Berniat Solo Traveling? Siapkan Dulu 6 Hal Ini - Reservasi Travel Blog

Berniat Solo Traveling? Siapkan Dulu 6 Hal Ini

Travel Tips132
Berniat Solo Traveling? Siapkan Dulu 6 Hal Ini shutterstock

Travel Blog Reservasi – Berwisata sendirian atau solo traveling kini sedang banyak digemari. Seru dan menantang, serta lebih fleksibel dalam mengatur waktu. Nggak pandang usia, dari anak muda sampai manula sah-sah saja melakukan solo traveling sebagai pilihan liburan.

Baca Solo Traveling ke Ubud, Ini yang Wajib Dilakukan!

Namanya bepergian sendiri, tantangan yang akan dihadapi selama perjalanan tentu lebih berat. Di bawah ini, Reservasi.com merangkum 6 persiapan wajib yang harus kamu penuhi sebelum melakukan solo traveling. Yuk, simak!

Packing lebih ringkas

Karena pergi sendirian, kamu harus bisa meng-handle segala keperluan dan barang bawaan. Pastikan seluruh barang dikemas secara ringkas, agar nggak merepotkanmu selama liburan nanti. Usahakan bisa muat dalam 1 tas saja plus tas kecil untuk membawa dompet dan ponsel.

Bawa barang secukupnya, nggak perlu membawa banyak bekal makanan. Sendiri di perjalanan biasanya habis untuk menikmati pemandangan di sekitar, mengobrol dengan orang baru, atau malah tidur. Jadi bekal makanan nggak terlalu kamu butuhkan.

Buat itinerari sebelum berangkat

Selama liburan nanti kamu nggak punya teman diskusi untuk menentukan jadwal bepergian. Siapkan itinerari sebelum berangkat, cukup berisi gambaran tempat-tempat yang akan kamu tuju dan estimasi waktu.

Praktiknya nanti liburanmu memang lebih fleksibel, bisa tiba-tiba berganti rencana. Tapi dengan membuat itinerari bisa dijadikan antisipasi saat kamu bingung. Minimal sudah ada patokan daftar tujuan, keterangan waktu operasional tempat wisata, atau pilihan penginapan.

Cek kelengkapan identitas diri

Pastikan surat-surat identitas diri seperti KTP, SIM hingga paspor sudah masuk ke dalam tas. Beda dengan bepergian bersama orang lain, kamu harus bertanggung jawab atas diri sendiri selama liburan. Jaga-jaga apabila ada kondisi darurat, semua surat identitas sudah lengkap kamu bawa.

Pastikan tubuh dalam kondisi fit

Nggak kalah penting adalah mempertimbangkan kondisi tubuh. Pastikan badanmu selalu fit selama liburan. Memilih solo traveling artinya siap menghadapi segala resiko sendirian, termasuk saat tubuh mulai terasa kurang sehat.

Lebih peka membaca sinyal dari dalam tubuh, jangan paksakan beraktivitas jika sudah mulai lelah. Apalagi jika kamu memilih tujuan wisata ekstrem atau yang membutuhkan lebih banyak tenaga.

Siapkan dana cadangan

Jangan lupa selalu menyiapkan dana cadangan dalam bentuk tunai. Nggak bisa dipungkiri, saat liburan bersama rombongan kita lebih merasa aman. Bisa mengandalkan orang lain jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat, seperti kehabisan uang tunai saat jauh dari ATM.

Sebelum berangkat, buat hitung-hitungan kasar dana yang dibutuhkan selama liburan. Masukkan biaya penginapan, transportasi, tiket masuk tempat wisata hingga anggaran belanja oleh-oleh. Tambahkan dana cadangan minimal 25% dari anggaran total.

Tunjuk 1-2 orang untuk panggilan darurat

Meski tujuannya untuk bersenang-senang, kita tetap harus bersiap menghadapi kondisi buruk saat liburan. Nggak cukup kesehatan dan anggaran dana, siapkan juga 1-2 orang yang kamu tunjuk untuk menerima panggilan darurat.
Beberapa orang memilih me time dengan melakukan solo traveling. Menjauh dari rutinitas harian bahkan nggak memberitahukan pada siapapun jika dirinya akan pergi berlibur.

Bukan berpikiran negatif, tapi sebaiknya tetap mengabarkan pada 1-2 orang kerabat dekat sebelum berangkat. Berikan informasi singkat seperti kota besar terdekat dari tempat wisata yang akan kita tuju dan estimasi waktu liburan.

Berencana melakukan solo traveling dalam waktu dekat? Pastikan 6 poin di atas sudah kamu persiapkan dengan baik ya!

Baca 7 Hal yang Harus Diingat oleh Solo Traveler

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *