close

Punthuk Mongkrong, Destinasi Indah dan Menakjubkan di Magelang

punthuk-mongkrong-magelang
Sumber gambar: instagram @bo.gek

Travel Blog Reservasi – Magelang tak hanya punya Candi Borobudur saja, tapi punya destinasi wisata lain yang juga layak kamu kunjungi.

Punthuk Mongkrong, mungkin namanya sedikit asing di telinga kamu jika dibandingkan dengan Punthuk Setumbuk. Namun keindahan yang ditawarkan Punthuk Mongkrong dijamin tak akan mengecewakan kamu.

Punthuk Mongkrong
Sumber gambar: instagram @dimas.hy

Punthuk Mongkrong memiliki ketinggian sekitar 624 Mdpl yang diklaim sebagai Punthuk tertinggi mengalahkan Punthuk Setumbuk, Punthuk Sukmoyo, serta Punthuk Gupakan.

Lokasi Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Desa Giritengah terletak di ujung barat daya Kecamatan Borobudur, dengan jarak sekitar 5 kilometer dari Candi Borobudur.

Arti Nama Punthuk Mongkrong

Punthuk sendiri memiliki arti tanah yang mawur, tidak padat, dan tak bisa diurai layaknya pasir, sekitarnya tak ditumbuhi rumput atau pohon. Alasan inilah yang menjadi penamaan Punthuk Mongkrong.

   Baca juga:

Pemandangan Luar Biasa di Punthuk Mongkrong

Berada di puncak perbukitan, Punthuk Mongkrong maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Tak hanya punya pemandangan yang luar biasa, tapi di lokasi Punthuk Mongkrong di Desa Giritangah juga terkenal akan budi daya lebah madu. Konon kabarnya, Desa Giritengah merupakan desa yang pernah disinggahi oleh Pangeran Diponegoro dahulu semasa perang melawan Belanda.

Jembatan V yang Menjadi Spot Foto Wajib

Punthuk Mongkrong
Sumber gambar: instagram @reredcnie

Di puncak Punthuk Mongkrong terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan ini berbentuk huruf V dan menjorok ke arah jurang dengan pemandangan latar belakang gunung nan indah.

Lokasi ini yang menjadi spot paling favorit  dan wajib jika kamu berkunjung ke sini.

Jembatan ini terbuat dari bambu dengan kapasitas maksimal hanya boleh dua orang saja, jadi jika kamu ingin berfoto di sini harap bergantian dan berhati-hati ya!

Fajar dan Senja Alasan Utama Datang ke Sini

Punthuk Mongkrong jadi lokasi yang strategis untuk melihat keindahan sunrise dan sunset. Maka tak heran banyak orang yang datang pada saat sunrise (fajar) dan sunset (senja). Maka biar hasil foto kamu di Punthuk Mongkrong tambah maksimal, sebaiknya datang ke sini saat sunset dan sunrise.

Punthuk Mongkrong
Sumber gambar: instagram @noveliagibson

Rute Punthuk Mongkrong, Magelang

Untuk ke sini, kamu bisa mengambil jalur sebelah selatan dari Candi Borobudur yaitu dengan menyusuri Jalan Badrawati, lurus terus sampai menemukan perempatan Seganan (Desa Tuksongo) lalu belok ke kanan. Biar lebih detail dan tak kesasar, kamu bisa cek google map berikut ini:

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : IndonesiaMagelangTempat Wisata

Leave a Response