Profil 12 Stadion Kece Piala Dunia 2018 Rusia - Reservasi Travel Blog

Profil 12 Stadion Kece Piala Dunia 2018 Rusia

Travel Destinations46
Profil 12 Stadion Kece Piala Dunia 2018 Rusia Pevel/shutterstock

Travel Blog Reservasi – FIFA World Cup adalah pesta sepakbola empat tahunan yang selalu ditunggu penyelenggaraannya. Kali ini giliran Rusia yang terpilih sebagai negara tuan rumah Piala Dunia 2018. Sebanyak 12 stadion besar di 11 kota disiapkan untuk menggelar seluruh rangkaian pertandingan.

Tak cuma megah, tiap stadion punya arsitektur unik dan nilai historis yang menarik untuk diulas. Beberapa stadion bahkan bisa menjadi destinasi wisata di luar event Piala Dunia 2018 lho, yuk simak!

Baca Sebelum Liburan ke Rusia, Kenali Budaya Orang Rusia Dulu Supaya Kamu Gak Shock!

1. Luzhniki Stadium, Moskow

Moskow sebagai ibu kota negara Rusia menyediakan dua stadion besar dalam gelaran Piala Dunia 2018, salah satunya Luzhniki Stadium yang berkapasitas 81.000 penonton. Stadion di kota bagian Luzhniki ini adalah yang terbesar di Rusia dan akan digunakan sebagai lokasi pertandingan final Piala Dunia 2018.

Bagi penggemar Liga Champion pasti tidak asing dengan Luzhniki Stadium. Pertandingan final Liga Champion 2008 berlangsung di sini, menjadi saksi kompetisi dua klub besar Manchester United dan Chelsea.

Luzhniki Olympic Complex
Pevel/shutterstock

2. Spartak Stadium, Moskow

Selain Luzhniki Stadium, Moskow juga menyiapkan Spartak Stadium yang mampu menampung 45.300 penonton di dalamnya. Memiliki nama lain Otkritie Arena, Spartak Stadium adalah markas bagi klub sepakbola paling sukses di Rusia yaitu Spartak Moskwa.

Ada spot menarik di stadion ini, di belakang salah satu gawang terdapat patung Statrostin bersaudara yang merupakan pendiri klub Spartak Moskwa. Spartak Stadium yang baru dibuka pada tahun 2014 ini juga menjadi lokasi pertandingan Piala Konfederasi 2017.

3. St. Petersburg Stadium, St. Petersburg

Sebagai kota terbesar kedua di Rusia, St. Petersburg ditunjuk sebagai lokasi salah satu pertandingan semi final. Stadion yang memiliki nama asli Krestovsky Stadium ini disebut sebagai St. Petersburg Stadium untuk pertandingan FIFA.

Berkapasitas 68.100 orang, stadion lebih akrab dengan sebutan Zenit Arena karena dijadikan sebagai markas klub Zenit sejak April lalu. Pembangunannya memakan biaya fantastis, tak heran menghasilkan tampilan megah dan berkualitas.

4. Mordovia Arena, Saransk

Mordovia Arena yang terletak di kota Saransk menjadi salah satu stadion terjauh karena jaraknya sekitar 500 km dari pusat kota Moskow. Stadion berkapasitas 45.000 orang ini dijadikan lokasi 4 pertandingan babak penyisihan, termasuk laga Iran vs Portugal di mana Cristiano Ronaldo berhasil mencetak gol hatrick.

5. Kazan Arena, Kazan

Ini dia stadion dengan layar luar terbesar di Eropa yang ukurannya mencapai melebar sepanjang satu tribun. Kazan Arena menjadi salah satu stadion yang ditunjuk untuk gelaran babak perempat final. Kapasitas stadion ini mampu menampung 45.300 penonton.

Stadium Kazan Arena
Kaliam/shutterstock

6. Fisht Olympic Stadium, Sochi

Sochi menjadi kota penting di Rusia yang ramai diburu wisatawan. Kota dengan pemandangn cantik ini memiliki Fisht Olympic Stadium yang juga ditunjuk sebagai tempat berlangsungnya pertandingan perempat final.

Uniknya, Fisht Olympic tidak dibangun sebagai stadion sepak bola. Stadion ini awalnya berupa arena indoor untuk olimpiade dan paralimpik. Perombakan besar dilakukan jelang Piala Dunia 2018 sehingga stadion berkapasitas 47.600 orang ini siap digunakan sesuai standar FIFA.

7. Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod

Pernah mendengar kota di Rusia yang memiliki alat transportasi umum berupa cable mobile? Nizhny Novgorod tempatnya, kota bagin di Rusia yang terkenal dengan lintasan cableroads di atas sebuah sungai besar.

Di kota ini terdapat Nizhny Novgorod Stadium yang berkapasitas 44.900 orang. Selain megah, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah kawasan perairan Nizhny Novgorod Kremlin dan Gereja Katedral Alexander Nevsky.

8. Samara Arena, Samara

Samara Arena yang terletak di kota Samara sekaligus menjadi bukti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Rusia di bidang riset antariksa. Stadion ini memiliki kubah kaca megah ala luar angkasa.

Samara dikenal sebagai pusat studi luar angkasa di Rusia. Maka stadion ini pun sering juga disebut sebagai Cosmos Arena, dengan daya tampung mencapai 45.000 orang.

9. Rostov Arena, Rostov

Stadion yang terletak di kota Rostov ini baru saja merampungkan renovasi area hijau, trotoar dan jalur sepeda pada Mei 2018. Rostov Arena hanya akan digunakan sampai pertandingan babak 16 besar saja, dengan daya tampung mencapai 45.000 orang.

Rostov Aren
Kaliam/shutterstock

10. Ekaterinburg Central Stadium, Yekaterinburg

Diambil dari nama Ratu Catherine (Yekaterina), Ekaterinburg Central Stadium termasuk yang berkapasitas paling kecil karena hanya mampu menampung 35.000 orang saja. Stadion ini pun memiliki satu keunikan, salah satu tribunnya dibangun sangat tinggi hingga hampir menyentuh atap.

Ekaterinburg hanya digunakan pada pertandingan babak penyisihan saja. Menjadi saksi laga antara Mesir vs Uruguay, Perancis vs Peru, Jepang vs Senegal dan Meksiko vs Swedia.

11. Volgograd Arena, Volgograd

Sama seperti Ekaterinburg Central Stadium, Volgograd Arena juga hanya digunakan untuk gelaran babak penyisihan saja. Jaraknya yang mencapai 1000 km dari pusat kota Moskow menjadi pertimbangan tidak digunakan untuk babak 16 besar dan seterusnya.

Meski jauh dari Moskow, Volgograd Arena terbilang megah karena baru saja direnovasi besar-besaran khusus untuk Piala Dunia 2018. Stadion ini mampu menampung hingga 45.500 orang di dalamnya.

12. Kaliningrad Stadium, Kaliningrad

Terakhir adalah Kaliningrad Stadium yang juga berkapasitas kecil, hanya mampu menampung 35.100 orang saja. Stadion ini juga hanya digunakan untuk partai penyisihan saja.

Ada yang unik, Kaliningrad Stadium menjadi satu-satunya tempat pertandingan yang terletak di luar wilayah Rusia. Lokasi tepatnya berada di antara Polandia dan Lithuania. Mungkin hal ini juga yang menjadi alasan tidak dijadikan sebagai tempat pertandingan babak 16 besar dan seterusnya.

By the way, kamu dukung tim dari negara mana nih di Piala Dunia 2018 ini?

Source: fifa.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *