Oleh-Oleh Khas Makassar yang Mendunia dan Wajib Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Makassar yang Perlu Kamu Bawa Pulang

Travel Destinations343
Oleh-Oleh Khas Makassar yang Perlu Kamu Bawa Pulang shutterstock

Pergi berlibur rasanya tidak lengkap tanpa membeli oleh-oleh untuk teman-teman atau keluarga terkasih yang tidak ikut pergi berlibur. Setiap kota memiliki ciri khas nya sendiri dalam oleh-oleh atau cinderamata yang mewakilkan kota tersebut dan keunikannya. Jangan lupa oleh-oleh khas Makassar saat ke Losari atau Tanjung Bira.

Oleh-oleh khas Makassar juga sangat banyak dan kamu dapat memilih mana yang sekiranya paling sesuai untuk diberikan kepada teman-teman dan keluarga terkasih.

Baca Wisata Kuliner di Makassar? Wajib Coba 10 Makanan Ini

Mau tau oleh-oleh apa saja yang kamu bisa bawa pulang dari Makassar? Yuk cek list nya!

1. Otak otak Ikan Tenggiri

Tentu kamu tidak lagi asing dengan makanan ini, tetapi Makassar menawarkan otak-otak ikan tenggiri yang khas dari kota mereka yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga dan teman-teman terkasih.

Mungkin kamu akan menemukan banyak tempat yang menjual makanan dan oleh-oleh ini, tetapi toko oleh oleh khas Makassar yang khusus menjual oleh-oleh ini dengan kualitas yang sudah terkenal dan baik terletak di Jalan Kijang dengan nama toko Otak-Otak Ibu Elly dan di Jalan Lasinrang dengan nama Otak-Otak Ibu Sanny.

Perlu diingat yah untuk mendapatkan dan membawa pulang oleh-oleh khas Makassar ini, apalagi kalau kamu menempuh perjalanan jauh, ada baiknya memesan terlebih dahulu otak-otak yang masih fresh supaya kualitas bertahan lama. Atau, apabila kamu dapat menemukan oleh-oleh khas Makassar online, mungkin kamu bisa menjadikan itu pilihan yang lebih baik.

2. Kain Tenun dan Sarung Khas Bugis

Kain adalah salah satu oleh-oleh terbaik yang bisa kamu kasih ke keluarga dan teman-teman terkasih. Selain karena dapat dipergunakan sesuka mereka menjadi pakaian, atau yang lainnya, kain juga merupakan oleh-oleh yang dapat disimpan.

Hal ini menjadi berharga karena keluarga dan teman-teman menjadi dapat terus mengingat kamu setiap kali mereka melihatnya. Setiap negara bahkan setiap kota juga memiliki kain dengan ciri khas-nya masing-masing.

Kain tenun dan sarung khas bugis memiliki bahan kain yang berbeda-beda mulai dari katun hingga sutera dengan harga yang sangat variatif.

3. Bannang Bannang

Diambil dari nama Benang Benang, disebabkan karena teksturnya menyerupai benang kusut yang dilipat lipat, kamu dapat menemukan oleh-oleh khas Makassar ini hampir dimana saja, bahkan rakyat setempat di tempat kamu menginap bisa saja menjual ini.

Bahan dari makanan ini yang mudah didapat yaitu tepung beras, kanji, dan gula merah menjadikan bannang bannang cukup popular dan dapat didapatkan di mana saja. Jangan lupa beli ini ya untuk teman-teman dan keluarga, apalagi dengan harga yang cenderung murah namun oleh-oleh khas Makassar ini jadi tidak boleh dilupakan!

4. Kopi Toraja, Oleh-Oleh Khas Makassar paling top!

Bepergian ke Makassar tanpa membawa pulang oleh oleh khas Makassar satu ini rasanya tidak lengkap. Memang tidak semua orang menyukai kopi, tetapi tidak pernah salah rasanya membawa pulang kopi toraja ini sebagai oleh oleh untuk keluarga dan teman-teman terdekat, terlebih apabila mereka menyukai kopi.

Cita rasa khas Makassar yang tidak dapat ditemukan di kopi-kopi lain menjadikan oleh-oleh ini populer dan cukup ditunggu-tunggu oleh kerabat yang bepergian ke Makassar.

Jangan sampai kelupaan membeli ini ya, kamu bisa menemukannya di pusat kota-kota besar.

5. Handicraft Toraja

Sebagai sebuah suku yang ada di Makassar, kamu dapat banyak menemukan handicraft suku Toraja di Makassar dan ini bisa dikatakan sebagai aksesoris khas Makassar yang dapat membuat keluarga dan teman-teman kamu senantiasa mengingat kunjungan kamu ke kota satu itu.

Varian yang kamu dapat temukan juga bermacam-macam, terdapat ukiran kayu, gantungan kunci, lukisan, baju khas Toraja, hingga tempat tisu dapat kamu temukan dengan sentuhan budaya Toraja tentu saja.

Harga yang kamu perlu keluarkan untuk oleh-oleh khas Makassar ini juga tidak banyak kok, dan sudah cukup membuat keluarga dan teman-teman kamu senang karena mendapatkannya!

6. Abon Raos

Masih seputar makanan, Makassar tidak pernah kehabisan oleh-oleh makanan untuk dibawa pulang kepada keluarga dan teman-teman sekitar. Raos yang berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti “enak” menjadikannya berarti abon enak.

Abon Raos sendiri terbuat dari daging sapi. Membawa pulang oleh-oleh khas Makassar satu ini tentu akan membuat pengalaman yang menyenangkan bagi keluarga dan teman-teman. Sangat cocok untuk disajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Menemukan oleh-oleh ini juga terbilang cukup mudah, kamu bisa menemukan penjual abon raos di pusat kota Makassar, terlebih di toko pusat oleh oleh khas Makassar yang kamu temukan.

7. Sirup DHT

Apabila kamu pernah disuguhkan sirup DHT ini, pasti sirup itu berasal dari Makassar. Oleh-oleh ini juga bisa kamu jadikan pilihan dengan rasa pisang ambon yang dimilikinya.

Kemasan yang tidak berubah sejak zaman dahulu menjadikan sirup ini layak untuk dijadikan ikon apabila kamu ingin membawa pulang oleh-oleh khas Makassar kepada keluarga dan teman-teman terdekat.

8. Kerupuk Jintan

Makassar dengan begitu banyak pilihan makanan ringan dengan ciri khas rasa yang khas, salah satunya adalah kerupuk Jintan yang bisa kamu temui di pusat-pusat kota Makassar.

Campuran jintan hitam ada di dalam adonan yang menjadikan kerupuk ini dinamakan seperti demikian. Sebenarnya, kerupuk ini mirip dengan kue kering, namun teksturnya yang renyah menjadikan oleh-oleh khas Makassar ini kemudian dinamakan Kerupuk Jintan.

Tidak lengkap rasanya pulang dari Makassar tanpa membawa pulang kerupuk ini untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

9. Kue Kurma

Mungkin kamu akan bertanya-tanya dan berpikir bahwa kue ini terbuat dari kurma. Ternyata kue ini tidak memiliki bahan kurma sedikitpun.

Bahan yang ada di dalam kue ini adalah tepung terigu, mentega, telur, dan maizena. Dengan tekstur yang seperti buah kurmalah lahir nama kue kurma.

Setelah kue ini jadi, ditaburi dengan saus caramel yang kemudian ditutup dengan toping kacang untuk melengkapi rasanya. Rasa manis yang dimiliki oleh kue kurma ini tidak berlebihan karena ditutupi dan dibantu oleh balutan kacang yang renyah, sangat cocok untuk dibawa pulang!

10. Baruasa

Kue khas bugis dengan harga yang relatif murah ini juga menjadi pilihan beberapa wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh dibawa pulang kepada keluarga. Bentuknya bulat dengan rasa gurih.

Di Makassar, kamu dapat menemukan kue ini banyak kala lebaran atau pesta-pesta yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat. Walaupun begitu banyak toko online yang kini menyediakan dan menjual kue ini, pasti beda rasanya apabila kamu langsung membelinya di pusat kota Makassar.

Kue yang terbuat dari tepung beras, telur, dan kelapa parut ini memang seperti biskuit bayi apabila dilihat, namun kue ini merupakan kue yang bisa dinikmati oleh semua umur. Aroma kue yang sangat harum karena menggunakan bahan dasar kelapa parut ini menjadi incaran nomor satu bukan hanya para wisatawan, tetapi juga para masyarakat pada umumnya untuk dinikmati sambil minum teh manis hangat.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *