5 Tips Mendapatkan Tiket Murah Pesawat untuk Mudik - Reservasi Travel Blog

5 Tips Mendapatkan Tiket Murah Pesawat untuk Mudik

Travel Tips752
5 Tips Mendapatkan Tiket Murah Pesawat untuk Mudik

Travel Blog Reservasi –  Mudik lebaran adalah kegiatan yang dinanti – nanti oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Bisa dibilang itu adalah rutinitas tahunan ya? Karena itu setiap tahun jutaan penduduk indonesia pasti berkompetisi untuk mendapatkan tiket mudik semurah mungkin. Baik itu tiket pesawat yang murah, atau mudik dengan tiket kereta api yang murah.

Yang jelas, buat teman – teman traveler yang ingin mudik dengan murah, segera lakukan reservasi secepatnya agar bisa bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman. Pasalnya, diperkirakan aktifitas mudik tahunan ini volumenya kian hari makin meningkat. Dan diprediksi kalau jumlah pemudik Lebaran tahun 2015 ini akan mencapai kurang lebih 20 juta orang. Sementara itu jumlah pemudik yang menggunakan angkutan udara pun diprediksi naik 2,5% dibanding tahun lalu!

Gila! Sepertinya persaingan akan semakin ketat ya? Nah, namun jangan khawatir, karena dengan membaca tulisan 5 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah di travel blog reservasi ini, kesempatan kalian mendapatkan tiket pesawat murah akan semakin besar. Kira – kira tipsnya seperti ini :

1. Siapkan Rencana Mudik Sejak Lama, Pesan Tiket Pesawat dari Jauh – Jauh Hari

Mudik di Indonesia hanya terjadi setahun sekali, dan biasanya tanggal mudik sudah bisa sedikit tertebak. Karena itu teman – teman traveler sekalian harus merencanakannya dengan maksimal. Minimal kalian harus tahu kapan hari H lebaran, dan kira – kira ingin mudik dengan pesawat pada hari H minus berapa.

Tanpa perencanaan yang matang, bisa-bisa kalian akan melewatkan untuk mendapat tiket pesawat murah untuk mudik ke kampung halaman. Atau, yang paling terburuk adalah kalian akan melewatkan hari H di rumah. Nah, kalau sudah begitu, kira – kira kapan sih waktu terbaik untuk berburu tiket pesawat yang murah?

Berdasarkan pengalaman, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat yang murah baik ketika mudik atau sekedar traveling biasa adalah sekitar 50-60 hari sebelum hari terbang. Pada hari – hari itu biasanya sih akan banyak maskapai yang memberikan tiket promo yang lumayan. Atau, bisa juga beberapa hari sebelum hari H, meskipun agak beresiko tinggi. Kalau beruntung, mungkin kalian masih bisa mendapatkan harga tiket pesawat termurah karena ada kursi kosong. Beresiko sih, namun nggak ada salahnya dicoba kalau memang belum mendapatkan tiket mudik sama sekali.

2. Pilih Rute Terbang yang Tidak Umum

Demi mendapatkan tiket pesawat murah ketika mudik, mungkin tidak ada salahnya teman – teman traveler untuk sedikit bereksperiment. Salah satunya adalah dengan mencoba rute terbang alternatif yang tidak umum. Misalnya adalah, teman – teman traveler bisa mencoba rute penerbangan ke kota lain yang terdekat dengan kota tujuan kalian.

Contohnya untuk tujuan penerbangan ke Malang, teman – teman bisa mencoba mendarat di Kota Surabaya, karena jarak Kota Malang dan Surabaya hanyalah sekitar dua jam. Mungkin saja harga tiket pesawat ke Surabaya akan lebih murah daripada harga tiket pesawat ke Malang?

Transit di Luar negeri juga bisa menjadi pilihan. Misalnya jika teman – teman traveler perlu terbang dari Bali ke Aceh, biasanya transit terlebih dahulu di Singapore akan jauh lebih ekonomis dari pada transit di  Jakarta. Seringnya harga tiket pesawat ke Singapore dari Bali akan lebih murah kok.

Memang kadang harga tiket penerbangan dengan transit kadang lebih murah dibanding harga tiket penerbangan langsung. Meskipun akan memerlukan waktu transit yang lebih lama, kan bisa sekalian dimanfaatkan untuk jalan – jalan? Sekali terbang, bisa mudik sekaligus traveling? Asik kan?

3. Berangkat Dengan Pesawat Terakhir (Tengah Malam) Atau Pesawat Pertama (Pagi Buta)

Berangkat Dengan Pesawat Terakhir (Tengah Malam) Atau Pesawat Pertama (Pagi Buta), strategi ini sebenarnya bukan hanya bisa dipakai ketika musim mudik lebaran saja loh. Cara ini adalah umum untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Kalau musim mudik malah lebih enak lagi kalau dengan penerbangan pagi. Karena teman – teman traveler bisa terbang setelah sahur. Asik kan?

Namun tentunya kalian harus selalu mencari dan membandingkan tiket pesawat yang termurah menuju ke kampung halamanmu. Entah kalian melakukan reservasi langsung ke maskapai, atau membeli tiket pesawat lewat online travel agent yang ada di Internet. Cara apapun, pastikan tiket kalian adalah yang termurah dan sesuai dengan kemampuan kantong kalian ya!

4. Pilih Maskapai Full Board atau Full Service Airline

Siapa yang suka naik pesawat LCC atau maskapai bertarif rendah? Ketika musim mudik lebaran, mungkin teman – teman traveler harus mulai mempertimbangkan untuk mencoba naik maskapai full board seperti Garuda Indonesia misalnya. Karena musim mudik adalah musim promosi hampir setiap maskapai. Kalau jeli, kalian bisa mendapatkan harga tiket pesawat termurah dengan menggunakan maskapai full board!

Mendapatkan tiket pesawat termurah dengan maskapai full board seperti Garuda Indonesai ketika musim mudik memang bukan hal yang aneh. Karena ketika musim mudik, sebagian maskapai LCC malah menaikkan harga yang maksimal karena mereka pede meski harga mahal akan banyak yang mau.

Nah, seringnya harga tiket pesawat maskapai bertarif murah seperti Citilink dan Lion Air tidak terpaut jauh dari maskapai full board seperti Garuda Indonesia. Kalau bedanya cuma seratus atau dua ratus ribu kenapa enggak? Beda dikit, dengan kenyamanan berbeda jauh, tentu akan lebih menyenangkan terbang dengan maskapai full board.

5. Pesan Dan Reservasi Tiketmu Dari Online Travel Agent Yang Murah Atau Sedang Promo

Merencanakan mudik dari jauh hari sudah? Berangkat Dengan Pesawat Terakhir (Tengah Malam) Atau Pesawat Pertama (Pagi Buta) akan sangat membantu mendapatkan tiket pesawat termurah. Menggunakan rute alternatif dengan transit terlebih dahulu bisa menjadi pilihan juga, hingga terbang dengan maskapai full board juga pilihan yang menyenangkan untuk mudik yang ekonomis.

Lantas apalagi yang dilakukan? Tenang, sekaran ini kan jaman sudah serba online. Jadi masih ada satu pilihan lagi dengan melakukan reservasi tiket pesawat yang murah lewat travel agent online di internet. Apalagi kalau sedang ada penawaran diskon menarik dalam rangka mudik lebaran. Tunggu apa lagi, segera sikat tiket pesawat termurahnya ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *