close

Berpirkirlah Kembali Sebelum Mudik Lewat Darat dengan Kendaraan Pribadi!

Travel Blog Reservasi – Meskipun cara membeli tiket kereta api untuk mudik itu mudah, namun ada kalanya kalian sudah kehabisan tiket. Dan.. ketika ingin beli tiket pesawat yang murah, juga sudah tidak ada kursi, maka demi bisa mudik ke kampung halaman, jalur darat lah yang bisa ditempuh.

Memang mungkin mudik dengan kendaraan pribadi seperti dengan naik mobil atau sepeda motor akan terlihat lebih murah. Kalau dilihat dari nominalnya sih pasti jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mudik dengan naik pesawat. Namun, jika dilihat dari beberapa pertimbangan lain seperti yang akan ditulis disini. Mudik lewat jalur darat bisa jadi kurang fleksible dan lebih beresiko.

1. Mungkin Mudik Lewat Jalur Darat Terlihat Lebih Hemat, Namun Jangan Lupa Perawatan Kendaraan dan kebutuhan Lain Selama Mudik Bisa Jauh lebih Besar

mungkin-mudik-lewat-jalur-darat-terlihat-lebih-hemat-namun-jangan-lupa-perawatan-kendaraan-dan-kebutuhan-lain-selama-mudik-bisa-jauh-lebih-besar

Ada beberapa yang mengatakan mudik dengan kendaraan pribadi ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan mudik menggunakan pesawat. Namun sebenarnya jika benar – benar dihitung, mudik menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil membutuhkan lebih banyak biaya. Mari coba mulai menghitung dengan sederhana perkiraan biaya mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Pertama, kendaraan yang akan kalian gunakan harus berada dalam kondisi prima agar aman ketika menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh dan lama. Disini untuk kalian yang tidak rajin servis kendaraan secara berkala, pasti harus servis terlebih dahulu. Dan, untuk servis kendaraan secara menyeluruh seperti dari ganti oli, minyak rem, ganti ban dalam dan luar pasti memerlukan biaya ekstra dan cukup mahal.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan bukan hanya itu saja. Masi ada pengeluaran untuk bahan bakar, dan tentunya waktu perjalanan yang lama membuat pengeluara kalian makin membengkak. Sedikit demi sedikit lama-lama kantong tekor juga deh! Apalagi jika perjalanan mudik lewat darat kalian memerlukan waktu lebih dari dua hari misalnya, itu artinya kalian harus mengeluarkan biaya untuk akomodasi, makan, jajan, dan kebutuhan lain di perjalanan. Kecuali kalian memang niat untuk mudik sekalian traveling, ini akan berbeda lagi ceritanya.

2. Meski Terlihat Aman, Pernahkah Kalian Tahu Kalau Tingkat kecelakaan di Jalur Darat Bisa Sangat Tinggi

Isn't it easy to avoid the accident?

Tujuan kalian untuk mudik ke kampung halaman tentunya untuk berkumpul dengan keluarga besar, bersilaturahmi sambil saling melepas rindu setelah lama merantau di kota lain kan? Selalu ingat kalau ada Keluarga di rumah menunggu kedatangan kalian sebelum memutuskan untuk mudik lewat jalur darat. Karena itu keselamatan kalian dalam perjalanan mudik pulang kampung adalah yang utama.

Dari data yang ada, memang mudik lewat jalur darat itu sangat rawan terjadi kecelakaan. Pada tahun 2014 saja terdata sebanyak total 2.196 kasus kecelakaan kendaran terjadi pada rentang H-7 sampai H+3 Lebaran. Bandingkan dengan data yang dirilis oleh Aviation Safety Network, angka kecelakaan pesawat di Indonesia hanya tercatat sejumlah 94 kasus saja. Dan  itu terjadi pada jangka waktu yang cukup lama, yaitu mulai dari tahun 1945 sampai 2014. Dari data dan fakta ini jelas membuktikan kalau pesawat terbang memiliki resiko kecelakaan yang lebih rendah dibandingkan dengan moda transportasi jalur darat.

3. Untuk yang Mudik Anak – Anak, Mudik Jalur Darat Bisa Berakibat Buruk untuk Kesehatan Anak – Anak

Young woman with hands on eyes sitting depressed in car

Pertimbangkan baik – baik, apakah ada anak kecil dalam acara mudik kalian? Entah itu anak sendir, ponakan atau siapapun, mudik bersama anak usia balita dan bayi tidak direkomendasikan. Moda transportasi darat seperti Mobil atau motor bukanlah kendaraan yang cocok untuk anak kecil berdiam diri dalam jangka waktu lama. Karena mereka masih kecil, mereka pasti butuh ruang bermain yang nyaman. Tentu saja mungkin tetap bisa dipaksakan mudik lewat jalur darat dengan anak – anak. Namun tentunya akan terjadi dimana anak-anak akan mudah bosan dan lelah, lalu kemudian rewel. Ketika anak kecil rewel diperjalanan, tentu akan lebih merepotkan bukan?

4. Kemacetan Memang Menyebalkan, Tetapi Kemacetan Panjang Pada Jalur Mudik Tidak Mungkin Bisa Kalian Hindari!

Trânsito em São Paulo

Coba pikirkan, ada berapa juta kendaran di Pulau Jawa saja? Ada berapa puluh juta orang yang ingin mudik dalam waktu yang sama? Otomatis Macet dan mudik ini akan menjadi pasangan paling serasi selama musim mudik lebaran. Terutama pada jalur utama Jawa, yaitu Jalur Pantai Utara atau yang lebih dikenal dengan istilah Jalur Pantura. Jalan ini adalah ‘neraka’ kemacetan yang setiap tahunnya biasa dilalui para pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pikirkan lagi, pertimbangkan dengan masak, apakah kalian sudah benar – benar siap dengan kemacetan dikala mudik yang bisa membuat frustasi itu? Bisa – bisa waktu perjalanan mudik kalian bisa jauh lebih lama diluar rencana. Bagaimana lagi, kemacetan mudik di jalur pantura ini memang tidak bisa dihindari lagi.

Namun, jika kalian lebih memilih mudik dengan menggunakan pesawat. Didepan mata akan terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Terhindar dari kemacetan itu sudah pasti, tetapi bisa menghemat waktu perjalanan adalah yang paling utama. Daripada kalian menghabiskan waktu dengan macet di perjalanan, lebih baik dihabiskan dengan bercengkrama bareng keluarga di kampung halaman bukan?

5. Untuk Kalian yang Mudik Dengan Sepeda Motor, Tentu Barang bawaan yang Bisa Dibawa Jauh Lebih Sedikit

untuk-kalian-yang-mudik-dengan-sepeda-motor-tentu-barang-bawaan-yang-bisa-dibawa-jauh-lebih-sedikit

Perlu banget dicatat untuk yang mungkin mudik jarak jauh dengan Sepeda Motor nih. Satu yang pasti, jumlah barang bawaan akan sangat terbatas kalau kalian mudik dengan sepeda motor. Biasanya kan ketika sedang mudik dan pulang ke kampung halaman, kalian ingin membawa banyak oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat dong? Mana mungkin itu dilakukan kalau mudik dengan sepeda motor yang kualitasnya sangat terbatas itu.

Berbeda ceritanya jika kalian memutuskan untuk mudik dengan pesawat. Sudah umum kalau beberapa Maskapai penerbangan menyediakan bagasi dan tempat di kabin gratis buat kalian hingga 20 KG per orang. Kalau sudah begini, kalian bisa membawa lebih banyak oleh – oleh untuk keluarga yang ada di kampung. Menyenangkan bukan? Kalau bagasi gratis 20 KG masih terasa kurang, beli tambahan saja lagi, gampang kan!

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Kendaraan PribadiMudik
Reservasi.com

The author Reservasi.com

2 Comments

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Saya ingin memberikan tanggapan dari beberapa item diatas:
    1. 1. Mungkin Mudik Lewat Jalur Darat Terlihat Lebih Hemat, Namun Jangan Lupa Perawatan Kendaraan dan kebutuhan Lain Selama Mudik Bisa Jauh lebih Besar
    Sebagai perbandingan saya mudik butuh minumum 12 juta hanya buat tiket pesawat plus 1 juta buat transportasi dikampung, sedangkan butuh hanya 3 juta buat mudik dengan kendaraan pribadi. Biaya perawatan mobil saya hanya 2 juta buat dua kali service. Saya pikir mudik lewat darat lebih irit.
    2. Meski Terlihat Aman, Pernahkah Kalian Tahu Kalau Tingkat kecelakaan di Jalur Darat Bisa Sangat Tinggi
    Kecelakaan bisa terjadi dimana saya. Memang darat jumlah kecelakaanya lebih banyak.
    3. Untuk yang Mudik Anak – Anak, Mudik Jalur Darat Bisa Berakibat Buruk untuk Kesehatan Anak – Anak
    Selama kami mudik lewat darat Alhamdulillah tidak pernah ada komplain dari anak anak kami. Mereka malah menikmatinya. Kesehatanya tidak pernah terganggu walau perjalannya panajng. 36 jam perjalanan ke Sumatera.
    4. Kemacetan Memang Menyebalkan, Tetapi Kemacetan Panjang Pada Jalur Mudik Tidak Mungkin Bisa Kalian Hindari!
    Kalau lewat darat ya mau tidak mau akan menemukan hal ini. Ini hal yang lumrah. Paling kita bisa mensiasatinya. Seperti berangkat lebih awal.
    5. Untuk Kalian yang Mudik Dengan Sepeda Motor, Tentu Barang bawaan yang Bisa Dibawa Jauh Lebih Sedikit
    Mudik lewat motor saya belum kuat.

Leave a Response