close

Puas Hunting Tempat Kuliner Legendaris di Bandung Seharian Penuh

@kulinerbandung
ilustrasi kuliner legendaris Bandung (IG @kulinerbandung)

Travel Blog Reservasi – Salah satu hal yang bikin Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan adalah kelezatan kulinernya. Setiap hari ada saja inovasi kuliner dari cafe-cafe unik yang hadir di sana.

Mau coba sensasi liburan yang seru saat ke Kota Kembang? Jangan cuma ke cafe baru yang sedang hits. Coba juga dong sensasi seharian hunting tempat kuliner legendaris Bandung.

Baca Juga

Dihimpun dari berbagai sumber oleh Reservasi.com (02/03/2017), jajal serunya seharian berburu tempat kuliner legendaris Bandung!

Pagi

  • Roti Gempol

Ini dia salah satu tempat kuliner legendaris Bandung yang masih tetap eksis sampai sekarang. Warung Roti Gempol yang lokasinya ada di Jalan Gempol Wetan no. 14 ini sudah ada sejak tahun 1958 lho.

Menu-menu yang ada di sini cocok banget dijadikan kudapan sarapan kamu. Selain lebih ringan rasanya pun lezat. Kamu yang suka manis bisa pilih roti gempol dengan topping cokelat, susu, kacang, atau selai. Kalau ingin yang asin, ada pilihan smoked beef, telur, atau keju.

Seporsi roti gempol ini harganya pun cukup murah, yaitu Rp 17.000 saja. Warung ini buka pada pukul 07.00 s.d. 21.00 WIB

  • Bubur Ayam Mang Oyo

Nah, kalau kamu tipe orang yang lebih suka sarapan pakai bubur, warung satu ini wajib banget didatangi. Bubur Ayam Mang Oyo ini lokasinya ada di Jalan Sulanjana no. 30, Bandung.

Kalau dilihat sepintas sih mirip dengan bubur ayam pada umumnya. Namun, yang membuat Bubur Ayam Mang Oyo ini spesial adalah teksturnya yang kental dan rasanya yang gurih. Saking kentalnya, bubur ini nggak akan tumpah walau piringnya kita bolak balik.

Seporsi bubur ayam komplit dengan topping irisan ayam, telur, cakwe, kacang, ati ampela, dan kerupuk dibanderol harga Rp 19.000 saja. Warung bubur ini buka setiap hari sejak pukul 06.00 pagi.

  • Lontong Kari Kebon Karet

Kalau kurang puas dengan kudapan yang ringan, pasnya sih sarapan pakai lontong kari saja. Di Bandung sendiri nama Lontong Kari Kebon Karet sudah tersohor sejak tahun 1966.

Terang saja, lontong kari yang lokasinya ada di Jalan Otto Iskandarniata ini memang punya rasa lezat yang bakal bikin lidah bergoyang ketagihan. Seporsi lontong disajikan dengan isian daging sapi tanpa lemak, telur, kacang, dan emping. Tak lupa kuah kari kental nan gurih ditambahkan ke dalam mangkuk.

Sarapan pakai lontong kari ini dijamin bisa bikin kamu kenyang dan siap untuk jelajah Kota Kembang seharian. Lontong Kari Kebon Karet ini buka mulai pukul 07.00 pagi. Jangan datang terlalu siang kalau kamu tak ingin kehabisan lontong nikmat ini.

Siang

A post shared by Toko You (@tokoyoubandung) on

  • Toko You

Tempat kuliner legendaris Bandung ini sudah ada sejak tahun 1947. Suasana klasik sangat kental terasa di restoran ini. Saat ada di sana, rasanya seperti kamu berada di Bandung tempo dulu.

Memang tepat banget deh kalau datang ke restoran ini di waktu makan siang. Sebab, menu-menu lezat yang ada di sini porsinya cukup besar dan mengenyangkan.

Yang paling favorit dari restoran ini ya menu chinese food dan olahan mi yamin homemade. Toko You ini lokasinya ada di Jl. Hasanudin no.12.

  • Restoran Braga Permai

Tempat kuliner legendaris Bandung selanjutnya adalah Restoran Braga Permai. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1923 dan konsistem menyajikan menu lezat sampai sekarang. Lokasinya ada di Jl. Braga No. 58, Bandung.

Makan siang kamu di sana akan ditemani dengan suasana nostalgia Bandung di zaman kolonial. Sebab, desain interior yang ada di sana masih mempertahankan keaslian arsitektur Eropa di gedungnya.

Di restoran ini tersedia menu Nusantara dan Eropa yang siap menggoyang lidah kamu.

Sore

  • Surabi Cihapit

Sore hari, enaknya sih makan camilan khas Bandung. Nah, pas banget kalau kamu datang ke Surabi Cihapit. Warung surabi ini sudah ada sejak tahun 1970 lho. Lokasinya ada di Jl. Cihapit, Bandung.

Satu buah surabi harganya hanya Rp 5.000,-. Selain rasa original, warung ini juga menyediakan berbagai varian penyajian agar lebih kamu punya lebih banyak pilihan. Mulai dari surabi manis hingga gurih ada semua di sini.

Walaupun rasanya sudah dibuat lebih modern, proses pembuatannya masih mempertahankan cara tradisional kok. Yakni dengan menggunakan arang.  Jadi terasa banget deh sensasi modern dan klasik yang berpadu jadi satu di camilan satu ini.

  • Kue Balok Kang Didit

Ini jadi salah satu camilan jadul yang sudah ada sejak tahun 1950. Kue balok ini dibuat dengan menggunakan arang. Setelah jadi, disajikan dengan topping yang melimpah. Kalau kamu ingin cicipi klasiknya camilan ini, datang saja ke Jl. Abdurahman Saleh dan cari Kue Balok Kang Didit.

Malam

  • Rumah Makan Sindang Reret

Setelah lelah seharian berjalan-jalan keliling Bandung, rasa lapar pasti bakal menghantui kamu. Nah, kalau begini paling nikmat ya menikmati makan malam di Sindang Reret.

Restoran yang punya konsep Sunda kental ini menyediakan berbagai menu khas Jawa Barat. Salah satu yang paling favorit dan pasti kamu suka adalah gurame goreng dengan saus mangga muda. Untuk lalapan dan sambal terasi tentu tersedia di sini.

  • Ronde Alkateri

Suasana Bandung kala malam menjelang memang jadi lebih dingin. Nah, saat seperti ini enaknya menikmati yang hangat-hangat seperti ronde.

Kalau mau cicipi ronde legendaris di Bandung, jangan lupa datang ke Ronde Alkateri yang lokasinya ada di Jalan Alkateri, Bandung.

Kenyalnya ronde dengan air jahe manis tak hanya menghangatkan badan. Menu ini juga bisa memulihkan rasa lelah kamu setelah seharian berkeliling kota Bandung.

  • Warung Kopi Purnama

Kalau masih ingin nongkrong bareng teman dan menikmati suasana Bandung di malam hari, asyiknya si di kedai kopi.

Kalau mau ke kedai kopi legendaris, datang saja ke Warung Kopi Purnama. Kedai ini sudah dibuka sejak 1930. Lokasinya ada di  Jl. Alkateri No.22, Bandung. Kalau dilihat dari luar, tak ada yang istimewa dari tempat ini.

Namun, keistimewaan tempat ini baru terasa kalau kamu masuk ke dalam. Nuansa klasik masih dipertahankan oleh pengelola kedai ini. Terlihat dari interior yang terpajang di dalam sana.

Nah, kalau mau ngopi-ngopi cantik, yang paling favorit di sini adalah kopi susu originalnya. Jangan lupa pesan juga roti bakar srikaya sebagai teman ngopi dan nongkrong kamu.

Berencana liburan dan hunting kuliner legendaris Bandung dalam waktu dekat ini? Aplikasi Reservasi punya banyak informasi promo tiket pesawat dan booking hotel murah untuk kamu. Cek terus ya!


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BandungJawa BaratKulinerLegendaris

Leave a Response