Mudik Dijamin Seru Kalau Terapkan 7 Tips Ini - Reservasi Travel Blog

Mudik Dijamin Seru Kalau Terapkan 7 Tips Ini

Travel Tips10
Mudik Dijamin Seru Kalau Terapkan 7 Tips Ini shutterstock

Travel Blog Reservasi – Menyambut pesta mudik tahunan yang sudah di depan mata, ada beberapa hal yang perlu disiapkan nih! Apalagi bagi kamu yang berangkat mudik menggunakan transportasi umum, kalau bisa tiket sudah di tangan dari jauh-jauh hari. Selain tiket, kamu harus menyiapkan kondisi fisik, barang bawaan, hingga mental menghadapi padat dan lamanya perjalanan yang akan ditempuh.

Reservasi.com punya tujuh tips mudik seru yang bikin kamu nggak akan mati gaya selama perjalanan. Yuk simak satu per satu, biar mudikmu lancar dan nyaman sampai tujuan!

Baca 6 Tips Cerdas yang Wajib Dipatuhi Pemudik Bersepeda Motor

Packing dengan rapi dan sesuai prioritas

Sama seperti traveling, mengemas barang bawaan saat mudik juga harus diperhatikan. Pastikan rapi, ringkas, dan sesuai prioritas. Letakkan barang yang sewaktu-waktu dibutuhkan di tempat yang mudah dijangkau. Kalau terpaksa membawa uang tunai atau barang berharga lainnya, simpan di tengah-tengah tumpukan baju.

Bawa bekal darurat

Kebanyakan pemudik berangkat di hari pertama libur, sekitar 4-5 hari sebelum hari raya Idul Fitri. Artinya, masih dalam kondisi berpuasa sehingga berpotensi santap sahur dan berbuka di perjalanan.

Penting banget nih membawa bekal darurat seperti air minum dan makanan ringan. Kalau transportasi yang kamu pilih nggak memungkinkan untuk membeli makanan berat, kamu bisa membawa bekal nasi dan lauk sekaligus.

Pelajari titik macet dan lokasi rest area

Nah, bagi kamu yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi, jangan lupa mengece potensi titik macet dan lokasi rest area yang bisa dikunjungi. Hal ini bisa membantumu mengantisipasi kelelahan hebat, mengingat perjalanan ditempuh dalam keadaan masih berpuasa.

Jika gunakan transportasi umum, berangkatlah lebih awal

Kalau kamu mudik dengan trasnportasi umum, wajib hukumnya berangkat lebih awal menuju stasiun, terminal, bandara, atau pelabuhan.

Kondisi jalanan pasti jauh lebih padat, karena banyak pemudik yang berangkat di hari yang sama. Minimal kamu sudah berada di lokasi pemberangkatan 1-2 jam sebelumnya. Lebih baik menunggu lama daripada ketinggalan kendaraan, bisa-bisa nggak Lebaran di kampung nih!

Siapkan playlist lagu favorit dan powerbank

Hari gini mana bisa lepas dari smartphone? Karena perjalanan mudik cukup jauh dan lama, jangan lupa menyiapkan powerbank dan pastikan sudah terisi penuh.

Membunuh kebosanan selama di perjalanan bisa kamu lakukan dengan scrolling sosial media atau mendengarkan lagu favorit. Jadi nggak ada salahnya menyiapkan juga playlist lagu favorit sebelum berangkat.

mudik seru
shutterstock

Ajak mengobrol penumpang lain

Kalau kamu nggak kuat menatap layar lama-lama di atas kendaraan bergerak, manfaatkan kesempatan untuk mengajak penumpang lain berbincang.

Banyak kisah seru mudik yang berawal dari obrolan dengan sesama penumpang. Kamu bisa mendapat kenalan baru dan cerita-cerita seru darinya. Siapa tahu dapat jodoh di perjalanan kan?

Kurangi bermain handphone, nikmati pemandangan dari jendela

Nah, bagi kamu yang kurang suka berbincang dengan orang asing, praktekkan poin kelima sambil menikmati pemandangan sepanjang jalan. Cukup dengarkan lagu yang mengalun lewat earphone, tekan keinginan sering-sering mengecek ponsel.

Manfaatkan momen mudik ini untuk merenung, memandangi tempat-tempat yang sudah kamu lewati sembari napak tilas. Rupanya sudah sejauh ini ya jarak yang kamu tempuh dari rumah demi memperjuangkan masa depan?

Jadi, mudik ke mana kalian tahun ini? Selamat menikmati perjalanan ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *