close

Popularitas Puncak 4G Gunungkidul Makin Merangkak

Gunung Tunggak Gunung Gentong - (Instagram @eko_sigon)

Travel Blog Reservasi – Puncak 4G Gunungkidul kini menjadi wisata alam yang digandrungi para pecinta selfie. Berada di puncak 4G Gunungkidul ini bak berada di atas awan.

Jangan heran jika puncak wisata yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan yang memikat ini selalu ramai dikunjungi terutama saat akhir pekan dan liburan. Bukan tanpa alasan dinamakan Puncak 4G. Nama tersebut sebenarnya akronim dari Gunung Gentong Gendangsari Gunungkidul, Yogyakarta.

Seperti dirangkum Reservasi.com (28/02/2017) lokasi Puncak 4G berada di Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca juga

Puncak 4G Gunungkidul Bak Negeri di atas Awan

Salah satu keistimewaan Puncak 4G Gunungkidul ini yaitu menyaksikan pergerakan matahari dari peraduannya serta pesona berada di atas langit saat puncak 4G diselimuti kabut tebal. Benar-benar nuansa pengunungan yang mendebarkan sekaligus mengasyikkan. Pemandangan dramatis yang hanya bisa disaksikan di puncak ketinggian.

Puncak 4G Gunungkidul awalnya bukan wisata yang dibuka untuk umum, namun seiring perkembangan minat wisata daerah Gunungkidul, Puncak 4G dikenal mulai akhir tahun 2016 dan terus populer lewat sosial media hingga saat ini.

puncak 4G gunungkidul
Gunung Tunggak  (Instagram @andikapratm)

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Puncak 4G adalah pada saat pagi hari dimana kabut mulai menyelimuti daerah puncak sambil menunggu terbitnya matahari. Sementara ini untuk tiket masuk pengunjung dikenai biaya Rp5.000 per-orang dan biaya parkir kendaraan Rp2.000 per-unit.

Dari tempat parkir pengunjung memang tidak bisa langsung berada di lokasi, namun perlu mendaki sedikit kira-kira sekitar 8 menit saja. Lokasinya persis berada di sebelah Timur Gunung Purba Nglanggeran Gunungkidul, Yogyakarta. Kawasan Gunungkidul memang belakangan menjadi surga bagi wisatawan karena banyak sekali tempat wisata baru yang bermunculan.

Minim Fasilitas ditengah Potensi Wisata yang Menjanjikan

Jangan harap bisa mendapatkan fasilitas yang memadai karena pembangunan fasilitas wisata masih terbatas ala kadarnya yang dikelola oleh Pemuda Karang Taruna setempat. Hindari berkunjung saat musim hujan karena kondisi medan yang masih licin dan cukup terjal.

Pastikan untuk membawa sampah kembali ke bawah dan dibuang di tempat yang disediakan karena Puncak 4G masih minim fasilitas pembuangan sampah. Lagipula memang sampah bukan seharusnya berada di puncak.

Seiring dengan popularitas yang makin merangkak, kunjungan wisatawan diperkirakan antara 300-400 orang setiap pekan. Namun dengan semakin menyebarnya foto-foto instagrammable dari Puncak 4G Gunungkidul, dipastikan jumlah tersebut akan merangkak naik.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : GunungGunungkidulYogyakarta
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response