close

Pulau Kaget, Rumah si Bekantan yang Keren!

pulau-kaget-bekantan
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Selain sebagai rumah para bekantan, Pulau Kaget ini sebenarnya adalah sebuah delta di muara Sungai Barito yang terbentuk akibat endapan lumpur. Hal yang wajar, karena ketika sungai Barito mengalir, alirannya tadi akan membawa sedimen akibat dari pengikisan tepi dan dasar sungai. Dalam waktu yang lama, sedimen ini terkumpul di muara sungai Barito hingga akhirnya membentuk pulau Kaget.

Salah satu yang membuat Pulau Kaget di Banjarmasin ini terkenal adalah penghuninya. Iya di pulau Kaget adalah monyet dari spesies langka, yang dikenal dengan nama bekantan. Jika kalian pernah pergi ke Dufan, Ancol, itu berarti kalian pasti tahu yang namanya Bekantan!

(Baca Juga : Film Layar Lebar Ini Sukses Membuat Destinasi Wisata Yang Digunakan Sebagai Latar Belakang Menjadi Terkenal!)

Karena Bekatan ini adalah salah adalah monyet berhidung besar yang dijadikan ikon dari Dufan. Bekantan mempunyai ciri khas yang membuatnya sangat unik ketimbang monyet lain. Yang paling unik misal, bekantan jantan mempunyai hidung yang panjang, besar, dan berwarna merah.

pulau-kaget-dengan-banyak-pohon-rumbai-tempat-tinggal-para-bekantan

Pulau Kaget adalah pulau yang cukup subur. Karena itu Pulau Kaget hingga saat ini dipenuhi dengan berbagai pepohonan yang menghijau. Bahkan cenderung membentuk hutan lebat yang cocok untuk habitat berbagai macam hewan seperti para Bekantan. Pantas saja mereka jadi betah tingal disini.

Bekantan kadang ada juga yang mengenal dengan nama Monyet Belanda. Semua itu karena hidungnya yang panjang, besar, dan berwarna merah. Keunikan lain dari bekantan adalah ketika si Bekantan semakin tua, hidungnya akan membesar. Selain itu ciri khusus dari hewan bernama latin Nasalis larvatus ini adalah mempunyai muka berwarna kemerahan dan perut yang buncit.

Selain dihuni oleh bekantan, pulau Kaget juga dihuni oleh spesies monyet lainnya seperti monyet ekor panjang dan lutung. Sementara itu dari jenis burung, pulau Kaget dihuni oleh burung kipas, betet, trucukan, bangau, elang bondol, elang laut, dan bebek. Hewan ini hidup dalam lingkungan hutan yang ditumbuhi oleh pepohonan dari jenis rambai, bakung, bakau, api-api, nipah, piai, jeruju, dan pandan. Dari sekian banyak jenis pohon yang tumbuh di hutan pulau Kaget, pohon yang paling dominan adalah dari jenis rambai.

pak-kursani-mencoba-memanggil-kawanan-bekantan

(Baca Juga : Lampung Lokasinya Nggak Terlalu Jauh Dari Jakarta, Untuk Yang Perlu Liburan Ini Dia Tempat Wisata Di Lampung Yang Direkomendasikan!)

Pohon Rambai adalah tamanaman yang penting di Pulau Kaget. Karena Bekantan yang tinggal dalam hutan pulau Kaget membutuhkan pohon rambai untuk kelangsungan hidup mereka. Selain digunakan sebagai tempat beristirahat pada malam harinya, pohon rambai ini digunakan oleh bekantan betina untuk mengasuh anak-anaknya. Tidak lupa pohon rambai ini merupakan makanan utama dari bekantan.

Bekantan dikenal sebagai peloncat ulung yang bisa meloncat dari satu ranting ke ranting pohon rambai lainnya. Bahkan pada satu waktu tubuh para Bekantan ini mampu terjun dari ketinggian 15 meter dari atas pohon rambai menuju daratan atau air yang ada dibawahnya tanpa cidera. Keren banget kan si Bekantan ini?

Pulau Kaget ini masuk kedalam wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Kira-kira dari ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin lokasi pulau Kaget bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan speed boat atau perahu klotok nelayan setempat. Harga sewanya sekitar 250 ribu untuk satu perahu nelayan. Menuju Pulau Kaget dengan menggunakan klotok (perahu nelayan)akan memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Jadi, siapa yang mau liburan ke Pulau Kaget untuk melihat si Bekantan monyet hidung panjang?

Sumber foto catperku.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BekantanPulau

Leave a Response