close

10 Ide Permainan Tradisional untuk Lomba 17 Agustusan yang Perlu Dilestarikan Kembali

lomba-17-agustusan-balap-karung-1
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Permainan tardisional untuk lomba 17 Agustusan biasanya lebih seru untuk dimainkan. Sekaligus sebagai salah satu cara untuk mengenalkan permainan tradisonal pada generasi milenial yang sudah terbiasa dengan pemaianan digital.

Berikut daftar permainan tradisional untuk lomba 17 Agustusan yang bisa dilestarikan kembali dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Baca Kostum yang Paling Sering Kamu Temui Pada Saat 17 Agustusan

1. Balap Karung

lomba 17 agustusan
shutterstock

Balap karung adalah lomba ketangkasan adu cepat namun menggunakan karung. Lomba bapak karung termasuk lomba wajib dalam perayaan dan perlombaan setiap 17 Agustusan dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia.

Lomba balap karung awalnya menggunakan karung goni karena karung goni lebih kuat dibandingkan karung beras. Namun, karena karung goni lebih sulit didapatkan dan sudah semakin langka, kini karung yang digunakan adalah karung beras.

Cara bermain balap karung sangat sederhana. Tentukan garis start dan garis finish dengan jarak sekitar 10 meter atau sepanjang lapangan voli atau lapangan bulutangkis. Peserta balap karung sudah harus masuk ke dalam karung sebelum aba-aba balap karung dimulai.

Setelah aba-aba diberikan, peserta boleh berlari atau lompat tapi masih tetap menggunakan karung hingga mencapai garis finish. Peserta paling cepat menyentuh garis finish adalah pemenangnya.

Permainan balap karung bisa dibagi dalam beberapa babak hingga babak final. Pemenang-pemenang dalam babak penyisihan kemudian diadu kembali dalam babak final.

2. Balap Lari Tempurung

Balap lari tempurung adalah adu cepat berlari tapi dengan menggunakan sandal dari tempurung buah kelapa. Tempurung kelapa dilubangi sehingga membentuk seperi sandal jepit dan diberikan tali yang tetap terhubung pada keduanya.

Balap lari tempurung merupakan salah satu permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan anak-anak generasi saat ini. Inilah saatnya melestarikan kembali permainan tradisional dan mengenalkannya kembali pada anak-anak bahwa ada pemainan tradisional yang lebih seru daripada bermain tablet atau gajet.

Cara bermain lari tempurung tidak jauh berbeda dengan cara balap karung. Perbedaanya hanya media yang digunakan saja. Tentukan jarak garis start dan finish dan peserta harus lebih dari satu orang atau jumlahnya genap.

Pemenang balap lari tempurung ditentukan dari peserta yang berhasil mencapai garis finish terlebih dahulu dengan menggunakan tempurung batok kelapa.

3. Balap Egrang

wikimedia.org

Balap Egrang adalah adu kecepatan dengan menggunakan egrang. Egrang adalah permainan tradisional dengan menggunakan bambu. Egrang membuat orang yang menaikinya lebih tinggi.

Permainan egrang termasuk permainan ketangkasan karena peserta dituntut menguasai keseimbangan tubuh saat menaiki egrang. Menariknya karena tidak semua peserta pasti menguasai egrang.

Cara bermain adalah dengan mementukan garis start dan garis finish kemudian adu cepat namun dengan menggunakan egrang. Peserta yang mampu melewati garis finish lebih cepat dengan menggunakan egrang menjadi pemenangnya.

Baca 5 Museum yang Wajib Dikunjungi Pada Saat Perayaan HUT RI 17 Agustus

4. Balap Bakiak

wikipedia.org

Balap bakiak adalah adu kecepatan dengan menggunakan sandal bakiak. Sandal bakian adalah sandal dari kayu berbentuk panjang yang hanya menggunakan karet bekas ban yang harus digunakan oleh dua atau tiga orang dan lebih.

Tingkat kesulitan balap bakiak karena menuntut peserta kelompok dapat berjalan bahkan berlari dengan beriringan secara kompak. Kerjasama dan kekompakan kelompok benar-benar dituntut dalam lomba balap bakiak.

Lomba balap bakiak tergolong unik dan berbeda dengan balap karung, balap tempurung maupun balap egrang. Pasalnya hanya balap bakiak yang harus dimainkan secara berkelompok.

Biasanya yang membuat balap bakiak menjadi lucu karena pasti ada kelompok yang tidak kompak saat berjalan. Kaki kanan dan kaki kiri harus bergerak bersamaan dan konstan hingga mencapai garis finish. Maka, balap bakiak punya tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan balap individual lainnya.

Balap bakiak sangat cocok untuk mempererat persahabatan dan kekeluargaan. Bapak bakiak juga punya makna filosofis yang sangat tinggi agar dalam kehidupan bisa bekerjasama dengan baik.

Karena unik dan menuntut kekompakan, balap bakiak hampir tak pernah absen dalam lomba 17 Agustusan. Terlebih balap bakiak sudah jadi trade mark dalam team building atau acara-acara outbond.

5. Kasti

Kasti adalah salah satu permainan yang legendaris meskipun bukan berasal dari Indonesia. Permainan kasti hampir mirip dengan permainan baseballnya Amerika.

Permainan kasti membutuhkan dua alat utama yaitu bola kasti dan tongkat pemukul atau stik kasti.

Perserta dibagi dua kelompok dengan minimal anggota lima orang. Setiap orang diberikan kesempatan memukul bola hingga seluruh anggotanya berhasil mengelilingi lapangan dengan pos-pos penjaga yang sudah ditentukan. Pos bisa menggunakan tiang atau tanda dengan menggunakan sandal jepit.

Sementara tugas penjaga adalah menangkap bola yang sudah dipukul dan melemparkan kepada salah satu pemain sehingga bisa bergantian memukul bola. Permainan kasti membutuhkan kekompakan dan stamina yang kuat karena benar-benar memeras keringat karena harus berlari sekaligus berusaha menghindari lemparan bola dari lawan.

6. Lenggang Rotan

shutterstock

Lenggang Rotan adalah permaian yang juga diadopsi dari permaianan hulahoop. Peserta lenggang rotan menggunakan hulahoop dari rotan dan berusaha untuk terus memutar hulahoop selama mungkin.

Rotan berbentuk lingkaran tersebut tidak boleh jatuh ataupun berhenti. Peserta harus terus menggoyang-goyang rotan di bagian pinggang dan perut. Biasanya tanda atau aba-aba permainan dengan menggunakan lagu dangdut.

Peserta yang mampu bertahan paling lama bermain lenggang rotan dinyatakan sebagai pemenang. Permainan ini biasanya lebih banyak dimainkan oleh perempuan meskipun tidak menutup kemungkinan dimainkan juga oleh laki-laki.

Baca Yuk, Keliling Indonesia untuk Menyaksikan Acara Keren di Bulan Agustus 2017 Berikut Ini

7. Congklak

lomba 17 agustusan
shutterstock

Congklak adalah permainan yang menggunakan sebuah papan kemudian diisi dengan kerang-kerang kecil di dalam masing-masing lubang atau mangkuknya. Congklak adalah permaianan anak perempuan yang hampir punah karena tidak ada lagi anak perempuan yang mengenal bahkan memaikan permainan congklak ini.

Papan congklak umumnya memiliki jumlah lubang genap dan biasanya papan congklak memiliki 16 buah lubang atau mangkuk. Sayangnya permainan congklak hanya dapat dimainkan oleh dua orang saja seperti permainan catur.

Selain menggunakan kerang-kerang kecil, bisanya dapat juga menggunakan biji-bijian dari tumbuhan dengan rupa, bentuk dan warna yang sama. Biji congklak yang dibutuhkan sekitar 29 butir kemudian dibagi rata ke 14 lubang kecil.

Masing-masing lubang kecil biasanya berisi 7 biji congklak. Pemain bergiliran menaruh satu biji secara rata searah jarum jam hingga biji tersebut melewati lubang paling besar. Lubang congklak milik pemain yang bisa disimpan adalah lubang paling besar di sebelah kanan.

Begitu seterusnya hingga semua biji congklak habis masuk ke dalam lubang paling besar. Pemenang ditentukan dengan cara menghitung siapa yang dapat biji congklak terbanyak.

8. Gasing

lomba 17 agustusan
shutterstock

Permainan gasing adalah permainan memutar bola gasing berbentuk lonjong dengan ujung mengerucut. Gasing tradisional terbuat dari kayu yang diukir dan menggunakan tali untuk memutarnya.

Pemenang permainan gasing ditentukan dari semakin lama gasingnya berputar maka gasing tersebut pemenangnya. Bisa juga dengan adu gasing di dalam sebuah arena. Gasing diputar agar bisa berbenturan. Gasing yang keluar dari arena dianggap kalah.

Permainan gasing kini sudah lebih modern dengan bentuk dan bahan yang lebih baik mulai dari bahan plastik hingga dari bahan logam. Bahkan gasing punya bentuk-bentuk lain seperti fidget spinner yang juga mirip seperti permainan gasing.

9. Tarik Tambang

wikimedia.org

Tarik tambang adalah salah satu permainan tradisional yang menjadi salah satu ciri khas lomba 17 Agustusan selain makan kerupuk dan balap karung.

Lomba tarik tambang adalah lomba berkelompok yang diikuti oleh dua kelompok yang berebda. Satu kelompok minimal ada tiga orang dan maksimal tidak terbatas sepanjang tali tambangnya cukup.

Cara bermain tarik tambang sangat mudah. Bagian tengah tali ditandai dengan menggunakan kain atau tali rapia. Kemudian kedua kelompok memegang tali di kedua ujung yang berbeda secara bersama-sama.

Saat aba-aba dimulai, kedua kelompok harus berusaha sekuat tenaga menarik tambang hingga lawan tertarik keluar dari areanya. Pemenang ditentukan dari kelompok yang paling kuat dan berhasil menumbangkan kelompok lawan dalam satu tarikan.

Tarik tambang sangat menarik jika kedua kelompok memiliki kekuatan yang imbang. Biasanya tarik tambang dibagi dalam tiga babak. Babak ketiga menjadi babak penentu kemenangan. Karena lomba tarik tambang adalah lomba berkelompok, biasanya hadiah yang disediakan lebih besar seperti halnya hadiah panjat pinang yang diikuti secara berkelompok.

Baca Wisata Sejarah 17 Agustusan Sambut Kemerdekaan Indonesia

10. Sepak Bola Sarung

Entah sejak kapan sepak bola sarung menjadi salah satu permainan tradisional unik khas dari Indonesia. Salah satu cirinya karena sepakbola ini menggunakan sarung sehingga membuat kesan lucu karena pergerakan pemain bola menjadi terbatas.

Bahkan saat ini malah sudah lebih inovatif lagi dengan sepak bola daster. Jadi, bapak-bapak yang bermain bola didandani seperti ibu-ibu rumah tangga lengkap dengan kosmetik dan daster yang biasa digunakan oleh istrinya.

Sepak bola sarung menjadi pamungkas dalam lomba 17 Agustusan. Pasalnya sepak bola sarung menjadi lomba yang paling ditunggu-tunggu karena pasti ada hiburan dan ulah kocak para pemainnya.

Cara bermain sepak bola sarung masih sama seperti sepakbola umumnya. Yang membedakan hanya seragam saja. Namun, biasanya sepak bola sarung diikuti oleh satu kelompok yang lebih kecil dengan jumlah pemain ganjil karena salah satunya harus menjadi penjaga gawang.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : 17 Agustus

Leave a Response