Mudik Naik Motor? Boleh, Asalkan Perhatikan Hal Ini - Reservasi Travel Blog

Mudik Naik Motor? Boleh, Asalkan Perhatikan Hal Ini

Travel Tips80
Mudik Naik Motor? Boleh, Asalkan Perhatikan Hal Ini pexels

Travel Blog Reservasi- Banyak cara yang bisa dilakukan menuju kampung halaman, salah satunya dengan sepeda motor. Sepeda motor “mungkin” bukan kendaraan terbaik untuk mudik, tapi jika kalian ingin menghemat pengeluaran, sepeda motor bisa dijadikan opsi.

Namun, mengingat risiko berkendara yang sangat tinggi, kalian perlu persiapan ekstra agar sampai tujuan dengan aman dan selamat.

Baca Mudik Naik Pesawat? Lakukan Hal Ini Saat Penerbangan Delay

Berikut tips mudik naik sepeda motor yang berhasil Reservasi.com rangkum.

1.Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Satu atau dua hari sebelum keberangkatan, cek kondisi sepeda motor secara detail. Mulai dari ban, spareparts, dan rem. Perkakas berkendara seperti helm, jaket, dan sarung tangan juga jangan lupa dipersiapkan agar berkendara lebih aman.

2. Tentukan rute yang akan dilalui

Rute yang dilalui dalam perjalanan menuju kampung halaman punya risiko masing-masing. Cari tahu rute seperti apa yang akan dilalui, lalu sesuaikan dengan tipe kendaraan kalian.

Apabila motor yang kalian naiki adalah moge alias motor gede, jalan seperti apapun bisa dilalui termasuk jalan yang berkelok-kelok dan berbatu.

Tetapi, kalau motornya matic, sebaiknya hindari jalan berbatu karena motor tipe ini kurang sigap menerjang kondisi jalanan yang jelek. Sesuaikan kondisi ban dengan medan yang bakal dilalui.

3. Kenali kekuatan fisikmu sebelum berangkat

Tubuh kalian memiliki kapasitas yang berbeda. Ada yang tahan banting, sedang, dan ada pula yang sangat lemah.

Jika kondisi fisik kalian lagi lemah, jangan paksakan naik sepeda motor karena hal ini sama saja dengan membahayakan nyawa sendiri. Gunakanlah bus atau kereta sebagai transportasi mudik.

4. Istirahatlah setiap dua jam perjalanan

Kehabisan tenaga akan menyebabkan tingkat konsentrasi kalian berkurang. Jika perjalanan tetap diteruskan, besar kemungkinan akan terjadi kecelakaan.

Jadi, setiap kali merasa lelah, menepilah dan beristirahatlah kira-kira 15 – 20 menit agar tenaga kembali pulih untuk melanjutkan perjalanan.

5. Hindari membawa barang terlalu banyak

Segala sesuatu yang “berlebihan” pada dasarnya tidak dianjurkan dalam segala aspek kehidupan, termasuk saat naik sepeda motor.

Muatan berlebih jelas membahayakan nyawa sendiri. Selain itu, mesin pada sepeda motor juga akan bekerja dua kali lipat lebih besar untuk menanggung beban di atasnya, sehingga sepeda motor gagal tampil optimal selama perjalanan mudik.

6. Hindari obat penyebab rasa kantuk

Siapapun pasti ingin tampil strong saat mengendarai sepeda motor. Agar keinginan ini terwujud, hindari segala jenis obat-obatan sebelum memulai perjalanan, termasuk obat batuk sekalipun.

Sebab obat-obatan yang telah bereaksi di dalam tubuh dapat memicu rasa kantuk yang tak tertahankan.

7. Penuhi tubuh dengan berbagai makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan agar tubuh tetap sehat, bugar, dan fit dalam beraktivitas. Sepadat apapun aktivitas yang kalian lakukan, kandungan vitamin, protein, magnesium, antioksidan, dan zat mineral lainnya akan menguatkan tubuh sehingga kalian tidak mudah lelah.

Sebelum menempuh perjalanan yang cukup panjang, isi tubuhmu dengan berbagai makanan sehat untuk mencukupi kadar energi dalam tubuh.

8. Berangkat saat hari masih subuh

Mengapa mudik saat subuh sangat dianjurkan? Karena kondisi tubuh di pagi hari masih sangat segar, sehingga beraktivitas pun jauh lebih menyenangkan.

Tingkat keramaian di pagi hari juga masih rendah, sehingga kalian dapat terhindar dari macet yang berkepanjangan.

9. Bawa teman boncengan agar harimu tidak sepi

Bayangkan seperti apa rasanya naik sepeda motor sendirian dengan jarak tempuh yang jauh, sangat membosankan bukan?

Untuk itu, ajaklah seseorang untuk menemani perjalanan mudik. Entah itu sahabat, teman biasa, atau pacar agar suasana di perjalanan tidak gabut dan membosankan, melainkan sebaliknya.  

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *