Oleh-Oleh Khas Sumba yang Wajib Dibawa Pulang - Reservasi Travel Blog

Oleh-Oleh Khas Sumba yang Wajib Dibawa Pulang

Travel Destinations1.1K
Oleh-Oleh Khas Sumba yang Wajib Dibawa Pulang shutterstock

Travel Blog ReservasiSumba merupakan salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang masih jauh dari kata modern. Meski teknologi sudah berkembang pesat, daerah ini masih sangat asli dan terjaga dengan pola hidupnya yang sangat tradisional. Meskipun begitu, Sumba menyisakan salah satu hal yang menarik untuk diulas yaitu oleh-oleh khas Sumba.

Oleh-oleh khas Sumba memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh wilayah lain di seluruh Indonesia. Untuk lebih jelasnya mengenai oleh-oleh khas Sumba, akan Reservasi.com bahas di bawah ini.

Baca Sejernih Kolam Renang, Pesona Air Terjun Air Mata Jitu di Sumbawa Ini Sudah Mendunia Lho

1. Kain Tenun Ikat Sumba

Oleh-oleh khas Sumba yang pertama adalah kain tenun ikat. Ide untuk membuat kerajinan tangan yang satu ini berasal dari keseharian atau pola hidup masyarakat Sumba itu sendiri. Benang yang dipintal menjadi kain tenun dipercaya melambangkan kesahajaan bagi pemiliknya. Proses pembuatannya juga tidak sembarangan, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu buah kain tenun pun sangat lama.

Satu buah kain tenun ikat Sumba dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Namun, harga yang akan kalian bayarkan akan setimpal dengan kualitas yang didapat. Jadi, tidak ada salahnya untuk membawa pulang kain tenun ini setelah kalian usai liburan di Sumba.

2. Kacang Mete

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kacang mete. Kacang ini biasa dicampurkan pada cokelat batang untuk menambah cita rasa dari coklat itu sendiri. Meskipun termasuk wilayah yang kecil dan sedikit terpencil, tapi Sumba memiliki kaca mete dengan cita rasa yang enak.

Kacang mete menjadi salah satu oleh-oleh khas Sumba yang tidak boleh kalian lupakan ya. Kacang mete yang dijual di sini digoreng terlebih dulu sebelum akhirnya dilahap. Varian rasa yang tersedia untuk kacang mete juga beragam. Ada rasa original, pedas, dan masih banyak lagi.

3. Kopi Sumba

Kopi bukan lagi minuman khas bagi pria, tapi juga wanita. Pria dan wanita jaman sekarang memiliki taste yang hampir sama kalau sudah berbicara tentang kopi. Kalau kalian termasuk pecinta kopi, kalian harus coba kopi Sumba. Kopi ini memiliki cita rasa yang sangat tinggi. Sekali dicoba, dijamin deh, kalian pasti ketagihan.

Kopi Sumba merupakan salah satu kopi terenak yang ada di wilayah Nusantara. Cita rasa kopi Sumba telah dibuktikan lewat Festival Kopi Nusantara, berhasil mengalahkan Kopi Aceh dan Sumatera. Jangan bilang pecinta kopi kalau kalian lupa membawa pulang oleh-oleh khas Sumba yang satu ini.

kain-tenun-sumba
shutterstock

4. Aksesoris Unik

Selain memiliki kain tenun yang sangat bagus, Sumba juga memiliki beragam jenis aksesoris unik yang wajib kalian bawa pulang ke kampung halaman. Aksesoris ini meliputi perang, patung, dan kalung yang diberi nama luluamah.

Bentuk dari aksesoris ini memang unik, bahkan tidak akan kalian temukan di daerah lain kecuali si Sumba. Itulah sebabnya kenapa kalian perlu membeli salah satu dari jenis aksesoris yang dijual di pusat oleh-oleh khas Sumba sebagai bentuk kenang-kenangan.

Baca 33 Tempat Wisata di Sumba yang bikin kamu Melupakan Bali dan Lombok

5. Ukiran Tulang Kerbau

Oleh-oleh khas Sumba yang terakhir adalah ukiran tulang kerbau. Ukiran ini sering ditempelkan di beberapa sudut rumah oleh masyarakat Sumba jaman dulu. Tapi, sebagian masyarakat Sumba yag tinggal di era modern masih suka menempelkan ukiran ini di sudut rumahnya.

Ukiran tulang kerbau ini cukup unik, tapi sedikit menyeramkan karena ukurannya sangat besar. Kalau kalian enggan membeli ukiran tulang kerbau yang berupa kepala kerbau itu sendiri, kalian bisa kok membeli ukiran lainnya. Misalnya, kalung dan gelang yang terbuat dari tulang kerbau.

Oleh-oleh khas Sumba memang masih memiliki pengaruh budaya yang sangat kuat karena setiap ukiran pada oleh-oleh tersebut berasal dari aktivitas utama masyarakat Sunda pada umumnya. Hal inilah yang membuat Sumba menjadi daerah yang unik dan layak untuk dikunjungi di kemudian hari. Apalagi Sumba juga terkenal dengan berbagai pemandangan yang indah.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *