close

Pesona Pura Luhur Lempuyang yang Menyejukkan Hati

pura-luhur-lempuyang
Pura Luhur Lempuyang, sumber gambar: instagram @yuliansyah_ramoz

Travel Blog Reservasi – Pura Luhur Lempuyang jadi salah satu tempat suci bagi umat Hindu di Bali. Pura indah ini terletak di puncak bukit Bibis atau Gunung Lempuyang, tepatnya di desa Purahayu, Kecamatan Abang, Karangasem.

Panorama gunung yang memukau serta udara yang sejuk menjadi pesona tersendiri dari Pura Luhur Lempuyang ini. Pura Luhur Lempuyang diklaim sebagai pura tertua yang ada di Bali, karena diduga pura ini sudah hadir sejak zaman pra Hindu Budha.

(Baca juga: 5 Tempat Glamping Keren di Bali Untuk Menemani Liburan Kamu)

pura luhur lempuyang
Tangga di Pura Luhur Lempuyang, sumber gambar: instagram @jordankflynn

Saat ingin berkunjung ke Pura Luhur Lempuyang, kamu harus menapaki lebih dari 1.700 (Seribu tujuh ratus) anak tangga. Saat menapaki anak tangga menuju puncak, maka kamu akan disuguhi suasana menyegarkan dari udara yang sejuk bersama suara-suara satwa dan pemandangan alam Kabupaten Karangasem yang memukau.

Hal unik yang bisa kamu temui saat menuju puncak adalah keberadaan kera-kera liar yang bergelantung di sekitar pohon.

(Baca juga: Broken Beach Nusa Penida Bali Tawarkan Pesona yang Tak Biasa)

pura luhur lempuyang
Sumber gambar : instagram @suanda_

Ada cerita yang beredar di masyarakat, jika di ujung timur pulau Bali muncul cahaya terang yang hanya terlihat dari luar angkasa. Sinar terang tersebut diyakini datang dari Gunung Lempuyang.

Pura Lempuyang merupakan salah satu pura indah yang ada di Bali. Dalam konsepsi Dewata Nawa Sanga atau Sembilan Dewa penguasa sembilan mata angin, pura ini merupakan Sthana Dewa Iswara.

Pura Lempuyang terbagi dalam tiga mandala yaitu Lempuyang Sor, Lempuyang Madya dan Lempuyang Luhur. Berdasarkan lontar Markandeya Purana, Pura Lempuyang didirikan oleh Rsi Markandeya sekitar abad ke-8 M. Pada saat itu Rsi Markandeya membuat sebuah pesantrian untuk keperluan persembahyangan sekaligus membabarkan ajaran Hindu.

pura luhur lempuyang
Sumber gambar: instagram @kautsarwidi

Tips

Bagi umat Hindu maupun para wisatawan yang hendak Tangkil atau datang sembahyang ke Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, hal penting yang layak dipersiapkan adalah ketahanan fisik, dan tentu saja hati yang bersih dan tulus.

Ada pantangan saat datang ke pura luhur lempuyang yaitu wanita haid, ibu menyusui, anak yang belum tanggal gigi susu sebaiknya tidak masuk Pura Luhur Lempuyang, lalu sebaiknya tidak boleh membawa perhiasan emas, karena kerap kali jika membawa perhiasan emas akan hilang secara misterius.

Pura Luhur Lempuyang
Pura Luhur Lempuyang, sumber gambar: instagram @annette07

Akses menuju Pura Luhur Lempuyang

Pura Lempuyang ini berada di Puncak Bukit Gamongan, lokasinya sekitar 17 kilometer dari Amlapura, Karangasem, Bali.

Lagi cari penginapan dan tiket pesawat ke Bali? Temukan Langsung di reservasi.com

Tags : BaliIndonesiaTempat Wisatatraveling

Leave a Response