Tak Perlu ke Belanda, Ada Spot Instagram Baru di Sidrap, Sulawesi Selatan - Reservasi Travel Blog

Tak Perlu ke Belanda, Ada Spot Instagram Baru di Sidrap, Sulawesi Selatan

Travel Destinations243
Tak Perlu ke Belanda, Ada Spot Instagram Baru di Sidrap, Sulawesi Selatan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan PLTB atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Sidrap, Sulawesi Selatan. Tak ayal karena mirip dengan kincir angin di Belanda, PLTB ini bakal jadi spot Instagram baru di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Baca 6 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Liburan di Makassar

Pembangkit listrik ini memiliki kapasitas 75 megawatt yang menjadi pembangkit listrik tenaga angin pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Pemandangan Nuansa Eropa di Sidrap

Lokasi Sidrap memang sekilas seperti berada di Eropa khususnya Belanda yang juga mengandalkan tenaga angin demi memenuhi kebutuhan listrik negaranya.

Total ada sekitar 30 wind turbine generator (WTG) atau kincir angin yang terpasang pada PLTB Sidrap dengan area sekitar 100 hektar.

Pembangkit listrik yang berada di Desa Lainungan ini akan menjadi sumber energi listrik untuk Area Sulawesi bagian Selatan.

Jika ingin mengunjungi spot Instagramable ala Eropa ini kamu bisa datang ke Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Masing-masing turbin kincir angin ini memiliki ketinggian hingga 80 meter yang terhampar di bukit-bukit yang hijau.

Spot Instagram Baru di Sidrap
Liputan6.com

Dari kejauhan, pemandangannya sangat indah sekali. Benar-benar seperti berada di Eropa. Turbin anginnya seperti aksesori yang bakal membuat feed Instagram kamu bakal tampil lebih menarik.

Meskipun demikian, lokasi wisata ini memang cukup jauh dari Makassar. Jaraknya sekitar 200 kilometer lebih.

Jika menggunakan kendaraan darat, menurut perhitungan Google Maps membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam.

Namun demikian, untuk bisa mencapai Kabupaten Sidrap kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus jurusan Palopo atau Toraja Selain itu kamu juga bisa menyewa kendaraan kecil ataupun jenis minibus dengan sangat mudah dari Makassar.

Sidrap memiliki beberapa tempat wisata unggulan di antaranya adalah taman wisata Puncak Bila yang memiliki sebuah wahana air dan juga irigasi sungai Bila yang juga tak kalah Instagramable.

Jika ingin bersantai kamu bisa mengunjungi cekdam yang menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga dengan Nik fasilitas seperti kafe, tempat memancing dan juga tempat relaksasi di kecamatan Pituraise

Selain menjadi PLTB pertama di Indonesia, PLTB ini juga menjadi yang terbesar di ASEAN sehingga warga Sidrap pasti bangga bisa memiliki PLTB pertama di Indonesia yang juga sekaligus menjadi PLTB terbesar di ASEAN.

Spot Instagram Baru di Sidrap

Spot Instagram Baru di Sidrap
Liputan6.com

Jokowi mengaku, berada di lokasi PLTB Sidrap seperti berada di Eropa, khususnya Belanda yang mengandalkan tenaga angin untuk memenuhi kebutuhan listrik.

“Saya serasa seperti di Belanda. Kok serasa di Belanda gitu. Kayak di Eropa, tapi kita di Sidrap,” tutur dia seperti dikutip dari Liputan6.com.

Dengan adanya pembangkit listrik tenaga Bayu ini diperkirakan bisa menerangi 70.000 pelanggan listrik di sekitar Sulawesi Selatan.

Di Belanda sendiri hampir memiliki 600 kincir angin yang menjadi salah satu industri pertama di dunia bertenaga angin, bahkan usianya sudah mencapai lebih dari 250 tahun dan juga menjadi salah satu pusat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri termasuk wisatawan asal Indonesia.

Bahkan kincir angin di Kinderlijk merupakan salah satu situs UNESCO dan menjadi mahakarya Belanda dalam mengelola air di negaranya.

Hingga saat ini Belanda masih merawat dan menggunakan kincir angin tua tersebut. Meskipun usianya sudah ratusan tahun tapi masih bisa difungsikan dengan baik dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Nah, daripada jauh-jauh ke Belanda, ada baiknya kamu mengunjungi dulu Watang Pulu di Sidrap, Sulawesi Selatan yang pemandangannya tak kalah dengan kincir angin di Belanda.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *