Samalona, Gerbang Surga Terumbu Karang di Laut Indonesia

Pulau Samalona, Gerbang Surga Terumbu Karang di Timur Indonesia

Travel Destinations263
Pulau Samalona,  Gerbang Surga Terumbu Karang di Timur Indonesia

Travel Blog Reservasi – Kepulauan Spermonde, ada yang pernah mendengar nama ini? Namanya memang tak seterkenal kepulauan seribu, tetapi jangan sepelekan keragaman biota laut yang ada di kepulauan spermonde ini. Bahkan kepulauan seribu pun kalah indah jika dibandingkan dengan Kepulauan Spermonde.

Spermonde sendiri adalah istilah yang diberikan oleh orang Belanda untuk gugusan pulau-pulau yang berada di barat daya Pulau Sulawesi. Ada Kurang lebih 130 pulau yang termasuk kedalam Kepulauan Spermonde, salah satunya adalah Pulau Samalona. Pulau Samalona adalah salah satu pulau yang terkenal diantara ratusan pulau lainnya. Berikut ini adalah pesona Pulau Samalona surga biota laut di barat daya kota Makassar.

Pulau Samalona Cantiknya Tak Ada Duanya

A video posted by @robertofranc on

Pulau Samalona terletak di daerah Kecamatan Ujung Pandang, hanya berjarak kurang lebih 7 km dari Kota Makassar. Pulau Samalona terkenal dengan hamparan pasirnya yang lembut dan putih, serta air lautnya yang berwarna biru jernih kehijauan. Pulau ini cantiknya memang tak ada duanya, kekayaan biota lautnya pun tak kalah dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia. Terumbu karang di pulau ini masih terjaga keasriannya hingga kini, dan ikan lautnya pun tak kalah menarik. Jika kalian berlibur ke pulau ini, siap-siap tersihir oleh pesonanya.

Misteri Karamnya Kapal di Pulau Samalona

A photo posted by Jimmy Taki (@jimmy_taki) on

Ternyata Pulau Samalona menyimpan misteri tentang karamnya beberpa kapal. Setidaknya sudah ada tujuh buah kapal yang pernah tenggelam di area pulau ini. Kapal apa saja? Salah satunya adalah Kapal Maru yaitu kapal peninggalan Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter. Selain itu pula ada Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan Kapal Lancaster Bomber. Namun, saat ini kapal-kapal tersebut sudah berubah menjadi rumah dari ikan-ikan lucu di dasar laut. Kapal ini sudah menjadi karang, dan inilah yang menarik hati para wisatawan.

Pemandangan dasar laut yang dimiliki Pulau Samalona memang sudah terkenal ke penjuru dunia. Maka jangan heran jika kalian bertandang ke pulau ini, banyak wisatawan lokal maupun lokal yang sengaja datang ke Pulau Samalona. Walaupun Pulau Samalona hanya memiliki luas 2 hektare, fasilitas di pulau ini cukup lengkap. Kalian bisa menyewa alat-alat diving serta snorkeling, apabila kalian tidak memilikinya. Tak perlu khawatir pula, karena ada pemandu yang siap menuntun kalian selama diving dan snorkeling. Harga sewa alat-alatnya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp50.000-Rp100.000. Jangan sampai kalian melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Akses Menuju Pulau Samalona

A photo posted by Irma Okta Y. (@iyokay) on

Pulau Samalona jaraknya hanya sekitar 7 km dari Kota Makassar, oleh karena itu untuk menuju pulau ini kalian bisa naik speed boat melalui dermaga yang letaknya tak jauh dari Pantai Losari. Letak persis dermaga ini dekat dengan Benteng Fort Rotterdam. Untuk menuju Pulau Samalona kalian bisa menggunakan speed boat yang tersedia di dermaga. Kalian bisa menyewa speed boat dengan harga berkisar Rp300.000-Rp400.000 untuk pulang pergi. Tergantung pada kesepakatan yang kalian buat dengan pengemudi speed boat tersebut. Waktu tempuh dari Pantai Losari menuju Pulau Samalona kira-kira sekitar 30-40 menit. Pulau Samalona bisa kalian jadikan salah satu destinasi untuk mengisi liburan kalian.

Sumber Featured Image

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *