuk adalah kantor imigrasi Jakarta untuk pembuatan passpor, sedangkan di KTP domisili saya ada di Bandung.
    Apakah ada persyaratan khusus bagi saya yang ingin membuat passpor di kantor imigrasi Jakarta ?

    Thanks….

  101. kak, mau tanya, saya kan tinggal jauh dari orangtua, jadi yang saya pegang itu ya cuma scan dari akta kelahiran. itu bisa gak ya?

  102. Utk syarat yg kedua ( akte, ijazah, surat nikah )
    Ckp pilih salah satu ya ?
    Soalnya yg di web imigrasi krg jls
    Thanks

    1. Walaikumsalam,,, saya coba bantu jawab,, sebaiknya bukan resi yang dibawa tapi surat keterangan yang biasanya sudah di tandatangi oleh DISDUKCAPIL setempat.
      kalau resi setau saya itu hanya bukti saja ke kecamatan, tapi tidak dapat menggantikan KTP.

    2. mba tanita, saya jg sdh bikin e ktp blm jadi, tp dikasih kertas namanya KTP-S itu sama aja kaya surat keterangan ya?

  103. Mau tanya, kalau ngga punya akte kelahiran tapi hanya surat keterangan lahir saja itupun foto copy apa bisa ngga ya? Makasih..

  104. Brp lama jadinya ya paspor nya gan biasanya? Tgl 29 bsk sy mo ke imigrasi utk buat paspor baru..utk brgkt tgl 4 Feb.. thanks

  105. mau tanya ni gan besok tgl 29 saya ada jadwal perekaman data diri di imigrasi jakarta barat. btw selain syarat yang tertera diatas adakah syarat lain nya?? dan untuk kertas foto copy masih menggunakan kertas ukuran hvs a4 kah?? atau sudah ganti dengan ukuran kertas lain nya. please unt fas respon ya soalnya saya perekaman data diri besok tanggal 29 supaya saya tidak bolak balik krn daftar online paspor susah bgt dan sekalipun dapet jadwal harus menunggu 2 bulan lama nya. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *