Pesona Amazon Indonesia, Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi - Reservasi Travel Blog

Pesona Amazon Indonesia, Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi

Travel Destinations52
Pesona Amazon Indonesia, Hutan Mangrove Bedul Banyuwangi

Travel Blog Reservasi – Banyuwangi tak hanya punya Kawah Ijen, tapi punya banyak opsi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Hutan Mangrove Bedul, Banyuwangi.

Hutan Mangrove Bedul diklaim mirip dengan hutan Amazon di Brasil. Tak hanya punya pepohonan rindang dan rumput yang hijau, namun hutan mangrove ini juga menghadirkan sensasi yang berbeda. Simak ulasannya di sini.

Sekilas tentang Hutan Mangrove Bedul

Wisata Mangrove Bedul menghadirkan konsep wisata alam laut dan hutan dengan luas hutan mangrove mencapai sekitar 1.350 hektar yang membentang sejauh 16 kilometer.

Hutan Mangrove Bedul ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, namun baru benar-benar dibuka untuk umum pada tahun 2009.

Meski sudah dibuka untuk umum, pihak Balai Taman Nasional Alas Purwo tetap membatasi zona tertentu yang bisa dikunjungi wisatawan dan yang murni untuk kelestarian ekosistem Bedul.

Konon, kabarnya asal-usul penamaan “Bedul” berawal dari banyaknya  ikan Bedul yang ada di sekitar daerah Segoro Anakan Bedul.

Berwisata di Hutan Mangrove Bedul

Untuk kamu yang ingin menyusuri keindahan hutan Mangrove Bedul, pihak pengelola biasanya akan menawarkan berbagai paket yang bisa dipilih sesuai selera.

Paket wisata tersebut pada umumnya menggunakan alat transportasi perahu yang bisa disebut perahu Gondang-Gandung.

Perahu Gondang-Gandung akan menyambut kamu di dermaga. Untuk sampai ke dermaga, dari pintu masuk Bedul kamu hanya perlu berjalan kaki 5 menit.

Tarif naik perahu Gondang-Gandung untuk menelusuri Segoro Anak dan Hutan Mangrove : Rp200.000 dengan kapasitas untuk 10-15 orang.

Tak hanya bisa menyusuri hutan dengan perahu, namun ada juga paket Bedul-Pantai Cungur atau paket pengamatan burung. Paket pengamatan burung : Rp260.000 untuk maksimal 10 orang.

Lalu ada paket Bedul hingga ke Sungai Kere, paket ini biasa disebut paket pengamatan mangrove. Paket ini menawarkan sensasi mengamati mangrove secara detail, mulai dari bunga, buah, akar tunjang hingga ke akar papan. Paket ini harganya : Rp200.000 untuk maksimal 10 orang.

Selanjutnya ada juga paket yang menyuguhkan pemandangan indah mangrove dari Bedul menuju Ngagelan. Saat tiba di Ngagelan, kamu akan diajak berjalan kaki sejauh 2 kilometer menuju tempat penetasan telur penyu hingga menikmati atraksi tukik di dalam bak pemeliharaan. Paket harganya Rp500.000 untuk maksimal 10 orang.

Dan inilah paket terlengkapnya

Paket lengkap satu hari penuh di Taman Nasional Alas Purwo. Paket ini menawarkan paket ekowisata satu hari penuh untuk menyusuri Bedul.

Dari sini kamu akan diajak ke Ngagelan tempat penetasan penyu, lalu ke Padang Sadengan, Pancur, Goa Istana, Plengkung, dan kembali ke Bedul. Tarifnya lumayan besar yaitu Rp2 Juta.

Baca juga;

Lokasi Mangrove Bedul

Lokasi Mangrove Bedul berada di selatan wilayah Banyuwangi tepatnya di Blok Bedul Taman Nasional Alas Purwo.

Rute menuju Hutan Mangrove Bedul

Naik kendaraan Pribadi

Rute menuju ke hutan mangrove ini dari pusat kota Banyuwangi ke arah selatan menuju Taman Nasional Alas Purwo.

Saat di perjalanan, kamu bisa melewati Jalan Raya Banyuwangi-Jember, lalu menuju pertigaan Srono, Jalan Srono, Jalan Raya Grajagan, dan tiba di gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo dari Blok Bedul.

Naik kendaraan umum

Jika kamu dari pusat kota Banyuwangi, kamu bisa naik bus menuju Srono lalu ke Muncar. Dari Muncar kamu bisa naik Angkudes menuju Tegaldimo, dari Tegaldimo kamu bisa naik ojek ke Desa Sumberasi dan menuju Bedul.

Kini Banyuwangi pun bisa diakses dengan menggunakan pesawat terbang ke Bandara Blimbing Sari. Booking tiket pesawatnya di Reservasi.com akan mendapatkan diskon lebih besar hingga Rp1 Juta.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *