close

Benarkah Paspor 24 Halaman Tidak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri?

paspor-24-halaman
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Perdebatan Paspor 24 Halaman masih terjadi di linimasa sosial media. Ada yang menyebut bahwa paspor 24 halaman hanya digunakan oleh para calon TKI. Benarkan demikian?

Jika dibandingkan dari harga, paspor 24 halaman jelas lebih murah dibandingkan dengan paspor 48 halaman. Harga pembuatan paspor biasa 24 halaman menurut situs jakartaselatan.imigrasi.go.id (17/2/2017) dikenakan tarif sejumlah Rp100.000 per-buku.

Sementara harga paspor 48 halaman dikenakan tarif Rp300.000 per-buku. Jelas paspor 24 halaman lebih murah Rp200.000 dibandingkan dengan paspor 48 halaman, Lalu apa yang membedakan?

Baca juga

Menurut Kementerian Hukum dan HAM RI Dikertorat Jendral Imigrasi, sebetulnya fungsi dan derajat paspor 24 halaman dan 48 halaman sama saja, yang membedakan hanya jumlah halamannya saja.

Namun memang ada beberapa negara di Timur Tengah yang hanya menerima paspor 48 halaman karena biasanya paspor 24 halaman dianggap sebagai paspor yang umumnya digunakan para TKI ke luar negeri.

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi nomor: IMI.1040.GR.01.01 tahun 2010 tentang perubahan Kelima atas petunjuk Pelaksanaan Direktur Jenderal Imigrasi nomor : F-459.I2.03.02 tahun 1997 tentang Surat Perjalanan Republik Indonesia. Pertimbangan memilih paspor 24 halaman juga berdasarkan frekuensi dan tujuan berlibur.

Singkatnya, paspor 24 halaman juga sah digunakan untuk tujuan berlibur.

Beberapa Negara Tidak Menerima Paspor 24 Halaman

Namun jika mengikuti cuitan akun Imigrasi Jakpus (@kanim_jakpus) bahwa pada tahun 2016 pernah ada kejadian penolakan pengajuan visa bagi pemilik paspor 24 halaman.

Pertanyaan itu bermula saat pengguna twitter bernama @andayarie menanyakan apakah paspor 24 halaman bisa untuk pengajuan visa umroh.

Jawaban Imigrasi Jakpus lebih menyarankan untuk menggunakan paspor 48 halaman dibandingkan dengan paspor 24 halaman. Hal tersebut bukan tanpa sebab karena ada beberapa negara tidak mau menerima paspor 24 halaman.

paspor 24 halaman
Kantor Imigrasi Bali

Masa Berlaku Paspor 24 Halaman

Perlu diketahui pula bahwa paspor 24 halaman (mulanya) hanya berlaku selama 3 tahun sedangkan paspor 48 halaman berlaku hingga 5 tahun.

Berikut informasi kutipan Penegasan Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor: IMI.1040.GR.01.01 Tahun 2010 tentang Perubahan Kelima atas Petunjuk Pelaksanaan Direktur Jenderal Imigrasi Nomor F-458.IZ.02.03 Tahun 1997 tentang Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) yang intinya memberi penegasan terhadap enam hal, yaitu:

