close

Rujak Encim Shanghai, Kuliner Enak dan Nikmat di Kawasan Glodok

rujak shanghai encim-min
Instagram @rujakencim

Travel Blog Reservasi – Kawasan Glodok tidak hanya terkenal dengan pusat elektroniknya saja, namun terkenal juga akan kuliner yang nikmat dan unik, seperti Rujak Shanghai Encim.

Meski namanya Rujak Shanghai Encim, rujak unik ini bukan berasal dari negeri tembok besar ya.

Konon kabarnya, hadirnya nama ini karena dahulu sekitar tahun 1950 ada seorang Ibu yang bernama Encim Ahung yang berjualan di depan Bioskop Shanghai yang kini berganti nama menjadi Bioskop Asia.

Berkat keunikan dan rasanya yang nikmat, Rujak Shanghai Encim ini terkenal hingga sekarang.

Bahan Rujak Shanghai Encim

Penganan unik ini tidaklah berisi buah-buahan dan bumbu gula Jawa, melainkan berisi campuran kangkung, juhi (cumi besar), ubur-ubur, lobak, dan timun.

Kangkung, juhi, dan ubur-ubur direbus lebih dahulu. Setelah direbus dengan waktu yang tak terlalu lama biar rasanya masih segar, kangkung, juhi, dan ubur-ubur dipotong-potong dan diletakkan ke dalam piring. Sebelumnya, acar timun dan lobak sudah memenuhi bagian dasar piring sebelum akhirnya tertutup dengan potongan kangkung, juhi, dan ubur-ubur.

Setelah semuanya siap, selanjutnya kucuri dengan kecap asin, ditambah dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan dicampur air, saos tomat, dan sambal tomat

Selanjutnya, giliran saos merah kental dilumurkan di atas semua bahan matang tadi hingga akhirnya taburan bumbu kacang tanah menutup semuanya.

Sebelum kamu melahap rujak unik ini, jangan lupa untuk mengaduk semua bahan dalam piring ya, agar bumbu merata.

Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi nih. Kamu bisa merasakan rasa asam, manis, asin, pedas jadi satu.

Nah, untuk kamu yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambar agar rasanya lebih nampol.

Lokasi dan Harga Rujak Shanghai Encim

  • Lokasi : Pancoran Glodok
  • Dari arah Jalan Pancoran, jalan saja terus sampai kamu menemukan Gedung Chandra, gedung berwarna biru. Nah, warung rujak ini berada di  seberang atau kamu bisa lewati saja gedung Gloria hingga hampir menuju ke Jalan Pintu Kecil, warung ini satu deret dengan gedung Gloria. Tempatnya nyempil dan tertulis jelas Rujak Shanghai Encim.
  • Harga ; Rp35.000/porsi* (Harga bisa berubah sewaktu-waktu)
  • Jam buka : Senin – Minggu | 09.00 AM – 06.00 PM

Baca juga kuliner yang sedang ngehits lainnya di Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : IndonesiaJakartaKuliner

Leave a Response