Sebelum Liburan ke Rusia, Kenali Budaya Orang Rusia Dulu Supaya Kamu Gak Shock! - Reservasi Travel Blog

Sebelum Liburan ke Rusia, Kenali Budaya Orang Rusia Dulu Supaya Kamu Gak Shock!

Travel Tips241
Sebelum Liburan ke Rusia, Kenali Budaya Orang Rusia Dulu Supaya Kamu Gak Shock! shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebagai salah satu negara super power di dunia, Rusia menjadi negara yang disegani oleh negara lain. Tapi di balik image “negara terkuat” tersebut, Rusia memiliki beberapa keunikan yang acap kali tidak diketahui oleh masyarakat di negara lain.

Bagi kalian yang berencana liburan ke Rusia, sebaiknya kenali budaya Orang Rusia terlebih dahulu supaya kalian gak shock ketika sampai di sana ya.

Baca Penampakan Perpustakaan Berusia 300 Tahun di Dublin

1. Minum bukan hanya kebutuhan, tapi bagian dari hobi

Setiap tamu yang datang ke rumah Orang Rusia wajib disambut dengan acara minum-minum tanpa pandang bulu, khususnya tamu laki-laki. Mereka dengan senang hati mengajak para tamu mampir ke suatu bar untuk menikmati whiskey atau wine, lalu menghabiskan sisa malam untuk bersenang-senang. Bahkan ada yang sampai mabuk, lho! Bagi kalian yang tidak terbiasa minum seperti ini sebaiknya membatasi diri daripada mabuk dan menyusahkan orang lain.

2. Sup adalah makanan sehari-hari

Bagi kalian yang punya saudara atau kenalan di Rusia, jangan kaget kalau kalian menemukan panci besar berisi sup panas karena Orang Rusia tidak bisa hidup tanpa sup.

Sup yang disajikan biasanya berupa Borsch, salah satu makanan khas Rusia yang harus dicoba! Sup dijadikan sebagai makanan pembuka sebelum menyantap makanan utama dan biasa disajikan dengan roti gandum.

3. Perut gak pernah kosong, selalu berisi

Ketika kalian bertamu ke rumah orang lain di Rusia, kalian harus menghabiskan seluruh makanan yang disajikan tuan rumah. Kalau tidak dihabiskan, itu artinya kalian tidak menghargai jerih payah tuan rumah ketika membuat makanan. Jumlah makanan yang tersaji di meja makan juga banyak, jadi tidak heran kalau perut Orang Rusia selalu berisi, apalagi saat bertamu ke rumah tetangga.

Negara Rusia merupakan negara yang ditinggali oleh orang-orang pecinta kaviar, sehingga kaviar bukan termasuk makanan mahal di sini melainkan makanan basic yang bisa ditemukan hampir di setiap rumah. Padahal kalau dihitung-hitung harga kaviar sangat mahal ya!

4. Budaya hidup dalam kegelapan selama 280 hari

Budaya ini diperuntukkan khusus untuk masyarakat Rusia yang tinggal di atas Lingkar Arktik, kutub utara. Mereka harus rela tinggal dalam kondisi kurang cahaya selama 280 hari lamanya, karena di wilayah ini tidak ada yang namanya musim panas.

Bisa kalian bayangkan betapa dinginnya suhu udara di sini. Bahkan untuk mendapat pasokan makanan saja sangat sulit, harus menunggu sampai berhari-hari atau berminggu-minggu hingga makanan tersebut sampai.

Harga makanannya juga sangat mahal, tapi masyarakat dapat tinggal dengan nyaman tanpa berkeluh kesah sekalipun. Hebat ya!

5. Memiliki sikap individualisme yang tinggi

Sesampainya di Rusia, jangan harap akan ada orang yang menyapa atau melempar senyum kepada kalian. Siapa lo siapa gue, itulah prinsip masyarakat di Rusia.

Mereka tidak terlalu suka mencampuri hidup orang lain dan sebisa mungkin menjaga hidupnya dari pandangan publik. Meskipun begitu, mereka bukanlah orang yang kejam atau kasar. Ketika kalian berkenalan dengan orang Rusia dan nyambung dalam hal berkomunikasi, orang Rusia bisa jadi teman yang paling mengasyikkan yang pernah kalian miliki.

Jadi jangan nge-judge sebelum kalian mengenal tipikal orangnya ya!

6. Wanita wajib berdandan sebelum bepergian

Wanita Rusia terkenal dengan parasnya yang sangat cantik, bahkan menyerupai barbie. Hal ini wajar karena paras sangat penting bagi wanita Rusia. Jadi tidak heran kalau mereka acap kali berdandan kemanapun mereka pergi. Berdandan sudah semacam kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan sebelum mereka mengajak anjing jalan-jalan sore saja, mereka harus berdandan terlebih dahulu. Apakah kalian juga begini ladies?

budaya orang Rusia
shutterstock

7. Tidak ada istilah mengantri, asal terobos saja

Budaya mengantre tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Asal ada celah sedikit, langsung diterobos tanpa pikir dua kali. Budaya ini akan sering kalian temukan saat berada di bandara, restoran, bahkan saat berkendara di jalan raya. Jadi kalau suatu saat ada yang menerobos antrean kalian, jangan kaget ya karena itulah budaya yang juga menjadi kebiasaan “unik” di Indonesia.

Itulah budaya orang Rusia yang harus kalian ketahui sebelum melancong ke negara super power ini. Meskipun berbeda budaya, kamu jadi bisa mengenal perbedaan masing-masing budaya di negara yang kamu kunjungi termasuk di Rusia.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *