Saat Hari Raya Galungan 2017, Sejumlah Bank di Bali Tak Beroperasi

Saat Hari Raya Galungan 2017, Sejumlah Bank di Bali Tak Beroperasi

Travel News411
Saat Hari Raya Galungan 2017, Sejumlah Bank di Bali Tak Beroperasi Hiasan penjor saat hari raya Galungan (shutterstock.com)

Travel Blog Reservasi – Saat hari raya Galungan tepatnya 5 April 2017, sejumlah bank di Bali tidak beroperasi atau tutup. Hal ini dilakukan untuk menghormati umat Hindu melaksanakan hari besar keagamaannya.

Meski sejumlah bank tutup, kamu tak perlu khawatir karena melalui transaksi elektronik nasabah dapat bertransaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), layanan perbankan dalam jaringan, layanan melalui pesan singkat dan layanan bank melalui telepon seluler.

Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan dana di ATM, salah satu bank milik pemerintah, BNI menyiapkan dana berkisar Rp35 miliar hingga Rp40 miliar untuk satu hari, saat hari raya Galungan 2017.

Hal ini lebih banyak dibandingkan transaksi harian yang mencapai kisaran Rp30 miliar hingga Rp35 miliar.

Sedangkan, bank milik pemerintah lainnya, BRI tidak menyiapkan dana khusus karena sudah disiapkan jelang Hari Raya Nyepi yakni dengan alokasi kas sebesar Rp100 miliar.

Jumlah kas itu lebih besar dibandingkan persiapan tahun sebelumnya. Pihaknya juga mengarahkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui elektronik.

hari raya galungan 2017
Musisi tradisional yang merayakan hari raya Galungan (shutterstock.com)

Sekilas tentang Galungan

Bagi kamu yang masih awam dengan hari raya Galungan di Bali, mari kita bantu ulas sedikit di sini.

Hari raya Galungan adalah perayaan yang memiliki makna kemenangan Dharma (Kebenaran) melawan Adharma (Ketidakbenaran).

Hari raya Galungan jatuh setiap 210 hari sekali tepatnya pada hari Rabu Kliwon wuku Dungulan dalam kalender Bali.

Biasanya, perayaan hari raya Galungan identik dengan pemasangan penjor di tepi jalan di depan setiap rumah.

Setelah 10 hari hari raya Galungan 2017, akan ada hari raya Kuningan. Tahun ini, hari raya Galungan 2017 akan dirayakan tanggal 5 April 2017, sedangkan hari raya Kuningan tanggal 15 April 2017.

Acara saat Hari Raya Galungan 2017

Lalu, saat kamu sudah beli tiket pesawat ke Bali saat sedang berlangsung Galungan, kegiatan apa yang menarik?

Berikut beberapa acara-acara yang akan dilakukan umat Hindu saat Galungan:

Hiasan Penjor

Di jalanan Bali saat hari raya Galungan kamu bisa melihat dan sejenak ber-selfie dengan hiasan Penjor yang terpasang di tiap sudut jalan.

Penjor adalah sebuah tiang bambu yang menjulang tinggi sekitar delapan meter dengan hiasan janur dan dilengkapi oleh hasil bumi, seperti padi, kelapa, jagung, buah-buahan, dedaunan, dan hasil bumi lainnya.

Tradisi Ngelawang Barong

Salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah mengusung Barong dan Randa berkeliling di luar pura.

Ngelawang barong dipercaya untuk menyeimbangkan alam sehingga menjauhkan manusia dari bala dan bahaya. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh anak-anak kecil dengan iringan tabuhan gendang dan kenong.

Mebat

Mebat adalah masak bersama di kalangan generasi muda, terutama kaum laki-laki. Mereka biasanya berkumpul di satu rumah atau lokasi dan mengolah berbagai makanan tradisional, mulai dari sate lilit, jukut ares, ayam panggang, hingga nasi lawar.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *