close

70 Persen Alami Kecelakaan, Pahami 7 Tips Mudik dengan Sepeda Motor agar Selamat di Perjalanan

mudik-dengan-sepeda-motor-1
Shutterstock

5. Antisipasi cuaca tidak bersahabat

Cuaca dalam perjalanan tidak diprediksi apalagi melintasi kota dan provinsi. Sebaiknya sedia payung sebelum hujan, begitu kata pepatah.

shutterstock

Sediakan jas hujan setelan bukan jas hujan ponco untuk keselamatan di jalan. Gunakan juga jas hujan khusus untuk sepatu agar tidak merasa kedinginan. Jika harus menghadapi hujan badai, jangan paksakan untuk lanjutkan perjalanan. Berhentilah sejenak sampai benar-benar aman dari cuaca ganas.

Baca 7 Rekomendasi Gim Android untuk Mudik dengan Anak Biar Anteng Selama Perjalanan

6. Olahraga ringan sebelum mudik

shutterstock

Salah satu faktor kecelakaan pengendara sepeda motor tinggi saat mudik lebaran adalah kurangnya persiapan fisik pengendara. Jadi, lakukanlah olahraga ringan misalnya jogging setiap sore jelang buka puasa sehingga tidak mengganggu ibadah pada bulan puasa Ramadan.

Salah satu hal yang juga harus diingat adalah jangan terlalu terburu-buru ingin cepat pulang atau ingin cepat sampai.

Pastikan sudah memiliki peta mudik 2017 dan juga tandai titik-titik istirahat setiap 4 jam perjalanan sekali. Maksimal berhenti setelah 6 jam berkendara. Akan banyak posko mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017 kali ini.

Kamu juga bisa mencari hotel murah selama di perjalanan dengan bantuan Aplikasi Reservasi di Android atau iOS.

shutterstock

Pergunakan tempat ibadah seperti masjid atau pom bensin maupun rumah makan untuk singgah sesaat.

Jika cuaca kurang bersahabat tak mengapa buka. Jangan paksakan tetap berpuasa selama berkendara dengan sepeda motor pada siang hari. Perut dalam keadaan kosong sangat memengaruhi emosi dan energi ketika mengendarai sepeda motor.

Baca 7 Cara Memilih Tempat Duduk Kereta Api Ekonomi AC untuk Mudik

7. Patuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas

Bawa kelengkapan surat-surat seperti KTP, SIM C dan STNK. Pastikan juga pajaknya sudah dibayar agar tidak menjadi salah satu kendala saat mudik.

Waktu terbaik untuk mudik dengan sepeda motor adalah sore jelang malam. Jika kemalaman baiknya beristirahat terlebih dahulu kemudian dilanjutkan esok harinya. Jangan lupa kabari keluarga dan sanak famili setiap berhenti untuk istirahat agar bisa terpantau keluarga di kampung halaman.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : LebaranMudik
Reservasi.com

The author Reservasi.com

Leave a Response