close

Panduan dan Itinerary Jalan-jalan Seru ke Bangkok

Travel Blog Reservasi – Di tahun 2016, Bangkok jadi salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Hal tersebut berdasarkan studi tahunan yang dilakukan oleh Mastercard Global Destinations Cities Index (GDCI). Jadi kepopuleran Bangkok, Thailand sudah tak perlu diragukan lagi.

Popularitas Bangkok sebagai destinasi wisata yang paling banyak diburu wisatawan memang ditunjang oleh pesona wisatanya yang menarik, mulai dari tempat wisatanya, aneka makanannya, hiburan malamnya yang seakan tak pernah redup dan berbagai destinasi lainnya.

Kamu ingin liburan dan jalan-jalan seru ke Bangkok, tapi bingung destinasi terbaik mana yang sebaiknya kamu kunjungi? Cek itinerary selama 3 hari ke Bangkok berikut ini, biar kamu dapat panduan yang pas saat berkunjung ke Bangkok.

Penerbangan ke Bangkok

Kamu bisa menggunakan berbagai maskapai penerbangan untuk tiba di Bangkok. Saat kamu tiba di Suvarnabhumi Airport, kamu hanya butuh waktu 40 menit naik Skytrain untuk sampai ke jantung kota  Bangkok.

Dapatkan promo dan diskon dari berbagai maskapai penerbangan

Berikut itinerary selama tiga hari saat berlibur dan jalan-jalan ke Bangkok:

Hari Pertama : Temple dan Market Day

wat pho
Wat Pho Bangkok, Sumber gambar: easyvoyage.com

Wat Pho

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangkok tapi tak mengulik keindahan temple atau wat. Salah satu temple yang harus kamu kunjungi adalah Wat Pho.

Wat Pho dikenal sebagai temple yang paling besar, paling tua dan paling mengagumkan yang ada di Bangkok.

Jam dan Biaya

Jam Buka : Di buka setiap hari, jam 8 AM-5 PM

Biaya masuk untuk berkunjung ke sini sekitar 100 bath/orang ditambah dengan sebotol air minum.

Alamat : Maharaj Road, tepat di sebelah kompleks Grand Palace

Hal yang paling istimewa yang ada di Wat Pho adalah keberadaan patung Budha yang sedang berbaring yang tingginya 15 m dengan panjang 43 m. Tak hanya bisa berkeliling melihat keindahan temple, tapi Wat Pho juga terkenal dengan traditional Thai massage,  untuk mencoba Thai massage akan dikenakan biaya 220 bath selama 30 menit.

Grand Palace

Di hari pertama kamu tiba di Bangkok, kamu wajib datang ke Istana Bangkok atau Grand Palace. Grand Palace bukan hanya sekedar ‘rumah’ bagi raja dan ratu, tapi juga ‘rumah’ bagi semua pejabat administratif pemerintahan.

Memang istana ini sudah tak lagi ditempati raja, karena raja berhenti tinggal di istana sejak abad ke-20. Meski demikian, kompleks istana ini tak kehilangan ‘kekuatannya’ sebagai ikon dan lambang pemerintahan yang kuat.

Kompleks Istana Bangkok ini sangatlah luas. Ada banyak bangunan yang berada di dalam kompleks istana, termasuk museum, kuil Buddha sampai inner Palace.

Untuk mengunjungi kompleks istana ini sebenarnya tak dipungut biaya. Biaya akan dikenakan jika kamu ingin masuk ke dalam area gedung, misalnya museum dan Central Court. Hanya saja, bukan masuk ke dalam inner palace. Kawasan dalam area inner place ini adalah kawasan terlarang dan tak dibuka untuk umum.

Jika berkunjung ke sini, sebaiknya kamu memakai baju yang sopan karena wisatawan tak diperkenankan memakai celana pendek, ataupun baju tanpa lengan. Tapi jika kamu sudah terlanjur menggunakan pakaian santai, maka pihak pengelola grand palace akan menyediakan tempat peminjaman kain panjang mirip layaknya di Candi Prambanan.

Tak dikenakan biaya untuk meminjam kain, hanya saja kamu perlu deposit. Uang akan kembali ketika kamu mengembalikan kain tersebut.

Jam buka dan Biaya

Jam : Buka setiap hari, Jam 08.00 – 15.30

Harga tiket : sekitar 500 Bath (Harga ini sudah termasuk mengunjungi beberapa tempat seperti, Dusit Palace, Queen Sirikit Museum, Coin Museum, dan The Emerald Buddha)

(Baca juga: Tips Traveling Asyik di Thailand)

Chatuchak Weekend Market

Belanja dan Bangkok seolah jadi satu kesatuan yang sulit terpisahkan. Kamu yang ingin berbelanja mulai dari aksesoris, makanan hingga furniture maka kamu tak boleh melewatkan untuk datang ke Chatuchak Weekend Market.

Sesuai namanya “weekend market” maka tempat ini hanya buka di akhir pekan saja. Tadinya hanya hari Sabtu dan Minggu, kini hari Jumat malam juga buka, dari jam 6 sore sampai tengah malam.

Chatuchak memiliki sekitar 10.000 gerai, yang setiap weekend dikunjungi sekitar 250.000 pengunjung. Tak hanya tempat favorit wisatawan tapi tempat ini juga tempat belanja favorit masyarakat Bangkok.

Kamu bisa menemukan 27 bagian yang menjual berbagai rupa barang, mulai dari produk fashion, furnitur, kain, cinderamata, perhiasan, binatang peliharaan dan masih banyak lagi. Biar nggak bingung mencari arah tujuanmu, maka kamu bisa cari peta seperti ini terlebih dahulu dan dapatkan barang impian kamu:

chattuchak-peta

Berikut adalah panduan untuk bagian-bagian yang ada di Chatuchak:

Section 1 : Amulets, books, collectibles, food shops, café

Section 2 to 4 : Collectibles, home décor, paintings, terra cotta

Section 5 to 6 : Clothes, adornments, miscellaneous products

Section 7 to 9 : Antiques, furniture, ceramics, handicrafts

Section 10 to 24 : Clothes, consumer products, adornments, household appliances, pets

Section 17 to 19 : Ceramics, fresh and dry food

Section 22 to 26 : Antiques, furniture, handicrafts

Section 27 : Books, food and dessert shops, collectibles

Lokasi : Jalan Kamphaeng Phet 2, dekat stasiun Mo Chot Bus.

Akses Menuju ke Chatuchak Market: Cara termudah, termurah dan tercepat untuk sampai ke Chatuchak Market adalah dengan menggunakan BTS (Skytrain) atau MRT (kereta bawah tanah). Turun di Stasiun BTS: Mo Chit atau Stasiun MRT: Khampaeng Phet. Jika penginapan kamu jauh dari stasiun tapi berada di sekitar jalan Khao San maka kamu bisa naik taksi atau naik bus lokal.

Hari kedua – History dan Architecture

Jim Thomson's House & Vimanmek Palace Tour
Jim Thomson’s House & Vimanmek Palace Tour. Sumber gambar: bangkok.com

Jika di hari pertama kamu sudah berbelanja dan mengunjungi tempat yang wajib di Bangkok, tak ada salahnya jika di hari kedua kamu manfaatkan untuk berkunjung ke tempat anti mainstream di Bangkok atau tempat yang tak sepopuler destinasi di hari pertama.

Jim Thompson House

Kamu bisa berkunjung ke Jim Thompson House yang berada di 6 Soi Kasemsan 2 Rama-1 Road, Bangkok.

Nah, siapa Jim Thompson? Jim Thompson adalah seorang pengusaha kebangsaan Amerika yang telah menyelamatkan industri tenun sutra asli Thailand dari kepunahan pada tahun 1950-1960.

Berada di sini kamu akan melihat rumah kayu bergaya Thailand dengan unsur modern serta tenun sutra khas Thailand. Jika ingin ke sini kamu bisa naik bus No. 15 dari kawasan Khaosan Road dan membayar tiket masuk seharga 100 Baht.

Dusit Park

Berada di sini kamu akan merasakan ketenangan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Dusit Park akan mengajak kamu menjelajahi budaya Thailand dalam gaya Eropa.

Dusit Palace di bangun di area yang sangat luas dengan berbagai macam jenis bangunan. Nama asli dari Dusit Palace adalah “Suan Dusit” yang berarti “Taman Surga”.  Berada di sini kamu akan diajak menjelajahi peninggalan kerajaan Thailand dan mengunjungi Istana Vimanmek yang diklaim sebagai istana kayu jati terbesar di dunia.

(Baca juga: Jangan Lewatkan 5 Tempat Belanja Murah di Bangkok Ini)

Hari ketiga : Shopping

Sumber gambar: blogspot.com
MBK Center, Sumber gambar: blogspot.com

Hari ketiga atau hari terakhir di Bangkok, bisa kamu manfaatkan berburu barang belanjaan dan oleh-oleh.

Siam Paragon

Siam Paragon menjadi kompleks perbelanjaan terbesar di Thailand yang menawarkan sensasi belanja mewah nan berkelas.

Di sini terdapat banyak barang bermerk seperti Chanel, Burberry, YSL, Rolex, Bvlgari, dan Mont Blanc. Tak sampai di situ saja, para pengunjung juga disuguhkan dengan Siam Ocean World yaitu akuarium raksasa yang terdiri dari tujuh zona. Shopping center ini berada di 991 Rama 1 Road

Dalat Rot Fai

Dalat Rot Fat, awalnya terletak di tepi rel kereta api dekat Chatuchak Market, Dalat Rot Fai (da-Laat rote fie) yang berarti “Kereta Pasar” sekarang terletak di tenggara pusat kota dekat Seacon Square (pusat perbelanjaan yang masih jarang dikunjungi wisatawan).

Dalat Rot Fai (Biasa juga disebut Talad Rot Fai, Talat Rot Fai atau Tarad Rod Fi) adalah pasar yang menarik bagi hipster, karena di sini banyak kios-kios dengan pakaian vintage. Tak cuma itu di sini juga ada barang khas Thailand hasil buatan tangan manusia, seperti : aksesoris, suvenir yang bisa kamu beli bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Jam Buka:  Kamis – Minggu, 17:00-01:00

Lokasi : Jalan Surasak di belakang Seacon Square

Akses Menuju ke Dalat Rot Fai : Jika kamu naik Skytrain maka turun di On Nut atau Udom Station,  lalu naik taksi untuk menuju ke dalat rot fai yang biasanya dikenakan biaya sekitar 60 baht.

Khlong Lat Mayom Floating Market

Salah satu atraksi wisata utama di Bangkok adalah pasar apungnya.  Secara historis kota dan wilayah sekitarnya benar-benar penuh dengan kanal yang luas. Pasar Khlong Lat Mayong jadi salah satu pasar terapung paling terkenal di Thailand.

Kamu bisa naik perahu untuk mengitari keindahan pasar dan melihat keelokan pedesaan Bangkok yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya, menaiki perahu di sini biasanya dikenakan biaya 20 baht per orang (sekitar $ 0,60) selama 30 menit.

Jam Buka : Sabtu dan Minggu, sekitar 9:00-04:00

Lokasi : Pasar ini terletak di Jalan Bang,  Thonburi (Di seberang sungai dari bagian utama kota Bangkok)

Akses ke sana: Naik BTS Silom Jalur ke Wongwian Yai Station kemudian naik taksi ke pasar yang biasanya biayanya sekiat 100 baht.

Amulet Market

Banyak warga Thailand percaya pada kekuatan magis dari jimat, maka berada di sini kamu bisa menemukan berbagi jimat mulai dari yang terbuat dari kayu,  bubuk,  logam,  tulang  yang memiliki design dan dipercaya memiliki kekuatannya tersendiri.

Jam Buka: Setiap hari,  pagi sampai sore hari

Lokasi : Dekat Jalan Phra Chan, sebelah Thammasat University.

Akses menuju ke sana: Naik BTS di Saphan Taksin Station kemudian naik Chao Phraya Express Boat ke Tha Mahathat (Yang berhenti di Moon Pier dan Pra Chan Road)

MBK Center

MBK Center adalah singkatan dari Mah Boon Krong Center. Tempat perbelanjaan ini telah ada sejak 25 Juli 1974 dengan nama awal Mah Boon Krong Drying.

Di kalangan wisatawan, MBK dikenal sebagai tempatnya berburu oleh-oleh khas Thailand, mulai dari pakaian, tas, hingga aksesori lucu khas Thailand bisa kamu temukan di mal 8 lantai ini.

Hal istimewa yang ada di sini, meski berbentuk sebuah mal. Kamu bisa melakukan tawar-menawar harga barang dengan penjual. Enggak sulit kok untuk mendapatkan harga murah di sini, karena jika belum berhasil menawar sesuai harga yang kamu inginkan kamu bisa berkeliling lagi di 2.000 toko.

Yuk! Saatnya liburan ke Bangkok

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : BangkokThailand
Gardena Puteri

The author Gardena Puteri

Leave a Response