Punya Waktu Seharian di Medan, Kemana Aja? - Reservasi Travel Blog

Punya Waktu Seharian di Medan, Kemana Aja?

Travel Destinations236
Punya Waktu Seharian di Medan, Kemana Aja?

Travel Blog Reservasi – Medan adalah kota terbesar di pulau Sumatra. Kota ini amat multikultural karena menjadi tempat bertemunya suku-suku bangsa besar seperti Batak, Melayu, Jawa, Tionghoa dan India. Tak cuma itu, Medan juga punya potensi wisata sejarah dan wisata kuliner yang menggoda.

Jika Anda hanya punya waktu sehari berwisata di kota Medan? Tempat-tempat apa saja yang wajib Anda kunjungi? Berikut adalah rekomendasi saya berdasarkan pengalaman pribadi akhir tahun lalu.

ISTANA MAIMUN
Inilah dia ikon wisata paling terkenal di Medan. Lokasinya yang berada di tengah kota membuat Istana Maimun mudah dicapai oleh para wisatawan.

Istana Maimun dibangun tahun 1888 oleh Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Beliau merupakan Sultan Deli ke-IX, yang ini bermaksa Istana Maimun adalah istana kesultanan Deli. Ada banyak kesultanan waktu itu di Sumatra Utara, dan Kesultanan Deli adalah salah satu yang termakmur saat itu.

Berdasarkan cerita yang saya dapat dari tour guide, sebagian besar perabot di dalam istana ini dibawa langsung dari Eropa. Seperti kipas angin di langit-langit istana, dibawa langsung dari Belanda. Sementara marmer yang menghiasi lantai istana dibawa dari Italia. Istana ini menjadi cermin kemakmuran Kesultanan Deli pada masa itu.

Hingga sekarang Deli masih punya sultan lho! Memang tidak memiliki kekuasaan otoritatif lagi, hanya sebagai simbol budaya. Beliau adalah Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam. Beliau naik tahta tahun 2005 ketika berusia delapan tahun.

MASJID RAYA MEDAN

Istana Maimun
Istana Maimun

Hanya 200 meter dari Istana Maimun, terdapat sebuah objek wisata sejarah lain yang wajib dikunjungi saat melancong ke Medan. Dia adalah Masjid Raya Medan. Nama aslinya adalah Masjid Raya Al-Mashun.

Masjid ini dibangun oleh sultan yang sama, yakni  Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Mulai dibangun pada tahun 1906, masjid ini rampung dan digunakan pertama kali tahun 1909. Arsiteknya adalah seorang belanda, dan konon pembangunannya menghabiskan biaya hingga satu juta gulden. Wow!

MIE ACEH TITI BOBROK

Jalan-jalan di medan
Saatnya bicara kuliner. Tempat makan satu ini adalah yang paling terkenal se-Medan. Sebagian orang bahkan berpendapat belum ke Medan kalau belum ke Mie Aceh Titi Bobrok. Titi Bobrok bukan nama orang lho ya. Tapi nama tempatnya yang dekat dengan Titi=Jembatan, yang Bobrok=Rusak. 🙂

Tempat makan ini selalu ramai sepanjang hari. Selain karena masakannya yang mantap, harganya juga terjangkau. Akhir tahun lalu seporsi mie aceh masih bisa saya dapatkan dengan harga hanya Rp.10.000. Perut kenyang, dompet tenang. 😀

DURIAN UCOK

Punya Waktu Seharian di Medan, Kemana Aja?
Kalau tadi makan berat, sekarang bicara ngemil. Durian Ucok adalah tempat makan durian paling terkenal di Medan. Lokasinya berada di Jl. Iskandar Muda, Medan.

Di sini kita bisa makan durian kupas yang dijamin segar, juga bisa beli pancake durian dan minum jus durian. Pokoknya serba durian deh. Ada yang nggak doyan durian di sini? 😀

BOLU MERANTI
Nah yang satu ini spesialis oleh-oleh. Letaknya di Jl. kruing No.2K, sebuah jalan kecil di Medan tapi selalu dipenuhi oleh mobil pengunjung yang hendak berburu oleh-oleh.

Saking terkenalnya Bolu Meranti, beli oleh-oleh di sini sampai harus ngantri. Tapi nggak lama kok, karena manajemennya profesional. Saran saya belilah oleh-oleh sebanyak-banyaknya di sini. Karena harga sekotak Bolu Meranti di sini harganya bisa Rp.25.000 lebih murah dibanding beli di Bandara. Lumayan banget kan selisihnya?!

Selain menjual Bolu Meranti, di sini juga dijual oleh-oleh khas Medan yang lain yakni Bika Ambon Medan. Rasanya tak kalah enak dengan merek oleh-oleh saingannya. 😀

***

Bagaimana? Sudah dapat gambaran apa saja yang akan dikunjungi saat berwisata di Medan? Yuk jalan-jalan ke Medan. Jangan lupa beli tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di www.reservasi.com

*Disclaimer, semua konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Credit featured image

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *