close

Asyik! Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi

081278900_1496111623-Foto_Liputan6
Liputan6.com

Travel Blog Reservasi – Kabar bagus nih buat kamu yang punya hobi traveling atau melakukan perjalanan bisnis. Sebab, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta baru saja beroperasi dan mulai mengangkut penumpang pada hari Minggu, 17 September 2017 bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional. Angkutan yang dimaksud adalah Automated People Mover System (APMS) atau Skytrain.

Dirangkum dari berbagai sumber, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan angkutan berupa Skytrain atau kereta tanpa awak Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, akan membuat pergerakan orang antarterminal semakin efektif.

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta ini bisa mengangkut banyak orang untuk sekali keberangkatan. Perlu kamu ketahui, moda transportasi publik modern ini belum pernah hadir di sepanjang sejarah perkeretaapian Indonesia lho.

Hubungkan Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta

Skytrain Bandara Soekarno Hatta ini terdiri dari dua gerbong kereta yang dapat menampung sekitar 176 orang dalam sekali keberangkatan. Dengan menggunakan kereta ini, jarak tempuh dari Terminal 3 ke Terminal 2 sejauh 1,7 km hanya dihabiskan selama 3 menit, dengan kecepatan maksimal 60 km per jam. Lebih cepat dan efektif jika dibandingkan dengan minibus kan?

Pada tahap awal, Skytrain beroperasi untuk melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya. Untuk sementara waktu Skytrain tidak dioperasikan selama 24 jam. Sebagai ujicoba, Skytrain hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja.

Jadwal Skytrain Bandara Soekarno Hatta

  • Pukul 07.00 – 09.00 WIB
  • Pukul 12.00 – 14.00 WIB
  • Pukul 17.00 – 19.00 WIB

Selain itu, operasional Skytrain akan tetap melibatkan pengemudi hingga sekitar enam bulan ke depan sebagai bagian dari familiarisasi dan sosialisasi kepada publik, dan setelah itu Skytrain akan beroperasi tanpa awak.

Skytrain Bandara Soekarno-Hatta
sumber : liputan6.com

Nantinya, Skytrain akan beroperasi 24 jam dalam satu hari. Penumpang pesawat juga dapat mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan Skytrain melalui aplikasi Indonesia Airport di smartphone iOS dan Android.

Pembangunan Skytrain Bandara Soekarno-Hatta akan terus dilakukan. Nantinya, fasilitas ini bisa terhubung hingga ke Stasiun Kereta Bandara atau Integrated Building, Terminal 1, dan Terminal 4 yang akan dibangun pada 2019 mendatang.

Tanggapan Masyarakat Terhadap Skytrain Bandara Soekarno-Hatta

Mulai beroperasinya Skytrain Bandara Soekarno-Hatta ini ternyata banyak mendapatkan tanggapan oleh penumpang yang sudah mencobanya. Menurut mereka, fasilitas ini dirasa ramah penumpang, khususnya orang tua serta anak-anak. Posisi lantai kereta yang sama rata dengan shelter terminal pun jadi poin tambahan yang dimiliki oleh angkutan ini. Laju kereta yang terasa stabil pun membuat penumpang yang berdiri tetap merasa nyaman.

Sayangnya, masih ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Skytrain Bandara Soekarno-Hatta ini. Penumpang mengeluhkan sedikitnya petunjuk menuju Shelter Skytrain dan informasi ketika kereta sudah mulai berjalan. Hal ini tentu membuat mereka yang baru pertama kali mencobanya akan merasa bingung.

Tags : bandaraJakartaSoekarno Hatta

Leave a Response