close

Viral 3 Pilot Perempuan Berjilbab Mengantar Jamaah Haji Asal Brunei dengan Pesawat Amfibi, Ini yang Fakta Sebenarnya

pilot pesawat perempuan berkerudung asal brunei
Facebook Ummie Shettima

Travel Blog Reservasi – Sebuah postingan di facebook langsung viral dan dibagikan hingga lebih dari 68 ribu kali hingga artikel ini dibuat, Jumat (11/8). Nampak dalam postingan tersebut sebuah video dengan sebuah foto tiga kru pesawat. Ketiganya mengenakan kerudung di dalam sebuah kokpit pesawat.

Dalam postingan yang dibagikan oleh akun Ummie Shettima itu dideskripsikan bahwa pesawat Royal Brunei Airlines dengan nomor penerbangan BI081 tipe Boieng 787 telah mendarat dengan selamat di Jeddah dan diterbangkan oleh tiga orang perempuan Muslim.

Pesawat tersebut dikemudikan oleh tiga orang pilot yaitu Kapten Sharifah Czarena, dan didampingi dua Co-Pilot Sarina dan Dr Nadiah. Pesawat tersebut membawa 300 penumpang dan pesawat tersebut tinggal landas dan mendarat di laut.

Travel Blog Reservasi akhirnya mencari kebenaran video tersebut dan berita yang disertakan. Akhirnya ditemukan sebuah postingan video di youtube dengan akun bernama Konstantin Khmelik (KHMedia).

Dalam video tersebut pesawat yang digunakan bukan Boeing 787 melainkan pesawat jenis amfibi tipe Briev Be-200 milik Rusia. Video tersebut merupakan sebuah rangkaian dalam acara Hydro Air Show pada tahun 2010 di sebuah kota di Rusia bernama Gelendzhik yang tepat berada di tepi laut Hitam.

Pesawat Briev Be-200 memang pesawat amfibi yang bisa mendarat di dua alam, air dan daratan. Pesawat ini digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pesawat untuk pemadam kebakaran, pesawat untuk pencarian dan penyelamatan, patroli, pesawat kargo hingga pesawat penumpang yang hanya bisa menampung 72 orang penumpang.

Jadi, kapasitas pesawat amfibi tersebut tidak mungkin bisa menampung jamaah haji asal Brunai yang dikabarkan diangkut menggunakan pesawat amfibi tersebut hingga jumlahnya sekitar 300 orang.

Dalam halaman Royal Brunei Airlines tidak tercantum pesawat dengan jenis Briev Be-200. Pesawat-pesawat Royal Brunei Airlines diantaranya tercatat seperti Aribus A320-200, Airbus A320neo, Boeing 787-8 dengan kapasitas penumpang kurang dari 300 orang.

Tipe Boeing 787-8 tercatat hanya bisa menampung paling banyak sekitar 254 orang penumpang. Artinya ada banyak ketidaksesuain informasi yang diberikan dalam postingan yang sudah terlanjur viral tersebut.

Namun demikian, dalam halaman youtube Royal Brunei Airlines pilot perempuan yang mengenakan jilbab bisa dipastikan sesuai karena ada sebuah video yang menampilan Sultan Brunei saat sedang berada di kokpit pesawat bersama tiga orang kru pesawat tersebut saat sultan mencoba menerbangkan sebuah Boeing 787 Dreamliner.

Baca artikel menarik lainnya tentang Pesawat dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BruneiPesawat
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response