Mudik Pakai Mobil Pribadi Lebih Nyaman dengan 10 Tips Berikut - Reservasi Travel Blog

Mudik Pakai Mobil Pribadi Lebih Nyaman dengan 10 Tips Berikut

Travel Tips42
Mudik Pakai Mobil Pribadi Lebih Nyaman dengan 10 Tips Berikut shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mudik menggunakan mobil pribadi kini makin diminati banyak orang. Meski biaya yang dikeluarkan lebih besar, tapi sebanding dengan kenyamanan dan fleksibilitasnya. Pemudik lebih bebas membawa barang bawaan, dapat berhenti di mana dan kapan saja, serta bisa memilih rute perjalanan sesuai kehendak.

Apakah kamu menjadi salah satu pemudik yang menggunakan mobil pribadi tahun ini? Simak dulu 10 tips jitu dari Reservasi.com berikut ini, dijamin bikin perjalananmu lebih nyaman dan lancar!

Baca 5 Tips Tinggalkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Lakukan pengecekan penting sebelum mudik

Poin pertama penting sekali untuk diperhatikan, peastikan mobil dalam kondisi prima sebelum dibawa perjalanan jauh. Lakukan pengecekan penting seperti busi, rem, oli, kelistrikan, wiper dan tekanan ban.

Bawa ke bengkel yang terpercaya jauh-jauh hari agar pengecekan lebib baik. Pertimbangkan juga apakah akan memasang beberapa aksesoris tambahan untuk memudahkan membawa barang.

Sesuaikan jumlah penumpang dan barang bawaan

Perhatikan kapasitas mobil untuk menyesuaikan jumlah penumpang dan barang bawaan. Jangan segan menolak permintaan teman, kerabat, atau tetangga yang ingin menumpang jika kondisinya sudah tidak memungkinkan.

Ada baiknya membuat skema posisi barang dan penumpang dari jauh-jauh hari. Letakkan barang-barang urgent seperti alat mandi, baju ganti, obat-obatan, alat ibadah dan makanan ringan di tempat yang mudah dijangkau.

Perhatikan barang bawaan khusus jika membawa bayi dan anak-anak

Jika membawa bayi dan anak-anak, barang bawaan pasti sedikit lebih ribet. Lakukan pengecekan ulang sebelum berangkat, bawa beberapa bantal atau alas tidur untuk kenyamanan Si Kecil. Apabila akan menggunakan car seat, pasang jauh-jauh hari agar lebih rapi dan aman.

Rancang rute alternatif jika terjadi kemacetan

Pelajari rute perjalanan yang akan kamu tempuh dan coba mencarri rute-rute alternatif sebelum berangkat. Ini untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan, sehingga perjalanan tetap lancar dan nyaman.

Pelajari lokasi-lokasi rest area dan SPBU

tips mudik naik mobil pribadi
shutterstock

Karena menggunakan mobil pribadi, kamu harus benar-benar menguasai medan nih! Mempelajari titik-titik rest area dan SPBU harus masuk dalam daftar penting. Cek jarak antar titik istirahat tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak.

Bijak menggunakan AC

Menempuh perjalanan jauh membuat mesin kendaraan bekerja lebih berat. Untuk itu, bijaklah menggunakan AC. Matikan AC dan buka jendela saat melewati kawasan yang cukup sejuk dengan angin relatif tenang. Cara ini juga bagus untuk menjaga sirkulasi udara, karena terlalu lama terpapar AC kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Penuhi bahan bakar sebelum memasuki kawasan macet

Masih ingat tragedi Tol Brebes Timur di tahun 2016 silam? Banyak pemudik yang terjebak kemacetan panjang dalam kondisi kehabisan bahan bakar. Alhasil, warga sekitar menjajakan bahan bakar dengan harga fantastis.

Nah, mudik tahun ini harus lebih cermat nih! Pastikan bahan bakar mobilmu terisi penuh sebelum memasuki kawasan macet atau minim keberadaan SPBU.

Siapkan budget cadangan dan pastikan saldo e-toll cukup

Ada yang menarik dari pesta mudik tahun ini, pemerintah sudah memberlakukan penggunaan e-toll sebagai alat pembayaran di setiap gerbang tol. So, pastikan saldo e-toll cukup ya sampai tiba di titik pengisian berikutnya. Jangan lupa sediakan juga uang tunai cadangan dalam dompet untuk kebutuhan tak terduga selama perjalanan.

Membawa bekal air minum yang cukup

Meski bebas berhenti di mana saja untuk makan dan minum, kamu wajib membawa bekal air putih yang cukup. Berkendara membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik. Kamu harus rajin minum air putih, jangan memaksakan diri berpuasa jika tidak sanggup.

Berhenti tiap beberapa jam untuk mengistirahatkan pengemudi dan mesin

Tidak hanya pengemudi, mesin kendaraan juga bisa lelah lho! Makanya jangan segan-segan memanfaatkan titik rest area yang tersebar sepanjang jalur mudik. Istirahatkan tubuhmu sejenak dengan melakukan peregangan, lalu matikan mesin mobil untuk pendinginan.

Sudah siap mudik? Jaga selalu kesehatan dan utamakan keselamatan ya. Selamat berlebaran di kampung halaman, guys!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *