close

15 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

oleh-oleh-khas-surabaya
Shutterstock

8. Abon Sapi Padmosusastro

Jawa Timur memang sangat dikenal sebagai salah satu daerah sentra peternakan sapi. Selain kaya akan kuliner lautnya, Jawa Timur juga terkenal dengan kuliner dengan berbahan daging seperti Sete dan Rawaon.

abon sapi padmosusastro surabaya
sumber miner8.com

Namuna ada kuliner berbahan daging yang bisa awet dan tahan lama disimpan yaitu abon. Panganan ini memang sangat cocok untuk anak kos yang jauh dari kampung halaman. Sudah sangat nikmat rasanya makan nasi panas dengan taburan Abon Sapi Padmosusastro.

Kamu bisa pilih Abon Sapi Padmosusastro dengan rasa manis atau pedas. Keduanya sama-sama enak. Namun tak salah jika membeli yang rasa pedas supaya bisa menambah selera makan.

Harga: Rp 60.000/300gram

Baca 5 Hotel Romantis di Surabaya untuk Kamu dan Pasangan

9. Jenang Jagung

Surabaya punya kawasan yang disebut kampung kue. Nah, salah satu kue istimewanya adalah Jenang Jagung. Salah satu jenang yang paling dikenal adalah jenang jagung Dieva. Jenang ini sudah jadi oleh oleh khas Surabaya paling khas.


Jenang Jagung memiliki rasa manis dan khas bulir-bulir jagung saat berpadu di mulut. Jenang Jagung paling nikmat jika disajikan dengan kopi atau teh saat pagi atau sore hari.

Harga: Rp 1.500 – Rp 2.500

10. Kaus Cak Cuk

Kalau Jogja khas dengan kaus Dagadu dan Bali khas dengan kaus Jogernya, Surabaya punya juga dong kaus unik dan nyeleneh. Kaus khas dari Surabaya adalah Kaus Cak Cuk.

kaos cak cuk
pergiberwisata.com

Salah satu keunggulan kaus Cak Cuk karena desain gambar dan tulisan-tulisan uniknya yang membuat orang yang membacanya terasa tergelitik. Kamu bisa koleksi segala macam pernak pernih dan aksesoris lainnya seperti sticker, pin, gantungan kunci, mug hingga tas.

Harga: Rp 100.000

11. Kue Bikang Peneleh

Kalau mau mencari kue bikang paling legendaris di kota Surabaya inilah pilihan yang tepat. Namanya Kue Bikang Peneleh. Selain kue bikang kamu juga bisa menikmati aneka kue kering dan kue basah di toko ini. oleh oleh khas Surabaya yang satu ini memang paling legendaris di kotanya.

kue bikang peneleh surabaya
peneleh.wordpress.com

Selain itu juga kamu bisa langsung menikmatinya di tempat seperti ayam goreng atau ote-ote. Ada banyak kue basah lain seperti pukis, lumpia, risoles, hingga kue lumpurnya yang menggoda selera.

Harga: Rp 7.000/buah

Baca 5 Tempat Wisata Romantis di Surabaya yang Cocok untuk anak Muda

12. Kue Blinjo dan Kue Mente

Jika bosan dengan aneka kue basah dan kue lapis yang cederung rasanya legit, saatnya kamu melirik produksi kue tradisional dengan bahan unik dari melinjo dan kacang mente. oleh oleh khas Surabaya yang satu ini bisa juga jadi hantaran kue Lebaran, Imlek atau Natal juga lho!


Kue Blinjo dan Kue Mente sudah menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang cocok untuk dibawa pulang. Apalagi kemasannya kini sudah semakin menarik. Tak kalah dengan rasanya yang mengangkat kearifan lokal setempat.

Harga: Rp 40.000/box

13. Sirup Mangrove

Surabaya memang sangat dekat dengan laut. Tak heran jika Surabaya punya wisata mangrove yang istimewa. Selain itu juga ada kuliner khas pesisir mangrove yang memiliki cita rasa istimewa. oleh oleh khas Surabaya sudah pasti tidak bisa didapatkan di daerah lainnya.


Mangrove ternyata memiliki produk minuman berupa sirup. Sirup Mangrove memiliki rasa yang sedikit khas selain manis juga ada rasa asamnya. Paling nikmat jika dinikmati dengan sajian es batu. Sirup mangrove dipercaya memiliki khasiat untuk imun tubuh karena kaya akan vitamin C serta antioksidan bagi tubuh.

Harga: Rp 30.000 – Rp 40.000/botol

Baca Atlantis Land Kenpark, Destinasi Terbaru dan Paling Ditunggu di Surabaya

14. Bandeng Asap

Salah satu cara mengawetkan aneka jenis makana laut adalah dengan cara diasinkan dan diasapi. Nah, cara yang kedua inilah yang membuat cita rasa ikan menjadi terjaga dan dapat dinikmati kapan saja.


Salah satu yang dijadikan oleh oleh khas Surabaya adalah Bandeng Asap dari Sidoarjo. Bandeng Asap ini biasanya sudah tergantung di toko-toko oleh-oleh dan siap dikemas dan dibawa pulang.

Harga: Rp 85.000/Kg

Baca Sudahkah Kamu Berkunjung ke Gang Dolly, Surabaya?

15. Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

Kalau di Bandung salah satu yang khas adalah Brownies Kukus Amandanya. Nah, kalau di Surabaya salah satu yang jadi ciri khasnya adalah Lapis Kukus Surabaya Pahlawannya.


Perbedaannya dengan lapis yang lain, karena lapis yang satu ini berbahan dasar singkong. Unik sekali bukan! Ada empat varian rasa yang bisa kamu pilih diantaranya Original, Cocopandan, Full Cheese dan Brownies Kukus. Jangan sampai lewatkan oleh oleh khas Surabaya yang satu ini ya!

Harga: Rp 26.000 – Rp 29.000/box

Baca Surabaya, Wisata Kuliner, dan Tiket Murah ke Surabaya

Tags : Jawa TimurKulinerSurabaya

2 Comments

  1. aku tambahin ya kak oleh-oleh kekinian khas surabaya namanya surabaya patata, copcok banget buat oleh-oleh, hehehe

Leave a Response