close

Sawah Sukorame, Tempat Wisata Instagramable Baru di Jogja

sawah sukorame bantul jogja
illustrasi/shutterstock

Travel Blog Reservasi – Buat pelajar yang masih menikmati liburan tahun baru, rasanya masih bisa mengunjungi satu tempat wisata instagramable baru ini di Jogja. Sawah Sukorame di Mangunan, Bantul, Yogyakarta ini memang sedang hits di kalangan anak muda yang gemar berfoto di spot Instagramable.

Hamparan sawah yang menghijau dan diberikan jembatan bambu seperti di sebuah hutan mangrove ini memang benar-benar menjadi ide kreatif warga desa Mangunan untuk menarik minat wisatawan. Apalagi saat ini di beberapa kota besar, lahan persawahan mulai berkurang dengan adanya pembangunan, seperti dihimpun dari berbagai sumber (6/1).

Tentunya lahan pesawaran ini akan semakin menarik jika sudah muncul bulir-bulir padi yang sudah siap dipanen. Dengan cara seperti ini ternyata wisatawan justru semakin tertarik untuk bermain di sawah tanpa khawatir kotor oleh lumpur.

Tempat wisata yang tergolong baru ini memang belum dipungut tiket masuk alias masih gratis. Pasalnya, jembatan bambu yang ada baru saja rampung dibangun.

Namun, melihat animo masyarakat yang juga sekaligus mengunjungi taman buah mangunan, akhirnya Sawah Sukorame dibuka untuk wisatawan tanpa dipungut biaya sama sekali. Lokasi sawah ini cukup dekat dengan beberapa tempat wisata di Mangunan, Bantul, lainnya sehingga tidak terlalu sulit untuk mencarinya.

Sejak dibuka pada tahun baru 2018, foto-foto Sawah Sukorame langsung hits di sosial media Instagram. Tak sedikit beberapa wisatawan yang langsung membawa beberapa properti dan aksesoris foto seperti balon untuk mendapatkan foto yang lebih menarik lagi dalam feed Instagram mereka.

Ide untuk membuat jembatan bambu di tengah persawahan yang menghijau ini ternyata sudah diinisiasi oleh mahasiswa yang menyelenggarakan program KKN di Dusun Sukorame, Mangunan, Bantul, Yogyakarta sejak awal tahun 2017. Namun, sayangnya pengerjaan jembatan bambu ini tidak rampung karena terkendala masalah biaya. Namun, akhirnya beberapa petani dan warga bisa melanjutkan program tersebut hingga seperti saat ini langsung diserbu oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Salah satu tips untuk mendapatkan foto instagramable di pesawahan Sukorame adalah dengan menggunakan foto arieal atau menggunakan drone. Lebih baik lagi jika datang pada pagi hari agar benar-benar mendapatkan foto yang bersih dari pengunjung lainnya.

Daerah Mangunan Bantul memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki banyak spot Instagramable. Dengan hadirnya persawahan Sukorame menambah lagi direktori wisata kekinian di kawasan Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan (Instagram @jaez24)

Salah satu yang masih belum lekang dalam ingatan adalah berita Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul yang sampai masuk situs 9GAG, sehingga mendunia. Banyak yang terkesan dengan keberadaan panggung dari kayu yang berada di tengah hutan pinus sehingga menimbulkan suasana yang keren saat berada di tengah-tengahnya.

Kawasan Mangunan memang sudah lama dijadikan tempat foto prewedding selain hutan pinus Mangunan. Di beberapa sudut terdapat gardu pandang dan jembatan untuk foto kekinian.

Tren anak muda zaman now memang lebih banyak mengejar tempat-tempat foto Instagramable. Tak heran jika sawah yang masih hijau saja bisa dijadikan tempat wisata Instagramable baru meskipun terbilang belum dibuka dan masih baru.

Cara menuju Dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul tidak terlalu sulit. Lokasinya berada di bagian selatan Yogyakarta. Cara yang paling mudah adalah dengan menyusuri jalan Imogiri Timur. Dengan menelusuri jalan menuju makam raja Imogiri Bantul.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BantulYogyakarta

Leave a Response