Siapa yang Tahan dengan Godaan 8 Oleh-Oleh Khas Medan Menggoda Ini

Berlibur ke Medan? 8 Oleh-oleh Ini Siap Dibawa Pulang

Travel Destinations182
Berlibur ke Medan? 8 Oleh-oleh Ini Siap Dibawa Pulang Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Apa yang terbesit di benakmu saat mendengar kata Medan? Kota terbesar ke-4 di Indonesia ini identik dengan Danau Toba dan mayoritas penduduknya yang berasal dari suku Batak. Medan menjelma jadi kota maju dengan perekonomian yang cukup sibuk. Namun tetap menawarkan keindahan alam yang menarik untuk berlibur. Berwisata mengelilingi Medan kurang lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh. Nggak perlu bingung, inilah delapan oleh-oleh khas Medan yang sudah Reservasi.com rangkum untukmu. Catat baik-baik ya! Baca Tempat wisata di Medan yang tak biasa terlewatkan

Bika Ambon

Meski namanya Bika Ambon, kue legit yang satu ini ternyata berasal dari Medan lho! Asal mula penamaan Bika Ambon masih simpang siur hingga kini. Ada banyak versi yang hampir kesemuanya masuk akal. Kalau berkunjung ke Medan, sebagian besar orang pasti merekomendasikan Bika Ambon Zulaikha, yang kabarnya paling enak di antara merek lainnya. Bika Ambon memiliki paduan rasa manis, gurih, dan legit. Bagian tengahnya empuk berrongga, sementara bagian bawah mengeras karena suhu panas saat pemanggangan. Bika Ambon bisa tahan selama beberapa hari, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk perjalanan jarak jauh.

Bolu Meranti

Bolu Meranti
Source: bolumeranti

Selain Bika Ambon, ada satu lagi kue legendaris dari kota Medan. Pernah mendengar nama Bolu Meranti? Bolu gulung aneka rasa ini sudah terkenal di seantero negeri. Tekstur bolunya yang empuk dan lembut dengan aroma butter khas, bikin mulut nggak mau berhenti ngunyah. Bolu Meranti ini tersedia dalam beberapa rasa seperti cokelat, vanila, keju, stroberi, dan lain-lain. Toko Bolu Meranti juga menjual beberapa kue lain, ada sus kering, brownies, dan cake.

Lemang

Beralih ke kudapan tradisional, kamu harus mencoba nikmatnya lemang khas Medan atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Lemang berbentuk seperti lontong, dibuat dari beras ketan dan santan sehingga rasanya gurih. Paling nikmat disantap selagi hangat bersama durian atau selai sarikaya. Cara memasak lemang ini cukup unik. Campuran beras ketan dan santan dimasukkan dalam rongga batang bambu, lalu dibakar hingga matang. Teksturnya pulen dengan aroma khas bakaran yang menggugah selera. Sayangnya, lemang hanya tahan 2 hari saja dalam keadaan masih dibungkus bambu. Jadi kamu nggak bisa membawanya dalam perjalanan jarak jauh.

Durian Ucok

Belum ke Medan namanya kalau melewatkan kelezatan buah durian. Kota Medan terkenal sebagai penghasil durian berkualitas tinggi. Makanya kamu wajib banget mencicipi durian di sini atau produk olahannya. Dari sekian banyak penjual durian di Medan, kabarnya Durian Ucok adalah salah satu yang terenak. Kamu bisa juga membawanya pulang tanpa takut menyebarkan aroma menyengat di kendaraan. Tersedia durian kupas yang dikemas dengan wadah tertutup, dilengkapi daun pandan dan serbuk kopi untuk menyamarkan aromanya. Gimana, tertarik?

Kacang Sihobuk

Siapa yang setuju bahwa kacang adalah camilan sejuta umat? Kacang Sihobuk adalah oleh-oleh khas Medan yang wajib kamu coba. Bahan bakunya diambil langsung dari Desa Sihobuk, Tarungtung, Tapanuli Utara. Rasanya cenderung manis gurih dan sangat renyah. Ada yang unik dari pengolahannya, kacang disangrai dengan pasir di atas bara api. Sehingga menghasilkan aroma khas yang membuatnya makin lezat.

Teri Medan

Apa lagi yang terbesit di benakmu saat membahas kuliner Medan? Jangan lupakan Teri Medan yang serasi banget dijodohkan dengan nasi putih hangat. Ditambah sambal pedas, bikin makan makin lahap. Teri Medan berukuran kecil-kecil dan berwarna putih. Paling mantap dijadikan sambal atau dimasak pedas dengan campuran kacang goreng. Meski teri Medan banyak dijual di pasar-pasar tradisional, kamu harus mencoba versi aslinya. Gak cuma versi matang, kamu juga bisa membeli teri mentah di Medan untuk dibawa pulang.

Sirup Markisa

Kalau Desa Sihobuk di Tapanuli Utara punya kacang khas yang lezat menggoda, dari tanah Brastagi ada buah markisa segar yang kaya vitamin C. Kamu bisa menikmati buahnya langsung atau membeli dalam bentuk sirup. Oleh-oleh khas Medan yang satu ini cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk kerabat. Dikemas dengan botol bertutup rapat dan tahan lama, kamu bisa membawanya dengan aman. Wah, tinggal tambah air dingin dan es batu langsung bikin sejuk tenggorokan!

Kopi Sidikalang

Ngomongin kopi khas Indonesia memang nggak ada habisnya. Banyak biji kopi berkualitas yang menarik untuk dicoba, salah satunya kopi Sidikalang asli dari tanah Sumatera Utara. Kalau punya kerabat yang doyan ngopi, cocok nih dibawakan oleh-oleh khas Medan yang satu ini. Bersama kopi Gayo, kopi Sidikalang disebut-sebut sebagai rajanya kopi Sumatera lho! Daftar belanja oleh-oleh sudah siap, tinggal menjawab pertanyaan nih: kapan berkunjung ke Medan?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *