7 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Belum Sah ke Bali Kalau Pulang Tanpa 7 Oleh-oleh Ini

Travel Destinations204
Belum Sah ke Bali Kalau Pulang Tanpa 7 Oleh-oleh Ini shutterstock

Travel Blog Reservasi – Digemari wisatawan baik asing maupun domestik, menjadikan Bali tak pernah absen dari keramaian. Apalagi di momen-momen tertentu seperti libur panjang dan jelang pergantian tahun, jumlah pengunjung dipastikan meningkat pesat. Tak heran makin banyak saja spot wisata, penginapan mewah, hingga ragam olahan kuliner yang siap memanjakan para pelancong.

Baca Liburan Murah di Bali? Sangat Mungkin! Cek Tempat-Tempat Ini Yuk!

Setelah puas berlibur, jangan lupa berburu oleh-oleh khas Bali untuk dibawa pulang. Reservasi.com merekomendasikan tujuh oleh-oleh di bawah ini yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Ada camilan, kopi, hingga suvenir lho!

Pie Susu

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini makin mudah ditemui di mana saja. Tapi kamu wajib coba versi aslinya dengan cita rasa otentik. Manis dan legitnya vla susu berpadu dengan kulit pie yang gurih. Cocok banget buat teman minum teh, atau dijadikan camilan saat perjalanan pulang.

Pie susu awalnya hanya tersedia dalam rasa original dan cokelat. Tapi kini makin banyak variannya, seperti keju, kacang, atau selai buah. Harganya juga cukup terjangkau, biasanya dijual dalam kemasan kardus berisi 10-12 buah. Pas banget buat oleh-oleh teman kantor nih!

Pia Legong

Ternyata nggak cuma Yogyakarta yang punya bakpia sebagai oleh-oleh khas. Di Bali ada pia Legong, yang ikonik dengan gambar penari Legong di atas kemasannya. Usut punya usut, makanan ini dibuat secara tradisional tanpa bantuan mesin, dan diproduksi dalam jumlah terbatas tiap harinya untuk menjaga kualitas.

Pia Legong tersedia dalam 3 varian rasa yaitu kacang hijau, keju, dan cokelat. Selain pie susu, makanan ini menjadi oleh-oleh khas Bali yang banyak dicari pengunjung. Perpaduan rasa manis-gurih yang pas, ditambah harganya ramah di kantong.

Kacang Disco

Belum sah ke Bali kalau pulang tanpa kacang disco. Apa bedanya kacang ini dengan kacang yang lain? Pada proses pengolahannya, kacang dibalut dengan lapisan tepung berbumbu yang cukup tebal lalu digoreng. Menghasilkan tekstur yang lebih krispi, gurih, dan sensasi ‘disco’ dalam mulut saat memakannya. Menarik untuk dicoba kan?

Kerupuk kulit babi

Sebagai kawasan dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, sapi menjadi hewan suci di Bali. Jika kita terbiasa memakan kerupuk kulit sapi, maka di Bali tersedia kerupuk kulit babi. Wisatawan non-Muslim banyak menggemari makanan yang satu ini. Cita rasanya gurih, mirip seperti kerupuk kulit sapi yang banyak dijual di pasaran.

Kopi Kintamani

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi berkualitas di dunia. Bahkan beberapa wilayah memiliki biji kopi khasnya masing-masing, salah satunya Bali. Kalau kamu pernah mendengar kopi Gayo dari Aceh, kopi Wamena dari Papua, dari Bali ada kopi Kintamani.

Jadi nggak perlu bingung mencari oleh-oleh khas Bali untuk kerabat yang doyan ngopi. Bawakan saja sekantong biji kopi Kintamani, atau dalam bentuk serbuk yang sudah digiling.

Kaos Joger

Dari tadi membahas makanan, Bali juga punya oleh-oleh khas berupa kaos dan aksesoris lho! Siapa yang nggak kenal Joger? Brand ini cukup melegenda, sebagai penghasil suvenir unik dari Pulau Dewata. Ada gambar dan kata-kata unik di setiap produknya, sepasang sandal yang bagian kanan-kirinya berbeda warna, topi, dan lain-lain. Jangan khawatir soal kualitas, nyaman dipakai dan harganya terjangkau kok!

Aneka souvenir khas Bali

Selain Joger, masih banyak suvenir khas Bali yang bisa kamu bawa pulang. Baju, kain, topi, hingga gantungan kunci yang kesemuanya bernuansa pantai atau topeng barong. Kamu bisa juga berburu kerajinan perak dan manik-manik yang nggak kalah unik.

Ragam oleh-oleh khas Bali banyak banget kan pilihannya? Benar-benar destinasi wisata yang seru dan menyenangkan!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *