Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri (Update 2017) - Reservasi Travel Blog

Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri (Update 2017)

Travel News35.4K
Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri (Update 2017)

Travel Blog Reservasi – Membuat Visa Amerika (US) mungkin adalah momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar traveler. Ada yang bilang juga kalau membuat Visa Amerika (US) ini adalah yang paling susah. Tetapi tentu saja tidak ada kata menyerah buat traveler.

Meskipun agak susah kalau membaca Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) sendiri ini dengan detail, sebenarnya tidak susah – susah amat kok. Asal sesuai prosedur, pembuatan Visa Amerika pasti mudah dan kemungkinan disetujuinya pasti lebih besar.

Yang penting, saat membuat Visa Amerika Sendiri, jangan gugup. Karena teman – teman traveler kan kesana niatnya baik, mereka juga menyebutkan kalau sebenarnya 90% warga negara Indonesia bisa memenuhi persyaratan visa non-imigrant, termasuk salah satunya adalah visa turis.

Pastikan ikuti saja lima langkah berikut mengenai pengajuan Visa Amerika secara mandiri :

Update: Proses diawali dengan pembuatan akun terlebih dahulu dan memilih jadwal wawancara baru kemudian melakukan pembayaran (Electronic Funds Transfer). Catat/Simpan nomor virtual untuk jadwal wawancara dan juga untuk melakukan pembayaran melalui transfer.

  1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran, untuk visa turis adalah USD 160. Pastikan lihat kurs USD waktu mau membayar, karena sering berubah – ubah. Bingung kan kalau ternyata uangnya kurang gara – gara kurs?
  2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160) dengan lengkap.
  3. Membuat jadwal wawancara secara online, karena untuk wawancara harus membuat jadwal terlebih dahulu tidak asal datang begitu saja.
  4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara, dan pastikan semua persyaratan sudah lengkap.
  5. Datang ke Kedutaan besar Amerika (US) dengan membawa Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160), halaman konfirmasi jadwal wawancara, satu foto terbaru (Foto dibuat tidak lebih dari 6 bulan terakhir), paspor yang masih berlaku beserta semua paspor lama kalau ada, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang teman – teman traveler ajukan.

Lebih Detail Mengenai 5 Langkah Utama Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri Dijabarkan di Bawah Ini :

1.  Membayar biaya visa Amerika non-imigran (TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN)

Mulai 01 September 2012,  diperlukan membawa bukti deposit tercetak ke bank untuk pembayaran. Bank tidak akan memproses biaya visa teman – teman tanpa bukti deposit yg benar. Informasi mengenai bukti deposit dapat di lihat di pilihan Bank dan Pembayaran.

Pembayaran dapat dilakukan jika sudah membuat akun dan mendapatkan virtual account number yang terdiri dari 16 digit. Gunakan 16 digit tersebut untuk melakukan jadwal wawancara dan pembayaran transfer di Bank CIMB Niaga jika membayar secara tunai atau Bank Online apapun untuk pembayaran menggunakan Electronic Funds Transfer (EFT)

Pembayaran biaya visa Amerika non-imigran bisa dilakukan di Bank CIMB Niaga dengan virtual account sebagai penerima rekening atas nama Bank of America.  Pembayaran dilakukan maksimal dua belas bulan sebelum jadwal wawancara anda.

  1. Prosedur cara pembayaran visa Amerika bisa diunduh dalam Bahasa Inggris di sini atau dalam bahasa Indonesia di sini.
  2. Pembayaran biaya visa Amerika dilakukan secara perorangan.  Tidak bisa menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran.
  3. Jangan membayar biaya tambahan lainnya di Bank.
  4. Jumlah pembayaran yang ditampilkan dalam daftar biaya visa dalam bentuk dollar namun saat pembayaran dalam bentuk mata uang rupiah.
  5. Jangan melakukan pembayaran di bank lain, pembayaran hanya bisa dilakukan pada bank yang ditunjuk secara resmi oleh Kedutaan Amerika Serikat.
  6. Pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan visa jenis apapun, dan pemohon visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak perlu membayar atau gratis.

Daftar Biaya Visa Amerika Terbaru 2017 (US)

Harga Dan Jenis Visa Amerika Diurutkan Dari Terendah*
Harga (USD)Harga (IDR)Tipe VisaDeskripsi
$1602135680.00BBusiness/Tourist
$1602135680.00C-1Transit
$1602135680.00DShip/Airline Crew
$1602135680.00FStudent (academic)
$1602135680.00IJournalist and Media
$1602135680.00JExchange Visitors
$1602135680.00MStudent (vocational)
$1602135680.00TVictim of Human Trafficking
$1602135680.00TN/TDNAFTA Professionals
$1602135680.00UVictim of Criminal Activity
$1902538400.00HTemporary/Seasonal Workers and Employment, Trainees
$1902538400.00LIntracompany Transferees
$1902538400.00OPersons with Extraordinary Ability
$1902538400.00PAthletes. Artists & Entertainers
$1902538400.00QInternational Cultural Exchange
$1902538400.00RReligious Worker
$2653538545.00KFiancé(e) or Spouse of U.S. Citizen
$2052737365.00ETreaty Trader/Investor, Australian Professional Specialty

*Cek perubahan secara berkala di tautan ini

2. Mengisi Aplikasi Visa Amerika Non-Imigran (DS-160) Secara Online

Mengisi secara online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160). Setelah selesai, cetak lembar halaman konfirmasi yang harus dibawa pada saat teman – teman wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait di printer dengan resolusi tinggi, dengan demikian staf Kedutaan dapat memindai (men-scan) barcode pada jadwal wawancara anda.

aplikasi-visa-amerika-non-imigran-ds-160-secara-online

Selama pengisian aplikasi DS-160 secara online, harap selalu menyimpan data (save) ke dalam komputer teman – teman. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa non-imigran yang sesuai.  Aplikasi DS-160 teman – teman akan diperiksa oleh staf Kedutaan pada waktu teman – teman datang untuk wawancara.

Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara teman – teman akan ditunda sayang kan?  Teman – teman tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS.  Ikuti saran-saran berikut untuk menghindari kesalahan penulisan yang sering terjadi:

  • Pada penulisan nomor paspor, JANGAN memberi spasi atau jarak antara huruf dengan angka. Nomor paspor harus ditulis seperti R000000, JANGAN R 000000 (perhatikan kesalahan jarak pada huruf).
  • Gunakan menu dropdown untuk penulisan kota dimana paspor anda diterbitkan secara lengkap/benar, seperti yang tertulis di dalam paspor, contoh: Jakarta Pusat atau Soekarno Hatta, BUKAN Jakarta.
  • Pilih jenis visa yang sesuai/benar, contoh: apabila anda ingin mengajukan visa pelajar, maka teman – teman harus memilih F1. Lihat di halaman jenis visa non-imigran.
  • Teman – teman harus menulis apabila sebelumnya anda pernah ditolak untuk mendapatkan visa.
  • Apabila diminta, harap mengisi secara lengkap semua sejarah pendidikan teman – teman.  Tuliskan semua informasi mengenai pendidikan yang teman – teman hadiri, mulai dari SMA, sampai pendidikan terakhir.

3. Mengatur Jadwal Wawancara Pembuatan Visa Amerika

Jika Anda memperbarui visa Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk program tanpa  wawancara  dan tidak perlu hadir langsung untuk wawancara. silahkan baca tentang Program Tanpa Wawancara  untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat. Waktu wawancara tersedia setiap hari kerja pada jam 07.00 dan 09:00 kecuali untuk beberapa hari libur nasional Amerika dan Indonesia.

Login ke sistem jadwal wawancara online kami di http://www.ustraveldocs.com/id/ untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

  • Membuat jadwal wawancara untuk setiap pemohon visa, termasuk anak anak.
  • Pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas, tidak perlu datang untuk wawancara.  Keluarga langsung (orang tua, suami/istri, atau anak) dapat mewakili penyerahan aplikasi dan paspor.  Orang lain yang tidak memohon dan tidak mewakili keluarga langsung akan ditolak masuk dengan alasan keterbatasan ruang dan keamanan.
  • Ajukan permohonan visa anda lebih awal. Kami berusaha untuk mempersingkat waktu tunggu wawancara, tetapi terkadang lebih lama apabila musim liburan. Kami menyarankan pemohon mengajukan setidaknya 30 hari sebelum jadwal keberangkatan ke Amerika, sehinggga pemohon dapat menerima visa mereka dengan baik sebelum rencana perjalanan ke Amerika.
  • Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara.

klik halaman selanjutnya…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

202 thoughts on “Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri (Update 2017)

  1. ka saya bisa mengajukan visa di australia nga soalnya saya tinggal di aussy hanya saya masih warga indonesia atau saya harus pulang ke indo untuk buat visa amerika

  2. ka , saya kan tahun epan mau OJT . Saya mau ambil hotel di US .
    saya kira2 ambil visa apa ya?
    saya dari kampus GSP INTERNATIONAL Tangerang, Jurusan perhotelan.
    Kira2 dokumen2nya bagaimana? dan visanya itu jenis apa? thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *