7 Situs Bersejarah di Madinah yang Wajib Dikunjungi

7 Situs Bersejarah di Madinah yang Wajib Dikunjungi

Travel Destinations64
7 Situs Bersejarah di Madinah yang Wajib Dikunjungi Aidil/Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Selain Mekkah, Madinah juga menjadi kota suci bagi umat Islam sedunia. Meski tidak termasuk dalam rangkaian kegiatan wajib saat ibadah haji dan umrah, jamaah biasanya tetap mengunjungi Madinah untuk berziarah. Di sana juga terdapat Masjid Nabawi yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi kota para Nabi ini, jangan cuma mampir shalat di Masjid Nabawi. Masih ada enam situs bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi wisata di Madinah versi Reservasi.com.

Baca juga Tak Akan Habis Hingga Akhir Zaman, Inilah 7 Keajaiban dan Fakta Air Zamzam

Masjid Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi menjadi salah satu masjid terpenting di Madinah karena dibangun langsung oleh nabi terakhir umat Islam yaitu Muhammad SAW. Di kompleks masjid ini pula Nabi Muhammad SAW dan beberapa kerabatnya dimakamkan.

Masjid Nabawi termasuk dalam tiga masjid terpenting umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem. Maka tak heran jamaah haji dan umrah menyempatkan mampir ke sini sebelum kembali ke negaranya masing-masing.

Makam Baqi

Makam Baqi atau Jannatul Baqi adalah kompleks pemakaman besar di kota Madinah. Lokasinya berada di seberang Masjid Nabawi, tempat Nabi Muhammad dimakamkan beserta para kerabatnya. Pada musim haji tempat ini ramai dipadati para jamaah.

madinah
Izuddin Helmi/Shutterstock

Kubah Hijau

Di atas makam Nabi Muhammad SAW dibangun sebuah kubah besar berwarna hijau, maka orang-orang menyebutnya sebagai Kubah Hijau. Kubah ini berada di sisi Tenggara Masjid Nabawi. Tak hanya makam Nabi Muhammad SAW yang dipayungi kubah, ada juga makam dua sahabat beliau Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Masjid Qiblatain

Selain Masjid Nabawi, ada dua lagi masjid bersejarah di Madinah yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Qiblatain yang artinya masjid berkiblat dua, yang berlokasi di atas bukit kecil menuju Universitas Madinah.

Kenapa bisa berkiblat dua? Pada zaman dahulu orang-orang Bani Salamah dan Nabi Muhammad SAW menunaikan shalat menghadap ke Masjidil Aqsa. Kemudian turunlah wahyu dari Allah SWT tentang kiblat shalat yang menghadap ke Ka’bah atau Masjidil Haram. Sejak saat itu masjid ini dinamai Qiblatain atau berkiblat dua.

Masjid Quba

Masjid besar ketiga di Madinah adalah Masjid Quba. Lokasinya berada di sebelah Tenggara kota Madinah, sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Masjid ini juga dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, sesuai perintah Allah SWT yang diturunkan melalui surat At-Taubah.

Masjid bercat putih ini bentuknya terbilang sederhana, namun menjadi acuan pembangunan masjid-masjid di seluruh dunia hingga kini.

Jabal Uhud

Kalau di Mekkah ada Jabal Rahmah, Madinah punya Jabal Uhud untuk mengenang perjuangan para khalifah saat terjadi Perang Uhud. Sesuai namanya yaitu Jabal yang berarti bukit, tempat bersejarah ini berada di atas ketinggian bertanah tandus.

madinah jabal uhud
shahreen/shutterstock

Perang Uhud sendiri terjadi pada awal tahun 600 Masehi antara umat Islam melawan kaum kafir Quraisy. Saat itu 70 pejuang Islam mati syahid di atas Jabal Uhud.

Kota Al Ula

Menjadi salah satu kota tua yang menyimpan banyak sejarah, Madinah menyimpan kawasan Al Ula sebagai bukti peradaban kuno. Kota yang indah ini disebut sebagai tempat terkutuk, karena hancur berantakan tertimpa pasir dan tanah akibat ulah para penduduknya. Kini tinggal menyisakan puing-puing pondasi bangunan yang masih tertata rapi.

Kota tua Al Ula terletak sekitar 400 kilometer ke Utara dari pusat kota Madinah. Kawasan ini menjadi gerbang kawasan situs bersejarah Madain Saleh, yang merupakan peninggalan peradaban rakyat Nabi Saleh AS bernama Kaum

Tsamud Al-Hijr.

Wah, menarik juga ya situs-situs bersejarah kota Madinah di atas. Pastikan kamu tidak melewatkannya jika berkunjung ke sana ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *