close

Benarkah Paspor 24 Halaman Tidak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri?

paspor-24-halaman
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Perdebatan Paspor 24 Halaman masih terjadi di linimasa sosial media. Ada yang menyebut bahwa paspor 24 halaman hanya digunakan oleh para calon TKI. Benarkan demikian?

Jika dibandingkan dari harga, paspor 24 halaman jelas lebih murah dibandingkan dengan paspor 48 halaman. Harga pembuatan paspor biasa 24 halaman menurut situs jakartaselatan.imigrasi.go.id (17/2/2017) dikenakan tarif sejumlah Rp100.000 per-buku.

Sementara harga paspor 48 halaman dikenakan tarif Rp300.000 per-buku. Jelas paspor 24 halaman lebih murah Rp200.000 dibandingkan dengan paspor 48 halaman, Lalu apa yang membedakan?

Baca juga

Menurut Kementerian Hukum dan HAM RI Dikertorat Jendral Imigrasi, sebetulnya fungsi dan derajat paspor 24 halaman dan 48 halaman sama saja, yang membedakan hanya jumlah halamannya saja.

Namun memang ada beberapa negara di Timur Tengah yang hanya menerima paspor 48 halaman karena biasanya paspor 24 halaman dianggap sebagai paspor yang umumnya digunakan para TKI ke luar negeri.

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi nomor: IMI.1040.GR.01.01 tahun 2010 tentang perubahan Kelima atas petunjuk Pelaksanaan Direktur Jenderal Imigrasi nomor : F-459.I2.03.02 tahun 1997 tentang Surat Perjalanan Republik Indonesia. Pertimbangan memilih paspor 24 halaman juga berdasarkan frekuensi dan tujuan berlibur.

Singkatnya, paspor 24 halaman juga sah digunakan untuk tujuan berlibur.

Beberapa Negara Tidak Menerima Paspor 24 Halaman

Namun jika mengikuti cuitan akun Imigrasi Jakpus (@kanim_jakpus) bahwa pada tahun 2016 pernah ada kejadian penolakan pengajuan visa bagi pemilik paspor 24 halaman.

Pertanyaan itu bermula saat pengguna twitter bernama @andayarie menanyakan apakah paspor 24 halaman bisa untuk pengajuan visa umroh.

Jawaban Imigrasi Jakpus lebih menyarankan untuk menggunakan paspor 48 halaman dibandingkan dengan paspor 24 halaman. Hal tersebut bukan tanpa sebab karena ada beberapa negara tidak mau menerima paspor 24 halaman.

paspor 24 halaman
Kantor Imigrasi Bali

Masa Berlaku Paspor 24 Halaman

Perlu diketahui pula bahwa paspor 24 halaman (mulanya) hanya berlaku selama 3 tahun sedangkan paspor 48 halaman berlaku hingga 5 tahun.

Berikut informasi kutipan Penegasan Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI.1040.GR.01.01 Tahun 2010 tentang Perubahan Kelima atas Petunjuk Pelaksanaan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor F-458.IZ.02.03 Tahun 1997 tentang Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) yang intinya memberi penegasan terhadap enam hal, yaitu:

  1. Paspor biasa yang berisi 24 halaman mempunyai fungsi dan derajat yang sama dengan paspor biasa yang berisi 48 halaman, perbedaan terletak pada fisik jumlah halaman dan tarif PNBP;
  2. Paspor biasa yang berisi 48 halaman dapat diberikan kepada tenaga kerja Indonesia (TKI);
  3. Masa berlaku paspor biasa yang berisi 24 halaman yang semula 3 tahun menjadi 5 tahun (sama dengan Paspor 48 halaman);
  4. Masa berlaku Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berisi 16 halaman yang semula berlaku 3 tahun menjadi 1 tahun;
  5. Akan diterbitkan SPLP berbentuk lembaran dan dapat diberikan secara kolektif dengan masa berlaku paling lama 1 tahun dan hanya dipergunakan untuk perjalanan kembali ke wilayah Republik Indonesia;
  6. Pembebasan biaya bagi TKI yang pertama kali bekerja di luar negeri diberikan paspor biasa berisi 24 halaman, jika menghendaki Paspor biasa yang berisi 48 halaman, maka dikenakan pembayaran biaya sesuai tarif PNBP yang berlaku bagi paspor 48 halaman.
  7. Surat beserta Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi No. IMI.1040.GR.01.01 Tahun 2010 yang menegaskan bahwa Paspor 24 dan 48 halaman memiliki derajat yang sama sebagaimana tersebut di atas, menjadi dasar yang valid hingga saat ini;
  8. Surat beserta Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi tersebut di atas sudah disosialisasikan ke kantor-kantor Imigrasi seluruh Indonesia serta atase-atase imigrasi pada Perwakilan Luar Negeri, sehingga aturan ini seharusnya sudah diketahui dan dipahami oleh Pejabat dan Petugas Imigrasi di manapun berada;
  9. Dikarenakan aturan-aturan sebelumnya, memang masih ada stigma di masyarakat bahwa Paspor 24 halaman adalah untuk Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri.
  10. Stereotyping bahwa pemegang Paspor RI 24 halaman adalah TKI/Calon TKI ternyata juga berlaku pada Kedutaan-kedutaan Besar Negara lain, sehingga muncul kasus-kasus di mana WNI pemegang Paspor 24 halaman diperlakukan berbeda bahkan ditolak permohonan visa luar negeri oleh Pihak Kedutaan beberapa Negara (Negara Malaysia, Amerika Serikat, Australia serta Negara-negara Eropa) karena dianggap sebagai TKI/Calon TKI;
  11. Guna mengantisipasi hal tersebut, Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengirimkan surat ke Kementerian Luar negeri, up. Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler cq. Direktur Konsuler agar dapat menyampaikan sosialisasi kepada Kedutaan-kedutaan Besar Negara-negara tersebut terkait samanya standar fitur-fitur pengamanan (security features) serta derajat Paspor RI 24 halaman dengan 48 halaman – namun hal tersebut nampaknya masih belum tersosialisasi dengan baik, mengingat hingga saat ini masih ada perwakilan negara lain yang menolak permohona visa bagi WNI pemegang Paspor 24 halaman;
  12. Kecenderungan tersebut kadang menjadi kendala ketika petugas Imigrasi menerima permohonan Paspor 24 halaman, petugas kerap memberikan informasi/peringatan bahwa ada kemungkinan munculnya masalah ketika digunakankarena masih adanya stereotyping tersebut – hal ini acapkali disalahartikan sebagai upaya mempersulit permohonan paspor 24, padahal maksud dan tujuan petugas adalah demi kepentingan pemohon, karena dengan paspor 48 halaman, permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul dapat dihindarkan;
  13. Guna kembali menegaskan hal tersebut Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia akan mengirimkan surat edaran kepada Kantor-kantor Wilayah serta Kantor-kantor Imigrasi. Surat yang sama juga akan kami kirimkan kembali ke Pihak Kementerian Luar Negeri agar dapat disosialisasikan kepada Perwakilan-perwakilan Negara lain;
  14. Hal ini juga akan kami publish pada website Direktorat Jenderal Imigrasi – Kementerian Hukum dan HAM serta kami sebarluarkan melalui jaringan ‘portal’ yang terhubung ke seluruh kantor-kantor serta tempat-tempat pemeriksaan imigrasi. (sumber)

Jadi, penggunaan paspor 24 halaman dan paspor 48 halaman di mata hukum tetaplah sama dan tidak ada perbedaan. Namun untuk beberapa kasus tertentu yang menjadi syarat adalah negara tujuan. Ini yang perting untuk diperhatikan.

Beberapa negara misalnya seperti negara di Eropa mensyaratkan menggunakan paspor 48 halaman, bukan paspor 24 halaman. Sebaliknya ada juga negara yang mensyaratkan TKI menggunakan paspor 48 halaman, bukan paspor 24 halaman. Jadi, masing-masing disesuaikan lagi dengan negara tujuan yang hendak dikunjungi.

Biaya Paspor Update 2017

  • Paspor Biasa
    • Paspor 48 Halaman Rp300.000
    • Paspor 28 Halaman Rp100.000
  • Paspor Biasa Elektronis
    • e-Passport 48 Halaman Rp600.000
    • e-Passport 24 Halaman Rp350.000
Tags : e pasporPasporVisa

58 Comments

  1. Saya mau nanya . Kan saya baru rencana buat passport . Tp sya maunya yg 24 halaman aja . Apakah itu bisa di pakai liburan ke thailand atau jepang ? Soalnya kalau ngambil yg 48 halaman kan sayang jg . Jarang kluar negri jg

  2. Maaf saya mau tanya
    Paspor saya 24 halaman , saya dh pernah kerja di malays 2 tahun lalu, tapi saya dh habis kontrak sekarang di indonesia..
    Paspor saya msh berlaku hingga 2 tahun lagi.
    Saya mau pergi melancong saja ke malaysia apa boleh guna paspor itu atau tukar ,

  3. Mau tanya min.
    Pasport saya masih berlaku sampai 2 sept 2018, sebelumnya saya pernah bekerja di malaysia dan baru habis kontrak 21 oct 2017.
    Apabila saya ingin melancong/traveling ke malaysia pada bulan februari / maret, apa masih bisa menggunakan pasport tersebut? Apa lebih baik diperpanjang terlebih dahulu?
    Karena saya cari inform d internet 6 bulan sebulan habis masih bisa digunakan. Apa benar?
    Terimakasih, mohon informnya.

  4. Mau tanya nih.. kalau paspor beda TTD dengan KTP gimana ya? Apa bisa dibawa keluar negri? Soalnya dulu buat paspor pas masih sekolah.. buat KTP pas udah tamat sekolah 😂.. mohon bantuannya.. kalaupun gak bisa , ntr cara ngurusnya gmna ya?

    1. Gak jadi masalah semestinya.. yang paling penting di paspor ya halaman identitas yang ada di paling depan itu.

  5. Saya ctki..paspor saya 48 lembar..masih 1,5 thn lgi…saya ingin merubah paspor saya menjadi E paspor ….bisakah e paspor digunakan tki.

  6. maaf admin, saya mau tanya. saya skrg memakai paspor 24 halaman, paspor msh berlaku sampai 2021. rencana mau travelling ke korea. apakah bisa membuat visa menggunakan paspor 24hlmn? makasih udah jawab min.

    1. Di website kedubes Korsel sendiri sih tidak ada kalimat yg menyebutkan bahwa harus pakai paspor 48 halaman. Cuma kalau ingin lebih yakin & pasti, coba saja telepon dulu ke kantor Kedubes ya.. berikut ini nomor teleponnya -> 2967-2555

    1. SIngkatnya kalau kamu lari, terus mau kemalaysia, yah ntar pasti dicari sama bossmu. Lalu diselesein secara hukum. Bisa” kamu masuk penjara. Wong kok kerja kontrak pake lari? Makanya sebelum kerja tuh baca dulu kontraknya baru tanda tangan-

  7. menurut saya si lihat kebutuhannya juga, kalau jarang ke luar negeri buat apa 48 halaman.
    kalau mau dekat2 saja & jarang ke luar negeri mending 24 halaman saja. kemarin ke MY dan SG lancar2 saja pakai 24 halaman, nyebrang lewat woodlands.
    selain itu kan juga sdh banyak update kalau 24 hal pun tdk masalah masuk eropa.

    info saja bln sept 2017 ada temen yang umroh pakai 24 hal bisa & lancar.

  8. Mau tanya Min..
    Saya mantan TKI di Malaysia
    Juli 2015 saya slesai kontrak
    Paspor Saya masih berlaku sampai juli 2018, minggu depan rencana mau travling ke Bangladesh, dan lanjut ke Malaysia..
    Pertanyaan Saya bermasalah atau tidak pakai paspor Saya yg masih berlaku ini…?

  9. Maaf saya mau tanya seblumnya pasport saya pekerja di malaysia 24halaman berlaku sampai tahun 2021 tapi skrg saya sudah tamat kontrak bekerja dan sudah di indonesia dan saya berencana utk ke malaysia lagi utk jalan-jalan saja,yg jd masalahnya nama pasport saya sebelumnya dgan nama di Ijasah saya tidak sama,karena dulu mengurus pasport melalui calo.Apakah saya perlu mengurus pasport baru lagi sesuai KK,KTP dan ijasah saya yang benar?dan bagaimana dengan pasport saya yg masih berlaku ini?
    Terimakasih.

    1. Klo namanya sudah beda dengan KTP udah pasti masalah mbak. Sebaiknya dikonsultasikan dengan imigrasi. Semoga membantu ya mbak.

  10. maaf sya mau bertnyak kalau untuk kemalaysia hnya buat wisata parpos ya yg mna ya yg 24 atau 48 karna sya bru pertma sekalik buat paspor jdi kurang mngerti terima kasih

    1. bisa menggunakan kedua paspor tersebut, kedudukannya sama saja kok di mata hukum

  11. hai pak/bu saya mau tnya , sya kn hujung thun ini habis konterk kerja di mlysia , passor sy mati 2020 , tpi selepas sy blik dari mlysia ke indonesia , 1minggu macam itu , saya mau melancong dekat mlysia balik, apakah pssor itu boleh guna , atau kena buat baru lgi ? mohon infon

  12. Hay pak /bu apa bisa menggunakan paspor jika di pasport ada visanya ? Dan dlu paspor sy utk keperluan TKI tp krn terlalu lama menunggu sya membatalkannya dan paspor sama sekali blm pernah di pakai .
    Apa bsa di gunakan ?

  13. Hai min mau tanya nih. Jadi gini kan ada temen ku yang bikin paspor 24 halaman dan dia oke” aja udah travelling kemana mana autralia, korea juga ga ada masalah sama pengurusan visa di kantor kedutaan. Nah rencananya aku mau buat paspor 24 juga, ya pertama kan harga lebih murah, masa berlaku jg sama 5 thn, kan sayang kalo ngurus yg 48 toh dlm 5 thn juga ga mungkin aku ke luar negeri lebih 24x hehehe. Tp petugas imigrasinya malah ga recomended 24 katanya nanti dipersulit kalau mau ke negara2 tertentu dan kyknya itu petugas kurang mengiasai peraturan deh contohnya: Dia bilang paspor 24 khusus TKI, trus aku bilang sekarang sudah ada penyetaraan kesebutin undang2nya jg malah eh dia bilang nanti ga bisa ke negera2 tertentu dgn alesan bla bla bla, kan beda lagi alesannya. Gimana ya min? Masak aku harus urus di kanim luar kota sih?
    Trus kalau paspor 24 bisa ga buat umroh?
    Trimakasih sebelumnya.

    1. Bisa, laporkan saja ke lapor.go.id jika petugasnya menolak. Tunjukkan juga undang-undangnya dengan lengkap. Fungsi paspor 24 sama dengan yang 48 halaman dimata hukum jadi bisa digunakan ke manapun.

  14. Permisi mau tanya .
    Kalau mau mengubah paspor tki menjadi paspor umum bagaimana ?
    Sy memiliki pasport tki dan sama sekali blm di pergunakan.
    Setahun yg lalu sy mau nyoba berangkat jadi tki dari Pt tp krn proses yg lama sy membatalkannya kemudian pihak Pt mengembalikan paspor sy ,apa msh bsa di gunakan ? Dan jika di gunakan utk berlibur ke malaysia apa bisa ?

    1. Paspor TKI maskudnya paspor 24 halaman? Sebetulnya paspor 24 halaman kedudukannya sama saja. Jadi bisa digunakan untuk wisata selama paspornya masih berlaku.

    2. Permisi .. posisi saya sekarang di Malaysia mw balik cuti ke Indonesia masa aktif pasport saya 6 bln + gitu kira kira bermasalah gak nanti di imigresen it?

    3. Tapi di pasport sy ada visanya pak/buk .
      Apa tidak masalah krn ada visanya ?
      Krn yg sy baca kalau ada visanya utk keperluan belajar atau bekerja .
      Mohon infonya

  15. Hai mohon infonya

    Dulu saya seorang TKW di Taiwan
    Lalu sy skrg sudah berada di Indo , sudah sekitar 4tahun lalu sy di Taiwan.
    Paspor saya 24 halaman , dan itu dulu di buatkan oleh Agency TKI di indo.
    Umur saya dulu saat menjadi TKW belum cukup umur lalu di tuakan.
    Nah sedikit khawatir , jika memakai paspor saya yg ini untuk berlibur apakah akan ada kendala di Negara orang sana nanti?
    Saya mau urus untuk paspor 48 halaman, cuman yg saya dengar dari yg sudah pernah berpengalaman mengurus Paspor 48hal apalagi dengan history Paspor Nya dulu di tuakan Tahun Lahirnya Katanya susah.

    Oh ya saya sih berencana Liburan ke Singapore bulan depan , apakah bisa pakai paspor 24halaman. Ada rasa takut nanti di Imigrasi sana ada masalah
    Mohon info nya kak. Thanks

    1. Bisa mbak Aya, selama paspornya masih berlaku, paspor 24 halaman punya kedudukan setara dengan paspor 48.

  16. Maaf mhon info nya,,
    Klau misalkan kita jadi tki dan msih dlm masa kerja tpi dapat cuti, trus mau traveling ke negara lain misal taiwan apakah bisa,,,
    Dan dokumen apa saja yg di perlukan

  17. mohon bantuan informasi’y :
    1. Apakah anak umur 4 tahun yang akan membuat pasport, ayah & ibu diharuskan mempunyai pasport? Bolehkah jika salah satu yg punya pasport?

    2. Apakah paspor 24 halaman bisa di pakai umroh?

    Terima kasih

    1. Betul, salah satunya harus punya paspor karena anak2 wajib didampingi. Paspor 24 halaman fungsi dan kedudukannya secara hukum setara dengan paspor 48 halaman. Jadi, bisa digunakan untuk umroh maupun traveling ke luar negeri.

  18. Kemarin saya bikin paspor..karna mau liburan ke Hongkong saya bikin paspor 24hal.dan Alhamdulillah ga dipersulit semoga besok sampe sananya ga ada masalah.

  19. saya mau buat yg 24 halaman hari ini tapi ditolak, petugasnya bilang khusus tki, saya jawab kan mubazir jarang pergi ke luar juga toh ga ada tuh keterangan yg membedakan 24 dan 48 halaman, setelah berdebat dianya ngancam mau blokir saya, tau gitu kan gak perlu input sidik jari dan poto segala -_-
    besok mesti ambil surat penolakan disitu lagi dan dia bilang mesti coba buat ditempat lain, dalam hati saya wah ga bener ini si kampret, pasrah dah cuma rakyat kecil saya :/

  20. Kalo perpanjang paspor dr yg 24 ke 48 halaman bisa?
    Terus kan saya dl TKI niatnya mau liburan ke luar negri apa paspor pekerja saya yg dl kalo sy perpanjang dirubah ke paspor biasa(umum) bisa?
    Tolong kasih infonya ya
    Makasih

    1. Hi Vauziah. Kamu bisa memperpanjang paspor kamu dari 24 ke 48 halaman. Untuk traveling kamu bisa menggunakan paspor biasa.

  21. Suami saya dari Amerika ke Indonesia pakai paspor yang 24 halaman atau surat perjalanan laksana paspor. Apakah dia bisa balik dengan paspor tersebut? Saya lihat online paspor 24 halaman cuma bisa 1 kali perjalanan. Sekarang ticket pulang nya sudah mepet. Coba bikin paspor disini dipersulit. Tolong kasih info nya. Terima kasih

    1. Bisa, paspor 24 sama saja fungsinnya dengan paspor 48 hlm. Klo dipersulit silakan laporkan via situs lapor.go.id

  22. Paspor 24 halaman berlaku 5 tahun!

    Dan peraturan itu sejak 2010, sudah ada di foto yang Anda sertakan juga kok. Tapi kenapa masih ditulis berlaku 3 tahun?

  23. Saya ingin bertanya..makasih jawabanya..
    Saya kerja di taiwan…tapi saya ingin pergi keluar negara lain selama bekerja dalam artian cuti apa yang saya butuhkan and apakah mungkin.makasih

  24. Kata siapa paspor 24 halaman gak bisa dipakai di eropa mas?
    Yang penting itu paspor valid dan tidak kurang dr 6 bulan. Tujuan kedatangan di negara lain jelas.

    1. mba yohana sudah ada pengalaman dengan paspor 24 halaman ke eropa atw amerika???adakah masalah mba?

    2. maaf ikutan nimbrung.. 2 tahun lalu ayah saya perpanjang passport 24 halaman untuk traveling ke Eropa dan visa nya tidak ada masalah. Kami urus visa Schengen di Kedubes Perancis.

  25. Saya TKI tapi sy enggan perpanjang pasport d negri sendiri..karena tranportasinya sangat jauh. Jadi setiap perpanjang pasport saya lakukan di luar negri sy pikir lebih mudah.Saya enggan pulkam karena bln dpan pasport sy hbs masa waktunya dan sy tidak ingin di perpanjang di indon karena pasti terserempet calo karena begitu jauhnya .cara pake transportasi umum di negri sendiripun jujur saya bingung.

Leave a Response