close

Masih Ragu Untuk Solo Travelling? Ini Manfaatnya Untuk Kamu

Travel Blog Reservasi – Bayangkan  saat ini kamu sedang berada di tempat yang paling ingin kamu kunjungi. Tempat yang bisa jadi jauh, bisa juga tidak. Telingamu mendengar suara-suara alam yang paling kamu suka, bunyi gesekan daun misalnya atau bunyi riuh rendah suara orang yang sedang berbincang-bincang. Tempat yang ingin kamu datangi tapi belum juga terpenuhi hingga saat ini. Kamu melihatnya, merasakannya, mendengarkannya seorang diri. Wait, seorang diri?

Apa yang kamu rasakan jika kamu bisa berada di tempat yang kamu mau seorang diri? Tenang? Senang? atau justru takut?

Percayakah kamu jika melakukan solo travelling sekali saja, saat kembali, kamu tidak akan menjadi dirimu yang sama seperti saat pergi? Ini dia yang bikin Solo Traveling bisa memberi dampak besar untukmu.

1 . Saatnya mengenal diri sendiri

solo-travelling

 

Kalau kamu merasa kamu adalah individu yang mandiri, eits tunggu dulu. Saat melakukan perjalanan sendirian kamu baru akan tahu apakah kamu benar-benar bisa mengandalkan dirimu sendiri atau tidak. Kamu juga akan tahu apakah kamu cukup berani untuk mengambil keputusan karena semuanya ada di tanganmu.

Nah kabar baiknya, saat melakukan perjalanan seorang diri, kamu bisa lebih akrab dengan dirimu sendiri. Kamu jadi lebih bisa mendengar apa yang sebenarnya kamu inginkan dan rasakan. Mengenal diri sendiri adalah salah satu syarat wajib untuk dapat mencintai diri sendiri kan?

2 . Saatnya menikmati dan berhenti mengeluh

 

solo-travelling-2

Kapan lagi kamu bisa menentukan itinerary perjalananmu tanpa perlu mempertimbangkan keinginan lebih dari dua kepala. Apapun yang ingin kamu lakukan, bisa kamu lakukan tanpa takut teman perjalananmu tidak suka. Kamu pun tidak perlu mengalah jika ternyata selera temanmu berbeda. Kamu bisa menentukan santap siang, destinasi, kemana kamu harus melangkah, semuanya!

Ketika terjadi hal-hal di luar dugaan seperti pesawat yang delay atau kamu salah ambil rute perjalanan, saatnya belajar untuk menikmati perjalanan tanpa mengeluh. Tidak ada teman perjalanan yang akan mendengarkan keluhanmu jadi segera simpan dan ubah hal-hal yang membuatmu kesal. Saat kesal, kamu bisa menghadiahkan dirimu coklat atau eskrim agar semangatmu pulih kembali.  Dengan begitu kamu jadi belajar mengendalikan emosi dan tidak banyak mengeluh.

3 . Saatnya mengganti sudut pandang

solo-travelling-1

Kenapa sudut pandang harus diganti? Karena semua hal memiliki banyak sisi yang berbeda dan bisa membuatmu takjub. Malas mencari informasi biasanya melahirkan pikiran yang sempit. Bertemu orang-orang, lingkungan, budaya dan suasana baru akan memperluas cara pandangmu. Ketika berpergian seorang diri kamu akan lebih peka dengan sekitarmu, sehingga akan banyak hal-hal kecil dan menarik yang bisa kamu pelajari.

Setelah mengenal diri sendiri dengan lebih baik, belajar menjadi individu yang melihat hal secara positif dan memiliki sudut pandang baru. Saat pulang nanti, dijamin kamu bukan lagi kamu yang dulu. Paling tidak akan ada satu atau dua hal yang berubah. Misalnya menjadi lebih peduli dengan orang lain, karena kamu tahu bagimana mengharukannya ditolong saat kamu menghadapi kesulitan seorang diri. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai agendakan liburan serumu dari sekarang.

Tapi saya pemalu….

Eits, justru kalau kamu seorang yang pemalu, solo traveling dapat menjadi cara ampuh untuk membuktikan dirimu kalau menjadi orang pemalu bukan berarti tidak bisa mengandalkan diri sendiri kan. Mau tidak mau kamu harus memberanikan diri untuk menyapa orang asing, bertanya atau sekedar membangun percakapan.  Percayalah saat solo travelling, kamu akan bertemu dengan orang-orang menyenangkan yang tidak segan-segan menyapamu duluan. Modalnya hanya tersenyum dan bersikap ramah!

Nah sebelum solo traveling, ada salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan, yaitu keamanan. Berpergian sendiri memang memiliki resiko tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Saatnya kamu lebih aware terhadap perlengkapan yang harus dibawa seperti tanda pengenal, passport, SIM, dan sebagainya. Tinggalkan barang-barang yang tidak perlu dan jangan gunakan perhiasan yang berlebihan. Untuk berjaga-jaga pastikan kamu telah memberi tahu orang lain tentang rencana perjalananmu, dimana kamu akan menginap dan kapan kamu akan kembali. Tips yang terakhir, sebelum pergi jangan lupa berdoa yaaa hehe. Selamat berpetualang!

ulfa-sekar-langit

 

Ulfa Sekar Langit

@ulfasekarlangit

*Disclaimer, seluruh konten merupakan tenggung jawab kontributor.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Solo Traveling
Reservasi.com

The author Reservasi.com

Leave a Response