Pantai Mandala Ria, Objek Wisata Baru Bulukumba yang Memikat Hati - Reservasi Travel Blog

Pantai Mandala Ria, Objek Wisata Baru Bulukumba yang Memikat Hati

Travel Destinations1.1K
Pantai Mandala Ria, Objek Wisata Baru Bulukumba yang Memikat Hati Sumber gambar: instagram @ahmadardi13

Travel Blog Reservasi – Pantai Mandala Ria memang jadi salah satu objek wisata yang masih baru. Pantai yang berjarak 10 kilometer dari Kawasan Wisata Tanjung Bira Bulukumba ini berlokasi di Desa Ara, Lembanna, Kecamatan Bontonbahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Keistimewaan Pantai Mandala Ria

Sebelum membahas tentang keistimewaan pantai, ada baiknya mengenal asal-usul penamaan Pantai Mandala terlebih dahulu.

Penamaan Mandala Ria diambil dari cerita pada beberapa tahun silam yang menceritakan tentang seorang Panglima Mandala yang memesan 24 kapal pendarat untuk pembebasan Irian Jaya dari Kolonial.

Kapal yang dipesan memang tak terlalu besar, namun meskipun begitu pasukan yang diberi julukan armada semut ini berhasil mengalahkan Belanda.

Lalu, apa keistimewaan Pantai Mandala Ria? Saat berada di sini kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dan gua-gua yang berada di sekitar pantai yaitu Gua Passea dan Gua Passohara.

Gua Passohara berada tak terlalu jauh dari Pantai Mandala Ria, di dalam gua ini terdapat sumber mata air yang sudah berusia ribuan tahun.

Saat kamu ingin masuk ke dalam Gua Passohara  ini sebaiknya kamu berhati-hati karena kamu harus menuruni bebatuan sedalam 30 meter yang licin dan gelap.

Tak jauh dari Gua Passohara sekitar 4 Km dari Bundaran Desa Ara terdapat Gua Passea yang merupakan situs pemakaman.

Baca juga pantai istimewa lainnya:

Rute menuju Pantai Mandala Ria

Jika kamu dari Bulukumba, maka kamu harus menempuh jarak sekitar 34-35 km untuk sampai ke Pantai Mandala Ria, dari sini kamu akan menemukan tulisan “Pantai Mandala Ria”. Dari tulisan ini kamu bisa belok kiri dan lurus saja. Maka kamu akan menemukan Pantai Mandala Ria.

Biar Liburan Lebih Seru, Cek Tips Ini;

  • Saat menuju ke sini jalanannya sedikit berbatu dan terjal, jadi pastikan kendaraan kamu dalam kondisi yang baik.
  • Sebaiknya datang saat pagi hari, karena jika sudah menjelang malam tak ada penerangan yang cukup jadi kamu akan sulit menemukan Pantai Mandala Ria ini.
  • Sebaiknya bawa makanan dan minuman, karena warung dan toko di sini masih minim.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

One thought on “Pantai Mandala Ria, Objek Wisata Baru Bulukumba yang Memikat Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *