close

10 Rahasia Pesawat Terbang yang Harus Kamu Ketahui

rahasia-pesawat-terbang
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Pesawat kini menjadi salah satu alat transportasi paling diandalkan untuk melintasi samudera dan benua. Rahasia pesawat terbang ini perlu juga kamu ketahui untuk menjawab mitos tentang pesawat terbang.

Baca juga

1. Pesawat Tahan Petir

rahasia-pesawat-terbang-1

Memang benar bahwa saat cuaca buruk ada potensi pesawat tersambar petir. Namun dengan kecanggihan teknologi, pesawat sudah dilindungi dari sambaran petir sehingga tidak membahayakan penerbangan.

2.  Tidak ada tempat duduk paling aman di Pesawat

Memilih tempat duduk di pesawat tidak bisa disamakan dengan ketika kamu memilih tempat duduk yang paling nyaman di bioskop.

rahasia-pesawat-terbang-5

Dari catatan penelitian yang ada, variabel-variabel penumpang yang selamat dalam sebuah kecelakaan pesawat tidak berkaitan dengan posisi tempat duduk di bagian paling belakang.

3. Beberapa pesawat tertentu memiliki kabin rahasia bagi kru penerbangan

Kabin rahasia biasanya dimiliki pesawat yang mengangkut penumpang lebih banyak untuk tujuan yang cukup lama, biasanya sebuah pesawat dikatakan memiliki durasi penerbangan cukup panjang jika lebih dari enam jam di udara.

Blog Reservasi pernah membahas kabin rahasia di pesawat yang juga viral di sosial media.

4. Jika salah satu mesin mati, pesawat masih bisa andalkan mesin lain

Jika salah satu mesin pesawat mati, tak serta merta pesawat menjadi oleng dan hilang keseimbangan. Pesawat masih tetap bisa mencapai bandara terdekat dengan satu mesin lainnya yang masih hidup.

rahasia-pesawat-terbang-2

 5. Jawaban kenapa penutup jendela harus dinaikkan saat lepas landas

Meskipun terkesan sepele, namun ada maksud dibalik mengapa penutup jendela pesawat harus terbuka saat lepas landas maupun saat mendarat. Blog Reservasi pernah mengulasnya fakta tentang jendela pesawat ini.

Begitu juga dengan lampu yang redup saat lepas landas dan mendarat memiliki maksud agar penumpang dan kru pesawat bisa bergerak lebih cepat dalam kondisi lampu redup.

Disamping itu juga, jalur evakuasi yang sudah ditandai dengan lampu di lantai lorong pesawat agar bisa dapat dilihat saat kondisi lampu redup di dalam kabin pesawat.

6. Rahasia kenapa ada asbak di toilet pesawat

Pesawat bisa mendarat darurat saat ada yang ketahuan merokok di dalam kabin pesawat.

Aturan tentang larangan merokok di pesawat sangatlah ketat. Untuk mencegah terjadinya kebakaran saat di udara, asbak tetap disediakan untuk digunakan dalam keadaan darudat sebagai upaya preventif terhadap penumpang yang membandel.

Jangan pernah melanggar aturan ini karena kamu akan dilarang terbang seumur hidup jika berani merokok di dalam toilet pesawat sekalipun. Karena di dalam toilet pesawat terdapat alarm pendeteksi asap sebagi bukti perbuatan kamu.

7. Kuliner di Pesawat hambar

Makanan yang disajikan di pesawat kerap terasa hambar dan kurang nikmat.

Alasan ini bukan sepenuhnya kesalahan koki dan penyedia katering pesawat. Hal tersebut disebabkan kemampuan manusia untuk merasakan rasa manis dan asin berkurang 30% saat pesawat mengudara.

8. Alasan Jendela Pesawat Berlubang

Tak perlu panik saat pertama kali naik pesawat dan meliha jendelanya berlubang. Lubang ini punya maksud dan tujuan. Cari tahu jawabannya di sini.

9. Alasan Jendela Pesawat Tidak Berbentuk Persegi

Jendela pesawat punya bentuk oval. Bentuk tersebut memang secara artistik terlihat lebih cantik dibandingkan dengan bentuk persegi.

Namun demikian ada alasan penting dibalik jendela pesawat yang berbentuk oval tersebut. Penasaran kenapa demikian? Cek ulasan lengkapnya di sini juga.

10. Masker Oksigen hanya berfungsi selama 15 menit

Dalam kondisi darurat, masker oksigen akan muncul tepat dihadapan setiap penumpang. Kenakan dahulu masker kamu, baru kemudian kenakan masker pada anak.

Saat tekanan udara turun di dalam kabin, semua penumpang wajib menggunakan masker. Dan waktu maksimal penggunaan masker oksigen tersebut hanya 15 menit.

Ukuran tersebut merupakan indikator atau penanda bahwa dalam waktu kurang dari  15 menit, pesawat harus sudah dibawa ke ketinggian yang aman agar penumpang kembali bisa bernafas tanpa bantuan masker oksigen.

Sumber travelandleisure
Tags : Jendela PesawatKabin PesawatPesawatPesawat Terbang

Leave a Response