Inilah Dua Paspor Paling Sakti di Dunia - Reservasi Travel Blog

Inilah Dua Paspor Paling Sakti di Dunia

Travel News723
Inilah Dua Paspor Paling Sakti di Dunia shutterstock

Travel Blog Reservasi – Beruntunglah bagi penduduk Singapura dan Jepang. Pasalnya kedua negara ini baru saja memastikan sebagai negara yang memiliki paspor paling sakti di dunia.

Alasannya cukup sederhana. Hanya dengan berbekal paspor saja, penduduk Singapura dan Jepang bisa masuk ke 180 negara di dunia tanpa harus mengurus visa. Udah kebayang kan senanangnya seperti apa kalau paspor Indonesia bisa sesakti itu.

Berita ini memang cukup mengejutkan karena posisi paspor Jerman yang selama ini bertengger menjadi yang paling sakti di dunia harus tergeser oleh Singapura, seperti diberitakan Hanley Passport Index, Rabu (28/2).

Singapura Salip Jerman

Sebetulnya selisih negara yang bisa dikunjungi oleh warga negara Jerman dan Singapura hanya terpaut selisih satu negara saja. Dengan menggunakan paspor Jerman, traveler bisa memasuki 179 negara tanpa harus pusing mengurus visa.

Posisi selanjutnya di urutan ke tiga diikuti oleh Prancis, Italia, Spanyol, Denmark, Finlandia, Swedia, dan Korea Selatan. Asyik banget ya menjadi penduduk warga negara yang paspornya paling sakti.

Drama pengurusan visa bagi warga negara Indonesia memang menjadi salah satu kendala untuk keliling dunia. Tapi, justru disitulah seninya.

Sebagai contoh, untuk pengurusan visa ke Korea Selatan saja harus ada beberapa prasyarat yang wajib dipenuhi mulai dari bukti tiket pesawat, bukti booking hotel, tabungan, surat keterangan kerja hingga NPWP. Bahkan untuk pengurusan visa ke Eropa harus disertai dengan itinerary meskipun hanya dituliskan secara global saja sih, tapi lumayan merepotkan ya?

Beda ketika kamu ingin ke Malaysia atau Singapura. Tinggal datang saja dan menunjukkan bukti tiket pulang. Urusan destinasi wisata dan hotel tinggal go show saja mengikuti ke mana kali melangkah. Ada juga lo orang orang seperti itu. Mungkin kamu termasuk salah satu diantaranya.

Drama Mengurus Visa

Bagi beberapa orang, persyaratan tersebut terkadang menjadi ganjalan. Misalnya saja bagi para pekerja lepas atau freelancer yang bekerja secara independen. Mereka yang bekerja secara mandiri akan kesulitan untuk mendapatkan surat keterangan kerja. Itulah sebabnya menjadikan beberapa orang urung untuk berangkat ke luar negeri karena pengurusan visa yang tak mudah.

Jika membandingkan kekuatan paspor Indonesia dengan Singapura jelas tidak sebanding. Indonesia saat ini berada dalam peringkat ke 64 dengan cakupan 63 negara bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia.

Beberapa alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu negara lemah urusan paspor karena ada beberapa sebab. Menurut beberapa pakar tata negara Indonesia bisa saja tidak dianggap sebagai negara yang potensial untuk mendatangkan wisatawan, selain itu pertimbangan dokumentasi paspor yang kerap kali disalahgunakan.

Apalagi Indonesia termasuk salah satu negara yang rawan dengan berita tentang terorisme. Itulah sebabnya beberapa negara di dunia masih banyak pertimbangan untuk memberikan bebes visa bagi Indonesia berbeda dengan Singapura yang memiliki aturan ketat dan relatif bersih dari berita terorisme di mata dunia.

Cara Pembuatan Paspor Baru 2018 Melalui Whatsapp

Benar, sangat berbeda dengan Singapura yabg terkenal punya banyak aturan ketat. Bahkan bagi warga negara Indonesia saja kerap deg degan melewati Imigrasi Singapura karena bisa jadi terkena random checking. Meskipun sebetulnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika tujuan kamu ke Singapura jelas untuk liburan dan bukan mencari pekerjaan.

Alasan itulah yang menjadi salah satu celah yang kerap dimanfaatkan oknum. Mengurus visa untuk liburan tetapi justru pada praktiknya malah menjadi penduduk ilegal atau imigran gelap demi mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *