close

15 Oleh Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Pulang

oleh-oleh-khas-surabaya
Shutterstock

Travel Blog ReservasiSurabaya adalah ibukotanya Provinsi Jawa Timur. Surabaya juga termasuk 5 kota besar di Indonesia. Ada banyak tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi.

Tak lengkap rasanya jika setelah liburan di Surabaya tapi tidak membawa oleh-oleh khas Surabaya untuk keluarga. Berikut 15 oleh oleh khas Surabaya yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluaraga di rumah.

Baca Bukan di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Hits di Jawa Timur untuk Liburan

1. Bunarendang

Bunarendang adalah akronim dari Burger Nasi Rendang. Betul sekali, Rendang baru saja dinobatkan sebagai kuliner paling enak di dunia nomor satu versi CNN Travel. Tak elok rasnya jika kamu tidak mencicipi oleh oleh Surabaya paling enak di dunia ini. Apalagi rendangnya sudah lengkap dengan nasi.

Kuliner inovatif ini merupakan karya mahasiswa Institut Sepuluh Nopember (ITS). Kuliner yang satu ini memang bukan khas dari Surabaya namun dengan ditambahkannya nasi menjadikan kuliner inovatif khas Surabaya yang wajib kamu coba. Jika ingin dibawa untuk oleh-oleh bisa kamu panaskan menggunakan microwave kok. Mudah sekali cara penyajiannya seperti layaknya makanan cepat saji.

Harga: Rp 10.000 – Rp 13.000

2. Guna-Guna Snack

Guna Guna Snack bukan berarti snack yang sudah dimantrai. Melainkan keripik singkong dan keripik kentang dengan berbagai varian rasa yang kekinian yang disukai oleh anak muda.

Selain tersedia rasa manis, kamu juga bisa mencoba Guna Guna snack rasa singkong balado, kentang pedas, spemprit keju, hingga keripik buah naga. Kemasannya pun memiliki tampilan yang menarik dan apik. Tak heran jika pelangganannya pun kebanyakan berasal dari kalangan anak muda.

Harga: Rp 20.000 – Rp 150.000

Baca 5 Tempat Nongkrong Sore di Surabaya

3. Sambal Udang Bu Rudy

Siapa yang tak pernah ketinggalan dengan Festival Kuliner di Jakarta, Bekasi atau di BSD, Serpong? Nah, Depot Bu Rudy ini tak pernah ketinggalan ikut Festival Kuliner di Jabodetabek untuk memuaskan rasa kangen dengan sambal udangnnya yang maknyus.

Selain Sambal Udang Bu Rudy, kamu bisa jajan aneka kuliner khas Surabaya lainnya di Jalan Darmahusada, Surabaya. Lebih praktis jika kamu membeli Sambal Udang Bu Rudy dalam bentuk kemasan kecil dengan berbagai macam varian rasa. Dijamin gak bakal bikin bosan untuk mencicipinya. Apalagi sudah menjadi trade mark oleh oleh khas Surabaya.

Harga: Rp 28.000 – Rp 60.000/botol

4. Kerupuk Ikan Kenjeran

Penggemar Kerupuk mana suaranya? Yap, kalau lagi pelesir ke Surabaya jangan lupa membawa oleh-oleh murah meriah tapi enak yaitu Kerupuk Ikan Kenjeran. Nah, kalau sedang wisata ke Kenjeran kamu bisa mendapatkan oleh oleh ini.

Kerupuk Ikan Kenjeran bisa kamu beli yang sudah siap konsumsi atau yang bisa disimpan lama. Kerupuk-kerupuk mentah ini bisa kamu bawa pulang dan bahkan bisa kamu bagi-bagikan. Hampir semua jenis ikan dan seafood ada jenis kerupuknya mulai dari cumi-cumi, kerang, teripang, teri, hingga dari bahan rumput laut pun ada.

Harga: Rp 35.000 – Rp 205.000/Kg

Baca 50 Tempat Wisata di Surabaya yang paling populer

5. Almond Crispy

Almond Crispy Surabaya ini memang paling juara. Meskipun sudah tersedia di Jakarta dan Bandung tapi rasanya kok lain ya? Makanya supaya enggak penasaran dengan rasa aslinya, paling tepat kalau kamu memborongnya saat liburan ke Surabaya.

Ada beberapa varian rasa seperti Almond Choco Cheese, Original, dan Green Tea. Sebelum coba rasa yang lain mendingan coba dulu deh yang rasa originalnya. Camilan ini benar-benar renyah dan lembut saat dikunyah. Tak heran jika anak-anak pun sangat menyukainya.

Harga: Rp 45.000

6. Spikoe Resep Kuno

Jangan merasa aneh dan bingung dengan namanya. Spikoe Resep kuno adalah kuliner kue lapis lezat yang menggunakan resep masakan kuno. Walhasil cita rasanya sungguh autentik dan tidak bisa didapatkan di tempat lainnya.

Kue Lapis Spikoe ini sempat tutup pada tahun 1982 sejak didirikan pada tahun 1976. Akhirnya generasi keduanya berhasil membangkitkan bisnis kuliner ini kembali pada tahun 2002 masih dengan resep asli keluarga. Ini salah satu oleh oleh khas Surabaya yang awet dan bisa disimpan lama di kulkas.

Harga: Rp 90.000 – Rp 290.000

7. Siropen Telasih

Siropen Telasih adalah minuman khas Surabaya yang sudah diproduksi sejak tahun 1923. Mulanya perusahaan ini dikelola oleh perusahaan asal Belanda namun kemudian dimiliki oleh warga negara Indonesia.

Sebuah kiriman dibagikan oleh @alvajoe89 pada

Salah satu keistimewaan Siropen Telasih adalah tidak menggunakan pemanis buatan. Bahkan pada masnya Siropen Telasih merupakan minuman bangsawan yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir kalangan. Itu pula yang menjadi penyebab bentuk botol serupa dengan botol wine untuk menegaskan kesan minuman berkelas.

Sirepen Telasih memiliki beberapa rasa seperti rasa cocopandan, mawar, drambosen, vanili hingga rasa jeruk keprok yang mengangkat kearifan lokal. Next…

Harga: Rp 23.000 – Rp 80.000

Baca Surabaya, Wisata Kuliner, dan Tiket Murah ke Surabaya


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Jawa TimurKulinerSurabaya

2 Comments

  1. aku tambahin ya kak oleh-oleh kekinian khas surabaya namanya surabaya patata, copcok banget buat oleh-oleh, hehehe

Leave a Response