Melawat ke Timur Indonesia, Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Papua - Reservasi Travel Blog

Melawat ke Timur Indonesia, Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Papua

Travel Destinations155
Melawat ke Timur Indonesia, Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Papua shutterstock

Travel Blog Reservasi – Membicarakan wisata di ujung Timur Indonesia, pasti membawa anganmu membayangkan keindahan Raja Ampat dan asrinya alam Papua. Nggak cuma spot wisata, adat budaya suku aslinya pun menarik untuk dipelajari. Tapi kalau berkunjung ke sana, jangan lupa berburu oleh-oleh khas Papua untuk dibawa pulang.

Baca juga 5 Makanan Unik Khas Papua Barat Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Sebagai bukti bahwa kamu pernah menjejakkan kaki di tanah Timur Indonesia. Selain makanan, ada beberapa kerajinan tangan yang sayang untuk dilewatkan. Simak rekomendasi Reservasi.com di bawah ini!

1. Sagu Lempeng

Kawasan Timur Indonesia terkenal sebagai penghasil sagu. Bahkan mereka memanfaatkannya sebagai bahan makanan pokok. Sagu diolah menjadi papeda dan beberapa kudapan lain sebagai sumber karbohidrat.

Nah, kamu wajib banget mencicipi gurihnya Sagu Lempeng. Oleh-oleh khas Papua ini terbuat dari tepung sagu yang dipadatkan lewat proses pembakaran. Pada beberapa resep, Sagu Lempeng dicampurkan dengan kelapa parut dan gula merah untuk menciptakan paduan rasa gurih manis
.
Tepung sagu diletakkan dalam cetakan lalu dibakar di atas bara api panas selama hampir satu jam. Hasilnya berupa lempengan sagu yang cukup keras. Sehingga cara mengonsumsinya dengan mencelupkan terlebih dahulu pada teh atau kopi panas.

2. Abon Gulung

Abon biasanya dijadikan lauk pendamping nasi kuning atau nasi putih biasa. Di kawasan Manokwari, abon dijadikan isian roti gulung dan dijual di toko-toko kue. Sebutannya adalah Abon Gulung, dengan bagian luar yang ditaburi wijen dan potongan daging kecil dicampur dengan adonan roti.

Abon Gulung tersedia dalam varian rasa, ada yang asin, pedas, cokelat, hingga isi sosis. Ketahanannya cukup lama, bisa 4-5 hari sehingga cocok untuk dibawa perjalanan jauh. Bisa jadi camilan saat perjalanan juga lho, dijamin mengenyangkan!

3. Keripik Keladi

Selain sagu, umbi-umbian yang banyak ditanam di Papua adalah keladi atau talas. Nggak heran kalau keripik keladi menjadi oleh-oleh khas Papua yang banyak dicari wisatawan.

Keladi dipotong tipis-tipis lalu dibumbui dengan bawang putih, garam, dan cabai untuk menghasilkan rasa pedas. Kemudian digoreng garing sehingga terasa renyah dan gurih. Harga keripik keladi ini sangat terjangkau, pada kisaran Rp 20.000 – Rp 25.000.

Mendapatkannya pun cukup mudah, dijual di banyak toko oleh-oleh atau kios pinggir jalan.

4. Sarang Semut

Nggak cuma makanan, oleh-oleh khas Papua ada yang berupa obat tradisional. Pernah mendengar khasiat tumbuhan sarang semut? Tanaman obat yang banyak ditemukan di Wamena ini punya khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bisa membantu mengobati kista, kanker, diabetes, dan lain-lain.

Dari pemberitaan salah satu media online, para peneliti LIPI menemukan kandungan tanin, flavonoid, dan polifenol dalam tumbuhan sarang semut yang mampu berperan sebagai antioksidan. Sehingga menangkal reaksi radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker semakin parah.

5. Batik Papua

Adat budaya Papua yang unik menghasilkan kerajinan tangan yang nggak kalah menarik. Ada batik dengan motif etnik seperti burung cenderawasih, budaya Asmat, dan ukiran-ukiran khas Papua. Warna-warnanya pun cenderung tegas, merah bata, ungu tua, hingga biru gelap.

Bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang simpel buat kamu yang nggak suka banyak bawaan. Kain batik Papua bisa dilipat dan disimpan dalam koper bersama pakaian yang lain.

6. Noken

Kamu pernah melihat tayangan tentang suku adat asli Papua di televisi? Kalau pernah, pasti nggak asing dengan tas yang dipakai para perempuan Papua di kepala. Berbeda dengan orang-orang pada umumnya yang menenteng tas di tangan, perempuan Papua menggantungkan tas di kepala seperti memakai bandana.

Tas unik ini bernama noken, dibuat dari serat kulit kayu asli. Biasanya menggunakan kayu dari pohon Nawa, Manduam, atau Anggrek Hutan. Noken ini sudah masuk dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO lho! Keren kan? Kamu wajib memiliki salah satunya nih.

Sudah mengagendakan liburan ke ujung Timur Indonesia ini? Jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas Papua ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *