Sejarah Candi Borobudur dan 9 Candi Populer lainnya di Pulau Jawa - Reservasi Travel Blog

Sejarah Candi Borobudur dan 9 Candi Populer lainnya di Pulau Jawa

Travel Destinations213
Sejarah Candi Borobudur dan 9 Candi Populer lainnya di Pulau Jawa shutterstock

Travel Blog Reservasi – Indonesia adalah negara yang kaya akan peninggalan sejarah. Wilayah nusantara memiliki peran penting di peradaban masa lalu, beberapa buktinya adalah bekas bangunan kerajaan dan candi. Sudah tahu dong Sejarah Candi Borobudur?

Baca Tak Lagi Bebas, Waktu Berkunjung di Candi Borobudur akan Dibatasi

Bisa dijadikan rekomendasi wisata, 10 candi terpopuler di Jawa ini menarik untuk dikunjungi. Arsitektur yang berbeda pada masing-masing candi menyimpan sejarah peradaban manusia dari masa ke masa. Catat lokasinya yuk!

Candi Cangkuang, Garut

Dimulai dari Jawa Barat, Candi Cangkuang di Kecamatan Leles, Garut adalah satu-satunya candi Hindu di tanah Sunda. Meski berukuran kecil hanya 4,7 x 4,7 meter, candi ini punya keunikan yaitu terletak di tengah danau dan dikelilingi 4 gunung.

Candi Cangkuang berdiri di atas sebuah pulau kecil di tengah Danau Cangkuang. Di sekelilingnya ada 4 gunung yaitu Haruman, Kaledong, Mandalawangi dan Guntur.

Candi Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis

Bergeser ke Ciamis ada Candi Karangkamulyan peninggalan Kerajaan Galuh yang bercorak paduan Hindu-Buddha. Situs bersejarah di kawasan Cijeungjing, Ciamis ini erat kaitannya dengan kisah legenda Ciung Wanara.

Kalau penasaran dengan mitos kenapa keturunan Sunda dan Jawa dilarang menikah, kamu perlu menggali lebih dalam kisah Ciung Wanara. Main-main ke Candi Karangkamulyan yuk, untuk mengetahui lebih lengkap legendanya.

Candi Bojongmenje, Bandung

Di ibu kota Jawa Barat juga terdapat Candi Bojongmende, tepatnya di kawasan Rancaekek Bandung. Bojongmenje lebih tepat disebut sebagai situs bersejarah mengingat bentuk bangunannya tersebar dan menyerupai reruntuhan.

Bersama Candi Cangkuang dan Karangkamulyan, situs Bojongmenje masuk dalam deretan peninggalan Hindu-Buddha yang masih bisa ditelusuri jejaknya di Jawa Barat.

Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang

Beralih ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Candi Gedong Songo yang terletak di Kabupaten Semarang. Sesuai namanya yaitu ‘songo’ yang berarti sembilan dalam Bahasa Jawa, kompleks bersejarah ini terdiri dari 9 candi di atas dataran tinggi.

Wisatawan yang berkunjung ke sini harus berjalan mendaki bukit untuk sampai ke candi kesembilan di bagian puncak. Lelah perjalanan sebanding dengan pemandangan yang ada. Hamparan pepohonan dan udara sejuk menyambutmu di atas.

Candi Borobudur, Kabupaten Magelang

Siapa yang nggak mengenal candi satu ini. Borobudur masuk dalam jajaran 7 keajaiban dunia, sebagai peninggalan dari dinasti Syailendra yang bercorak Buddha. Candi ini berlokasi di Kabupaten Magelang, terkenal dengan arca Sidharta Gautama dan stupa indahnya di setiap sisi.

Kompleks Candi Dieng, Kabupaten Banjarnegara

Berada di perbatasan Wonosobo dengan Kabupaten Banjarnegara, kompleks Candi Dieng menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Tengah. Di dalam kawasan ini berdiri 9 candi, dengan arsitektur yang mirip seperti kompleks Gedong Songo.

Candi Dieng merupakan peninggalan Kerajaan Kalingga yang bercorak Hindu. Hingga kini Dieng masih sering dijadikan tempat penyelenggaraan festival budaya, musik hingga ritual keagamaan.

Candi Prambanan dan Candi Sewu, Klaten

Ingat legenda Roro Jonggrang yang meminta dibuatkan seribu candi pada Bandung Bondowoso? Inilah kisah yang tersembunyi di balik kemegahan Candi Prambanan dan Candi Sewu di Klaten, Jawa Tengah.

Lokasinya berada di perbatasan Yogyakarta menuju Solo, berupa kompleks besar yang berisi banyak candi. Sudah pernah mampir ke sini?

Candi Sukuh, Karanganyar

Di lereng Gunung Lawu ada satu candi legendaris yang menarik minat banyak wisatawan. Candi Sukuh di Karanganyar dianggap kontroversial karena memiliki relief dan patung berbentuk kelamin manusia.

Candi bercorak Hindu ini terletak di atas dataran tinggi, memiliki struktur trapesium unik seperti situs Inca di Peru dan peninggalan suku Maya di Meksiko.

Candi Jago, Malang

Bergeser lagi ke Jawa Timur, Candi Jago wajib masuk dalam daftar destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, candi bercorak Hindu ini merupakan peninggalan Kerajaan Singosari yang sempat berjaya di Pulau Jawa.

Uniknya, sebagian relief di Candi Jago merupakan kutipan dari Kunjarakarna dan Pancatantra. Keduanya adalah karya sastra Jawa kuno yang banyak dipengaruhi budaya Buddha Mahayana dan legenda dari tanah India.

Kompleks Candi Pertapaan Selomangleng, Kediri

Berikutnya ada kompleks candi di sekitar pertapaan Selomagleng Kediri. Di kawasan ini terdapat lebih dari 10 candi dan situs bersejarah yang berbentuk gua. Sepanjang lorong gua dipenuhi relief-relief cantik nan unik.

Nggak jauh dari kompleks pertapaan Selomangleng ini juga terdapat Museum Airlangga, yang memamerkan beberapa temuan arkeologi dan peninggalan sejarah lainnya.

Dari 10 candi terpopuler di Pulau Jawa ini, mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca Sudut Tersembunyi Candi Borobudur yang Tak Banyak Diperhatikan Orang

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *