close

Penumpang Ancam Ledakan Bom, Pesawat Malaysia Airlines MH128 Putar Balik ke Australia

malaysia-airlines
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebuah pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH128 terpaksa harus kembali ke bandara di Australia dalam penerbangan menuju Malaysia setelah mendapati sebuah ancaman bom dari salah satu penumpangnya.

“Diduga tersangka merupakan warga negara Sri Langka yang sedang mabuk” tutur Datuk Seri Ab Aziz Kaprawi, Wakil menteri transportasi Malaysia dikutip dari TheStar, salah satu surat kabar di Malaysia, Kamis (1/6/2017).

Pesawat yang baru saja tinggal landas dari Melbourne selama 14 menit harus kembali ke Australia disebabkan gangguan penerbangan tersebut. Setelah mendarat, pesawat tersebut langsung dikepung oleh petugas kepolisian dengan persenjataan lengkap. Polisi kemudian meringkus tersangka yang sudah diamankan oleh kru pesawat dalam kondisi tangan terikat.

Baca Nekat, Seorang Penumpang Membuka Pintu dan Loncat dari Pesawat yang Hendak Tinggal Landas

“Malaysia Airlines menegaskan bahwa pesawat tersebut tidak dibajak,” seperti keterangannya kepada media.

Tersangka mengklaim bahwa dirinya membawa sebuah bom. Namun Kaprawi menampiknya “Itu bukan bom melainkan sebuah power bank,” alat elektronik yang digunakan untuk charging ponsel yang bisa dibawa kemana-mana.

Menurut kepolisian Australia bagian Victoria bahwa tersangka tidak sampai masuk ke dalam kokpit pesawat.

penumpang ancam ledakan bom
telegraph.co.uk

Sebuah media di Australia juga memberitakan bahwa pria itu diamankan dengan bantuan 11 penumpang pesawat lainnya, hingga kemudian akhirnya dapat ditaklukkan dan diringkus oleh polisi setibanya kembali ke bandara.

Baca Seorang Pria Ditahan Setelah Melakukan Gangguan Penerbangan dalam Pesawat American Airlines

Akibat insiden tersebut seluruh penumpang dikeluarkan dari pesawat dan diberikan kompensasi untuk menginap di salah satu hotel di Melbourne. Saat insiden terjadi penerbangan yang menuju maupun dari bandara Melbourne sempat dialihkan namun setelah itu kembali beroperasi seperti biasa.

Maskapai Penerbangan Nasional asal Malaysia ini sempat menjadi headline di beberapa media daring dan cetak setelah penerbangan MH370 hilang dan tidak ditemukan sampai saat ini. Selain peristiwa tersebut penerbangan MH17 pun mengalami peristiwa naas karena ditembak di daerah timur Ukraina.

Baca Pesawat, Tiket Murah, dan Bandara

Tags : australiabandaraPesawat

Leave a Response