9 Persiapan Wajib Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik - Reservasi Travel Blog

9 Persiapan Wajib Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Travel Tips36
9 Persiapan Wajib Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik shutterstock

Travel Blog Reservasi – Jauh atau dekat jarakmu dengan kampung halaman, saat mudik pasti harus rela meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Ironisnya momen bahagia nan fitri ini sering disalahgunakan oleh beberapa oknum tak terpuji untuk melakukan tindak kriminal.

Tapi selain itu, kelalaian pemilik rumah juga bisa berakibat fatal. Banyak kasus kebakaran saat ditinggal mudik yang diakibatkan oleh hubungan pendek arus listrik dan ledakan gas. Biar aman, yuk simak dulu 10 persiapan wajib versi Reservasi.com berikut sebelum meninggalkan rumah!

Baca 7 Tips Rumah Aman saat Ditinggal Lama Mudik Lebaran

Tinggalkan rumah dalam keadaan rapi dan bersih

Meski akan dibiarkan kosong beberapa hari, rumah harus dalam keadaan bersih dan rapi. Jangan sampai ada bahan makanan mudah busuk yang tertinggal agar tidak memicu kehadiran tikus dan serangga.

Rapikan juga rumput dan tanaman di halaman agar tidak menjadi tempat tinggal hewan seperti kodok dan ular.

Kunci semua pintu dan jendela dengan baik

Cek setiap jendela dan pintu di rumah, pastikan sudah terkunci dengan baik. Kunci juga lemari-lemari untuk meningkatkan keamanan. Setelah itu, satukan semua kunci dalam satu gantungan atau wadah untuk memudahkanmu mencari sepulang mudik nanti.

Simpan uang dan barang berharga di bank atau kerabat

Sebelum pergi mudik, perketat keamanan barang berharga di rumah. Pindahkan saja ke bank dengan menyewa brankas atau titipkan pada kerabat yang kamu percaya. Usahakan untuk tidak meninggalkannya di rumah agar mudik lebih tenang.

Matikan aliran listrik tak terpakai

Nah, urusan sepele ini yang sering dilalaikan pemudik. Jangan segan-segan mengecek seisi rumah beberapa kali sebelum berangkat. Pastikan aliran listrik yang tidak terpakai sudah tercabut untuk mengantisipasi terjadinya hubungan arus pendek selama rumah kosong.

Cabut aliran gas

Tidak kalah penting dari aliras listrik, cabut juga saluran gas pada kompor atau alat rumah tangga lainnya yang menggunakan bahan bakar gas. Gas yang terpasang berpotensi meledak pada tekanan dan kondisi tertentu.

Cabut semua peralatan elektronik

Hal yang satu ini juga tak kalah sepele tapi sering diabaikan. Hindari melakukan tindakan mencolok yang mengindikasikan rumah sedang dalam keadaan kosong. Jangan menyalakan lampu terus-menerus seharian, manfaatkan lampu yang memiliki sensor cahaya atau titipkan pada tetangga.

Tetap letakkan beberapa pasang sandal di depan pintu, dan tidak perlu memindahkan lokasi barang-barang di luar rumah. Seperti tempat sampah dan sapu halaman yang biasa tergeletak di dekat pagar biarkan tetap di posisinya. Perubahan yang mencolok menjadi peluang bagi pelaku kejahatan yang sudah mengintai sejak lama.

meninggalkan rumah
shutterstock

Titipkan rumah pada satpam atau tetangga

Jika di kawasan tempat tinggalmu ada petugas keamanan, titipkan rumah pada satpam untuk sekadar melakukan pengecekan dari luar.

Bisa juga menitipkan pada tetangga yang kebetulan penduduk asli. Tapi cara kedua ini agak sulit dilakukan di kota besar, kebanyakan warganya sama-sama pergi mudik ke kampung halaman.

Hindari meninggalkan kunci serep di luar rumah

Kebiasaan yang satu ini juga bisa berakibat fatal. Bagi kamu yang suka meninggalkan kunci di luar rumah seperti di bawah pot atau ditutupi keset, hindari cara ini untuk meminimalisir potensi tindak kriminal.

Tempat-tempat yang masih dianggap rahasia oleh sang pemilik rumah bisa jadi sudah menjadi incaran para pelaku kriminal.

Bijak dalam menggunakan sosial media

Terakhir namun tak kalah penting, bijaklah menggunakan sosial media selama kamu mudik. Jangan mencantumkan alamat atau mengunggah foto rumah tampak luar.

Hindari mengunggah informasi seberapa lama kamu akan mudik. Resikonya memang minim, tapi tetap berpotensi mengundang tindakan kriminal kan?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *