close

Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri (Update 2017)

visa-amerika

Travel Blog Reservasi – Membuat Visa Amerika (US) mungkin adalah momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar traveler. Ada yang bilang juga kalau membuat Visa Amerika (US) ini adalah yang paling susah. Tetapi tentu saja tidak ada kata menyerah buat traveler.

Meskipun agak susah kalau membaca Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) sendiri ini dengan detail, sebenarnya tidak susah – susah amat kok. Asal sesuai prosedur, pembuatan Visa Amerika pasti mudah dan kemungkinan disetujuinya pasti lebih besar.

Yang penting, saat membuat Visa Amerika Sendiri, jangan gugup. Karena teman – teman traveler kan kesana niatnya baik, mereka juga menyebutkan kalau sebenarnya 90% warga negara Indonesia bisa memenuhi persyaratan visa non-imigrant, termasuk salah satunya adalah visa turis.

Pastikan ikuti saja lima langkah berikut mengenai pengajuan Visa Amerika secara mandiri :

Update: Proses diawali dengan pembuatan akun terlebih dahulu dan memilih jadwal wawancara baru kemudian melakukan pembayaran (Electronic Funds Transfer). Catat/Simpan nomor virtual untuk jadwal wawancara dan juga untuk melakukan pembayaran melalui transfer.

  1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran, untuk visa turis adalah USD 160. Pastikan lihat kurs USD waktu mau membayar, karena sering berubah – ubah. Bingung kan kalau ternyata uangnya kurang gara – gara kurs?
  2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160) dengan lengkap.
  3. Membuat jadwal wawancara secara online, karena untuk wawancara harus membuat jadwal terlebih dahulu tidak asal datang begitu saja.
  4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara, dan pastikan semua persyaratan sudah lengkap.
  5. Datang ke Kedutaan besar Amerika (US) dengan membawa Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160), halaman konfirmasi jadwal wawancara, satu foto terbaru (Foto dibuat tidak lebih dari 6 bulan terakhir), paspor yang masih berlaku beserta semua paspor lama kalau ada, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang teman – teman traveler ajukan.

Lebih Detail Mengenai 5 langkah Utama Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri Dijabarkan Dibawah Ini :

1.  Membayar biaya visa Amerika non-imigran (TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN)

Mulai 01 September 2012,  diperlukan membawa bukti deposit tercetak ke bank untuk pembayaran. Bank tidak akan memproses biaya visa teman – teman tanpa bukti deposit yg benar. Informasi mengenai bukti deposit dapat di lihat di pilihan Bank dan Pembayaran.

Pembayaran dapat dilakukan jika sudah membuat akun dan mendapatkan virtual account number yang terdiri dari 16 digit. Gunakan 16 digit tersebut untuk melakukan jadwal wawancara dan pembayaran transfer di Bank CIMB Niaga jika membayar secara tunai atau Bank Online apapun untuk pembayaran menggunakan Electronic Funds Transfer (EFT)

Pembayaran biaya visa Amerika non-imigran bisa dilakukan di Bank CIMB Niaga dengan virtual account sebagai penerima rekening atas nama Bank of America.  Pembayaran dilakukan maksimal dua belas bulan sebelum jadwal wawancara anda.

  1. Prosedur cara pembayaran visa Amerika bisa diunduh dalam Bahasa Inggris di sini atau dalam bahasa Indonesia di sini.
  2. Pembayaran biaya visa Amerika dilakukan secara perorangan.  Tidak bisa menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran.
  3. Jangan membayar biaya tambahan lainnya di Bank.
  4. Jumlah pembayaran yang ditampilkan dalam daftar biaya visa dalam bentuk dollar namun saat pembayaran dalam bentuk mata uang rupiah.
  5. Jangan melakukan pembayaran di bank lain, pembayaran hanya bisa dilakukan pada bank yang ditunjuk secara resmi oleh Kedutaan Amerika Serikat.
  6. Pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan visa jenis apapun, dan pemohon visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak perlu membayar atau gratis.

Daftar Biaya Visa Amerika Terbaru 2017 (US)

Harga Dan Jenis Visa Amerika Diurutkan Dari Terendah*
Harga (USD)Harga (IDR)Tipe VisaDeskripsi
$1602135680.00BBusiness/Tourist
$1602135680.00C-1Transit
$1602135680.00DShip/Airline Crew
$1602135680.00FStudent (academic)
$1602135680.00IJournalist and Media
$1602135680.00JExchange Visitors
$1602135680.00MStudent (vocational)
$1602135680.00TVictim of Human Trafficking
$1602135680.00TN/TDNAFTA Professionals
$1602135680.00UVictim of Criminal Activity
$1902538400.00HTemporary/Seasonal Workers and Employment, Trainees
$1902538400.00LIntracompany Transferees
$1902538400.00OPersons with Extraordinary Ability
$1902538400.00PAthletes. Artists & Entertainers
$1902538400.00QInternational Cultural Exchange
$1902538400.00RReligious Worker
$2653538545.00KFiancé(e) or Spouse of U.S. Citizen
$2052737365.00ETreaty Trader/Investor, Australian Professional Specialty

*Cek perubahan secara berkala di tautan ini

2. Mengisi Aplikasi Visa Amerika Non-Imigran (DS-160) Secara Online

Mengisi secara online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160). Setelah selesai, cetak lembar halaman konfirmasi yang harus dibawa pada saat teman – teman wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait di printer dengan resolusi tinggi, dengan demikian staf Kedutaan dapat memindai (men-scan) barcode pada jadwal wawancara anda.

aplikasi-visa-amerika-non-imigran-ds-160-secara-online

Selama pengisian aplikasi DS-160 secara online, harap selalu menyimpan data (save) ke dalam komputer teman – teman. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa non-imigran yang sesuai.  Aplikasi DS-160 teman – teman akan diperiksa oleh staf Kedutaan pada waktu teman – teman datang untuk wawancara.

Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara teman – teman akan ditunda sayang kan?  Teman – teman tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS.  Ikuti saran-saran berikut untuk menghindari kesalahan penulisan yang sering terjadi:

  • Pada penulisan nomor paspor, JANGAN memberi spasi atau jarak antara huruf dengan angka. Nomor paspor harus ditulis seperti R000000, JANGAN R 000000 (perhatikan kesalahan jarak pada huruf).
  • Gunakan menu dropdown untuk penulisan kota dimana paspor anda diterbitkan secara lengkap/benar, seperti yang tertulis di dalam paspor, contoh: Jakarta Pusat atau Soekarno Hatta, BUKAN Jakarta.
  • Pilih jenis visa yang sesuai/benar, contoh: apabila anda ingin mengajukan visa pelajar, maka teman – teman harus memilih F1. Lihat di halaman jenis visa non-imigran.
  • Teman – teman harus menulis apabila sebelumnya anda pernah ditolak untuk mendapatkan visa.
  • Apabila diminta, harap mengisi secara lengkap semua sejarah pendidikan teman – teman.  Tuliskan semua informasi mengenai pendidikan yang teman – teman hadiri, mulai dari SMA, sampai pendidikan terakhir.

3. Mengatur Jadwal Wawancara Pembuatan Visa Amerika

Jika Anda memperbarui visa Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk program tanpa  wawancara  dan tidak perlu hadir langsung untuk wawancara. silahkan baca tentang Program Tanpa Wawancara  untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat. Waktu wawancara tersedia setiap hari kerja pada jam 07.00 dan 09:00 kecuali untuk beberapa hari libur nasional Amerika dan Indonesia.

Login ke sistem jadwal wawancara online kami di http://www.ustraveldocs.com/id/ untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

  • Membuat jadwal wawancara untuk setiap pemohon visa, termasuk anak anak.
  • Pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas, tidak perlu datang untuk wawancara.  Keluarga langsung (orang tua, suami/istri, atau anak) dapat mewakili penyerahan aplikasi dan paspor.  Orang lain yang tidak memohon dan tidak mewakili keluarga langsung akan ditolak masuk dengan alasan keterbatasan ruang dan keamanan.
  • Ajukan permohonan visa anda lebih awal. Kami berusaha untuk mempersingkat waktu tunggu wawancara, tetapi terkadang lebih lama apabila musim liburan. Kami menyarankan pemohon mengajukan setidaknya 30 hari sebelum jadwal keberangkatan ke Amerika, sehinggga pemohon dapat menerima visa mereka dengan baik sebelum rencana perjalanan ke Amerika.
  • Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara.

klik halaman selanjutnya…


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : AmerikaBiaya visa amerikaVisa

97 Comments

  1. Salam kenal….
    Saya sedang mencoba mengisi form DS-160 online untuk orang tua saya yang akan berangkat ke US awal tahun 2018. Sebelumnya sudah pernah ke US di tahun 2011.
    Yang ingin saya tanyakan adalah bagian form yang menanyakan Contact person atau organisasi di US.
    Karena ortu saya berangkat sendiri tanpa travel.
    Sebaiknya diisi apa di bagian ini.

    Terima kasih sebelumnya.

  2. hi, saya mau nanya kalau saya lulusan uni Sydney. Saya berencana ke amerika untuk ambil green card.
    apakah saya bisa apply study S2 dsana?
    gimana cara apply visa ny??
    apakah saya perlu daftar sekolah ny dulu?

    1. Jika tujuannya memang untuk kuliah tak perlu apply green card. Lebih baik mendaftar dulu sehingga mendapatkan LoA baru mengurus visa pelajar. Semoga membantu ya.

      Tapi jika tetap tertarik apply green card bisa mengajukan lewat sini https://www.dvlottery.state.gov/

    2. Hai,,min AU mau ke us masalah tabungan deposite atas nama orang tua bisa nggak soalnya au belum punya rekening sendiri tapi uang au kirim ke rekening ortu terima kasih,

  3. Selamat Sore min, saya mau liburan ke USA yang mau saya tanyain soal tabungan, saya sudah menikah, apakah dalam pengajuan nya nanti untuk rekening koran, sayas bisa gunain rekening koran atas tabungan orang tua?

  4. Halo.. Saya menikah dengan wna Amerika dan berencana berkunjung awal tahun 2018 selama 1 bulan, suami saya akan menjadi sponsor selama saya disana. Kira-kira visa apa yg sesuai dengan saya? dan persyaratan apa yang harus saya lengkapi? mohon bantuannya.
    Terima kasih

  5. Hallo. Saya berencana ke Houston, TX tahun depan. Kalau saya baca dari comment2 sebelumnya. Kita harus memiliki uang di rekening tabungan 50jt itu apa benar? Bagaimana kalau pacar saya yg Warga Negara US menjadi sponsor financial saya selama saya berada disana apakah itu bisa? Dan dokumen apa saja yg diperlukan?

  6. Klo interview nya kita di wawancara sama orang Indonesia atau orang Amerika? Susah juga nih kalo bahasa inggris kita masih belepotan…😅

    1. Usahakan untuk percaya diri menjawab semua pertanyaan, yang penting komunikatif tidak perlu harus fasih atau menggunakan kata-kata yang sulit. Semoga sukses ya.

  7. hallo min mau nanya nih
    fom yang dibawa saat pembayaran visanya di bank yang mana ya?
    saya udah nyari di webnya tapi gak ketemu
    trimakasi sebelumnya

  8. Hello Admin

    Saya mau buat Akun/ Profil untuk membayar pengajuan visa, tapi knpa setiap saya masuk selalu tidak bisa seperti caption dbi :

    email : em***@gmail.com
    Pasword : adalah pasword email saya ya …ex 123456
    tetapi knpa login ga bisa terus ya..

    Tolong email cara pembayaran visa agar saya bisa membayar pengajuan visa saya…
    apakah pembayaran bisa cash tanpa virtual account bila bisa di bank mana saja bs melakukan nya.

    Terima kasih

  9. Hello admin,
    Saya mau pergi ke US dengan anak umur 10 th..nah untuk pengisian form DS-160 nya itu dalam 1 form atau masing2 ya? Kalo masing2 form, berarti pembuatan akun nya juga masing2 ya? Mohon pencerahannya. Terima kasih admin..

  10. Hello admin,

    Saya mau bertanya utk pembuatan Visa USA berangkat dengan suami untuk rekening koran/buku tabungannya kira2 harus sendiri2 dengan saldo minimal 50jt atau bisa 1 saja berdua kisaran 100jt? Trmksih admin ..

  11. Permisi, Selamat pagi admin.
    Saya pelaut, saya ingin membuat US visa utk persyaratan dokumen k berangkatan..
    Saya harus membuat paspor apa ya admin?
    Terus setelah saya isi online Form, apa saya print Out lg kah?
    Terimakasih

    1. Hi Timotius

      Jika ingin berkunjung untuk liburan atau bisnis di US tetap harus mengurus visa standar biasa. Untuk paspor, paspor biasa saja jika untuk liburan.

      Silakan baca kembali tata cara membuat Visa USnya ya kak. Terima kasih

  12. HI…saya mau tanya:
    1. klo rekening koran bisakah menggunakan rekening Ortu walau mereka tidak ikut?
    2. kalau kita sekedar ingin membuat visa aja buat ancang2 berangkat yg tgl nya belum pasti apakah harus menyertakan rekening koran, surat undangan, dan bookingan tiket?
    Thanks

    1. Hi Lya

      1. Iya bisa kak
      2. Tetap harus melampirkan semua dokumen kak, soalnya itu mandatory. Klo mau aman, pesan yang free cancellation kak. Terutama tiket pesawat dan bookingan hotel.

    2. halo admin
      mau nanyak nih
      gimana cara mendapatkan virtual account untuk pembayaran di bank min
      trimakasih

  13. Hallo…. Klo PNS yg akan ke amerika dg membawa rombongan tim kesenian utk tampil diamerika atas undangan seseorang disana, maka jenis visa apa yg km cari?

  14. Hi.. saya mau nanya kalau untuk akta lahir kutipan kedua yang baru kan sudah terjemahan bahasa inggris.. apa sah untuk mengajukan visa ? mksh

  15. Halo membantu sekali blognya. Thanks
    Sy seorang guru. Menikah dengan org indo juga tp kerja di US dia sdh punya green card.
    Nah liburan besok. Cuma 10 hari sih. Sy mau ketemu suami disana rencananya.
    Visa apa yg hrs sy pilih ya?
    Turis atau spouse?
    Thanks before for the response

    1. Hi kak Reni

      Kami coba bantu jawab, meskipun suami pemegang green card kewarganegaraan tetap Indonesia. Untuk itu disarankan mengambil visa turis, karena spouse khusus untuk pasangan yang memiliki kewarganegaraan Amerika saja.

      Semoga membantu ya kak. Trims

  16. Hai Admin..
    Mohon pencerahannya, langkah no 1 adalah membayar dulu di bank kan, nah tp kita harus mengisi form . Di halaman rincian pasport di tanyakan harus mengisi “Nomor Konfirmasi DS-160”. Nah saya kan belum mengisi form DS-160 karena ini baru mau di bayar dulu .
    Pertanyaan saya itu harus di Isi apa? Karena tidak bisa di klick “lanjutkan”
    Terimakasih

    1. Hi kak Syanti

      Silakan membuat akun terlebih dahulu kemudian isi form sesuai yang diminta, setelah itu nanti akan masuk pada langkah Electronic Funds Transfer untuk proses pembayaran. Artikel akan kami perbaharui ya kak. Mohon maaf

    1. Tidak ada ketentuan sebetulnya, namun upayakan ada saldo antara 40-50 juta dan tidak tiba-tiba disetorkan dalam jangka waktu 3 bulan sebelum pengurusan visa. Setidaknya plafond tabungan tersebut cukup jika ada masalah saat berada di US.

  17. Hi !
    Saya mau tanya untuk salah satu persyaratan. Waktu saya apply visa korea karena saya masih status pelajar jadi saya apply surat keterangan mahasiswa, rekening koran orang tua dan surat jaminan bahwa semua biaya travel saya akan di bayar & dijamin oleh orang tua saya. Apakah saya bisa melampirkan hal yang sama untuk visa amerika?
    Mohon bantuannya min

  18. Hai min..
    Saya ada dua pertanyaan nih, maaf merepotkan
    Pertama, semua langkah pengisian DS-160, jadwal wawancara, harus dilakukan secara online ya ? Kalo ya, berarti datang on the spot hanya ketika jadwal wawancara tiba ya ?
    Kedua, Kalo mau bikin visa turis, dia pasti minta buku tabungan atau rekening koran ya ? Kalo ya, kira-kira ada nominal minimalnya gak ya ?
    Terima kasih

    1. Hi Vindra

      Pengisian form dan pemilihan jadwal wawancara harus dilakukan secara online terlebih dahulu. Benar, datang wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih.

      Nominal rekening koran tidak ditentukan, namun upayakan saldo cukup kira-kira selama kunjungan di US misalnya jika kunjungan satu minggu maka dikira-kira kebutuhan harian di US perminggu itu berapa. Tapi jangan mendadak menambah saldo tiba-tiba, baiknya dilakukan bertahap 6 bulan sebelum pengurusan visa.

      Semoga membantu ya. Trims

  19. Selamat malam ,
    Saya ingin ke USA memenuhi undangan bapak angkat saya ,karena usia beliau suda lanjut dan sakit .
    Visa jenis apa yang sesuai dengan tujuan saya…?
    Syarat apa yang di butuhkan …?
    Berapa biaya nya …?
    Berapa lama…?
    Terimakasi

    1. Hi Burdan

      Silakan membaca ketentuan yang sudah disebutkan. Jika ada sponsor boleh disertakan siapa penjaminnya. Untuk kunjungan biasa bisa menggunakan visa turis saja kak. Untuk biasa sudah ada informasinya di artikel.

  20. Permisi numpang tanya apa ada alamat email admin yang bisa di hubungi untuk bantuan pembuatan / perpanjangan visa
    Mohon bantuannya untuk di pandu step by step (secara pelan) karena saya sedikit lemot untuk mengikuti panduan tertulis

    Sebelumnya saya ucapakan terimakasih

  21. Hi admin, saya Ria, rencananya saya sekeluarga (suami, anak 12, 9 dan 4 thn) mau ke US. Saya sendiri sudan ada visa US berlaku sampai 2020. Kami sekeluarga mau menjemput anak tertua yang lulus sekolah pilot di Dallas. pertanyaan saya adalah :
    1. Apakah diperlukan surat undangan dari sekolah anak saya di Dallas?
    2. Apakah diperlukan melampirkan tiket, mengingat saya belum booking tiket karena menunggu tanggal pasti dan harga tiket yang surah mendekati tanggal pasti.
    3. Untuk ketiga anak saya, apakah bisa saya semua yang mendampingi wawancara?
    Terima kasih atas pencerahannya.

    1. Hai bu Ria

      Untuk pertanyaan nomor 1 dan 2 lebih baik dicantumkan untuk memperkuat alasan Anda dan keluarga ke Amerika. Untuk pertanyaan nomor 3, anak usia dibawah 14 tahun tidak perlu dibawa saat wawancara dalam artian bisa diwakilkan oleh orang tuanya. Terima kasih

  22. dear kak admin,

    saya mau tanya untuk form DS-160, saya sudah isi dan sudah mendapatkan jadwal interview. namun pada saat saya mau print form DS-160 tersebut, kenapa ada kata-kata “Do Not Bring This To Your Interview”. jadi yang harus di print gmn ya? soalnya form DS-160 harus di bawa kan.

    mohon pencerahannya

    1. Hasil printnya (sudah disubmit secara online) tetap harus dibawa pada saat wawancara.

  23. halo, saya mau tanya apakah foto yang diupload harus sama dengan foto cetak yang dibawa saat wawancara?

  24. Memang banyak teman-teman kita ditolak visanya bukan karena mereka tidak layak atau memenuhi syarat, tepi lebih banyak kesalahan saat pengisian aplikasinya dan saat wawancara.

    1. Masih kak, disesuaikan dengan kebuthan saja seperti daftar visa yang sudah ditulis di artikel. trims

  25. Dear Admin..
    Selamat Siang. Saya Martha dari Surabaya, bekerja. Saya belum pernah travelling ke LN. Saat ini menjalin hub dengan warga Amerika dan berencana menikah. Invitation Letter, Biaya dan Akomodasi di tanggung dari sana. Visa apa yang di pergunakan ? Dan prosedurnya seperti apa.
    Terima kasih dan Salam

  26. sore kk..kita harus bayar dulu atau isi dokumen dulu selesai itu baru bayar.. mohon penjelasanya trima kasih banyak

    1. Bayar dulu kak, seperti langkah yang sudah dijabarkan. Semoga membantu yah

  27. Dear admin,

    Saya putri berencana untuk tinggal di usa setahun dan biaya financial akan di tanggung oleh pacar saya. Niatnya sih mau kerja disana. Cuma kerja legal seperti kashir atau bagian admin.
    Saya masih bingung harus ambil visa apa ?
    Dan saya denger2 ada deposit nya untuk tinggal disana minimal 50jt apakah benar ?
    Tolong di bantu informasinya karna saya belum perna buat visa dan ini pertama kalinya saya berencana tinggal di luar negeri.

    Mohon sekali informasinya, terima kasih.

  28. dear admin,

    Apakah untuk Wawancara VISA USA ini kita juga harus membawa supporting documents dibawah ini :

    1. Bukti Booking Ticket
    2. Bukti Booking Hotel
    3. Bukti Travel Insurance

    Untuk no. 1, ada beberapa informasi bahwa tidak dipersyaratkan. Selama ini saya buat VISA ke UK dan Schengen, no. 1-3 semua wajib dilampirkan.

    Mohon infonya. Terima kasih

    1. Hallo Piaza Ramdani

      Sebaiknya dibawa semua dokumennya meskipun nanti tidak ditanyakan. Khawatir saat ditanyakan justru tidak dibawa. Semoga membantu ya.

  29. Haloo, saya mahasiswa indonesia yang sedang kuliah di Malaysia. Tapi saya sedang ada di indo sampai awal september tahun ini. Rencana saya akan liburan Ke U.S pada Januari 2018. Jadi saat ini saya mulai mengurus visa. saya akan berangkat dengan ibu saya berdua saja, karena disana akan ada kerabat yang jemput. Apakah 2 bulan cukup untuk mengurus visa US ini? dan benarkah jika kita bilang memiliki keluarga atau kerabat, terkadang malah sulit di accept visanya? Mohon jika bisa bantu saya untuk mengurus visa ini karena saya belum pernah urus visa sendiri. saya pernah ke eropa tapi itu di urus travel. tks

    1. Hallo kak,

      Klo ada kerabat biasanya malah lebih mudah dengan catatan ada jaminan dari pihak yang mengundang. Misalnya dengan bukti surat dan copy paspor pengundang. Waktu pengurusan visa 2-3 bulan sebelumnya sudah cukup kok. Mohon maaf kami tidak bisa membantu pengurusan visa. Mungkin kakak bisa mencari agen travel lain yang terpercaya jika membutuhkan bantuan.

      Terima kasih

  30. anak saya adalah student di canada, ingin punya visa amerika. bagaimana caranya yang bisa didapatkan dengan cepat dan tepat. thanks

  31. admin, mohon dibantu…dokumen apa saja yg hrs diberikan utk pengajuan visa us.? sy sama skli tdk mengerti. trm ksh

    1. Hi Diana

      Sebetulnya langkahnya sudah dijelaskan, klo mmg tidak bisa dipahami, km bisa meminta jasa agan travel untuk pengurusan visa.

      Terima kasih

  32. hai admin, salam kenal
    rencananya bulan agustus ini saya akan ke amerika ikut suami (WNI) dan membawa anak saya umr 1 tahun.
    pertanyaanya : visa jenis apa yg hrs di apply krn baru pertama kali ke amerika, apakah anak saya harus dibawa pada saat wawancara mengingat masih bayi.
    Fyi , suami saya pelajar di US dan kami akan tggal disana kurang lebih 8 bulan.

    Terima kasih

    1. Hallo Martha

      Kalau berencana tinggal bersama suami selama studi berarti mengambil visa pelajar (student) turunan (keluarga inti pelajar), sebaliknya jika hanya ingin berkunjung saja cukup menggunakan visa kunjungan biasa. Terkait kunjungan selama 8 bulan berarti yang lebih tepat adalah visa pelajar turunan.

      Untuk anak yang masih bayi tidak perlu dibawa saat wawancara, hanya remaja dengan usia 14 tahun ke atas saja yang mesti menghadiri wawancara.

      Semoga membantu ya kak 🙂

  33. Hi admin met mlm, saya berencan mau ke USA menikah dan tinggal disana .calon saya akan datang . Visa apa yg saya butuhkan dan syarat nya apa aj
    ini baru pertama kalinya saya mau buat visa ke usa..
    skrg saya masih bekerja đi Singapore.
    apa kah saya harus datang langsung ke kedubesnya di jakarta atau bgmn . Terima kasih.

  34. selamat malam.sya mau bikin visa amerika utk kerja di kapal pesiar,masalahnya sya dulu bekas tki ilegal 6 tahun di malaysia.selama kerja disana pasporku adalah visa kunjungan ato cop tiap bulan.jdi gmana solusinya biar lolos visa amerika.makasih

    1. Untuk msalah ini kami tidak bisa menjawab karena blm memiliki referensi yang jelas. Mungkin ada pembaca lain yang bisa memberikan saran.

  35. saya ingin membuat visa ke amrika dalam rangak ingin jalan2 bisa tidak membuat perjalan sendiri kesana?

    1. bisa kak, dicoba aja ya, utamanya lengkapi syarat administrasi. semoga sukses ya

  36. bang admin.. numpang nanya dunk.. klo istri + 2 anak saya mau dateng ke US bwat liburan tanpa saya,tp dia blom pernah keluar negri..
    tp kita punya temen yg sudah seperti sodara warga sana yg akan istri dan anak saya tuju(tinggal dsanan selama liburan), ada form khusus mengundang or something yg bs dpake bwat mengajukan visa..??or memang tidak ada pengaruhnya..? seperti yg dibilang diatas..??

    1. Biasanya pihak pengundang memberikan jaminan bukti dokumen paspor kak. semoga lancar ya

  37. Salam. Saya berniat akan mengajukan bmvisa USA, dalam hal ini saya di cover oleh pacar saya, apakah Saya harus melampirkan Surat undangan yang isinya menerangkan dia mengundang saya dan mengcover semua biaya? Jenis visa apa yang sya ajukan? Dan apakah sya harus menyertakan bukti keuangan saya? Terimkasih.

    1. Hi Endah

      Untuk visa tertentu hanya berlaku untuk keluarga dan pasangan yang sudah menikah saja, meskipun ada jenis visa untuk yang sudah bertunangan tp kami blm begitu paham seperti apa syarat khususnya. Mungkin kak Endah bisa mengajukan visa turis biasa, dengan lampiran jaminan dari pihak pengundang. Biasanya melampirkan copy paspor pihak pengundang yang menjamin selama berada di US. Bukti keuangan tidak perlu jika sudah ada penjamin. Semoga membantu ya.

  38. Halloo.. Kalau yang mau ngurus visa sdh umur 75 tahun apa boleh bawah pendamping soalnya sdh kakek2 dan blom pernah ngurus visa.. Apa boleh yang mau jadi sponsor warga negara amerika yang mendampingi di saat wawancara..

    1. Boleh pak. Bahkan dalam pengurusan di imigrasi pun biasanya dapat antrean khusus. Sebaiknya malah ada pendamping. Nanti bisa dijelaskan pada petugas.

  39. Halo, saya ingin bertanya, kalo ingin mengajukan visa sekeluarga apakah setiap anggota keluarga harus dibikinkan akunnya masing2? atau cukup satu akun saja? sekiranya ada yang bisa membantu, terima kasih

  40. Mbak kasih tau donk saya belum punya pengalaman membuat visa di negara mana pun rencana bulan 11 saya mau ke Meksiko sementara saya membuat visa Amerika itu karena hanya untuk transit bandara terus dari Amerika saya lanjutkan penerbangan ke meksiko , apakah sulit untuk saya dapatkan visa Amerika dengan niat ingin jalan jalan ke Meksiko, dan saya rencana membuat dengan memakai jasa visa hq apakah itu termasuk calo atau agen?

  41. Hi, pak, nama saya saeful,, saya memiliki visa jenis C1D yaitu buat para seaman,,, saat ini sya sedang proseses untuk visa jenis non imigran( termporary worker) di USA di darat. Pertanyaan sya, apakah saya bisa mengajukan permohonan visa sya yg baru, sedangkan visa C1D sya masih berlaku???? Itu expired 2019. Mohon penjelasannya mas, thank you

    1. Sepanjang informasi yang kami dapatkan justru bapak tidak bisa menggunakan visa C1D untuk temporary worker. Ada baiknya bapak langsung berkonsultasi langsung dengan pihak kedubes untuk kejelasannya. Terima kasih.

  42. ada yang bisa bantu,
    saya baru pertama kali mau buat D visa multiple dan H-1B multiple
    persyaratan yang apa saja yang diperlukan dan berapa biaya yang diperlukan
    terimakasih

Leave a Response