Situ Patenggang, Tempat Wisata di Bandung yang Romantis - Reservasi Travel Blog

Situ Patenggang, Tempat Wisata di Bandung yang Romantis

Travel Destinations969
Situ Patenggang, Tempat Wisata di Bandung yang Romantis

Travel Blog Reservasi – Tempat wisata di Bandung memang seakan tak pernah ada habisnya. Di utara ada Lembang, kearah barat ada tempat yang sejuk nan segar Ciwidey. Jaraknya hanya sekitar 50 kilometer ke arah Selatan Kota Bandung atau 2-3 jam perkalanan. Ciwidey adalah tempat wisata populer di Bandung, salah satunya adalah sebuah danau yang dikenal dengan nama Situ Patenggang.

Nggak cuma danau, Situ Patenggang, Ciwidey ini memiliki daya tarik yang menarik. Misalnya, di Ciwidey itu sejauh mata memandang kalian akan dapat menikmati pemandangan segar perkebunan teh, pegunungan, kebun strawberry dan hutan-hutan cantik yang mengelilinginya. Belum lagi ditambah segarnya udara sekitar yang masih asri dan sejuk.

Danau Situ Patenggang ini kadang juga dikenal dengan nama Situ Patengan, karena mengikuti nama desa dimana lokasi danau tersebut berada. Nama Patengan sendiri disebutkan berasal dari Bahasa Sunda pateang-teang yang artinya saling mencari.

(Baca Juga : Ide Destinasi Liburan Ke Bandung Yang Asik Nan Seru!)

Kemudian kata itu menjadi pateangan yang artinya menunjukkan tempat pencarian, hingga pada akhirnya jauh lebih terkenal menjadi nama Patengan. Sedangkan untuk nama Danau “Patenggang” artinya adalah terpisah karena jarak. Memang nama-nama tadi masih terkait dengan dongeng tentang danau Situ Patenggang tentang kisah cinta Ki Santang dengan Dewi Rengganis yang tidak berjalan dengan mulus.

Diceritakan kalau mereka ini terpisah karena peperangan. Karena itu mereka bersedih, dan kesedihan juga air mata mereka pada akhirnya embentuk sebuah danau yang dikenal dengan nama Situ Patenggang. Dikisahkan juga kalau pada akhir cerita, mereka akhirnya bisa berkumpul kembali pada sebuah batu di danau Situ Patenggang tersebut.

Batu itu dikenal dengan Batu Cinta. Terdapat legenda, untuk siapapun yang datang dengan pasangannya ke batu tersebut, maka di percaya kalau cinta mereka akan abadi. Entah legenda Batu Cinta di danau Situ Patenggang tersebut benar atau tidak, terserah kalian untuk mempercayainya.

(Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

Alamat lengkap Danau Situ Patenggang ini ada di Desa patengan, kecamatan Rancabali, Bandung Selatan. Situ Patenggang ini adalah salah satu dari beberapa tempat wisata yang terletak di pegunungan Ranca Bali. Situ Patenggang ini berada pada ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.

Di ketinggian ini pula terdapat banyak pemandangan kebun teh seperti layaknya hamparan karpet alam berwarna hijau. Ditambah suasana udara dingin nan sejuk, liburan ke Danau Situ Patenggang adalah kegiatan yang menyenangkan.

Situ Patenggang juga berada tak jauh dari Wisata Kawah Putih Ciwidey. Kira-kira berjarak 5 km saja. Moda transportasi untuk menuju Situ Patenggang yang paling efisien adalah dengan menyetir mobil sendiri. Namun perlu diingat, jalur ini sering macet dan pastikan kalian menyetir dalam keadaan segar.

Sepanjang jalan menuju Situ Patenggang adalah jalanan yang berkelok-kelok. Sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi saat menyetir. Transportasi umum menuju danau Situ Patenggang juga tersedia. Kalian bisa naik bus atau jenis Elf yang menuju Ciwidey dari terminal bus Leuwih Panjang.

(Baca Juga : Kabar Dari Parade Asian African Carnival 2015 Di Bandung)

Di Situ Patenggang, juga banyak atraksi yang bisa dicoba. Misalnya kendaraan air yang bisa disewa untuk mengarungi danau Situ Patengang. Atau bisa juga kalian mencoba memancing di di kolam-kolam kecil yang ada di Situ Patenggang. Untuk penginapan, lokasi terdekat adalah di Ciwidey yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari danau ini. Menginap adalah pilihan yang pas untuk kalian yang ingin merasakan sejuknya udara pegunungan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *