close

Pulau Lanjukang, Surga Kecil di antara Gugusan Kepulauan Spermonde

Sumber gambar: anekawisatanusantara.blogspot.com

Travel Blog Reservasi – Kata siapa Makassar hanya terkenal karena Pantai Losari nya? Itu salah besar, justru Makassar memiliki banyak pulau yang alamnya masih terjaga dan belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Ada belasan pulau cantik yang letaknya terselip di antara selat Makassar.

Dari belasan pulau tersebut salah satunya adalah Pulau Lanjukang. Pulau Lanjukang adalah pulah terjauh letaknya, kira-kira jaraknya sekitar 40 km dari kota Makassar. Penasaran ingin tahu seperti apa cantiknya Pulau Lanjukang? Ulasan ini akan menjelaskan bagaimana pesona Pulau Lanjukang mampu menghipnotis jutaan pasang mata masyarakat Indonesia.

Pulau Lanjukang Serpihan Kecil Kepulauan Spermonde

A photo posted by Ilham Arch (@ilhamarch) on

Pulau Lanjukang adalah salah satu bagian dari Kepulauan Spermonde di wilayah Makassar. Pulau Lanjukang sering juga disebut oleh masyarakat Makassar dengan nama pulau Laccukang atau Lanyukang. Lanjukang sendiri berasal dari kata ‘lanjutkan’, nama ini diberika karena dahulunya pulau ini sering dijadikan tempat peristirahatan sementara oleh para nelayan yang kelelahan ketika berlayar menjaring ikan.

Dibalik Kisah Pulau Lanjukang

Pulau lanjukang ditinggali oleh 15 kepala keluarga, hanya 50 orang jumlah keseluruhan penduduk Pulau Lanjukang ini. Berbeda dengan masyarakat pada umumnya, ciri-ciri fisik dari penduduk Pulau Lanjukang sangatlah unik. Mereka berbadan kecil bahkan cenderung kerdil, bungkuk dan memiliki rambut yang jarang. Konon penyebabnya adalah pernikahan sedarah yang dilakukan oleh leluhur terdahulu penduduk Pulau Lanjukang.

A photo posted by indroww (@indroww) on

Fisik boleh dikatakan berbeda, namun masyarakat Pulau Lanjukang memiliki sifat yang ramah. Mereka sangat ramah dengan wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Bahkan mereka tidak merasa keberatan jika harus berbagi makanan, toilet dan mengobrol dengan para wistawan.

Keindahan Alam Pulau Lanjukang

Hamparan terumbu karang di dasar laut Pulau Lanjukang sama sekali belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Oleh karena itu  di tempat inilah berbagai macam jenis ikan bersarang. Jika kalian memiliki hobi snorkelling, sungguh kalian tak akan pernah menyesal untuk datang dan menikmati keindahan alam di Pulau Lanjukang.

Pulau Lanjukang dikelilingi oleh pasir putih yang lembut yang terbebas dari segala macam bentuk sampah plastik. Bibir pantainya pun dihiasi oleh pohon kelapa dan pohon pisang. Angin semilir dan suasana yang tenang menambah syahdu suasana di pulau ini. Jika kalian adalah tipe orang yang suka menjauh dari keramaian, berlibur ke Pulau Lanjukang adalah jawabannya.

Akses Menuju Pulau Lanjukang

Transportasi menuju Pulau Lanjukang memang terhitung masih sedikit dan jarang. Tapi bukan berarti kalian tidak bisa berlibur ke pulau cantik ini. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah datanglah ke kota Makassar. Setibanya di Bandara Sultan Hasanudin kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau taksi menuju Pelabuha Paotere, Makassar.

A photo posted by indroww (@indroww) on

Dari pelabuhan tersebut kalian bisa menyewa kapal kayu untuk menuju Pulau Lanjukang. Harga kapal kayu berkisar Rp1 juta – Rp 1,5 juta, satu kapal kayu bisa menampung 10 – 15 orang. Jadi sebaiknya jika terlalu mahal menyewanya sendiri, kalian bisa menyewanya bersama wisatawan lainnya ataupun rombongan kalian.

Fasilitas di Pulau Lanjukang

Pulau ini memang masih tergolong sangat sepi, oleh karena itu fasilitas umum seperti listrik pun terbatas. Di Pulau Lanjukang listrik hanya akan menyala dari jam 17.30-21.00 WITA. Air bersih yang tersedia pun hanya bersumber dari sebuah sumur payau di tengah pulau. Untuk bermalam kalian bisa membangun tenda ataupun menginap di rumah warga setempat. Jangan lupa untuk membawa pelembab anti nyamuk, agar kalian bisa tidur dengan nyenyak tanpa harus sibuk mengusir nyamuk sepanjang malam. Nah, bagaimana? tertarik untuk mengunjungi Pulau Lanjukang? Segera rencanakan liburanmu untuk mengunjungi pulau ini dan pesan tiket pesawatnya disini.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : MakassarPantaiPulau
Narisha Zulkarnain

The author Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Response