  1. Paspor biasa yang berisi 24 halaman mempunyai fungsi dan derajat yang sama dengan paspor biasa yang berisi 48 halaman, perbedaan terletak pada fisik jumlah halaman dan tarif PNBP;
  2. Paspor biasa yang berisi 48 halaman dapat diberikan kepada tenaga kerja Indonesia (TKI);
  3. Masa berlaku paspor biasa yang berisi 24 halaman yang semula 3 tahun menjadi 5 tahun (sama dengan Paspor 48 halaman);
  4. Masa berlaku Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berisi 16 halaman yang semula berlaku 3 tahun menjadi 1 tahun;
  5. Akan diterbitkan SPLP berbentuk lembaran dan dapat diberikan secara kolektif dengan masa berlaku paling lama 1 tahun dan hanya dipergunakan untuk perjalanan kembali ke wilayah Republik Indonesia;
  6. Pembebasan biaya bagi TKI yang pertama kali bekerja di luar negeri diberikan paspor biasa berisi 24 halaman, jika menghendaki Paspor biasa yang berisi 48 halaman, maka dikenakan pembayaran biaya sesuai tarif PNBP yang berlaku bagi paspor 48 halaman.
  7. Surat beserta Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi No. IMI.1040.GR.01.01 Tahun 2010 yang menegaskan bahwa Paspor 24 dan 48 halaman memiliki derajat yang sama sebagaimana tersebut di atas, menjadi dasar yang valid hingga saat ini;
  8. Surat beserta Peraturan Direktur Jenderal Imigrasi tersebut di atas sudah disosialisasikan ke kantor-kantor Imigrasi seluruh Indonesia serta atase-atase imigrasi pada Perwakilan Luar Negeri, sehingga aturan ini seharusnya sudah diketahui dan dipahami oleh Pejabat dan Petugas Imigrasi di manapun berada;
  9. Dikarenakan aturan-aturan sebelumnya, memang masih ada stigma di masyarakat bahwa Paspor 24 halaman adalah untuk Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri.
  10. Stereotyping bahwa pemegang Paspor RI 24 halaman adalah TKI/Calon TKI ternyata juga berlaku pada Kedutaan-kedutaan Besar Negara lain, sehingga muncul kasus-kasus di mana WNI pemegang Paspor 24 halaman diperlakukan berbeda bahkan ditolak permohonan visa luar negeri oleh Pihak Kedutaan beberapa Negara (Negara Malaysia, Amerika Serikat, Australia serta Negara-negara Eropa) karena dianggap sebagai TKI/Calon TKI;
  11. Guna mengantisipasi hal tersebut, Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengirimkan surat ke Kementerian Luar negeri, up. Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler cq. Direktur Konsuler agar dapat menyampaikan sosialisasi kepada Kedutaan-kedutaan Besar Negara-negara tersebut terkait samanya standar fitur-fitur pengamanan (security features) serta derajat Paspor RI 24 halaman dengan 48 halaman – namun hal tersebut nampaknya masih belum tersosialisasi dengan baik, mengingat hingga saat ini masih ada perwakilan negara lain yang menolak permohona visa bagi WNI pemegang Paspor 24 halaman;
  12. Kecenderungan tersebut kadang menjadi kendala ketika petugas Imigrasi menerima permohonan Paspor 24 halaman, petugas kerap memberikan informasi/peringatan bahwa ada kemungkinan munculnya masalah ketika digunakankarena masih adanya stereotyping tersebut – hal ini acapkali disalahartikan sebagai upaya mempersulit permohonan paspor 24, padahal maksud dan tujuan petugas adalah demi kepentingan pemohon, karena dengan paspor 48 halaman, permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul dapat dihindarkan;
  13. Guna kembali menegaskan hal tersebut Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia akan mengirimkan surat edaran kepada Kantor-kantor Wilayah serta Kantor-kantor Imigrasi. Surat yang sama juga akan kami kirimkan kembali ke Pihak Kementerian Luar Negeri agar dapat disosialisasikan kepada Perwakilan-perwakilan Negara lain;
  14. Hal ini juga akan kami publish pada website Direktorat Jenderal Imigrasi – Kementerian Hukum dan HAM serta kami sebarluarkan melalui jaringan ‘portal’ yang terhubung ke seluruh kantor-kantor serta tempat-tempat pemeriksaan imigrasi. (sumber)

Jadi, penggunaan paspor 24 halaman dan paspor 48 halaman di mata hukum tetaplah sama dan tidak ada perbedaan. Namun untuk beberapa kasus tertentu yang menjadi syarat adalah negara tujuan. Ini yang perting untuk diperhatikan.

Beberapa negara misalnya seperti negara di Eropa mensyaratkan menggunakan paspor 48 halaman, bukan paspor 24 halaman. Sebaliknya ada juga negara yang mensyaratkan TKI menggunakan paspor 48 halaman, bukan paspor 24 halaman. Jadi, masing-masing disesuaikan lagi dengan negara tujuan yang hendak dikunjungi.

Biaya Paspor Update 2017

  • Paspor Biasa
    • Paspor 48 Halaman Rp300.000
    • Paspor 28 Halaman Rp100.000
  • Paspor Biasa Elektronis
    • e-Passport 48 Halaman Rp600.000
    • e-Passport 24 Halaman Rp350.000

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : e pasporPasporVisa
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

15 Comments

  1. Saya TKI tapi sy enggan perpanjang pasport d negri sendiri..karena tranportasinya sangat jauh. Jadi setiap perpanjang pasport saya lakukan di luar negri sy pikir lebih mudah.Saya enggan pulkam karena bln dpan pasport sy hbs masa waktunya dan sy tidak ingin di perpanjang di indon karena pasti terserempet calo karena begitu jauhnya .cara pake transportasi umum di negri sendiripun jujur saya bingung.

  2. Kata siapa paspor 24 halaman gak bisa dipakai di eropa mas?
    Yang penting itu paspor valid dan tidak kurang dr 6 bulan. Tujuan kedatangan di negara lain jelas.

    1. mba yohana sudah ada pengalaman dengan paspor 24 halaman ke eropa atw amerika???adakah masalah mba?

      1. maaf ikutan nimbrung.. 2 tahun lalu ayah saya perpanjang passport 24 halaman untuk traveling ke Eropa dan visa nya tidak ada masalah. Kami urus visa Schengen di Kedubes Perancis.

  3. Saya ingin bertanya..makasih jawabanya..
    Saya kerja di taiwan…tapi saya ingin pergi keluar negara lain selama bekerja dalam artian cuti apa yang saya butuhkan and apakah mungkin.makasih

  4. Paspor 24 halaman berlaku 5 tahun!

    Dan peraturan itu sejak 2010, sudah ada di foto yang Anda sertakan juga kok. Tapi kenapa masih ditulis berlaku 3 tahun?

  5. Suami saya dari Amerika ke Indonesia pakai paspor yang 24 halaman atau surat perjalanan laksana paspor. Apakah dia bisa balik dengan paspor tersebut? Saya lihat online paspor 24 halaman cuma bisa 1 kali perjalanan. Sekarang ticket pulang nya sudah mepet. Coba bikin paspor disini dipersulit. Tolong kasih info nya. Terima kasih

    1. Bisa, paspor 24 sama saja fungsinnya dengan paspor 48 hlm. Klo dipersulit silakan laporkan via situs lapor.go.id

  6. Kalo perpanjang paspor dr yg 24 ke 48 halaman bisa?
    Terus kan saya dl TKI niatnya mau liburan ke luar negri apa paspor pekerja saya yg dl kalo sy perpanjang dirubah ke paspor biasa(umum) bisa?
    Tolong kasih infonya ya
    Makasih

    1. Hi Vauziah. Kamu bisa memperpanjang paspor kamu dari 24 ke 48 halaman. Untuk traveling kamu bisa menggunakan paspor biasa.

  7. saya mau buat yg 24 halaman hari ini tapi ditolak, petugasnya bilang khusus tki, saya jawab kan mubazir jarang pergi ke luar juga toh ga ada tuh keterangan yg membedakan 24 dan 48 halaman, setelah berdebat dianya ngancam mau blokir saya, tau gitu kan gak perlu input sidik jari dan poto segala -_-
    besok mesti ambil surat penolakan disitu lagi dan dia bilang mesti coba buat ditempat lain, dalam hati saya wah ga bener ini si kampret, pasrah dah cuma rakyat kecil saya :/

Leave a Response