close

Spesies Baru Orang Utan Ditemukan di Hutan Sumatera

spesies-baru-orang-utan
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebuah spesies baru Orang Utan dipastikan ditemukan pertama kali di hutan belantara Indonesia. Hingga saat ini para ilmuwan percaya bahwa hanya ada dua tipe orang utan di Indonesia. Yang pertama ditemukan di Borneo, Kalimantan dan yang kedua ditemukan di Sumatera.

Orang utan di Kalimantan disebut Pongo pygmeaeus, sedangkan Orang utan yang ditemukan di Sumatra disebut Pongo Abelii oleh para ilmuwan, seperti dilansir dari Lonelyplanet (13/11).

Namun demikian, populasi primata yang hidup terisolasi di hutan tropis Batang Toru di Sumatera Utara merupakan spesies yang unik. Sayangnya spesies unik ini sudah dalam dalam ambang bahaya. Keberadaannya hanya tersisa sekitar 800 ekor saja. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu kerugian karena primata ini bakal semakin langka.

Spesies Langka yang Berbeda

Para peneliti percaya bahwa orang utan unik ini merupakan spesies baru, hal tersebut diyakini setelah para peneliti memeriksa struktur kerangka tulang orang utan jantan yang terbunuh pada tahun 2013.

Ketika mereka membandingkan tengkoraknya dengan orang utan lain, mereka menemukan bahwa karakteristik gigi dan tengkoraknya sangat berbeda dengan spesies yang lain.

Professor Michael Kr├╝tzen dari University of Zurich mengatakan “Ketika kami menyadari bahwa orang utan asal Tapanuli ini secara morfologi berbeda dari semua orangtua yang ada, potongan teka-teki akhirnya bisa dipecahkan.”

Pada penelitian sebelumnya, jika dilihat dari genotipnya, Orangutan terbagi dalam tiga spesies yang berbeda. Namun tampaknya orangtua yang ditemukan di Tapanuli ini berbeda dengan dua jenis spesies lainnya, akhirnya disimpulkan bahwa potongan terakhir yang hilang ini menjawab teka-teki yang selama ini belum terpecahkan.

Modeling komputer memberikan informasi bahwa spesies baru Orangutan ini terisolasi dari populasi lainnya kurang lebih selama 10.000 hingga 20.000 tahun.

“Sangat menarik bahwa kami menemukan spesies kera besar baru pada abad ke-21” tutur Professor Kr├╝tzen.

spesies baru orang utan
shutterstock

Namun, ujung dari semua ini bahwa konservasi harus dilakukan terfokus pada melindungi lingkungan spesies baru ini. Semakin banyak hutan hujan mereka yang hilang karena pembukaan lahan utamanya untuk kelapa sawit dan rencana bendungan untuk pembangkit listrik yang bisa jadi mengakibatkan hancurnya habitat mereka sebagai konsekuensinya.

Tim peneliti mengatakan bahwa upaya konservasi intensif diperlukan untuk menghindari kepunahan spesies baru ini dalam beberapa dekade setelah ditemukan oleh manusia.

Ancaman Terbesar bagi Orang Utan di Indonesia

Orangutan di Indonesia dapat di beberapa hutan hujan tropis salah satunya yang terbesar yaitu di Sumatera dan di Kalimantan namun ada juga habitat yang menunjukkan bahwa orang utan ada di Malaysia.

Orangutan tinggal di hutan lebat, mereka biasanya membangun sarangnya dari dedaunan di atas pohon. Sayang dengan semakin banyaknya praktik illegal logging di Indonesia menjadikan keberadaannya semakin terancam. Bahkan diketahui beberapa oknum mengonsumsi orangtua untuk tujuan tertentu.

Orang utan yang ditemukan di Kalimantan biasanya hidup di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan orang utan yang ditemukan di Sumatera yang hidup lebih tinggi lagi di atas ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Orang utan termasuk satwa langka yang dilindungi berdasarkan undang-undang 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya yang digolongkan sebagai critically endangered oleh IUCN.

AdistaKonflik antar manusia dengan orang utan belakangan ini semakin tinggi. Gara-gara pembuka sekitar 80% wilayah lingkungan orang utan menjadi hilang. Tak jarang para petani dan pemilik lahan dengan keji membunuh orang utan karena dianggap sebagai hama. Predator terbesar orang utan ini bukan Harimau, bukan babi, bukan buaya, bukan ular piton, ataupun satwa liar lainnya melainkan manusia.

Baca artikel menarik lain tentang orang utan dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : KalimantanOrang UtanSumatera

Leave a Response