Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Harganya Pas di Kantong - Reservasi Travel Blog

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Harganya Pas di Kantong

Travel Accomodation257
Oleh-Oleh Khas Banyuwangi yang Harganya Pas di Kantong shutterstock

Travel Blog Reservasi – Setelah sebelumnya pernah membahas tentang kuliner enak khas Banyuwangi, sekarang Reservasi.com akan memberikan ulasan mengenai oleh-oleh khas Banyuwangi yang cocok kalian jadikan buah tangan saat pulang ke daerah masing-masing.

Baca 20 Tempat Wisata di Banyuwangi Pikat Turis Asing

1. Kue Bagiak

Kue bagiak adalah aneka jajanan atau makanan ringan yang menjadi ciri khas kota Banyuwangi. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini banyak diburu oleh wisatawan karena rasanya yang gurih dan enak. Kue bagiak terdiri dari berbagai jenis atau varian rasa. Mulai dari vanila, pandan, durian, kacang, dan masih banyak lagi. Kalian bisa membeli varian rasa apa yang disuka.

Memborong kue bagiak juga rasanya sah-sah saja. Kenapa? Karena selain enak, harga kue bagiak juga sangat ekonomis. Untungnya lagi, kue ini bisa kalian temukan hampir di seluruh gerai atau pusat oleh-oleh yang ada di Banyuwangi.

2. Ladrang

Ladrang atau sabrang, begitulah orang menyebut oleh-oleh khas Banyuwangi yang satu ini. Selain rasanya yang enak dan gurih, ternyata ladrang dipercaya untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Sebut saja penyakit obesitas, kanker, dan diabetes. Ketiga jenis penyakit dipercaya masyarakat dapat diobati dengan mengonsumsi ladrang secara teratur.

Kandungan kolin, beta karoten, dan serat yang terdapat pada ladrang juga cocok bagi kalian yang lagi dalam proses diet sehat. Sebab, ladrang ini memiliki kandungan serat yang lumayan banyak yang juga sangat bagus untuk melancarkan pencernaan kalian.

3. Rengginang

Kalian yang suka jajanan tradisional mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama rengginang. Jajanan yang satu ini sebenarnya mudah ditemukan dimana saja. Namun, rasa rengginang yang dibeli di Banyuwangi mungkin sedikit berbeda atau khas jika dibandingkan dengan rengginang yang dijual di kota lain.

Salah satu yang menjadi keunikan rengginang dari Banyuwangi adalah metode pembuatannya. Olahan rengginang tidak dikeringkan di bawah sinar matahari, tapi dikeringkan di dalam sebuah oven selama beberapa menit. Setelah itu rengginang diangkat dan digoreng. Oleh-oleh khas Banyuwangi ini hadir dalam beberapa varian rasa, yaitu cumi-cumi, terasi, dan udang.

4. Pisang Sale

Pisang sale atau sale pisang, siapa sih yang tidak mengenalnya? Oleh-oleh yang satu ini sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Kalian yang pingin mencicipi pisang sale juga tidak perlu lagi datang ke Banyuwangi. Tapi kalau soal rasa, pisang sale yang berasal dari Banyuwangi ini mungkin masih lebih enak dibandingkan pisang sale yang dijual di kota lain.

Perpaduan rasa manis dan gurih dari pisang ini membuat siapapun rasanya sulit untuk move on. Rasa gurih dari pisang ini berasal dari proses pengeringan yang ternyata memakan waktu yang lumayan lama. Semakin lama pisang ini dijemur, maka semakin gurih rasanya. Olahan pisang sale hadir dalam berbagai varian, seperti pisang sale goreng, pisang sale basah, dan pisang sale digulung. Kalian bisa pilih varian rasa mana yang kalian suka.

oleh-oleh-khas-banyuwangi
shutterstock

5. Kue Untir-Untir

Kue untir-untir atau kue putar-putar merupakan jajanan atau cemilan khas dari Kota Banyuwangi. Bentuknya cukup unik, cita rasanya juga gurih, manis, dan renyah. Bagi kalian yang suka ngemil, satu bungkus kue untir-untir pastilah kurang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membeli kue untir-untir dalam jumlah yang banyak kalau kalian suka ngemil ya.

6. Pia Glenmore

Pia atau bakpia yang terkenal mungkin berasal dari Yogyakarta. Jangan salah kaprah dulu. Pia asli Banyuwangi juga tidak kalah enaknya kalau dibandingkan dengan bakpia yang ada di Yogyakarta. Kulit luar dari pia glenmore sangat renyah.

Bagian dalamnya juga diisi dengan sebelas pilihan rasa. Ada kacang ijo, pisang keju, nanas, strawberry, dan masih ada 7 varian rasa lagi. Kalian bisa pilih beberapa varian rasa yang menurut kalian cukup unik. Kalau kalian penasaran gimana rasanya pia glenmore ini, silahkan langsung icip-icip saja kalau semisal berkunjung ke Banyuwangi saat liburan nanti.

Baca 10 Oleh Oleh Khas Banyuwangi yang Unik dan Menarik

7. Kopyor

Panas-panas enaknya memang mencicipi makanan atau minuman dingin. Ya, kalian bisa cobain kopyor, salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi yang sayang kalau dilewatkan. Perpaduan santan kelapa, nata de coco, potongan berry, dan bauran kelapa yang ditaruh di atasnya pas banget untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

Sayangnya, oleh-oleh khas Banyuwangi yang satu ini sepertinya tidak bisa dibawa menuju perjalanan yang cukup jauh. Karena memang bentuknya cair dan encer begini, takutnya kalau dibungkus dan dijadikan oleh-oleh malah tumpah di tengah perjalanan.

Itu dia oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa kalian jadikan referensi untuk dijadikan buah tangan saat kembali ke kampung halaman. Beberapa oleh-oleh yang telah disebutkan di atas mungkin sudah biasa ditemukan di beberapa kota di Indonesia. Tapi yang namanya oleh-oleh khas ya pasti lebih enak kalau berasal dari kota aslinya ya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *